in

10 Cara Meminta Maaf Saat Lebaran & Manfaat Saling Memaafkan

kompas.com

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran – Pada saat malam Lebaran, biasanya kamu akan menerima banyak sekali ucapan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri sekaligus permohonan maaf lahir dan batin. Hal yang sama pun biasanya akan kamu lakukan. Rasanya kurang afdal jika kamu tak meminta maaf, terutama kepada orang yang lebih tua dan juga orang-orang yang kamu hormati.

Saking telah menjadi tradisi, kamu barangkali tak sadar bahwa kemudian sebagian penerima ucapan maafmu menganggapnya hanya basa-basi. Coba ingat-ingat, apakah ada yang tak membalas ucapan maafmu? Hal itu bisa saja terjadi apabila kamu tidak melakukan cara meminta maaf saat lebaran dengan baik.

Jangan cemas, karena pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang cara meminta maaf saat lebaran terbaik.

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran
pexels.com

1. Akui Kesalahan

Cara meminta maaf saat lebaran yang pertama adalah akui kesalahan atau sebutkan saja secara terus terang kesalahan-kesalahan yang pernah kamu perbuat. Apakah kamu yang suka marah-marah, kurang perhatian, kurang mengurusi dengan baik, atau mungkin jarang bersilaturahmi, dan lain-lain.

2. Lakukan dengan Kerendahan Hati

Cara meminta maaf saat lebaran yang kedua adalah dengan melakukannya dengan kerendahan hati. Tidak dapat dipungkiri bahwa permainan bahasa dalam merangkai kata memiliki peran penting dari tersampaikannya suatu pesan.

Oleh sebab itu, ketika hendak memulai permintaan maaf, baik itu dengan bertatap muka atau melalui chat atau sambungan telepon, sebaiknya kamu awali dengan kata-kata seperti, “Aku minta maaf karena pernah menyakiti kamu”, “Aku salah selama ini,..”, dan semacamnya. Bukan maksudnya untuk memainkan permintaan maaf, melainkan agar permintaan maaf kita lebih dapat diterima.

3. Membuat Ucapan Sendiri Bukan Hanya Mem-forward

Apakah kamu termasuk dalam orang yang sering meneruskan pesan berisi ucapan permintaan maaf? Kamu mungkin mendapatkannya dari grup alumni kemudian mengirimkannya ke grup keluarga. Memang mungkin ucapan atau gambarnya menarik, tetapi isinya pun sama.Meski demikian kebiasaan seperti ini bisa juga memberikan kesan bahwa kamu meminta maaf hanya sekadar formalitas.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk membuat ucapan permintaan maaf lebaran sendiri. Meskipun kamu tak pandai dalam merangkai kata, ucapan permohonan maaf yang asli buatanmu sendiri akan terasa lebih serius dan lebih tulus untuk disampaikan.

4. Meminta Maaf Tanpa Membela Diri

Pembelaan dirimu tak akan pernah meluluhkan hati orang lain. Bukannya tergerak untuk memaafkanmu, si dia malah menjadi semakin kesal. Hal ini karena kamu terkesan tidak tulus dalam meminta maaf. Bahkan, orang lain bisa berubah pikiran dengan menilaimu tak bersalah.

Satu sisi kamu tengah meminta maaf, tapi di sisi lain tetap membela diri apalagi dengan berpanjang lebar. Hal ini kemudian menandakan tingginya egomu. Orang lain pun akhirnya akan menjadi kurang respek dan tidak bersungguh-sungguh memaafkanmu. Basa-basimu dalam meminta maaf juga akan dibalas dengan sebatas sikap etis seseorang untuk tidak menolaknya.

Jadi, ketika Lebaran, sebaiknya lakukan permintaan maaf tanpa perlu membela diri, Grameds

5. Iringi Permintaan Maaf dengan Perubahan Sikap Menjadi Lebih Baik

Permintaan maafmu atas berbagai kesalahan yang pernah dilakukan memang penting. Jangan sampai kamu hanya berani berbuat, tetapi tidak mau mempertanggungjawabkannya. Salah satunya adalah dengan meminta maaf. Namun, tugasmu belum selesai sampai disitu saja. Lebih dari sekadar ucapan maaf saat Lebaran, orang yang pernah kamu sakiti pastinya menginginkan perubahan nyata darimu.

Contohnya, jika kamu pernah berkata-kata buruk pada orang lain, kini kamu wajib lebih menjaga lisan. Jika sikapmu tidak berubah, seribu permintaan maaf akan menjadi tak berguna. Kamu akan terus mengulangi kesalahan yang sama dan ucapan maaf kala Lebaran akan kehilangan makna terdalamnya, yaitu penyesalan.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa poin terpenting ketika kamu meminta maaf saat Lebaran, baik itu secara lisan maupun tulisan adalah memastikan orang kemudian dapat merasakan kesungguhanmu. Dengan begitu, semoga saja orang lain akan benar-benar ikhlas dalam memberikan kamu maaf. Jadi, jangan sampai di hati masing-masing masih ada ganjalan, akan hal-hal yang belum selesai.

6. Jangan Pernah Berpikir Menang atau Kalah

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran
pexels.com

Banyak orang meminta maaf atau memberi maaf hanya agar egonya terpenuhi saja, yaitu merasa benar sementara pihak lainnya adalah orang yang salah. Alangka baiknya, letakkanlah hubungan baik di atas segala-galanya saat meminta maaf.

Selain itu, kamu bisa meminta maaf lebih dari satu kali. Pada beberapa kasus, bisa saja seseorang kemudian begitu sulit memaafkan kita dan hal ini terlihat jelas melalui emosinya. Jika seperti itu, jangan menyerah. Yakinkan lagi, dan ulangi permintaan maafmu.

7. Bicaralah dengan Nada Sopan dan Lembut

Ingatlah, ketika meminta maaf terutama saat Lebaran untuk selalu menggunakan nada bicara yang lembut dan juga sopan. Hal ini perlu dilakukan karena kalimat yang sama bisa saja memiliki makna berbeda apabila diucapkan dengan nada yang berbeda pula apalagi jika tak sepaham dengan seseorang

Meski kamu ingin membela diri, tetapi ingatlah untuk selalu menjaga emosi. Hindari membentak orang lain karena hal itu bukanlah perbuatan yang terpuji dan dapat menyakiti hati orang lain. Alangkah baiknya, pelankan suaramu ketika mengucapkan permintaan maaf dan gunakan tutur kata yang sopan serta lembut. Niscaya orang lain akan membukakan pintu maafmu.

8. Dengarkan Ucapannya

Jika kamu ingin meminta maaf kepada orang tua, maka dengarkan seluruh perkataan serta nasihat yang ia berikan dan jangan menganggapnya hanya omelan belaka. Orang tua melakukan hal ini semata-mata karena mereka sangat menyayangi anaknya. Saat kamu melakukan kesalahan, wajar jika orangtua merasa kesal dan marah.

Oleh sebab itu, ketika kamu diberi omelan ketika meminta maaf oleh orang tuaS, sebaiknya dengarkan saja. Dengan begitu, kamu juga akan mengetahui letak dari kesalahanmu. Alangkah baiknya jangan bersikap acuh tak acuk. Hal ini perlu dilakukan agar orang tua lebih mudah memaafkan semua kesalahan yang pernah kamu lakukan.

9. Jangan Melimpahkan Kesalahan Kepada Orang Lain

Satu hal yang perlu diingat saat meminta maaf adalah jangan pernah melimpahkan kesalahan pada orang lain. Meskipun kita tidak sepenuhnya bersalah serta ada orang lain yang terlibat, sebaiknya jangan membawa-bawa nama orang lain.

Dengan begitui, seseorang menjadi lebih mudah dalam memahami bahwa kamu tulus mengakui kesalahan yang sudah diperbuat. Sudah rapi awal permintaan maaf, sudah terdengar tulus dan rendah hati. Namun, semua hal itu akan sia-ssia saja jika kamu menambahkan”Kamu, sih …”, “Makanya …”

10. Tanggung Jawab

Berikanlah pernyataan penyesalan karena telah menyebabkan kekecewaan terhadap orang lain. Penyesalan ini harus dikomunikasikan dengan baik. Ekspresi perasaan empati dengan pengakuan atas ketidakadilan atau kesalahan yang kamu sebabkan. Selain itu, bertanggung jawablah atas tindakan yang telah kamu perbuat sebagai salah satu cara meminta maaf yang tulus. Agar permintaan maaf lebih dapat diterima tunjukan bahwa kamu akan bertanggung jawab penuh atas tindakan yang telah kamu lakukan.

Manfaat Meminta Maaf bagi Kesehatan Mental

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran
pexels.com

Tidak sedikit orang yang merasa gengsi untuk meminta maaf atas kesalahan yang pernah dibuatnya. Padahal melakukan permintaan maaf penting bagi kesehatan mental lho. Beberapa peneliti serta psikolog telah mengungkapkan bahwa minta maaf adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan bagi kesehatan mental. Berikut ini beberapa manfaat meminta maaf untuk kesehatan mental.

1. Meningkatkan Kesadaran Diri

Saat meminta maaf, kamu dapat meluangkan waktu untuk menyadari bahwa kamu telah menyakiti seseorang. Seiring dengan berjalannya waktu, tindakan ini kemudian akan mampu meningkatkan pandangan serta pemahaman. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih belajar dan bisa menjadi pribadi yang lebih sensitif atau menyesuaikan diri dengan orang lain.

Selain itu, kamu juga dapat fokus untuk menjadi pendengar yang lebih baik. Tanpa kesadaran diri, akan sangat mudah untuk mengulangi pola kesalahan yang sama. Nah, permintaan maaf yang baik bisa memberikan perubahan untuk diri kamu terutama untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2. Menghilangkan Sakit Hati

Belajar meminta maaf saat membuat kesalahan bisa dibilang sebagai salah satu langkah penting terutama untuk menghilangkan rasa sakit hati. Tindakan ini bisa membuat seseorang menjadi sadar akan kesalahan yang pernah dibuatnya sekaligus membuka jalan untuk memaafkan orang lain.

Berbagai penelitian ilmiah tentang kekuatan meminta maaf juga telah menunjukkan bahwa ketika korban menerima permintaan maaf dari pelakunya, ia kemudian akan mengembangkan empati kepada orang itu. Hal inilah yang kemudian bisa menumbuhkan sifat pemaaf. Ketika menerima permintaan maaf, kamu akan merasa bahwa pelaku mengakui perasaan serta bersedia membantu menghilangkannya.

3. Mengakui dan Bertanggung Jawab

Setiap orang mungkin pernah membuat kesalahan di dalam hidupnya. Oleh sebab itu, mungkin kamu pernah melakukan kesalahan kepada orang lain yang mungkin saja tidak disengaja. Ini akan membuat hubungan menjadi renggang dengan orang orang lain. Jika ingin memiliki hubungan yang sangat berarti, maka kamu harus bersedia bertanggung jawab serta meminta maaf atas tindakan yang dilakukan.

Melakukan tindakan ini bisa membuat seseorang menjadi lebih belajar, berkembang, serta berdamai dengan kesalahan yang pernah dibuatnya. Meminta maaf juga akan menunjukkan kerendahan hati, sehingga dapat menyadari bahwa dirimu telah menyakiti orang lain. Perilaku teladan ini membuat orang terdekat menirukan apa yang telah kamu lakukan. Dengan begitu, suatu hubungan keluarga, pertemanan bisa menjadi lebih erat.

4. Membantu Memperbaiki Hubungan

Perselisihan yang terjadi bisa saja membuat salah satu pihak merasa paling benar. Selain itu, kesombongan juga akan menghambat hubungan yang baik dengan orang lain. Saat hal ini terjadi, orang lain yang ada di sekitarmu mungkin saja menjadi kurang nyaman. Bahkan bisa saja menimbulkan perselisihan.

Sebaliknya, ketika kamu memilih untuk meminta maaf dengan tulus, maka kamu bisa membuka kesempatan untuk membuat hubungan menjadi lebih baik. Dengan begitu, mereka akan lebih mempercayaimu.

5. Mempertahankan Harga Diri

Efek negatif dari penyesalan serta rasa malu yang mungkin kamu akan rasakan ketika telah menyakiti orang lain adalah bisa membuat kamu merasa sakit secara mental. Dengan meminta maaf serta bertanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuat, maka kamu bisa terbebas dari rasa bersalah atas apa yang pernah dilakukan.

6. Menghilangkan Stres

Dengan meminta maaf atas kesalahan yang pernah kamu lakukan, maka bisa membantu kamu dalam menghilangkan energi negatif yang ada di dalam diri. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih aman dan damai, sehingga rasa stres dalam diri pun menjadi berkurang. Jadi, mulai saat ini jangan pernah ragu untuk meminta maaf ketika sudah melakukan kesalahan.

Demikian pembahasan tentang cara meminta maaf saat Lebaran. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk Grameds.

Buku-Buku Terkait

1. Keajaiban Maaf dan Kisah-Kisah Teladan Lainnya

Keajaiban Maaf dan Kisah-Kisah Teladan Lainnya berisi kisah-kisah mengasyikkan yang penuh keteladanan. Salah satunya adalah kisah Hasan dan Husain yang menyaksikan seorang laki-laki tua berwudhu, tetapi dengan cara yang tidak benar. Lalu, laki-laki itu melaksanakan shalat. Tetapi, shalatnya juga tidak benar. Kedua cucu Rasulullah tersebut ingin menasihati atau mengajari orang tersebut. Tetapi, mereka merasa malu untuk melakukannya karena orang tersebut sudah tua.Hmmm … apa yang akan dilakukan Hasan dan Husain ya? Baca saja cerita lengkapnya dalam Nasihat yang Berharga. Selain itu, masih ada cerita-cerita seru lainnya yang mengajarkan tentang kejujuran, kesabaran, kerendahan hati, dan keagungan memaafkan.

2. Tolong, Maaf, Terimakasih

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran

Tolong, maaf, dan terima kasih adalah satu rangkaian kata ajaib. Keberadaannya mungkin sangat remeh, tetapi kekuatannya sungguh luar biasa. Jika kata ajaib ini diucapkan dengan cara yang benar dan tepat waktunya, ia mampu mengubah lawan menjadi kawan; mengubah benci menjadi cinta; bahkan menyulap amarah menjadi kasih sayang. Lantas, seperti apa kekuatan sebenarnya dari ketiga kata ajaib tersebut? Mengapa banyak orang begitu berat sekadar mengucapkan kata-kata sederhana tersebut? Terus, cara mudah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari? Silakan baca buku ini, dan temukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di dalamnya. Jika Anda mampu mewujudkannya di dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda akan menjadi orang yang luar biasa.

3. Tuhan, Maaf Kami Lupa

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran

Sudah seberapa sering kita melupakan Allah SWT? Tentu, jawaban pertanyaan tersebut sangat susah kita sampaikan. Sebab, sepertinya, memang hampir setiap saat, kita seperti melupakan bahwa kita adalah hamba-Nya. Kita senantiasa jauh dari keyakinan bahwa Dia selalu menyelesaikan persoalan kita. Kemudian, jika begitu, selanjutnya apa yang mesti kita lakukan? Buku yang Anda pegang ini berisi berbagai kisah yang mampu mengingatkan kita agar tidak lagi lalai. Buku ini mengingatkan kita kembali perihal keimanan dan ketakwaan kita. Selain itu, buku ini pun mengingatkan kita perihal keikhlasan dan kesabaran dalam menjalani hidup yang mungkin kerap kita lupakan. Membaca kisah-kisah dalam buku ini pun menjadi pilihan yang baik dalam rangka mengingatkan kembali hati yang lalai agar senantiasa ingat kepada-Nya.

4. Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran

“Bersyukur adalah magnet bagi datangnya banyak keajaiban”. Ciri – ciri orang yang kurang bersyukur sehingga hidupnya tidak bahagia adalah : 1. Suka mengeluh 2. Membandingkan hidup miliknya dengan orang lain 3. Ingin hidup menjadi orang lain 4. Merasa menjadi orang yang paling malang di dunia 5. Pesimis 6. Lebih suka melihat kekurangan daripada kelebihan Buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur membahas lebih dalam tentang hidup kita yang menderita atau kitanya yang lupa bersyukur sehingga nikmat Tuhan manakah yang kita dustakan? Walaupun hidup di dunia tak lepas dari musibah, akan selalu ada yang bisa kita syukuri agar Allah menambahkan lagi nikmat itu.

5. The Wisdom from Tuhan Maaf Kami Sedang Sibuk

Betapa cermatnya kau persiapkan hari tua. Padahal bisa jadi sebelum tua kau sudah di alam barzah. Betapa khawatir dirimu tentang masa depan. Kau lupa masa depanmu adalah kematian. Betapa kau terlalu dalam mencintai dunia. Hingga kau lupa bahwa semua sementara. Padahal hidupmu hanya untuk ibadah. Bukan menumpuk harta dan dianggap hebat oleh sesama. Betapa seringnya kau menjadi manusia yang menampilkan diri sebagai pribadi yang sangat sempurna, baik, dan berwibawa. Namun ketika sendiri, terbongkar siapa dirimu sebenarnya. Akan datang satu masa, di mana mulutmu terkunci, hingga tak ada lagi dalih dan kebohongan apa pun yang bisa kau lontarkan untuk menutupi kehinaanmu.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang cerita-cerita daerah, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 11 Cara Meminta Maaf yang Unik 
  2. Ucapan Lebaran Bahasa Jawa yang Bisa Kamu Coba 
  3. 70 Ucapan Selamat Idul Fitri Lengkap 
  4. Kata-Kata Ucapan Idul Fitri yang Menyentuh Hati nan Indah
  5. 61 Kata-Kata Happy Eid Al Fitr yang Bisa Kamu Gunakan 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda