in ,

Rekomendasi Buku SBMPTN Saintek Terbaru

Unsplash.com

Buku SBMPTN Saintek – Grameds, untuk kalian para pejuang UTBK SBMPTN, bagaimana persiapan kalian? Apakah kalian mengikuti bimbingan belajar? Apakah ada yang berlatih menggunakan latihan soal secara daring? Atau kalian bertatih dengan menggunakan soal-soal UTBK SBMPTN yang dibukukan dan telah dilengkapi pembahasan?

SBMPTN adalah salah satu jalan bagi kalian yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri dan meraih sukses di masa depan, terutama dalam hal berkarir. Banyak persiapan yang dilakukan guna menghadapi UTBK. Bagi kalian pejuang UTBK, harus mempersiapkan semuanya sebaik mungkin sejak awal.

Beberapa hal dapat dipersiapkan untuk meraih sukses masuk ke perguruan tinggi negeri dengan jurusan yang diidam-idamkan, salah satunya belajar dengan menggunakan buku-buku bank soal UTBK SBMPTN. Banyak buku-buku yang tersedia di Gramedia dan bisa kalian pilih sesuai dengan yang kalian butuhkan.

Bagi Garmeds para pejuang UTBK SBMPTN, tidak perlu khawatir dengan persiapan-persiapan yang akan dilakukan. Gramedia melalui link https://www.gramedia.com/best-seller/buku-utbk/ menghadirkan buku-buku berkualitas untuk menemani persiapan kalian.

Untuk kali ini, kita akan membahas salah satu program studi di perguruan tinggi negeri yang mungkin akan kalian pilih nantinya. Kali ini kita akan membahas lebih dekat program studi saintek.

Apa itu Saintek?

Saintek merupakan singkatan dari Sains dan Teknologi. Saintek ialah kelompok program studi yang berkaitan dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Biasanya yang memilih salah satu jurusan dari program studi saintek adalah mereka yang pada saat SMA berada di jurusan IPA, karena program studi ini masih berhubungan erat dengan materi-materi IPA, jadi kalian tidak melompat terlalu jauh saat belajar di bangku kuliah nantinya.

Jurusan seperti apa sih yang ada di program studi saintek? Agar rasa penasaran kalian terjawab, mari kita simak beberapa jurusan di perguruan tinggi negeri yang dapat kalian pilih saat berkuliah nanti.

Jurusan yang Termasuk dalam Program Studi Saintek

Buku SBMPTN Saintek
Unsplash.com

1. Jurusan Geografi

Pasti kalian bertanya-tanya, mengapa jurusan Geografi masuk dalam program studi saintek? Pada saat kalian berada di bangku SMA, Geografi masuk dalam salah satu mata pelajaran yang dipelajari di IPS. Namun pada kenyataannya, mahasiswa jurusan Geografi banyak berkutat dengan analisis terhadap persoalan yang menyangkut ekologi dan kajian wilayah.

Para mahasiswa jurusan Geografi mendapat mata kuliah tentang Sistem Informasi Geografis, Evaluasi dan Konservasi Sumber Daya Alam, Oseanografi, Geografi Pariwisata hingga Analisis Risiko Bencana Alam.

2. Jurusan Astronomi

Astronomi adalah studi ilmiah tentang benda-benda langit dan fenomena alam yang terjadi di luar bumi. Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini.

Beberapa sub bidang kajian yang terdapat di jurusan Astronomi ini antara lain Galaksi dan Kosmologi, Fisika Bintang, dan Tata Surya. Bagi kalian yang tertarik dengan jurusan Astronomi, kalian nanti akan mempelajari mata kuliah dengan cakupan ilmu seperti geometri, algoritma pemrograman, kalkulus, termodinamika, fisika kuantum, dan mekanika.

3. Jurusan Bioteknologi

Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang memanfaatkan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat digunakan oleh manusia. Jurusan ini memiliki mata kuliah keahlian wajib seperti Mikrobiologi, Genetika, Kimia Pangan Fungsional, Imunologi, dan Bioinformatika.

Selain itu mahasiswa juga diberi ruang untuk memilih mata kuliah peminatan. Di beberapa universitas yang membuka jurusan ini, biasanya dibagi lagi menjadi beberapa bidang peminatan, antara lain Bioteknologi Industri, Bioteknologi Lingkungan dan Bioteknologi Kesehatan.

4. Jurusan Matematika

Jurusan matematika di sini bukan sekedar mempelajari mengenai tambah, kurang, kali, dan bagi ya, Grameds. Untuk kalian yang memilih jurusan matematika, kalian akan mempelajari matematika terapan dan matematika murni. Mata kuliah yang mungkin bakal kalian temui jika mengambil jurusan ini diantaranya seperti mata kuliah yang mengasah logika yaitu Algoritma dan Pemrograman.

Jika pada saat sekolah, kalian hanya bisa menggunakan rumus-rumus matematika yang sudah ada, maka pada saat kuliah, kalian akan menemukan, dari mana asalnya rumus-rumus itu. Selain itu, kalian juga akan belajar mengenai pembuktian dari teorema-teorema matematika.

Di luar beberapa yang telah disebut di atas, kalian juga akan bertemu dengan mata kuliah aljabar, metode diskrit, aljabar linear, riset operasi, pemdelan, statistik, dan lain sebagainya.

Materi Saintek yang Dibahas Saat UTBK

Jika kalian ingin mendapat bangku di Perguruan Tinggi Negeri favorit melalui SBMPTN, kalian harus lolos UTBK Saintek. Yang perlu kalian tahu, ada beberapa materi penilaian UTBK yang perlu kalian pelajari untuk lolos SBMPTN. Tentunya materi-materi itu pernah kalian pelajari juga sewaktu kalian duduk di bangku sekolah menengah atas.

Kalian akan bertemu kembali dengan materi-materi pada mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika,dan Biologi. Tapi jangan sedih jika kalian bertemu dengan materi-materi seperti ini lagi. Berikut ini ada beberapa pokok bahasan yang akan dibahas pada saat ujian nanti, tentunya pokok-pokok bahasan ini, dapat kalian pelajari, guna mempersiapkan ujian kalian nanti.

Buku SBMPTN Saintek
Unsplash.com

1.    Matematika UTBK (Saintek)

Matematika Saintek berbeda dengan Matematika Soshum ya, Grameds. Beberapa pokok bahasan yang dibahas dalam matematika saintek antara lain adalah Aljabar 1 dan 2, Postulat Dasar, Kalkulus yang meliputi Limit, Integral dan Turunan, Trigonometri, Probabilitas, Vektor dan Geometri Analitik, Matriks, Dimensi Tiga, dan Suku Banyak.

2.     Biologi UTBK (Saintek)

Pada mata pelajaran Biologi Saintek akan dibahas materi-materi yang meliputi Sel, Biokimia, Metabolisme, Genetika, Reproduksi Sel, Mikroorganisme, Jaringan Tumbuhan, Klasifikasi Tumbuhan Lumut dan Paku, Klasifikasi Tumbuhan Berbiji, Vertebrata, Invertebrata, Anatomi dan Fisiologi Manusia, Ekologi, Evolusi dan Bioteknologi.

3.    Kimia UTBK

Mata pelajaran Kimia UTBK akan membahas mengenai Ikatan Kimia, Stoikiometri, Struktur Atom dan Sistem Periodik, Termokimia dan Energitika, Kesetimbangan Kimia, Kecepatan Reaksi, Sifat Koligatif, Larutan Buffer, Larutan Asam Basa, Hidrolisis Garam, Kelarutan, Titrasi Asam Basa, Reaksi Redoks dan Elektrokimia, Kimia Lingkungan, Gas Ideal dan Kinetika Gas, Sistem Koloid, Radioaktif, dan Kimia Unsur.

4.    Fisika UTBK (Ringkas)

Pada Fisika UTBK ringkas membahas lebih sedikit materi, materi yang dibahas antara lain mengenai Mekanika, Starting Physics, Getaran Gelombang dan Bunyi, Listrik dan Magnet, Fisika Modern, Zat dan Kalor.

5.    Fisika UTBK (Lengkap)

Untuk Fisika UTBK yang lengkap, membahas materi yang lebih banyak daripada materi Fisika UTBK ringkas. Materi yang dibahas meliputi Mekanika Lanjutan, Starting Physics, Mekanika Level Dasar, Fluida, Getaran, Gelombang, Bunyi. Zat dan Kalor, Optika Geometri dan Optika Fisis, Listrik dan Magnet, Fisika Modern, Special Physics Exploration.

Rekomendasi Buku SBMPTN Saintek Best Seller

Nah, Grameds. Setelah kalian memperoleh gambaran mengenai beberapa jurusan kuliah yang termasuk dalam program studi Saintek beserta materi-materi yang akan diujikan pada UTBK, tentunya kalian semakin memiliki semangat untuk berjuang mendapatkan bangku di perguruan tinggi negeri favorit kalian.

Untuk menemani kalian belajar dan berlatih, berikut ada buku-buku SBMPTN Saintek best seller yang akan mendampingi keasikan belajar dan berlatih kalian. Yuk simak beberapa ulasan buku-buku terbaik yang dapat kalian pilih.

1. Bank Soal Saintek UTBK SBMPTN 2022

Buku SBMPTN Saintek

Buku yang disusun oleh Tim Master Eduka ini memiliki berat 0,665 kilogram berisi bank soal Saintek UTBK SBMPTN 2022. Dengan dimensi lebar 19,5 cm, panjang 26 cm, buku ini memiliki ketebalan 496 halaman yang isinya antara lain 5 paket bank soal UTBK SBMPTN full pembahasan, 5 paket prediksi UTBK SBMPTN full pembahasan.

Bukan hanya itu saja, jika kalian membeli buku ini, kalian juga akan memperoleh 2 paket simulasi aplikasi UTBK SBMPTN, ebook full ringkasan materi, ebook info beasiswa, interpretasi nilai UTBK SBMPTN, serta simulasi dan aplikasi pendukung lengkap UTBK SBMPTN.

Menarik bukan? Kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp119.000 saja melalui gramedia.com dan kalian dapat memiliki buku ini, atau jika kalian ingin meminang buku yang satu ini, kalian bisa langsung kunjungi Gramedia.com.

2. The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Saintek 2022

Buku SBMPTN Saintek

Teman belajar kalian kali ini bernama The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Saintek 2022. Tes potensi skolastik (TPS) adalah tes untuk mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya di pendidikan tinggi atau perguruan tinggi, dan berkembang melalui proses belajar dan transfer pengetahuan dari pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah.

Sedangkan TKA atau tes kompetensi akademik adalah tes untuk mengukur pengetahuan atau penguasaan materi yang diajarkan di sekolah dan diperlukan agar berhasil lolos ujian masuk perguruan tinggi negeri yang dicita-citakan dengan soal-soal yang mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Buku ini berisi 536 halaman dengan menyajikan ringkasan materi UTBK, 3 paket soal dan pembahasan tes potensi skolastik (TPS), 1 paket soal try out tes potensi skolastik (TPS) 2022, 5 paket soal dan pembahasan tes kompetensi akademik (TKA), 1 paket soal try out tes kompetensi akademik (TKA) 2022, 2 paket soal CBT simulasi UTBK SBMPTN, kiat sukses menembus SBMPTN. Ada bonus try out online juga buat kalian. Menarik bukan?

Dengan soft cover dibanderol dengan harga mulai dari Rp140.000, kalian dapat memiliki buku ini melalui gramedia.com, untuk informasi selanjutnya tentang buku ini dapat kalian lihat pada tombol link di atas.

3. Bank Soal UTBK SBMPTN Saintek 2022

Buku SBMPTN Saintek

Buku yang satu ini memiliki jumlah 568 halaman dengan menyajikan 18 paket soal dan pembahasan tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TKA). 18 paket tersebut adalah 6 paket soal tes kompetensi akademik (TKA), 5 paket soal prediksi tes kemampuan akademik (TKA) 2022, 4 paket tes potensi skolastik (TPS), 4 paket prediksi tes potensi skolastik (TPS) 2022, 2 paket soal CBT simulasi UTBK SBMPTN.

Buku yang ditulis oleh tim tutor kreatif dengan soft cover ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp133.450 di gramedia.com ini siap menemani persiapan kalian menghadapi ujian UTBK SBMPTN.

Tidak hanya itu, buku ini juga menyajikan kiat-kiat agar kalian sukses lolos UTBK SBMPTN, kisi-kisi materi yang keluar di SBMPTN saintek, tes kepribadian ala MBTI, dan yang tak kalah menarik, buku ini juga berisi tentang info beasiswa perguruan tinggi. Yuk buruan dapatkan buku ini!

4. Xplore TKA Saintek UTBK SBMPTN

Buku SBMPTN Saintek

Bagi kalian para pejuang SBMPTN, buku berikut ini juga siap menjadi teman belajar kaian. Buku ini bernama Xplore TKA Saintek UTBK SBMPTN. Persaingan meraih bangku perguruan tinggi dengan program studi bergengsi memerlukan persiapan yang benar-benar serius, karena pasti banyak memiliki pesaing di seluruh wilayah Indonesia.

Buku Xplore TKA Saintek UTBK SBMPTN ini menjadi salah satu rujukan bagi kalian pejuang UTBK SBMPTN. Hadir dengan edisi super lengkap dengan 884 halaman, berisi materi TKA saintek seperti Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi yang dibahas mendalam, lengkap dengan contoh soal dan pembahasan di setiap materi.

Dilengkapi pula dengan prediksi passing grade nilai UTBK kelompok ujian Saintek. Cukup dengan menyediakan dana mulai dari Rp. 191.250 melalui gramedia.com, kalian sudah dapat memiliki buku ini.

5. Grand Master UTBK SBMPTN Saintek 2022

Buku SBMPTN Saintek

Buku yang ditulis oleh Tim Kompas Ilmu menghadirkan materi TPS dan TKA Saintek berdasarkan pemetaan soal asli UTBK SBMPTN 5 tahun terakhir. Buku setebal 832 halaman ini berisi materi TPS dan TKA lengkap dengan paket soal dan pembahasan, dilengkapi pula dengan petunjuk level soal.

Dengan soft cover seharga mulai dari Rp230.000 melalui gramedia.com, kalian sudah dapat memiliki buku ini. Segera dapatkan buku ini, agar persiapan kalian menjadi lebih mantap.

Grameds, itulah gambaran mengenai UTBK SBMPTN Saintek. Semoga dapat membantu kalian menyiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk ke perguruan tinggi favorit kalian. Demikian juga dengan buku-buku SBMPTN yang dapat membantu persiapan kalian, pilih sesuai dengan yang kalian butuhkan.

Rekomendasi buku SBMPTN Saintek yang telah disebutkan tadi bisa Grameds dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Salam sukses untuk kalian para pejuang UTBK SBMPTN Saintek!

Penulis: Andy Hermawan

BACA JUGA:

  1. Buku SBMPTN Best Seller Terbaru 2022
  2. Daftar Best Seller Buku UTBK Soshum Saintek 2022 di Gramedia
  3. 10 Rekomendasi Buku SBMPTN yang Wajib Kalian Tahu
  4. Rekomendasi Buku SBMPTN Soshum Terbaru 2022
  5. 10 Tips Lolos SBMPTN, Wajib Dicoba!
  6. Rekomendasi Buku UTBK agar Dapat Nilai Terbaik
  7. Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, Ketahui Disini! 
  8. 8 Rekomendasi Buku Latihan Soal UTBK Soshum dan Saintek
  9. Cara Pendaftaran dan Biaya Daftar SBMPTN


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda