in

10 Tips Lolos SBMPTN, Wajib Dicoba!

10 Tips Lolos SBMPTN – SBMPTN adalah seleksi yang harus dipersiapkan dengan matang, maka kamu membutuhkan sebuah tips lolos SBMPTN. Tips-tips tersebut nantinya akan membantu kamu dalam mempersiapkan SBMPTN. Berikut ini adalah 10 tips lolos SBMPTN.

10 Tips Lolos SBMPTN

Tips 1 – Pilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat

Tips pertama ini bisa dibilang salah satu hal yang sangat penting. Jika membicarakan karier dan masa depan, maka hal ini adalah poin utama. Ketika ingin masuk ke perguruan tinggi, tentu kamu harus mengetahui apa yang menjadi minat dan bakat kamu.

Hal itu juga berlaku dalam memilih jurusan. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Hal ini juga tentunya harus segera kamu pikirkan dengan matang. Semakin awal kamu menentukan pilihan, maka semakin banyak pula waktu yang kamu miliki. Waktu tersebut akan berguna untuk belajar atau menentukan strategi supaya bisa mendapatkannya.

Kamu juga harus menghindari jurusan yang sekiranya tidak kamu minati. Jika kamu memaksakan diri untuk masuk ke jurusan itu, maka kamu akan membuang banyak waktu. Ketika sudah mantap dalam memilih jurusan, lanjutkan ke langkah berikutnya. Langkah tersebut adalah menentukan beberapa kampus yang terkait dengan jurusan tersebut.

Baca juga: Pengertian SBMPTN

Tips 2 – Urutkan pilihan jurusan

Tips kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendata jurusan. Datalah semua jurusan yang ada di kampus yang ingin kamu masuki. Kamu bisa mulai mendatanya, sesuai dengan peringkat dalam jurusan maupun peminat terhadap jurusan tersebut.

Di dalam sebuah kampus, pasti ada jurusan-jurusan yang terkenal favorit. Jurusan seperti itu tentu saja memiliki peminat yang banyak. Jurusan-jurusan yang banyak peminatnya tentu saja akan berada di peringkat atas.

Data ini bisa kamu jadikan bekal sebelum mengikuti SBMPTN. Jika kamu memutuskan ingin masuk ke sebuah kampus, maka kamu harus mengetahui seluk beluk dari kampus itu. Salah satunya terkait jurusan di kampus itu.

Ini adalah salah satu tips lolos SBMPTN yang bisa digunakan. Tips ini nantinya bisa membantu kamu dalam hal perhitungan poin atau nilai. Sehingga kamu bisa dapat memperkirakannya saat mengerjakan soal.

Tips 3 – Usahakan pilihan  sama

Ketentuan dalam memilih jurusan di SBMPTN adalah sebanyak tiga jurusan. Maka kamu harus benar-benar memikirkan ketiga pilihan tersebut. Dalam sistem penerimaan, urutannya akan dimulai dari jurusan pertama yang kamu inginkan. Jika pilihan pertama tidak lolos, maka lanjut ke pilihan kedua dan ketiga.

Ini adalah salah satu tips lolos SBMPTN yang bisa kamu lakukan. Setelah menentukan jurusan yang diinginkan, kamu bisa fokus pada jurusan itu saja. Dalam artian, kamu bisa menggunakan strategi lain. Strategi tersebut adalah memilih semua jurusan yang sama dalam universitas yang berbeda.

Tips ini bisa dijadikan salah satu peluang untuk lolos SBMPTN. Kesempatan kamu untuk lolos menjadi lebih besar. Hal itu dikarenakan perhitungan yang lebih logis. Selain itu, akan terlihat keseriusan kamu dalam mengambil jurusan tersebut.

Top Spoiler Bocoran Soal Asli Utbk Sbmptn Saintek 2022 +Cd
Top Spoiler Bocoran Soal Asli Utbk Sbmptn Saintek 2022 +Cd

Beli Buku di GramediaBuku ini berisi 18 Prediksi soal + Pembahasan, 3 Tryout + Pembahasan, Paket Soal Asli + Pembahasan dan 12 Paket Ebook Soal Asli

Tips 4 – Manfaatkan sistem penilaian yang baru

Tips keempat untuk lolos SBMPTN adalah dengan memanfaatkan keuntungan di balik sistem penilaian yang baru. Meskipun akan diselenggarakan setiap tahun. Pasti ada beberapa hal yang tidak sama. Salah satu contoh yang mengalami perbedaan adalah sistem penilaian.

banner-promo-gramedia

Sistem penilaian soal-soal SBMPTN akan berbeda dari tahun ke tahun. Contohnya, jika tahun-tahun sebelumnya terdapat aturan dalam menjawab soal. Akan dikenakan minus dalam menjawab soal jika jawabannya ternyata salah.

Namun, aaturn tersebut kini sudah diperbarui. Saat ini, tidak akan ada pengurangan poin untuk jawaban yang tidak tepat. Jika jawaban yang kamu berikan salah, maka itu tidak akan berpengaruh pada nilai akhir. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai poin minus.

Meskipun terdapat keuntungan, tentu ada hal lain yang juga berbeda. Penghapusan poin minus memang menguntungkan para peserta. Akan tetapi, peserta juga tetap harus fokus. Karena tingkat kesulitan soal-soal dalam SBMPTN juga meningkat.

Tips 5 – Ikuti try out SBMPTN

Untuk melatih kemampuan kamu, lakukanlah poin kelima ini. Mengikuti Latihan atau try out SBMPTN akan sangat bermanfaat. Salah satunya untuk melatih kemampuan yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga dapat mengukur kemampuan ketika mengerjakan soal. Hal lain yang akan kamu dapatkan adalah tingkat kelolosan yang bisa dicapai.

Banyak lembaga atau media yang menggelar try out SBMPTN. Ini bisa menjadi salah satu latihan kamu untuk sebelum mengikuti SBMPTN. Selama jadwal serta lokasi dapat dijangkau, tidak ada salahnya untuk mengikuti try out tersebut.

Selain mengukur kemampuan, try out akan membantu kamu dalam mempersiapkan fisik serta psikis. Ini supaya ketika kamu akan melangsungkan SBMPTN menjadi lebih rileks atau tidak kaget lagi. Suasana ketika try out biasanya dirancang serupa seperti ujian SBMPTN pada umumnya. Sehingga kamu akan terlatih.

Tips 6 – Menjaga kesehatan

Menjaga fisik atau kesehatan juga salah satu hal yang sangat penting. Banyak peserta yang gagal karena tidak hadir dalam tes SBMPTN. Alasan ketidakhadiran tersebut karena sakit. Hal ini tentu akan merugikan peserta yang tidak harus tersebut.

Maka, hal lain yang juga sangat penting sebelum mengikuti seleksi adalah menjaga kesehatan. Terkadang, terlalu fokus belajar sehingga membuat kesehatan menjadi menurun. Hal ini perlu diwaspadai.

Belajar dengan giat memang hal yang harus diperlukan. Namun jangan sampai lupa waktu untuk istirahat. Maka kesehatan kamu akan terganggu. Imbasnya tidak bisa maksimal dalam mengerjakan soal. Bahkan tidak dapat mengikuti tes.

Pelaksanaan SBMPTN membuat kamu harus tahan di depan layar, selama ujian tersebut berlangsung. Jagalah kondisi tubuh, terutama kondisi mata. Selain istirahat dengan cukup, kamu perlu mengonsumsi makanan yang bergizi.

Konsumsilah sayuran serta buah-buahan. Seperti tomat atau wortel yang baik untuk kesehatan mata kamu. Sayuran yang kaya akan beta karoten akan sangat membantu menjaga kesehatan mata kamu. Beta karoten memiliki peran sebagai antioksidan. Berfungsi untuk mengurangi risiko degenerasi makula.

Selain makan makanan yang bergizi, kamu juga perlu mengatur pola istirahat. Mengatur kegiatan juga perlu dilakukan. Jangan sampai menjalani aktivitas yang mengganggu kesehatan. Tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus di jaga, kesehatan psikis juga harus dijaga.

Salah satu hal yang sering dialami para peserta SBMPTN adalah stress. Stress dan rasa cemas yang berlebihan akan membuat kamu menjadi tidak fokus. Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi stress dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Jangan sampai kamu kehilangan fokus sebelum ujian berlangsung.

Tips 7 – Belajar dengan giat

Tips ketujuh ini tentu harus kamu lakukan. Jika ingin lolos seleksi SBMPTN, kamu harus mempersiapkan dengan benar-benar matang. Salah satunya adalah belajar dengan giat dan sungguh-sungguh.

Pelajarilah banyak soal SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya. Kamu juga bisa mencoba Latihan dari buku atau internet. Semua hal yang dapat membantu proses belajar kamu patut dilakukan.

Untuk tetap menjaga semangat belajar kamu. Jangan terus-terusan belajar, jika itu mengganggumu. Cobalah untuk rileks setelah belajar. Jika kamu sudah tidak lelah, lanjutkan kembali kegiatan belajarmu.

Belajar secara rutin tentu melelahkan. Namun dibalik itu, pasti kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan, sesuai dengan usaha kamu. Cobalah untuk mencari tau hal-hal menarik mengenai jurusan dan kampus yang ingin kamu masuki.

Hal tersebut bisa membantu kamu untuk lebih fokus dan kembali semangat lagi. Jika kamu bersemangat untuk masuk ke kampus dan jurusannya, maka semangat belajar kamu akan bangkit dan meningkat lagi.

Jika kamu kesulitan untuk belajar sendiri, buatlah kelompok atau komunitas belajar. Kamu bisa diskusi bersama. Selain itu, kamu juga dapat membahas soal secara bersama. Itu tentunya akan lebih menyenangkan.

Lakukanlah pembagian tugas, hal ini bertujuan supaya anggota kelompok dapat tugas yang adil dan merata. Setelah itu anggota kelompok akan bekerja sesuai bagiannya. Hal-hal atau pengetahuan yang diperoleh dapat disampaikan kepada anggota lain.

banner-promo-gramedia

Selain membuat kelompok belajar, kamu juga bisa mencari suasana yang nyaman untuk belajar. Carilah tempat-tempat yang mendukung kamu dan teman-teman untuk belajar bersama. Selain belajar akan lebih mudah, belajar juga akan menjadi lebih menyenangkan.

The Master Key Utbk Sbmptn Tps-Tka Soshum 2022
The Master Key Utbk Sbmptn Tps-Tka Soshum 2022

Beli Buku di GramediaBuku ini menampilkan tes Potensi Skolastik (TPS) yang berguna mengukur KEMAMPUAN KOGNITIF yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi, dan berkembang melalui proses belajar dan transfer dari pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah. Selain itu, ada juga Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang berfungsi untuk mengukur PENGETAHUAN/PENGUASAAN materi yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk berhasil di pendidikan tinggi dengan soal-soal yang mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Tips 8 – Mengatur jadwal belajar

Setiap orang memiliki waktu atau jam belajarnya masing-masing. Ada seseorang yang harus belajar di malam hari yang sepi. Ada juga seseorang yang suka belajar pada pagi hari. Semua tergantung dari kemampuan belajar setiap orang yang berbeda.

Maka dari itu, kamu harus mengatur jadwal belajar untuk SBMPTN. Cobalah cari jam yang membuat kamu semangat belajar. Sehingga materi akan lebih mudah dipahami.

Jika sudah menemukannya, langkah selanjutnya adalah mengatur jadwal. Atur jadwal kamu supaya ketika tiba waktunya belajar, kamu bisa fokus untuk belajar. Bila perlu, buatlah agenda keseharian kamu. Hal itu akan membantu aktivitas kamu menjadi lebih teratur.

Tips 9 – Mencari segala informasi

Tips kesembilan adalah mencari segala informasi. Informasi disini adalah terkait hal-hal yang berhubungan dengan SBMPTN. Kamu bisa mencari tau seperti apa bentuk soalnya nanti, atau konsep yang akan diterapkan saat ujian nanti.

Cobalah mencari informasi melalui orang-orang yang sudah berpengalaman. Seperti senior kamu. Bertanya mengenai SBMPTN juga akan membantu kamu untuk mempersiapkannya. Kamu juga bisa mencari informasi di internet.

Banyak lembaga yang kini memberikan informasi melalui internet. Mereka juga memiliki media sosial untuk menyebarkan informasi. Kamu bisa sering mengunjungi laman media sosial tersebut untuk mengetahui informasi.

Salah satu hal yang juga harus kamu cari tau adalah mengenai peluang jurusan. Setiap saat peluang jurusan bisa berbeda. Hal itu karena peminatnya bisa bertambah atau berkurang. Kamu wajib mengetahui hal ini, petakan persaingan.

Tips 10 – Berdoa

Tips Lolos SBMPTN 10 - BerdoaPercayalah bahwa usaha yang sudah sangat keras kamu jalankan, akan membuahkan hasil yang terbaik. Maka dari itu, kamu harus berusaha dengan maksimal dan melakukan yang terbaik. Di samping itu, ada hal yang tidak kalah penting yang harus kamu kerjakan.

Hal itu adalah berdoa. Manusia memang sudah memiliki takdirnya masing-masing. Akan tetapi, melalui usaha dan doa maka takdir tersebut dapat menjadi lebih baik.

Cobalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Mintalah bantuan serta pertolongan kepada Tuhan untuk kesuksesan SBMPTN yang akan kamu ikuti nanti. Karena dibalik usaha terbaik dan maksimal yang kamu lakukan, terdapat kemurahan dari Tuhan yang mengabulkan permintaanmu.

Itulah 10 tips lolos SBMPTN. Kamu bisa melakukan tips diatas untuk mempersiapkan ujian dengan baik. Jika kamu sudah mempersiapkan dengan baik, maka kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik. Jika memang kamu belum berkesempatan bergabung dengan kampus impianmu, jangan berkecil hati. Kamu bisa mencobanya di waktu lain.

Gramedia akan membantu kamu untuk lolos SBMPTN dengan memberikan artikel terbaik. Selain itu, Gramedia juga akan memberikan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds yang akan berjuang di SBMPTN. Temukan hal itu di www.gramedia.com. Gramedia adalah #SahabatTanpaBatas

Sure You Can! SBMPTN 8 Steps To Succed
Sure You Can! SBMPTN 8 Steps To Succed
banner-promo-gramedia

Beli Buku di GramediaTentu saja, kamu bisa lolos SBMPTN. Buku ini menampilkan Karakteristik materi uji, Nukleus materi uji, Tes materi uji kemampuan, Konstruksi teks, Kontruksi kalimat teks, Kata dan frasa teks, strategi efektif untuk memahami teks, beserta pertanyaan dan jawaban. Hal-hal itu akan membantu kamu untuk mensukseskan SBMPTN.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Baca Juga:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih