in

Cara Bermain Sudoku Untuk Pemula Beserta Manfaatnya

Seringkali permainan sudoku dianggap rumit. Padahal faktanya, jika kita sudah mengetahui cara bermain sudoku dengan baik dan benar, maka kita akan merasakan keseruannya. Sudoku sendiri merupakan permainan teka-teki yang berbasis logika. Permainan yang satu ini mempunyai desain yang cukup sederhana dan juga aturan yang mudah. Sehingga menjadikan permainan ini menjadi salah satu game puzzle terpopuler.

Adapun cara bermain sudoku sendiri tidak hanya bisa dipraktikkan untuk orang dewasa saja, namun juga bisa untuk permainan anak-anak. Oleh karena itu, sudoku dapat menjadi permainan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama si kecil di rumah.

Menurut Journal of Education and Training Studies, anak-anak yang bermain sudoku terbukti mempunyai nilai sekolah yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang tidak bermain permainan ini. Hal tersebut terjadi karena sudoku berpartisipasi dalam tantangan pemecahan masalah. Sehingga akan membantu anak-anak untuk unggul dalam pelajaran matematika, keterampilan dalam berpikir kritis, dan juga logika.

Teka-teki yang ada di dalam permainan ini tersedia dalam beberapa tingkatan kesulitan. Sehingga anak-anak bisa memainkan permainan peregangan otak. Selain itu, sudoku juga bisa dimainkan secara manual dengan menggunakan kertas ataupun aplikasi di gadget.

Apa Itu Sudoku?

Sudoku merupakan sebuah permainan zaman dulu yang sangat digemari semua kalangan. Mulai dari orang tua ataupun anak-anak muda. Dimana permainan ini digunakan untuk mengisi waktu dan juga mengasah otak. Permainan sudoku ini sangat ringan untuk dimainkan dan juga memiliki permainan yang seru.

[algolia_carousel]

Sudoku sendiri pertama kali diciptakan pada tahun 1783 oleh Leonhard Euler, yakni seorang matematikawan yang berasal dari Swiss dan juga rekannya Howard Garns, yakni seorang arsitek yang mengembangkan sudoku modern sebagai sebuah teka-teki angka dan juga yang memberikan nama sudoku rilis pertama kali pada majalah Dell Sudoku Puzzles and Word Games pada bulan Mei 1979.

Sementara itu, di Jepang permainan ini dikembangkan oleh perusahaan teka-teki Jepang yang bernama Nikoli dengan nama Sudoku yang artinya bilangan tunggal. Permainan sudoku ini merupakan permainan puzzle angka yang sebenarnya adalah number place yang terdiri dari teka-teki penempatan angka kombinatorial berbasis logika.

Dalam permainan sudoku klasik, permainannya yaitu mengisi kisi yang berukuran 9×9 dengan angka. Sehingga setiap kolom, setiap baris, dan masing-masing dari sembilan subkisi 3×3 yang menyusun kisi dengan angka 1 hingga angka 9. Dalam permainan sudoku, tersedia juga beberapa kisi yang telah diisi sebagian sebagai petunjuk untuk menyelesaikan pengisiannya hingga semua kisi penuh dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Cara Bermain Sudoku Untuk Pemula

Berikut ini adalah tips dan cara bermain sudoku yang bisa ditiru di rumah, antara lain:

1. Carilah yang Mudah Terlebih Dulu

Cara bermain sudoku pada tahap awal lebih baik dimulai dengan yang paling mudah dulu yakni menambahkan angka. Pilihlah kotak yang sudah mempunyai angka cukup banyak atau deretan yang hampir sudah terisi. Kemudian, baru kita bisa memilih kisi yang mempunyai banyak kotak kosong. Sehingga akan memudahkan kita dalam menentukan angka yang diisi. Pada tahapan ini, proses pengisian memiliki pilihan angka yang lebih banyak. Baru setelah itu kita bisa mengeliminasi angka-angka yang harus dihilangkan. Misalnya saja, apabila ada persegi yang telah mempunyai angka 1 hingga 7, maka kita hanya perlu mencari tahu dimana kita harus meletakkan angka 8 dan angka 9. Ketika mengisi angka, alangkah lebih baik untuk melihat baris yang ada di baris ataupun persegi itu dengan tujuan untuk dapat menentukan angka manakah yang dapat menghilangkan satu nomor atau lainnya dan bisa dengan cepat mengisi kekosongan.

2. Cari Nomor Mana yang Hilang

Di dalam permainan sudoku, selain menambahkan angka yang belum ada, kita juga bisa menempatkan angka yang tepat yang belum ada di dalam baris, diagonal, ataupun kolom. Apabila sebuah angka ada di dalam satu baris, maka angka tersebut tidak bisa ditempati lagi.

Tantangannya sendiri yaitu memikirkan dan juga mencari serta melihat peluang angka yang dapat ditambahkan yang belum ada. Misalnya saja, apabila baris atas teka-teki sudoku adalah 1,5,6,8,3,2, maka baris itu akan memerlukan angka 7,9,4. Dengan begitu, kita harus melihat garis dan kolom terdekat yang ada di dalam kotak yang sama untuk bisa melihat apakah kita bisa menyingkirkan salah satu angka dari tiga angka yang hilang itu.

3. Jangan Menebak

Di dalam permainan sudoku, semua kotak akan berpengaruh pada yang lain dan tentunya saling berkaitan. Sehingga kita tidak dapat menebak-nebak. Sebaiknya, kita mengisi dengan melakukan perhitungan dan juga melihat secara menyeluruh dari semua papan sudoku, angka-angka yang ada, dan yang belum terisi dari baris, kolom, dan juga diagonalnya.

4. Terus Bergerak

Memainkan permainan sudoku terkadang kita akan stuck pada satu kotak ataupun satu angka yang sulit untuk ditempatkan. Maka dari itu, jangan terlalu fokus pada angka yang berhenti itu, alangkah lebih baik kita beralih ke kotak yang lain untuk mengisi angka yang kosong. Hal tersebut bertujuan untuk membantu kita melihat peluang angka yang mungkin saja bisa ditempatkan pada kisi yang lain yang bisa jadi berkaitan dengan kisi yang tadi kita stuck. Sehingga ketika stuck, kita perlu terus bergerak untuk mencari peluang di kisi yang lain.

5. Review Semua Kotak dan Kisi

Permainan sudoku ini memerlukan daya ingat yang kuat untuk bisa mengingat semua angka yang sudah ditempatkan dan kotak-kotak mana yang berubah untuk membantu proses eliminasi angka-angkanya dengan mudah dan cepat. Setiap kali kita menempatkan angka di sebuah kotak, maka angka tersebut akan memberi kesempatan untuk angka yang lain dan menutup kemungkinan untuk angka yang lainnya ditempatkan di kotak terdekat.

Dengan menggunakan cara bermain sudoku di atas, maka setiap orang dapat memainkannya dengan mudah. Dimana kita hanya tinggal meniru tahap demi tahap untuk bisa meningkatkan level permainan untuk semakin melatih kemampuan, logika, strategi, dan juga strategi.

Manfaat Bermain Sudoku

Setelah mengetahui bagaimana cara bermain sudoku yang baik dan benar. Sekarang kita akan membahas tentang manfaat bermain sudoku yang bisa didapatkan. Tidak banyak orang yang tahu bahwa bermain sudoku ternyata memiliki manfaat dan sangat berperan penting dalam perkembangan otak, meningkatkan strategi, dan juga emosional. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai manfaat bermain sudoku, antara lain:

1. Meningkatkan Konsentrasi

Perlu dipahami bahwa hampir tidak mungkin kita bisa memainkan sudoku sembari melakukan aktivitas lain secara bersamaan. Hal tersebut karena permainan sudoku ini memerlukan konsentrasi 100 persen dengan gangguan apapun yang bisa memaksa kita untuk memulai kembali analisis. Dengan begitu, bermain sudoku bisa melatih dan juga meningkatkan konsentrasi.

2. Membantu Tubuh Rileks

Kecemasan dan juga stres dapat mengganggu hidup. Akan tetapi, kedua masalah tersebut bisa dipecahkan dengan teka-teki angka sederhana. Sudoku merupakan sebuah gangguan yang disambut dengan baik karena menuntut konsentrasi penuh Dengan cara tersebut, pikiran kita akan sangat fokus dan mengalihkan berbagai macam sumber stres dan juga kecemasan.

3. Meningkatkan Keterampilan Pemecah Masalah

Teka-teki adalah masalah yang menuntut kita untuk bisa menemukan jawabannya dalam waktu yang singkat dan terbatas. Untuk itu, kita perlu terlibat dalam pemikiran logis dan menerapkan trial and error untuk bisa menemukan solusi yang paling relevan. Proses tersebut secara tidak langsung akan membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah.

4. Melatih Persaingan Sehat

Sudoku ini dapat menjadi sumber persaingan sehat untuk melawan diri sendiri. Sebagian besar aplikasi akan dilengkapi dengan pengatur waktu dan juga pelacak kemajuan untuk mengukur kinerja di akhir setiap teka-teki. Keterampilan sudoku ini akan menjadi lebih tajam dengan berbagai tantangan, secara bertahap akan mengurangi waktu yang diperlukan untuk setiap permainan. Seiring dengan berjalannya waktu, kita bisa menggunakan pengatur waktu sebagai motivator untuk bisa lebih meningkatkan keterampilan.

5. Meningkatkan Memori

Setelah kita bisa memecahkan teka-teki sudoku, maka kita akan menyadari bahwa perlu adanya pencatatan terkait semua angka supaya kita tidak kehilangan fokus. Kita mungkin saja juga perlu merujuk pada tutorial ataupun sering menggunakan petunjuk. Ketika kita bisa memecahkan lebih banyak teka-teki, maka kita akan cenderung menjatuhkan catatan tersebut karena secara alami otak akan menyimpan informasi. Terlebih lagi, kita akan mengingat semua strategi rumit tanpa perlu mengacu pada tutorial ataupun petunjuk. Pola dari pengalaman sebelumnya lah yang akan diingat dan akan menemukan diri kita dalam mencari peluang untuk menerapkannya.

[algolia_carousel page=2]

Itu dia beberapa penjelasan mengenai cara bermain sudoku dan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari permainan ini. Bagaimana, apakah kamu sudah bisa memainkannya?

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah