in

3 Cara Hapus Akun Akulaku Permanen dengan Cepat dan Mudah!

review.bukalapak.com

Cara Hapus Akun Akulaku – Grameds apakah kalian tahu Akulaku? Akulaku adalah layanan pinjaman online dan e-commerce. Aplikasi Akulaku dapat dipakai untuk biaya pembelian merchant secara cicilan. Aplikasi ini memberikan penawaran dana tunai dan pay later cicilan secara online.

Aplikasi Akulaku menyediakan fitur pembayaran nanti atau biasa kita sebut dengan pay later, pinjaman tunai dan juga cicilan. Selain itu juga, penggunanya bisa membayar pulsa, paket data, internet dan tiket transportasi yang bisa dicicil.

Namun, apabila grameds sudah melunasi semua pinjaman kredit online di platform ini dan merasa tidak lagi membutuhkan akunnya dan kamu merasa perlu menghapus akunnya maka kamu bisa mengikuti cara di bawah ini agar bisa menghapus akun Akulaku kamu.

Namun, sebelum membahas akan hal itu, ada baiknya kita membahas tentang apa itu Akulaku terlebih dahulu.

Apa itu Akulaku?

Nah grameds, bagi kamu yang belum tahu Akulaku berikut ini adalah penjelasannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Akulaku adalah aplikasi pinjaman online dan juga e-commerce. Melalui aplikasi ini kamu bisa menikmati fitur belanja cicilan online tanpa kartu kredit dan pinjaman uang kilat dengan bunga yang rendah.

Akulaku menyediakan pinjaman tanpa jaminan hingga 12 bulan. Kita bisa meminjam uang dengan mudah dan semua proses dijalankan secara online melalui ponsel. Saat ini, Akulaku sudah mencakup semua wilayah di Indonesia khususnya Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Syarat Pengajuan Akulaku

Ada pula syarat pengajuan yang harus kamu lewati jika kamu ingin meminjam atau mencicil barang menggunakan Akulaku. Berikut adalah syarat pengajuan Akulaku.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki e-KTP
  3. Memiliki Rekening Bank
  4. Foto KTP dan Selfie
  5. Isi Data Pribadi, pekerjaan
  6. Kontak darurat
  7. Isi akun facebook dan BPJS Ketenagakerjaan

Layanan Produk Akulaku

Akulaku itu sendiri memiliki banyak sekali layanan yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Berikut ini adalah layanan yang ditawarkan Akulaku.

1. Cicilan Tanpa kartu Kredit Pay Later

Akulaku Pay Later adalah metode pembayaran yang dapat digunakan untuk belanja dengan limit kredit hingga 15 juta dan dapat dicicil hingga 12 bulan. Pembayaran di Akulaku Pay Later bisa dilakukan dengan pembayaran penuh secara langsung dan cicilan tenor 1,2,3,6,9, dan 12. Setiap pengajuan akan dilihat oleh sistem Akulaku untuk bisa menentukan limit pinjaman dan pilihan tenor kredit yang bisa diberikan.

Setelah kamu mendapatkan limit di Akulaku Pay Later, maka kamu bisa menggunakan limit tersebut di platform e-commerce lainnya. Akulaku Pay ini bisa digunakan di Shopee, Bukalapak, BliBli, JD.ID, dan lainnya.

2. Dana Tunai

Dana cicil adalah layanan pinjaman cicilan tunai di Akulaku. Kamu bisa mengajukan pinjaman dengan jangkauan nominal pinjaman mulai dari RP 500rb hingga Rp15 juta dengan tenor pinjaman 2-12 bulan.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Dana cicil tidak akan menggunakan limit kredit belanja pay later Akulaku. Jika lolos verifikasi, maka dana akan ditransfer ke rekening bank.

3. Pinjaman

Pinjaman disediakan oleh Kredito/UKU/Uatas sebagai kemitraan kerja sama Akulaku dalam pengawasan OJK. Setelah kirimkan data dengan mudah, kamu akan segera mendapatkan dana pinjaman.

Cara Hapus Akun Akulaku

Cara Pengajuan

Proses pengajuan yang dilakukan lewat aplikasi Akulaku adalah sebagai berikut:

1. Daftar Akulaku

Konsumen akan memiliki dua pilihan untuk mendaftar akun di Akulaku.

Pilihan yang pertama adalah langsung ke aplikasi Akulaku. Kamu bisa download aplikasi Akulaku, buka aplikasi dan klik “masuk/daftar” pada halaman “akun” lalu klik “daftar akun” untuk ajukan pendaftaran.

Pilihan kedua yaitu dengan lewat e-commerce. Pada saat di halaman pembayaran seperti shopee, bukalapak dan e-commerce lainnya, metode pembayaran pilih “Akulaku pay later” setelah di konfirmasi pembayaran akan masuk ke halaman login Akulaku pay later, ajukan pendaftaran dengan klik “daftar”

Tujuan dari daftar ini agar konsumen bisa mendapatkan limit yang bisa digunakan untuk belanja. Jika melakukan pembayaran secara cicilan, maka akan diambil dari limit yang sudah disetujui.

2. Belanja cicilan pay later

Setelah akun sudah disetujui dan kamu mendapatkan limit pinjaman, selanjutnya adalah kamu bisa menggunakan akun Akulaku untuk membayar belanja online.

  • Pada halaman pembayaran platform belanja pilih metode pembayaran menggunakan “Akulaku pay later”.
  • Setelah masuk halaman Akulaku pay later, jika belum login, maka kamu perlu login ke akun Akulaku setelah login kamu dapat melihat rincian tagihan cicilan.
  • Pengguna yang tidak daftar akun bisa mengajukan pendaftaran dengan klik daftar
  • Kondormasi metode pembayaran dan kirim, maka pembayaran dengan Akulaku sudah berhasil.

3. Dana Tunai

Pinjaman dana tunai berbeda dengan pay later. Proses pengajuan pinjaman tunai adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka halaman sevis atau keuangan kemudian pilih dana cicil.
  • Klik dana cicil dan pilih jumlah atau nominal pinjaman dan tenor yang dibutuhkan.
  • Memasukkan rekening bank, serta pastikan informasi yang dimasukkan lengkap dan benar.
  • Lalu, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau 4 digit terakhir NIK.

Setelah pengajuan pinjaman Dana Cicil dilakukan, silakan lakukan pengecekan pada rekening secara berkala dalam waktu 1 x 24 jam untuk mengecek pencairan pinjaman.

Jika kamu tidak bisa mengajukan Dana Cicil, maka kamu disarankan untuk lebih sering bertransaksi di Akulaku dan bayar tagihan dengan tepat waktu, lebih aktif berpartisipasi dalam promo dan kumpulkan poin kredit dana pinjaman.

4. Pinjaman

Kamu bisa mengajukan pinjaman dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buat peminjaman yang belum pernah mendapatkan pinjaman di Akulaku, maka kamu perlu melakukan step di bawah ini.
    1. Isi informasi pribadi yang diperlukan untuk pinjaman
    2. Isi informasi kontak darurat yang diperlukan untuk pinjaman
    3. Isi informasi perusahaan yang diperlukan untuk pinjaman
    4. Isi Informasi KTP yang diperlukan untuk pinjaman
    5. Klik Kirim dan tunggu verifikasi kredit.
  • Setelah itu, Akulaku akan mengirimkan notifikasi bahwa pengajuan lolos kualifikasi untuk bisa mengajukan pinjaman
  • Untuk yang sudah lolos, kualifikasi pinjaman atau pernah melakukan pinjaman sebelumnya, silakan mengajukan kredit yang sudah disediakan.
    1. Pilih jumlah pinjaman yang diperlukan (nominal pinjaman)
    2. Pilih periode pinjaman yang diperlukan (tenor pinjaman)
    3. Klik kirim dan tunggu verifikasi kredit

Kelebihan Akulaku

Berikut ini adalah beberapa kelebihan setelah menggunakan Akulaku.

1. Pendaftaran Mudah

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi dan mengikuti semua proses registrasi aplikasi tersebut. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot untuk memiliki akun Akulaku.

2. Cicilan Melalui Marketplace

Dengan Akulaku, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk cicilan belanja melalui marketplace, seperti jd.id, tokopedia, shopee dan lain sebagainya

3. Cicilan di Alfamart dan Indomaret

Kamu bisa melakukan pembayaran produk melalui aplikasi Klik Indomaret dan Alfamart dengan Akulaku, sehingga aktivitas berbelanja mudah untuk dilakukan.

4. Cair Cepat

Selama proses verifikasi disetujui dengan baik maka proses pencairan uang juga akan cepat.

Cara Hapus Akun Akulaku

Kekurangan Akulaku

Berikut ini adalah kekurangan dari aplikasi Akulaku.

1. Dana dipotong

Proses pencairan dana Akulaku memang sangat cepat, tapi uang yang diberikan juga tidak full atau penuh. Akan ada dana potongan untuk berbagai biaya dalam proses peminjaman.

2. Bunga Akulaku

Besaran bunga Akulaku untuk pinjaman KTA kilat akan menjadi contoh dalam hitungan kali ini. Contohnya kalian mendapatkan pinjaman KTA Kilat dengan total 900.000 dengan jangka waktu 15 hari, maka jumlah yang harus dibayarkan yaitu 1.008.000

Dalam jangka waktu 15 hari, kamu bisa harus mengembalikan dengan tambahan 100.000 atau 12 persen. Jadi, dengan biaya untuk persetujuannya cukup besar mencapai 81.000. kemudian untuk bunganya sendiri 27.000

3. Tenor Pendek

Masa kredit atau tenor di Akulaku cukup pendek, yaitu maksimum 12 bulan. Berbeda dengan KTA yang bisa menawarkan pinjaman hingga 60 bulan. Tenor yang panjang juga membantu jumlah cicilan menjadi lebih kecil.

4. Akses Data pribadi Ponsel

Akulaku meminta akses terhadap data pribadi di dalam ponsel. Di awal saat akan mengajukan Akulaku akan meminta data berikut:

  • Informasi Lokasi
  • Informasi Daftar Kontak
  • Informasi Aplikasi Terinstall
  • Nomor HP
  • Informasi Perangkat Ponsel. Merek, model, sistem operasi
  • Hubungkan dengan Akun Facebook

Cara Hapus Akun Akulaku

Sebagai pengguna aplikasi, kamu juga bisa menghapus akun Akulaku secara permanen. Berikut ini adalah cara hapus akun Akulaku secara online:

1. Cara Hapus Akun Akulaku Permanen

Pengguna yang sudah mendaftarkan akun, kamu bisa menghapus akun secara permanen. Cara pertama yaitu dengan menghubungi customer service untuk menghapus akun Akulaku secara permanen.

Kamu bisa menghubungi customer service Akulaku melalui nomor 1500920 untuk hapus akun. Atau menghubungi hotline collection 021-241120009. Pastikan kamu menghubungi customer service Akulaku ketika jam kerja. Kamu bisa menanyakan pengajuan menghapus akun Akulaku secara permanen,

2. Hapus Akun Melalui Email

Selain kontak Cell Center, kamu bisa mengirimkan email ke cs.id@Akulaku.com. Kemudian, kamu bisa menulis email untuk pengajuan hapus akun ke CS Akulaku. Nanti akun Akulaku akan mengirimkan form untuk pengajuan dan penutupan akun secara permanen. Ada beberapa persyaratan untuk melengkapi data dan hapus akun. Persyaratan yang dibutuhkan seperti lampiran foto KTP, foto selfie dengan memegang KTP, dan tanda tangan.

3. Hapus Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah menghapus aplikasi Akulaku di ponsel. Akulaku menyediakan fitur pemblokiran akun sementara, sehingga pengguna tidak bisa mengakses fitur pembayaran. Fitur pembayaran seperti limit, tarik tunai, dan pay later.

Berikut adalah cara menghapus akun Akulaku:

  • Menu pengaturan di ponsel
  • Cari aplikasi Akulaku
  • Kemudian pilih opsi copot aplikasi
  • Sebelum menghapus aplikasi anda bisa memilih menu keluar (logout) terlebih dahulu.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menghapus Akun

Perlu diperhatikan beberapa hal di bawah ini agar kamu tidak menyesal ketika sudah yakin menghapus akun di Akulaku.

  1. Jika ada keterlambatan, Akulaku akan tetap menetapkan denda ke tagihanmu.
  2. Menghapus akun Akulaku tidak akan mengembalikan atau menghapus data yang sudah kamu kirim.
  3. Semua tagihan dan kredit yang sudah diajukan tetap harus dibayar meski akun sudah dihapus.
  4. Artinya menghapus akun di Akulaku bukan berarti semua tagihan dan kredit kamu menjadi lunas. Maka dari itu, kamu perlu melunasi semua tagihan dan kredit yang sedang kamu lakukan agar bisa menghapus akun Akulaku kamu.

Denda Cicilan Akulaku

Jika kamu sedang mengajukan cicilan, maka kamu akan mengalami keterlambatan pembayaran hingga hitungan hari ke 23, sehingga kamu akan dikenakan denda.

Biasanya, denda yang diberikan tidaklah sedikit, yaitu mencapai angka 10%. Jika diperhitungkan angka ini terbilang angka yang sangat besar dan memberatkan.

Contohnya, jika kamu melakukan cicilan dengan tagihan bulanan senilai 2.000.000 rupiah. Lalu, mengalami keterlambatan hingga ke 24, maka denda yang akan bayarkan sebesar 10% dari cicilan Rp2.000.000

Jadi, jika dihitung angka 10% dari Rp2.000.000 adalah Rp200.000 rupiah. Jadi, jika dipikirkan akan sangat besar biaya yang harus dibayar jika kamu terus melakukan keterlambatan pembayaran.

Cara Hapus Akun Akulaku

Cara Pembayaran Tagihan Akulaku

Tak perlu pusing dan repot mencari cara bayar tagihan Akulaku. Berikut ini adalah cara pembayaran tagihan Akulaku yang bisa kamu pilih.

Cara bayar tagihan Akulaku melalui minimarket

Pengguna Akulaku bisa memilih metode pembayaran melalui minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart. Untuk melakukan pembayaran melalui minimarket, kamu bisa melakukan melalui kasir minimarket. berikut ini adalah langkahnya

  1. Buka aplikasi Akulaku dan catat nomor virtual account untuk pembayaran tagihan.
  2. Informasikan kepada kasir yang bertugas bahwa kamu akan melakukan pembayaran Akulaku.
  3. Informasikan nomor virtual account yang ada pada aplikasi Akulaku. atau masukkan nomor virtual account secara mandiri pada mesin pembayaran jika tersedia.
  4. Kasir akan menginformasikan jumlah tagihan dan kamu bisa memastikan apakah jumlahnya sudah sesuai dengan yang tertera pada aplikasi Akulaku.
  5. Lakukan pembayaran pada kasir dengan menyerahkan uang tunai.
  6. Simpan bukti pembayaran.

Cara Bayar Tagihan Akulaku melalui ATM

Berikut ini adalah cara membayar tagihan Akulaku melalui beberapa ATM.

1. ATM BCA

  1. Setelah memasukkan ATM dan PIN, pilih menu Transaksi Lainnya
  2. Pilih Transfer, kemudian Ke Rekening Bank Lain.
  3. Masukkan kode transfer 013.
  4. Selanjutnya masukkan nominal pembayaran.
  5. Masukkan nomor Virtual Account Akulaku.
  6. Pastikan nomor Virtual Account sesuai, kemudian klik Benar.
  7. Simpan bukti pembayaran

2. ATM Mandiri

  1. Setelah memasukkan ATM dan PIN, pilih menu Transaksi Lainnya.
  2. Pilih Bayar/Beli, kemudian Lainnya.
  3. Pilih kembali opsi Lainnya.
  4. Pilih Multi Payment.
  5. Masukkan kode transfer 013, pilih Benar.
  6. Selanjutnya masukkan nominal pembayaran.
  7. Masukkan nomor Virtual Account Akulaku.
  8. Masukkan nominal pembayaran dan pastikan telah sesuai, kemudian klik Ya.
  9. Simpan bukti pembayaran.

3. ATM BRI

  1. Setelah memasukkan ATM dan PIN, pilih menu Lainnya.
  2. Pilih Pembayaran/Pembelian, lalu Pembayaran/Pembelian Lain.
  3. Kemudian, pilih BRIVa.
  4. Masukkan nomor Virtual Account pada aplikasi Akulaku, kemudian klik Benar.
  5. Masukkan nominal pembayaran dan pastikan telah sesuai, kemudian klik Ya.
  6. Simpan bukti pembayaran.

4. ATM BNI

  1. Setelah memasukkan ATM dan PIN, pilih Menu Lain.
  2. Pilih Transfer, lalu Virtual Account Billing.
  3. Kemudian, pilih BRIVa.
  4. Masukkan nomor Virtual Account pada aplikasi Akulaku, kemudian klik Tekan Jika Benar.
  5. Transaksi selesai! Simpan bukti pembayaran.

Cara Bayar Tagihan Akulaku melalui e-wallet

Ada juga cara bayar tagihan Akulaku yang bisa dilakukan secara praktis pakai e-wallet, begini caranya.

  1. Download aplikasi Gojek agar bisa lakukan pembayaran Akulaku melalui e-wallet Gopay
  2. Buka aplikasi Akulaku
  3. Pilih metode pembayaran melalui Gopay
  4. Kamu akan mengakses Gopay secara otomatis
  5. Klik Pay Now, lalu masukkan PIN untuk selesaikan pembayaran

Nah itu dia adalah penjelasan mengenai cara hapus akun Akulaku. Pastikan kamu sudah menyelesaikan semua tanggungan pinjaman online sebelum menghapusnya.. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tentang e-commerce atau pinjaman online atau buku lainnya, maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Mengenal E-Commerce: Pengertian, Jenis, Contoh, Manfaat 
  2. Cara Belanja Buku di Gramedia Online (Gramedia.com) 
  3. 10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Para Pemula 
  4. Cara Memulai Bisnis Online: Jenis, Keuntungan, Tantangan 
  5. Cara Menghapus Akun Google dari Laptop dan Ponsel Tanpa Ribet 
  6. Cara Hapus Akun Telegram, Ada Berbagai Cara


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.3k
  • Tidak
    6% 6% 93 / 1.3k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda