in

10 Cara Mengatasi Perut Kembung & Makanan untuk Obat Perut Kembung

pexels.com

Cara Mengatasi Perut Kembung – Perut kembung akan ditandai dengan munculnya sensasi perut yang terasa kencang serta penuh. Kondisi ini dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak baik atau karena penyakit tertentu, seperti sakit maag. Meskipun tidak berbahaya, perut kembung tetap perlu diatasi karena jika tidak diatasi, perut kembung akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas Grameds.

Perut kembung dapat terjadi jika ada sejumlah gas yang menumpuk dalam sistem pencernaan, contohnya seperti lambung dan usus. Kondisi perut kembung, disebabkan oleh udara yang masuk dari luar atau karena meningkatnya produksi gas yang ada di dalam usus.

Ada beberapa cara mengatasi perut kembung, mulai dari menggunakan obat medis untuk mengatasi perut kembung atau mengatasi perut kembung dengan perawatan rumah yang dapat meredakan keluhan dari perut kembung. Berikut beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa Grameds coba.

Penyebab Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung
pexels.com

Perut kembung seringkali dianggap sebagai salah satu pertanda masuk angin. Namun sebenarnya istilah masuk angin tidak ada dalam dunia medis. Dalam dubai medis, yang dimaksud dengan masuk angin adalah udara yang terlalu banyak tertelan kemudian terjebak pada saluran pencernaan, sehingga menyebabkan perut kembung.

Kondisi semacam ini juga disebut sebagai aerofagia. Udara yang masuk dalam pencernaan, pada umumnya disebabkan oleh berbagai kebiasaan yang tidak Grameds sadari. Contohnya seperti makan terlalu cepat, mengkonsumsi makanan pedas serta berlemak, makan sambil berbicara, berbaring setelah makan, merokok, minum dengan sedotan atau kebiasaan mengunyah permen karet.

Meskipun begitu, perut juga dapat disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan lain contohnya seperti berikut ini.

1. Sindrom iritasi usus besar

Salah satu gangguan kesehatan yang erat kaitannya dengan perut kembung adalah sindrom iritasi usus besar atau disebut sebagai IBS. Selain itu, gejala lain yang mungkin akan dirasakan ketika mengalami IBS adalah kram perut, sakit perut, diare maupun sembelit.

Penyebab dari IBS sendiri hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu dari IBS, seperti infeksi bakteri, alergi makanan atau bahkan stres.

2. Maag

Dalam istilah medis maag disebut dengan dispepsia. Kondisi dispepsia ini digambarkan dengan rasa tidak nyaman atau bahkan nyeri yang terjadi secara terus menerus atau secara berulang di area perut bagi atas, terutama pada sebelah kiri atas atau di ulu hati.

Maaf dapat menyebabkan munculnya perut kembung, muntah serta mual. Beberapa gejala lain dari maag adalah cepat merasakan kenyang, muncul sensasi perih di perut atau sekitar kerongkongan, perut terasa penuh dengan gas dan sering bersendawa.

3. Kekurangan enzim

Selain karena maag, perut kembung juga dapat disebabkan oleh kekurangan atau gangguan enzim pencernaan. Fungsi enzim pencernaan adalah untuk memecah makanan menjadi partikel-partikel yang lebih kecil, sehingga nutrisi dari makanan akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Produksi dan fungsi enzim pencernaan dapat terhambat, apabila tubuh mengalami beberapa masalah di saluran pencernaan contohnya seperti gangguan pankreas serta intoleransi makanan maupun minuman tersebut, seperti intoleransi terhadap laktosa.

Selain ketiga penyebab di atas, perut kembung juga dapat disebabkan oleh infeksi yang terjadi di saluran pencernaan yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Beberapa bakteri seperti H. pylori menjadi penyebab tukak lambung dan akan menghasilkan gas berlebih pada saluran pencernaan, sehingga perut pun terasa kembung.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung
pexels.com

Meskipun kondisi perut kembung tidak berbahaya, akan tetapi perut kembung bisa menjadi salah satu pertanda bahwa Grameds sedang mengalami gangguan pencernaan, sehingga menyebabkan perut menjadi kembung. Oleh karena itu, perut kembung tetap perlu segera diatasi, terutama karena perut kembung akan menimbulkan rasa tidak nyaman yang membuat seseorang bisa kehilangan selera makan atau yang lainnya. Berikut beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa Grameds coba.

1. Sengaja kentut atau bersendawa

Apabila Grameds sering menahan kentut atau bahkan sendawa, maka sebaiknya Grameds segera merubah kebiasaan ini agar tidak mengalami perut kembung. Kentut serta sendawa adalah cara alami bagi tubuh untuk dapat meredakan perut kembung dengan cara menghilangkan kelebihan gas yang ada dalam perut.

Apabila perut sudah merasa tidak nyaman, maka sebaiknya Grameds segera mencari kesempatan untuk buang gas. Dengan buang gas, maka perut akan terasa lebih lega. Selain dengan kentut atau sendawa, Grameds juga bisa membuang gas yang terperangkap dengan buang air besar.

2. Mengompres perut dengan air hangat

Apabila Grameds memiliki banyak waktu luang di rumah, maka Grameds bisa mencoba mengatasi perut kembung dengan mengompres perut dengan air hangat.

Grameds hanya cukup menyiapkan waslap atau kain bersih, air hangat dan baskom. Kemudian, rendamlah waslap atau kain bersih dalam baskom yang sudah berisi air hangat. Kemudian peras kelebihan air yang ada di waslap.

Setelah itu, Grameds bisa menempelkan waslap tersebut ke perut selama kurang lebih 10-15 menit untuk meredakan rasa nyeri serta kram. Suhu hangat dari kain akan membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga darah yang membawa oksigen dapat mengalir dengan lancar.

Selain itu, otot perut juga akan menjadi lebih rileks serta kendur. Dengan begitu, maka rasa sakit perut, kembung dapat berkurang dan tubuh akan mengeluarkan kelebihan gas dengan mudah.

3. Lebih banyak bergerak

Ketika perut terasa begah karena kembung, maka sebaiknya Grameds jangan hanya duduk diam dan membiarkan kondisi kembung tersebut menjadi berlarut-larut.

Untuk meredakan perut kembung, sebaiknya Grameds segera bangkit dari duduk dan mulai bergerak. Mulailah dari gerakan yang ringan lebih dulu seperti berjalan kaki sebentar kira-kira selama 10-15 menit

Olahraga ringan akan membantu mengendurkan otot usus serta memperlancar pengeluaran gas. Cara mengatasi perut kembung satu ini juga dapat melancarkan pembuangan feses. Dengan begitu, kelebihan gas yang ada di dalam tubuh dan menyebabkan kembung pun akan ikut keluar ketika buang air besar.

4. Memberikan pijatan pada perut

Apabila perut mulai terasa kembung serta begah, Grameds bisa mencoba mengatasi kondisi perut kembung dengan memijat perut. Pijatan pada perut, akan membantu melancarkan pergerakan dari sistem pencernaan dan menghilangkan gas dalam perut.

Ada beberapa langkah untuk memijat perut, agar rasa perut kembung berkurang. Berikut langkah-langkahnya.

  • Letakan kedua tangan tepat di atas tulang pinggul sebelah kanan
  • Kemudian pijatlah secara perlahan area tersebut dengan gerakan memutar dan disertai dengan tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk.
  • Lalu lakukanlah pijatan dengan mengarah pada perut bagian atas, kemudian lanjut ke tulang rusuk sebelah kiri.
  • Lanjutkan pula dengan membawa pijatan tangan ke bagian bawah kemudian berlanjut menuju tulang pinggul sebelah kiri.
  • Lalu ulangi kembali cara yang sama seperlunya.

Dengan memijat perut, maka rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh perut kembung akan segera berkurang. Namun, apabila kondisi perut begah atau kembung tidak segera berkurang atau bahkan pijatan yang Grameds lakukan justru membuat perut kembung lebih parah, maka segera hentikan pijatan perut dan pilihlah perawatan yang lain.

5. Makan dengan pelan-pelan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa makan terlalu cepat bisa menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk makan dengan pelan-pelan jika tidak ingin membuat perut kembung semakin parah.

Kebiasaan makan terlalu cepat dapat memicu masuknya banyak udara dalam saluran pencernaan. Kondisi ini kemudian akan menyebabkan perut terasa kembung, begah dan penuh.

Untuk mengatasi perut begah dan kembung, maka usahakanlah untuk selalu mengunyah makan dengan pelan-pelan, sehingga makanan akan menjadi halus ketika ditelan.

Grameds bisa mencoba untuk membiasakan diri dengan mengunyah sekitar 30 hitungan. Pastikan pula bahwa mulut tertutup ketika mengunyah dan tidak makan sambil berbicara. Dengan kedua hal ini, maka akan mencegah lebih banyak udara masuk ke lambung.

6. Tidak merokok

Penyebab lain dari perut terasa kembung adalah merokok. Sehingga apabila ingin menghindari dan mengatasi perut kembung, maka Grameds harus menghindari melakukan kegiatan dan kebiasaan yang dapat memicunya seperti merokok.

Kebiasaan merokok dapat memperparah kondisi perut kembung. Hal ini karena ketika perokok menelan asap rokok, maka pada saat itu pula udara juga akan masuk ke dalam tubuh dan menambah gas.

Semakin banyak jumlah udara serta asap yang masuk, maka semakin banyak pula gas yang menumpuk dalam saluran pencernaan. Tidak hanya memperparah kondisi kembung, kebiasaan merokok juga akan membuka timbulnya iritasi pada pencernaan.

7. Menghindari minum minuman bersoda

Soda, bir serta minuman berkarbonasi akan memperparah penumpukan gas di dalam lambung serta usus. Sebab, soda, bir serta minuman berkarbonasi mengandung sejumlah gas karbon dioksida di dalamnya.

Karbon dioksida dalam minuman soda akan menimbulkan gelembung dalam saluran pencernaan, sehingga perut pun terasa kembung. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung pemanis buatan yang dapat membuat perut merasa tidak nyaman.

8. Menyesuaikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh

Beberapa jenis makanan yang termasuk dalam makanan yang menyehatkan bagi tubuh justru menjadi penyebab dari keluhan perut kembung. Contohnya adalah seperti biji-bijian, makan berlemak, kacang-kacangan, produk olahan susu, susu dan makanan yang memiliki serat tinggi.

Meskipun begitu, Grameds tetap butuh makanan bergizi tersebut agar mendapatkan asupan gizi. Namun, sebaiknya Grameds membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Grameds bisa mencoba menambahkan jumlahnya secara perlahan-lahan dan tidak melahapnya secara langsung, biasanya tubuh dapat menyesuaikan diri selama kurang lebih satu minggu. Jika dalam proses meningkatkan porsi makanan tersebut Grameds tidak merasa kembung atau begah, maka Grameds bisa menambahkan porsi makanan sedikit lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Dengan begitu, Grameds tidak akan merasakan perut begah atau perut kembung ketika mengkonsumsi makanan tertentu.

9. Membatasi porsi dalam satu kali makan

Entah sadar atau tidak, mungkin Grameds pernah mengalami perut begah usai makan dalam jumlah yang banyak. Porsi makan yang besar, tentu akan membuat Grameds merasa lebih cepat kenyang. Akan tetapi hal ini juga dapat mengakibatkan perut membesar, begah, penuh dan tentu saja kembung.

Untuk mengatasi perut kembung karena makan dengan porsi yang terlalu banyak, maka Grameds bisa membagi jumlah makanan dalam sehari menjadi beberapa porsi yang lebih kecil. Dengan begitu, maka Grameds akan menjaga fungsi normal dari sistem pencernaan serta tidak akan memberatkan kerja orang lambung dan usus.

10. Mengkonsumsi teh herbal

Langkah selanjutnya untuk mengatasi perut kembung adalah dengan mengonsumsi sejumlah bahan-bahan herbal. Contoh dari bahan herbal yang dapat mengatasi perut kembung adalah chamomile, ketumbar, peppermint, adas manis serta kunyit.

Peppermint serta chamomile biasanya tersedia dalam teh-teh herbal. Sedangkan rempah lainnya seperti adas manis, ketumbar dan kunyit dapat diolah menjadi bumbu dalam suatu hidangan.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung dengan cara alami. Dari yang dijelaskan di atas, Grameds tentu telah mengetahui bahwa cara paling umum dan mudah untuk mengatasi perut kembung berkaitan dengan makanan. Entah itu porsi atau jumlah makanan, memperhatikan asupan makanan hingga jenis makanan.

Ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ketika mengalami perut kembung, sehingga perut begah atau kembung akan segera sembuh. Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Makanan yang Baik untuk Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung
pexels.com

Selain dengan mengatasi perut kembung dengan 10 cara di atas, Grameds juga bisa mengatasi perut kembung dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Berikut adalah beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ketika perut sedang kembung atau mual.

1. Jahe

Jahe dianggap sebagai salah satu obat herbal tertua di dunia. Jahe juga termasuk makanan yang dapat meredakan beberapa masalah kesehatan. Mulai dari tenggorokan gatal hingga perut kembung.

Sifat anti radang yang ada pada jahe, ternyata dapat mengatasi perut kembung yang terjadi karena produksi gas berlebihan dalam perut. Efek dari relaksasi akan Grameds rasakan setelah mengkonsumsi jahe. Selain itu, jahe juga dapat menenangkan usus serta membantu proses pencernaan makanan.

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi ketika perut sedang kembung. Pisang memiliki kandungan kalium di dalamnya yang mampu membantu mengatasi perut yang sedang begah.

Senyawa kalium tersebut akan membantu mengeluarkan sodium serta air dalam tubuh. Oleh sebab itu, perut kembung akan terasa berkurang setelah mengkonsumsi pisang.

3. Lemon

Makanan lainnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika sedang mengalami perut kembung adalah lemon. Buah satu ini terkenal memiliki rasa asam yang segar dan dapat membantu meredakan gejala gangguan pencernaan seperti perut kembung. Grameds bisa mengkonsumsi jus lemon untuk meredakan perut kembung.

4. Alpukat

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat yang memiliki biji tunggal dengan daging buah berwarna hijau dengan rasa yang khas? Selain memiliki rasa yang enak, alpukat juga dapat membantu mengatasi perut kembung.

Karena dalam alpukat terdapat kandungan kalium serta antioksidan yang tentu saja baik bagi tubuh. Grameds bisa mengkonsumsi alpukat dengan mengoleskannya di atas roti, dibuat jus atau dikreasikan sesuai selera Grameds.

5. Pepaya

Makanan selanjutnya yang dapat membantu meredakan perut kembung adalah pepaya. Buah ini dikenal memiliki kandungan enzim papain di dalamnya. Senyawa papain tersebut akan membantu memecah makanan, sehingga akan mengurangi produksi gas berlebihan dalam perut. Selain itu, dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin, maka akan membantu menenangkan sistem pencernaan terutama selama masa menstruasi.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung secara alami yang bisa Grameds coba. Bagi Grameds yang tertarik untuk mengenalkan sistem pencernaan pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan, maka Grameds bisa membeli buku atau komik terkait sistem pencernaan tubuh di gramedia.com agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Penyebab Perut Buncit dan Langkah untuk Menguranginya
  2. 15 Tips Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah Kamu Praktikan
  3. 20 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Terampuh
  4. 10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami
  5. 4 Cara Menahan BAB yang Sehat dan Bahaya Menahan BAB 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda