in

Cara Bayar Shopee Paylater dengan Cepat, Mudah, dan Terjamin!

kompas.com

Cara Bayar Shopee Paylater – Di zaman yang serba digital ini pastinya kita lebih mudah dalam melakukan suatu hal, salah satunya adalah dengan berbelanja. Benar sekali, saat ini untuk membeli suatu barang, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk keluar rumah karena kamu bisa melakukannya melalui aplikasi belanja online atau biasa kita kenal e-commerce. Apakah kamu pernah berbelanja online?

Dari sekian banyak aplikasi belanja online, salah satu yang namanya sudah cukup banyak dikenal masyarakat adalah Shopee. Lalu, di dalam Shopee ada yang namanya fitur Shopee Paylater, fitur apakah itu? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini, Grameds.

Shopee Paylater

Hampir semua orang Indonesia sudah mengenal aplikasi Shopee ini. Di dalam aplikasi ini banyak sekali yang bisa kamu lakukan atau lebih tepatnya bukan hanya berbelanja online saja, tetapi kamu juga bisa membayar beberapa tagihan, seperti tagihan listrik, tagihan BPJS, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, ternyata Shopee memiliki fitur yang di mana penggunanya bisa melakukan kredit suatu barang terlebih dahulu baru membayarnya tenornya dalam hitungan bulan atau tahun. Aplikasi yang kredit atau bayar nanti atau cicilannya dibayar nanti ini dikenal dengan nama Shopee Paylater.

Ketika menggunakan Shopee Paylater, maka pengguna harus membayar tagihannya tepat waktu. Jika tidak dibayarkan tepat waktu, maka kamu akan dikenakan tambahan denda. Jadi, ketika menggunakan cicilan pada Shopee Paylater, sebaiknya kamu pilih periode yang tepat agar tidak terlambat dalam membayar tagihannya.

Bagi kamu yang merupakan nasabah dari BNI, BCA, Mandiri, dan BRI, Indomart, dan Alfamart, maka bisa membayar cicilannya melalui nomor virtual account. Jadi, kamu harus bisa memastikan nomor virtual account Shopee Paylater, sehingga ketika membayar cicilan, tidak ada kesalahan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau dalam membayar cicilan Shopee Paylater terdapat opsi pembayaran. Adapun opsi pembayaran yang ditawarkan oleh Shopee Paylater, antara lain:

  • 1 kali bayar
  • 3 kali bayar
  • 6 kali bayar
  • 12 kali bayar

Buat grameds yang masih belum mengerti apa maksud dari daftar tersebut, maka dapat mempelajarinya terlebih dahulu ya. Jadi, jika grameds memilih opsi yang satu kali bayar di Shopee Paylater, maka artinya kamu harus membayarnya di bulan depan secara penuh. Begitu juga dengan pemilihan pembayarannya lainnya.

Dalam melakukan pembayaran di Shopee Paylater, maka kamu harus mengetahui besaran dari cicilan yang akan kamu bayarkan. Jadi, semakin banyak cicilan yang kamu pakai, maka bunga yang harus dibayarkan pun menjadi semakin banyak. Meski begitu, kamu tidak harus bingung karena bunga yang harus dibayarkan pun sudah termasuk dengan cicilan yang akan dibayarkan.

Namun, lain halnya jika kamu terlambat membayar cicilan, yang di mana bunga denda akan bertambah.

Manfaat Menggunakan Shopee Paylater

Ada banyak benefit yang bisa grameds dapatkan ketika menggunakan salah satu fitur pembayaran yang dimiliki oleh Shopee ini. Apa saja sih benefitnya?

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

1. Bisa Berbelanja Meski Tidak Mempunyai Uang

Seperti halnya cicilan dalam membeli berbagai macam barang, maka ketika menggunakan Shopee Paylater, kamu bisa berbelanja walaupun sedang tidak memiliki uang. Misalnya, kamu bisa membeli baju, tv, celana, dan sebagainya yang kemudian dibayarkan sesuai periode kamu mengambil cicilan.

Dengan adanya Shopee Paylater, maka kamu tidak perlu khawatir lagi memiliki barang dikala sedang butuh. Selain itu, kamu juga bisa mencicil barang sesuai dengan keuangan yang sedang kamu miliki.

2. Bisa Digunakan Untuk Shopee Food

Nah, ketika kamu sedang malas untuk memasak atau sedang malas untuk membeli makanan secara langsung, maka bisa membelinya melalui aplikasi Shopee Food. Benefit dari Shopee Paylater selanjutnya adalah kamu bisa membayar Shopee Food dengan Shopee Paylater yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir ketika lapar sedang melanda.

Kamu bisa membeli makan dan membayar makanan tersebut ketika sudah jatuh tempo, apakah kamu sudah pernah mencobanya? Jadi, kamu bisa membeli makan ketika tanggal tua tanpa harus bingung membayarnya dari mana.

3. Proses Daftar Mudah

Benefit atau keuntungan dari menggunakan Shopee Paylater selanjutnya adalah kamu tidak perlu repot melakukan pendaftarannya. Oleh sebab itu, ketika membuat akun Shopee Paylater, maka kamu tidak perlu pergi keluar rumah atau ke kantor Shopee karena kamu bisa melakukan pendaftaran dari rumah atau lebih tepatnya mendaftar secara online dan kamu hanya perlu memiliki aplikasi Shopee saja.

Untuk persyaratannya pun kamu juga tinggal baca yang tertera di Shopee Paylater. Jadi, sebelum menggunakan Shopee Paylater, sebaiknya kamu periksa tentang persyaratannya terlebih dahulu.

4. Sudah Diawasi OJK

Benefit selanjutnya yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan Shopee Paylater adalah fitur ini sudah diawasi oleh OJK. Jadi, ketika kamu menggunakan Shopee Paylater, maka tidak perlu khawatir akan ada kecurangan, sehingga kamu bisa menggunakan Shopee Paylater dengan aman dan nyaman.

5. Limit Terus Bertambah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebenarnya Shopee Paylater ini memiliki sistem yang hampir sama dengan sistem kredit yang di mana pastinya akan ada limit atau batasan pinjamannya. Oleh sebab itu, bisa dibilang limit yang bisa digunakan akan semakin bertambah apabila kamu menggunakan Shopee Paylater secara teratur.

Namun, agar bisa memperoleh limit yang terus bertambah, maka pengguna Shopee Paylater harus membayar tagihan tepat waktu. Dengan begitu, pihak Shopee Paylater akan melihat kalau pengguna benar-benar serius dan berkomitmen dalam menggunakan Shopee Paylater.

Tutorial Menggunakan Shopee Paylater Sebagai Metode Pembayaran

Cara Bayar Shopee Paylater
kompas.com

Jika grameds masih awam atau bingung ketika berbelanja online dengan Shopee Paylater, maka bisa simak tutorial menggunakan Shopee Paylater untuk metode pembayaran di bawah ini.

  1. Pertama grameds buka shopee dan langsung cari barang mana yang akan dibeli.
  2. Apabila sudah, grameds bisa langsung “masukkan keranjang” atau langsung “checkout” ya.
  3. Setelah mengklik opsi “checkout”, maka secara otomatis kamu akan masuk ke halaman berikutnya.
  4. Lalu, silakan langsung setting atau atur alamat kamu yang benar agar nanti kurirnya bisa mengirim barang dengan benar.
  5. Setelah itu, grameds masukkan voucher jika memang ada.
  6. Lalu, klik “metode pembayaran” yang akan digunakan.
  7. Pada menu atau opsi tersebut, kamu tinggal pilih “Shopee Paylater” saja dan kemudian pilih cicilan yang akan digunakan.
  8. Setelah itu, klik “buat pesanan” dan kamu tinggal pesanan kamu sampai di rumah.

Cara Bayar Shopee Paylater

Risiko Menggunakan Bunga Pada Shopee Paylater

Ketika sudah membaca tentang Shopee Paylater, pastinya kamu tergiur dengan berbagai tawaran yang diberikan oleh Shopee Paylater. Namun, sebelum itu, kamu juga perlu mengetahui risiko menggunakan bunga Shopee Paylater. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari.

1. Mempunyai bunga

Pastinya Shopee Paylater memiliki bunga pinjaman. Bunga pinjaman ini harus diperhatikan karena semakin lama kamu mencicil Shopee Paylater, maka bunga yang harus ditanggung akan semakin banyak juga. Jadi, alangkah baiknya kamu menggunakan metode pembayaran COD atau membayar dengan Shopee Pay biasa.

Dengan begitu, kamu tidak perlu memikirkan bunga yang harus dibayarkan di kemudian hari.

2. Apabila telat bayar nama Pengguna menjadi jelek

Risiko kedua yang harus diperhatikan ketika menggunakan Shopee Paylater adalah ketika telat membayar, maka nama pengguna akan menjadi jelek. Oleh sebab itu, ketika menggunakan Shopee Paylater, sebaiknya kamu usahakan untuk membayar tepat waktu agar nama kamu tidak jelek di perbankan.

3. Menyebabkan ketagihan

Risiko terakhir dari menggunakan Shopee Paylater adalah bisa membuat kamu ketagihan. Hal ini sangatlah membahayakan karena bisa merugikan diri sendiri atau bahkan orang lain untuk membayar utang-utang yang ada di Shopee Paylater. Jadi, ketika menggunakan Shopee Paylater, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri.

Kelebihan Menggunakan Shopee Paylater

Setelah membahas tentang risiko Shopee Paylater, rasanya belum lengkap kalau tidak membahas tentang kelebihan dari menggunakan Shopee Paylater. Nah, di bawah ini akan dijelaskan beberapa kelebihan dari Shopee Paylater.

a. Mempunyai Fitur Cicilan Hingga 12x

Kelebihan pertama dari menggunakan adalah memiliki fitur cicilan hingga 12 kali, banyak sekali bukan? Dengan adanya fitur ini, maka pengguna Shopee Paylater akan lebih mudah dalam mencicil pembayarannya.

b. Biaya penanganan sangat rendah

Selain membayarkan suku bunga, setiap transaksi pembelian kredit di Shopee akan dikenakan biaya penanganan. Setiap transaksi menggunakan metode pembayaran shopee paylater akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1 persen. Sebagai contoh, jika grameds melakukan transaksi pembelian sebesar Rp. 50.000, maka biaya penanganan yang harus dibayarkan adalah Rp. 500.

c. Dapat memilih tanggal jatuh tempo

Saat akan mengajukan kredit, biasanya pihak bank akan secara sepihak menentukan sistem jatuh tempo. Namun, berbeda halnya dengan shopee paylater, mereka akan memberikan pilihan bagi para penggunannya untuk menentukan tanggal jatuh tempo.

Setelah melakukan aktivasi di awal, para pengguna dapat memilih 2 pilihan tanggal jatuh tempo, yaitu pada tanggal 5 atau tanggal 11 setiap bulannya.

Cara Bayar Shopee Paylater

Cara Membayar Shopee Paylater

Setelah membahas banyak hal tentang Shopee Paylater, rasanya akan lebih lengkap kalau kita juga membahas tentang cara membayar Shopee Paylater. Lalu, apakah kamu sudah mengetahui cara membayar Shopee Paylater? Nah, jika belum, maka kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini, Grameds.

1. Cara bayar Shopee Paylater lewat ATM BCA

  • Kunjungi ATM BCA;
  • Masukkan kartu ATM BCA;
  • Masukkan PIN ATM BCA;
  • Pilih Menu Transaksi Lainnya;
  • Masukkan Nomor Virtual Account BCA Shopee Paylater;
  • Konfirmasi Data Tagihan Shopee Paylater;
  • Tunggu pembayaran Shopee Paylater berhasil.

2. Cara membayar Shopee Paylater lewat ATM BRI

Bagi grameds nasabah BRI bisa ikuti cara bayar Shopee Paylater lewat ATM BRI dengan praktis, sebagai berikut:

  • Datang ke ATM BRI terdekat;
  • Masukkan kartu ATM;
  • Pilih bahasa Indonesia;
  • Masukkan PIN ATM;
  • Buka menu lainnya;
  • Klik menu pembayaran atau pembelian;
  • Klik BRIVA;
  • Masukkan nomor virtual account shopee paylater;
  • Konfirmasi data tagihan shopee paylater;
  • Tunggu pembayaran shopee paylater berhasil.

3. Cara bayar Shopee Paylater lewat ATM Mandiri

Bagi grameds nasabah Bank Mandiri, maka bisa ikuti cara bayar Shopee Paylater lewat ATM Mandiri dengan mudah. Caranya sebagai berikut:

  • Datang ke ATM Mandiri terdekat;
  • Masukkan kartu ATM Mandiri;
  • Masukkan PIN ATM Mandiri;
  • Klik beli atau bayar;
  • Klik menu lainnya;
  • Pilih lainnya;
  • Klik multipayment;
  • Masukkan kode perusahaan 89608;
  • Klik benar;
  • Masukkan kode bayar virtual account mandiri;
  • Klik benar;
  • Tekan 1 dan Ya;
  • Klik benar;
  • Tunggu pembayaran shopee paylater berhasil.

4. Cara membayar Shopee Paylater lewat Indomaret dan Alfamart

Berikut ini langkah-langkah atau cara bayar Shopee Paylateri Indomart atau Alfamart:

  • Buka aplikasi shopee;
  • Pilih menu saya;
  • Pilih spaylater;
  • Klik bayar sekarang;
  • Pilih metode pembayaran;
  • Pilih Indomaret atau Alfamart;
  • Klik konfirmasi;
  • Klik bayar sekarang;
  • Salin atau catat kode pembayaran;
  • Kunjungi Indomaret atau Alfamart terdekat;
  • Tunjukkan kode ke kasir;
  • Selesaikan pembayaran.

5. Cara membayar Shopee Paylater lewat ATM BNI

Berikut ini cara membayar shopee paylater lewat ATM BNI :

  • Kunjungi ATM BNI terdekat;
  • Masukkan kartu ATM;
  • Pilih ‘bahasa Indonesia’;
  • Masukkan PIN ATM;
  • Klik menu ‘lainnya’;
  • Pilih menu ‘transfer’ dan pilih ‘rekening BNI’;
  • Masukkan ‘nomer virtual account’;
  • Masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan tagihan;
  • Klik ‘OK’;
  • Akan tampil ‘informasi detail pembayaran’;
  • Pilih ‘tekan jika benar’.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai;
  • Mesin ATM akan mengeluarkan bukti pembayaran shopee paylater.

Setiap pengguna dari Shopee Paylater, sebaiknya selalu pastikan kalau cicilan memang sudah benar-benar terbayarkan, sehingga pengguna tidak akan dianggap telat membayar cicilan. Selain itu, kamu juga harus tentukan metode pembayaran Shopee Paylater yang aman, sehingga tidak khawatir dalam menggunakan Shopee Paylater.

Cara Melunasi Shopee Paylater Sekaligus

Apabila grameds ingin membayar semua tagihan Shopee Paylater, maka saat ini sudah ada cara membayar lunas tagihan Shopee Paylater. Untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini, langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi shopee.
  2. Pilih menu “saya” yang di pojok kanan bawah.
  3. Pilih spaylater, kemudian akan muncul jumlah tagihan yang harus dibayar.
  4. Pilih bagian tagihan bulan depan.
  5. Kemudian, pilih bulan yang tagihannya ingin grameds lunasi.
  6. Klik bayar sekarang dan pilih metode pembayaran yang akan grameds gunakan.
  7. Lalu, kamu tinggal mengikuti ikuti cara bayar Shopee Paylater. Setelah itu, tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Shopee.

Cara Bayar Shopee Paylater

Nah, itulah cara membayar shopee paylater ya, Grameds. Dijamin keamanan data kita juga akan terjamin. Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang cara website, secara lengkap, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Semoga artikel ini menginspirasimu ya!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

BACA JUGA:

  1. Mengenal E-Commerce: Pengertian, Jenis, Contoh, Manfaat 
  2. Cara Belanja Buku di Gramedia Online (Gramedia.com) 
  3. 10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Para Pemula 
  4. Cara Memulai Bisnis Online: Jenis, Keuntungan, Tantangan 
  5. Cara Menghapus Akun Google dari Laptop dan Ponsel Tanpa Ribet 
  6. Cara Hapus Akun Telegram, Ada Berbagai Cara 


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.1k / 1.2k
  • Tidak
    6% 6% 79 / 1.2k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda