in

Bagaimana Cara Menghilangkan Sifat Magnet? Begini Caranya!

Haii, Grameds! Pernahkah kamu mengalami masalah dengan benda yang tiba-tiba menjadi magnet dan menempel pada benda logam lainnya? Atau mungkin kamu memiliki alat elektronik yang terganggu oleh medan magnet? Kok bisa begitu ya?? Dengan mengetahui pengertian magnet, memahami sifatnya, dan cara menghilangkan sifat dari magnet tersebut kamu jadi tahu alasannya. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan itu semua loh Grameds! So, buat kamu yang penasaran, ikuti terus artikelnya ya!

Pengertian Magnetisme

Grameds, penting bagi kita mengetahui pengertian magnetisme sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan sifat magnet itu sendiri. Jadi, magnetisme adalah salah satu cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gejala magnet dan sifat kemagnetan suatu benda. Secara sederhana, magnetisme adalah fenomena di mana suatu material mengeluarkan gaya tarik atau tolak pada material lainnya.

Sifat kemagnetan ini disebabkan oleh adanya gerakan muatan listrik dalam atom-atom material tersebut. Setiap atom memiliki elektron yang berputar pada porosnya dan mengelilingi inti atom. Pergerakan elektron ini menghasilkan medan magnet yang sangat kecil. Pada kebanyakan material, medan magnet kecil ini memiliki arah yang acak sehingga saling meniadakan. Namun, pada beberapa material seperti besi, nikel, dan kobalt, medan magnet kecil ini dapat disejajarkan sehingga menghasilkan medan magnet yang lebih kuat dan terarah.

Material yang memiliki sifat kemagnetan kuat disebut magnet. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara (N) dan kutub selatan (S). Kutub yang sejenis akan saling tolak-menolak, sedangkan kutub yang berbeda jenis akan saling tarik-menarik.

Kekuatan ajaib ini banyak manfaatnya dalam kehidupan kita. Misalnya, kompas bisa menunjukkan arah karena ada magnet di dalamnya. Selain itu, banyak peralatan listrik yang menggunakan magnet, seperti motor listrik di kipas angin dan dinamo sepeda. Bahkan, bumi kita juga punya kekuatan ajaib ini yang melindungi kita dari sinar berbahaya matahari.

Jenis-jenis Magnet

sumber: Today Scientist

Jenis-jenis magnet dibagi menjadi tiga, yakni berdasarkan asal pembentukannya, sifat kemagnetannya, dan berdasarkan bentuknya. Berikut penjabaran dari ketiga jenis magnet tersebut.

Jenis Magnet Berdasarkan Asal Pembentukannya

Jenis magnet berdasarkan asal pembentukannya terbagi menjadi dua, yakni magnet alami dan magnet buatan.

Magnet Alami

Magnet Alami terbentuk secara alami dari mineral magnetik seperti magnetit. Contohnya adalah lodestone, yang merupakan magnet alami yang ditemukan di alam. Magnet alami memiliki sifat kemagnetan yang tetap tanpa memerlukan campur tangan manusia.

Magnet Buatan

Magnet ini dibuat oleh manusia dengan berbagai cara, seperti menggosok bahan ferromagnetik dengan magnet lain, induksi elektromagnetik, atau menggunakan arus listrik. Magnet buatan juga memiliki sifat kemagnetan yang tetap, tetapi kekuatan dan bentuknya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Contohnya adalah magnet neodymium, samarium kobalt, alnico, dan keramik.

Jenis Magnet Berdasarkan Sifat Kemagnetannya

Jenis magnet berdasarkan sifat kemagnetannya terbagi menjadi dua, yakni magnet permanen dan magnet sementara.

Magnet Permanen

Magnet jenis ini memiliki sifat kemagnetan yang cenderung bertahan lama dan tetap. Magnet permanen terbuat dari feromagnetik yang keras.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Magnet Sementara

Magnet jenis ini hanya bersifat magnetis ketika berada dalam pengaruh medan magnet eksternal. Ketika medan magnet eksternal dihilangkan, sifat magnetnya juga akan hilang. Contoh: paku besi atau klip kertas yang menempel pada magnet permanen.

Magnet Berdasarkan Bentuknya

Magnet memiliki beberapa bentuk yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa bentuk magnet:

1.     Magnet Batang

Berbentuk seperti batang atau balok dengan kutub utara dan selatan berada di ujung-ujungnya. Magnet batang sering digunakan dalam percobaan sains dan sebagai komponen dalam beberapa perangkat elektronik.

2.     Magnet Jarum (Kompas)

Berbentuk seperti jarum dengan ujung runcing yang menunjukkan arah utara dan selatan. Magnet jarum adalah komponen utama dalam kompas yang merupakan alat navigasi yang digunakan untuk menentukan arah.

3.     Magnet U (Tapal Kuda)

Berbentuk seperti huruf U dengan kutub utara dan selatan berada di kedua ujungnya yang terbuka. Bentuk ini menghasilkan medan magnet yang kuat di antara kedua kutubnya. Magnet U sering digunakan dalam aplikasi pendidikan dan demonstrasi.

4.     Magnet Silinder

Berbentuk seperti tabung dengan kutub utara dan selatan berada di kedua ujungnya. Magnet silinder sering digunakan dalam industri dan aplikasi teknik.

5.     Magnet Cincin

Berbentuk seperti cincin atau donat dengan kutub utara dan selatan berada di kedua permukaannya yang datar. Magnet cincin sering digunakan dalam pengeras suara dan beberapa aplikasi industri.

Selain bentuk-bentuk yang Gramin sebutkan di atas, ada juga magnet fleksibel yang berbentuk lembaran atau pita, dan magnet dengan bentuk khusus lainnya yang dirancang untuk keadaan tertentu.

Sifat-sifat Magnet

Grameds, magnet memiliki beberapa sifat unik yang membuatnya berbeda dengan benda lainnya loh! Berikut beberapa sifat magnet:

1.     Sifat Menarik

Magnet memiliki kemampuan untuk menarik benda-benda tertentu yang terbuat dari bahan ferromagnetik, seperti besi, baja, nikel, dan kobalt. Semakin kuat magnetnya, semakin kuat pula daya tariknya.

2.     Sifat Menolak

Selain menarik, magnet juga memiliki kemampuan untuk menolak magnet lain. Kutub magnet yang sejenis (utara-utara atau selatan-selatan) akan saling tolak-menolak, sedangkan kutub yang berlawanan jenis (utara-selatan) akan saling tarik-menarik.

3.     Sifat Kutub Magnet Selalu Berpasangan

Magnet selalu memiliki dua kutub, yaitu kutub utara (N) dan kutub selatan (S). Tidak ada magnet yang hanya memiliki satu kutub. Jika magnet dipotong menjadi dua, masing-masing potongan akan tetap memiliki dua kutub.

4.     Medan Magnet

Magnet menciptakan area di sekitarnya yang disebut medan magnet. Medan magnet ini tidak terlihat, tetapi dapat mempengaruhi benda-benda lain yang berada di dekatnya.

5.     Kekuatan Magnet Berbeda-beda

Kekuatan magnet berbeda-beda tergantung pada jenis dan ukurannya. Ada magnet yang lemah, seperti magnet kulkas, dan ada juga magnet yang sangat kuat, seperti magnet yang digunakan dalam baja, besi, nikel dll.

6.     Sifat Mengarahkan

Magnet memiliki kemampuan untuk menunjukkan arah utara-selatan bumi. Ini karena bumi itu sendiri adalah magnet raksasa. Sifat ini dimanfaatkan dalam pembuatan kompas.

Itulah sifat-sifat yang dimiliki oleh magnet. Sifat-sifat magnet ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Magnet digunakan dalam berbagai macam peralatan, mulai dari kompas, motor listrik, hingga generator listrik.

Cara Menghilangkan Sifat Magnet

Grameds, ada beberapa cara untuk menghilangkan sifat magnet pada sebuah magnet, ini juga tergantung pada jenis magnet dan seberapa kuat kemagnetannya. Berikut beberapa cara menghilangkan sifat magnet:

1.     Pemanasan

Memanaskan magnet hingga mencapai suhu tertentu yang disebut suhu Curie akan merusak struktur magnet elementer di dalamnya, sehingga menghilangkan sifat magnetnya. Namun, metode ini bisa merusak benda jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

2.     Dipukul atau Dijatuhkan

Cara ini dilakukan untuk mengacak susunan magnet elementer pada magnet sehingga sifat kemagnetannya hilang. Namun, metode ini kurang efektif untuk magnet yang kuat dan bisa merusak benda jika dipukul atau dijatuhkan dengan keras.

3.     Penggunaan Arus Bolak-balik

Metode ini efektif untuk menghilangkan sifat magnet pada magnet elektromagnetik. Arus bolak-balik akan menghasilkan medan magnet yang berlawanan dengan medan magnet pada magnet sehingga melemahkan dan menghilangkan sifat magnetnya.

4.     Demagnetizer

Ini adalah alat khusus yang dirancang untuk menghilangkan sifat magnet pada berbagai jenis magnet. Alat ini bekerja dengan menghasilkan medan magnet bolak-balik yang kuat namun semakin melemah sehingga secara bertahap menghilangkan sifat magnet pada benda.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan sifat magnet Grameds. Sebelum mencoba menghilangkan sifat magnet pada suatu magnet, penting untuk mengetahui jenis magnetnya terlebih dahulu.

Manfaat Menghilangkan Sifat Magnet

Menghilangkan sifat magnet pada benda dapat memberikan beberapa manfaat loh Grameds! Berikut beberapa manfaatnya:

1.     Mencegah Kerusakan pada Perangkat Elektronik

Magnet yang kuat dapat mengganggu atau merusak perangkat elektronik seperti televisi, komputer, kartu kredit, dan ponsel. Dengan menghilangkan sifat magnet pada benda-benda di sekitar perangkat elektronik, kita dapat melindungi perangkat tersebut dari kerusakan.

2.     Memperbaiki Fungsi Alat

Beberapa alat, seperti obeng atau alat pengukur, dapat menjadi kurang efektif jika termagnetisasi. Menghilangkan sifat magnet pada alat tersebut dapat mengembalikan fungsinya seperti semula.

3.     Mencegah Kecelakaan

Benda-benda magnetis dapat menarik benda-benda logam lainnya dan menyebabkan kecelakaan. Misalnya, magnet yang kuat dapat menarik benda logam tajam dan menyebabkan luka. Dengan menghilangkan sifat magnet pada benda-benda tersebut, kita dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

4.     Memudahkan Penyimpanan

Benda-benda magnetis cenderung saling menempel, sehingga sulit untuk disimpan secara terpisah. Dengan menghilangkan sifat magnet, benda-benda tersebut dapat disimpan dengan lebih mudah dan rapi.

5.     Keperluan Khusus

Dalam beberapa kasus, menghilangkan sifat magnet diperlukan untuk keperluan khusus. Misalnya, dalam industri pengolahan logam, menghilangkan sifat magnet pada logam dapat memudahkan proses pemotongan dan pengelasan.

Grameds, menghilangkan sifat magnet pada benda dapat memberikan manfaat dalam menjaga keamanan, memperbaiki fungsi alat, dan memudahkan penyimpanan. Selain itu, menghilangkan sifat magnet juga dapat memberikan manfaat khusus dalam beberapa bidang industri.

Kesimpulan

Grameds, itulah berbagai cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan sifat magnet pada sebuah magnet. Penting diingat untuk selalu berhati-hati dan pilih metode yang paling sesuai dengan jenis dan kekuatan magnet yang kamu ingin hilangkan sifatnya ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba!

Penulis: Hafizh

 

Rekomendasi Buku Terkait

Listrik dan Magnet

Listrik dan Magnet

button cek gramedia com

Listrik dan magnet adalah salah satu penemuan yang telah mengubah peradaban di planet ini. Listrik dan magnet juga merupakan komponen kunci bagi teknologi modern. Tanpa listrik dan magnet sebagian besar alat yang kita gunakan sehari-hari tidak bisa bekerja, bahkan tidak akan pernah dibuat. Buku ini membahas langkah demi langkah cara memahami Fisika Listrik dan Magnet oleh pakar pembimbing Olimpiade Nasional Prof. Yohanes Surya, Ph.D. Dibandingkan dengan topik Mekanika, pembahasan topik Fisika Listrik dan Magnet cenderung lebih abstrak karena fenomena mikroskopik listrik dan magnet tidak langsung terlihat jelas oleh mata kita. Materi dalam buku ini dijabarkan secara sistematis dan jelas berdasarkan pengalaman membimbing siswa-siswi olimpiade. Teori dasar, definisi, dan istilah ditulis dalam format narasi dan juga dialog yang memungkinkan siswa dapat memahami materi lebih mudah. Contoh soal dan penyelesaian dibahas secara sistematis dan detail sehingga sangat membantu siswa dalam berlatih. Setiap soal latihan diberi hasil akhir jawaban agar siswa dapat mencocokkan hasil jawabannya.

Listrik Magnet dan Gelombang Optik

LISTRIK MAGNET DAN GELOMBANG OPTIK

button cek gramedia com

Buku ajar ini disusun dengan mengambil berbagai referensi dan dikemas sederhana agar pembaca lebih mudah memahami konsep-konsep fisika yang disajikan khususnya dalam bidang Listrik Magnet dan Gelombang Optik. Materi dijabarkan dalam empat bab, yaitu (1) listrik, memaparkan baik manfaat maupun jenis-jenis listrik; (2) magnet, memaparkan sejarah penemuannya, karakter, hingga hukum mengenai magnet; (3) gelombang optik, memaparkan pengertian gelombang elektromagnet, hukumnya; dan (4) optika geometri dan alat-alat optik, memaparkan pengertian optika geometri dan alat-alat optik. Pada setiap paparan materi disajikan ilustrasi dan rumus-rumus untuk memudahkan pembaca memahaminya.

Kitab Keramat Listrik Magnet: Seri Pendalaman

Kitab Keramat Listrik dan Magnet: Seri Pendalaman Materi Fisika

button cek gramedia com

Buku Kitab Keramat Listrik dan Magnet ini merupakan buku seri pendalaman Materi Fisika untuk SMA/MA/SMK yang berisi latihan disertai soal dan pembahasannya. Penulis memberi judul “KITAB KERAMAT” karena buku ini merupakan kitab yang memberikan pemahaman lebih mendalam dan berbobot mengenai ilmu Fisika, sedangkan nama keramat bertujuan agar Anda menggunakan dan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh (tidak asal-asalan). Penulis membagi materi Fisika untuk SMA/MA/SMK ke dalam 4 seri KITAB KERAMAT, yaitu:: 1. Mekanika, 2. Listrik dan Magnet, 3. Fisika Modern dan Optik, dan 4. Getaran, Gelombang, Kalor, dan Fluida. KITAB KERAMAT LISTRIK DAN MAGNET ini terdiri atas 45 latihan yang terdiri atas 10 soal dengan pembahasannya. Dengan latihan 10 soal lalu istirahat Anda akan menikmati pelajaran Fisika bagaikan membaca sebuah cerpen, yaitu ringkas, cepat, mencerahkan, inspiratif, sekaligus menghibur. Soal-soal yang ada dalam kitab ini adalah level soal yang wajib dikuasai oleh pelajar SMA. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk menyerah dengan mengatakan tidak mengerti dan tidak bisa. Ingat, bahwa dengan mempelajari ilmu Fisika dengan sungguh-sungguh sembari menikmatinya, penulis yakin Anda akan mampu menguasai materi wajib untuk pelajar SMA/MA/SMK sehingga Anda layak menepuk dada sebagai seorang pelajar sejati.

 



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.2k
  • Tidak
    6% 6% 84 / 1.2k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adila V M