in

Rekomendasi Buku SBMPTN Soshum Terbaru

Unsplash.com

Buku SBMPTN Soshum – Halo Grameds, kalian yang saat ini berjuang memperebutkan kursi bergengsi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pasti banyak upaya yang dilakukan, mulai dari mengikuti bimbingan belajar, mengikuti try out yang diselenggarakan oleh berbagai penyelenggara, sampai dengan membeli buku-buku yang berisi kumpulan soal latihan, lengkap dengan pembahasannya.

Jika kalian ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, kalian pasti akan melewati tahapan tes masuk yang namanya UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Ujian ini akan berlangsung selama beberapa hari dengan beberapa materi yang diujikan. Dalam ujian ini, jika kalian berasal dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan ingin mengambil kuliah dengan program studi yang berada di salah satu kelompok program Sosial Humaniora (Soshum).

Buat kamu yang ingin berkuliah di program studi yang ada di kelompok soshum. Kali ini, kita akan mengulas secara terperinci semua hal yang terkait dengan kelompok program studi soshum, agar nantinya kalian memiliki gambaran tentang program studi kuliah yang dapat diambil, materi ujian beserta latihan soal dan pembahasannya, serta buku apa saja yang dapat kalian pakai sebagai referensi ya, Grameds. Ikuti terus ulasan kali ini.

 

Buku SBMPTN Soshum Terbaik dan Terlaris

 

Bagaimana Grameds? Apakah sudah memiliki gambaran tentang apa saja yang dibahas dan yang akan diujikan saat UTBK Soshum nanti? Agar persiapan kalian lebih matang dan mantap, ada baiknya jika kalian mencoba berlatih dengan buku-buku terbaik yang tersedia di Gramedia.com. Untuk lebih jelasnya, yuk kita kenali lebih dekat satu per satu buku ini!

1. The Master Key Utbk Sbmptn TPS-TKA Soshum 2022

Buku SBMPTN Soshum

Buku ini ditulis oleh Tim Widya Gamma dan Tim Quantum. Buku setebal 560 halaman ini berisi soal-soal latihan TPS dan TKA Soshum lengkap dengan pembahasannya. Pada bagian Tes Potensi Skolastik, berisi soal-soal untuk mengukur kemampuan kognitif, berupa kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan meraih kursi di perguruan tinggi negeri yang di idam-idamkan.

Isi dari buku ini berupa ringkasan materi, baik TPS maupun TKA Soshum, paket soal dan pembahasan Tes Potensi Skolastik (TPS), 1 paket soal try out TPS 2022, 5 paket soal dan pembahasan Tes Kompetensi Akademik (TKA), 1 paket soal try out TKA 2022, 2 paket soal CBT simulasi UTBK SBMPTN.

Buku ini memiliki dimensi panjang 26,5 cm, lebar 20 cm, dan berat hanya 0,82 kg. Jadi buku ini sangat praktis dibawa kemana saja kalian akan pergi. Tinggal masuk ke ransel kalian, beres deh. Buruan dapatkan bukunya, karena buku ini juga dilengkapi dengan kiat-kiat sukses menembus SBMPTN.

2. Mega Bank UTBK SBMPTN Soshum 2022 Edisi Superlengkap

Buku SBMPTN Soshum

Buku ini berisi 1016 halaman. Dengan menghadirkan informasi resmi seputar SBMPTN 2022, ringkasan materi UTBK super lengkap, 3 paket soal UTBK terkini beserta pembahasannya, 10 paket prediksi UTBK lengkap dengan pembahasannya, akan siap menemani kalian menyiapkan diri menghadapi UTBK.

Yang tidak kalah menarik, jika kalian membeli buku ini, kalian akan mendapat perangkat lunak lengkap dengan aplikasi android UTBK SBMPTN, serta 5 paket ebook soal asli beserta pembahasannya.

3. Bank Soal Soshum UTBK SBMPTN 2022

Buku SBMPTN Soshum

Buku ini hadir dengan 512 halaman yang berisi 5 paket soal UTBK SBMPTN lengkap dengan pembahasannya, 5 paket prediksi UTBK SBMPTN lengkap dengan pembahasannya, 2 paket simulasi aplikasi UTBK SBMPTN, ebook yang berisi ringkasan materi secara lengkap. Buku ini disertai juga dengan ebook informasi beasiswa bagi kalian yang ingin mendapat beasiswa.

Buku yang cukup ringkas dimensinya, dengan panjang 26 cm, lebar 19 cm, serta berat 0,685 kg ini juga dilengkapi dengan interpretasi nilai UTBK SBMPTN, serta simulasi dan aplikasi pendukung yang lengkap.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

4. Bank Soal UTBK SBMPTN SOSHUM 2022

Buku SBMPTN Soshum

Hadir dengan 480 halaman, buku ini memiliki isi yang cukup lengkap. Buku ini menyajikan 6 paket soal TKA, 5 paket soal prediksi TKA 2022, 4 paket soal TPS, 1 pakt prediksi TPS 2022, 2 paket soal CBT simulasi UTBK SBMPTN, kiat sukses lolos UTBK SBMPTN, kisi-kisi TPS dan materi yang keluar di SBMPTN Soshum, tautan situs web beasiswa perguruan tinggi, serta tes kepribadian a la Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Lengkap bukan? Seperti buku-buku yang lain, Bank Soal UTBK SBMPTN SOSHUM 2022 ini berisi soal-soal dengan jenis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang akan membuat kalian menjadi lebih siap menghadapi UTBK.

Mengenal Soshum Lebih Dekat

Buku SBMPTN Soshum
Unsplash.com

Sosial humaniora atau soshum adalah kelompok program studi yang diperuntukkan bagi siswa SMA yang mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Materi yang dipelajari pada kelompok program studi sosial humaniora sama seperti yang dipelajari pada jurusan Ilmu Pengetahuan sosial, yaitu Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Ekonomi, Bahasa Indonesia, Sosiologi, dan Bahasa Inggris.

Bagi Grameds yang berasal dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMA, yang ingin mengambil salah satu jurusan yang berada di kelompok program studi sosial humaniora, jangan berkecil hati, kalian dapat mengambil salah satu jurusan sosial humaniora pada saat kuliah nanti.

Seperti apa dan apa saja jurusan yang termasuk dalam kelompok program studi humaniora? Selengkapnya akan kita bahas terlebih dahulu, agar kalian memiliki gambaran tentang jurusan-jurusan yang ada, serta prospek kerjanya ke depan. Simak ulasan berikut ini!

1. Program studi ilmu ekonomi

Program studi ekonomi adalah jurusan yang mempelajari keberagaman tingkah laku manusia dalam menciptakan kesejahteraan baik bagi diri sendiri, maupun orang lain. . Ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga kelompok disiplin ilmu, yaitu Ilmu Ekonomi Teori (Economics Theory), Ilmu Ekonomi Terapan (Applied Economics) dan Ilmu Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics).

Jurusan ini memiliki banyak peminat, menjadi seorang ekonom adalah pekerjaan yang memiliki prospek menjanjikan, karena berkaitan dengan aktivitas hidup manusia yang tidak pernah lepas dari kegiatan ekonomi.

2. Ilmu manajemen

Ilmu manajemen adalah salah satu bidang keilmuan yang masuk dalam kelompok sosial humaniora. Jurusan ini termasuk jurusan yang diminati oleh banyak orang. Ilmu manajemen mempelajari tentang cara penyelesaian masalah dan cara mengambil keputusan untuk tujuan tertentu.

Penyuka jurusan ini rata-rata adalah mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis. Seorang lulusan dari jurusan manajemen dapat bekerja di berbagai sektor, mulai dari pengusaha, orang-orang yang masuk ke perusahaan multi nasional dengan posisi sebagai project manager, accounting manager, konsultan bisnis, human resources manager, dan masih banyak lagi profesional yang ingin berkompeten di bidang manajerial.

3. Ilmu akuntansi

Dalam sebuah perusahaan, baik yang bergerak di sektor industri, maupun jasa, pasti membutuhkan seorang accounting yang mampu mengelola keuangan. Bagi kalian yang mengambil jurusan ini, pasti akan mempelajari tentang pelaporan keuangan, penganggaran, audit, hingga perpajakan.

Setelah lulus dari jurusan ini, banyak peluang kerja yang dapat dipilih. Antara lain, menjadi seorang akuntan, konsultan keuangan, konsultan pajak, broker saham, hingga pegawai asuransi.

4. Ilmu politik

Ilmu politik adalah jurusan yang tidak kalah menarik untuk dijadikan pilihan. Kalian akan mempelajari mata kuliah seperti, Sosiologi, Antropologi, ilmu tentang Hak Asasi Manusia, hingga sistem politik dalam maupun luar negeri.

Biasanya peminat jurusan ini, nantinya akan terjun di sebuah partai politik, menjadi politisi maupun politikus. Sebagai anggota legislatif maupun eksekutif, jurnalis, negosiator, akademisi, baik sebagai pengajar, analis politik, maupun peneliti.

5. Hubungan Internasional

Dari judulnya sudah dapat ditebak, hubungan internasional pasti nantinya akan terkait dengan dunia internasional. Hubungan internasional adalah salah satu jurusan di soshum yang memiliki banyak peminat. Hubungan internasional adalah jurusan bergengsi yang mempelajari keilmuan tentang interaksi dan relasi antar negara, politik luar negeri, berdiplomasi, ekonomi luar negeri, kajian sosial, kajian budaya internasional dan lain sebagainya.

Kesempatan berkarir bagi lulusan hubungan internasional terbuka luas. Para lulusan dari jurusan hubungan internasional berkesempatan menjadi duta besar, diplomat, atase budaya, bekerja dalam organisasi internasional, perusahaan multinasional, konsultan, bahkan bekerja di lingkup kementerian luar negeri.

6. Ilmu komunikasi

Salah satu keilmuan dari program studi soshum yang berikut ini adalah ilmu komunikasi. Jurusan ilmu komunikasi mempelajari cara-cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik, baik secara verbal maupun non verbal. Ilmu komunikasi juga mempelajari tentang hubungan antara komunikator dan komunikan.

Potensi ruang bekerja bagi lulusan ilmu komunikasi juga tidak kalah luas dari lulusan jurusan-jurusan yang lain. Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja sebagai wartawan, traveler blogger, editor, fotografer, public relation, youtuber, bidang periklanan, presenter televisi serta banyak bidang pekerjaan yang lain.

7. Ilmu hukum

Jurusan selanjutnya adalah ilmu hukum. Ilmu hukum adalah bidang keilmuan, yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan suatu aturan hukum baik secara tertulis, maupun yang dipraktekkan dalam lingkungan sosial kemasyarakatan. Kalian akan banyak bertemu dengan kajian terhadap masalah-masalah hukum baik itu yang bersifat yuridis maupun normatif.

Mata kuliah yang akan kalian temui, di antaranya adalah hukum perdata, hukum pidana, hukum internasional, hukum ekonomi, hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum dan perkembangan masyarakat, hingga hukum dan teknologi. Bagi kalian yang mengambil jurusan ini, maka peluang kerja yang terbuka adalah menjadi seorang hakim, pengacara, jaksa, notaris, legal staff, atau juga menjadi personalia suatu perusahaan.

8. Sastra

Untuk kalian yang memiliki kegemaran membaca dan menulis, sepertinya jurusan yang satu ini tepat untuk kalian Jurusan sastra adalah jurusan yang melakukan kajian-kajian karya sastra secara ilmiah dengan berbagai masalah serta gejalanya. Jika kalian mengambil jurusan ini, kalian akan melakukan berbagai kajian untuk mengetahui latar belakang ide dan karya-karya sastrawan dan sastrawati.

Manfaat yang kalian peroleh dengan berkuliah di jurusan sastra, diantaranya, kalian akan mendapat bekal yang berharga jika ingin terjun ke industri media atau penulisan kreatif. Saat ini, siapapun dapat membuat tulisan untuk dibukukan, maka secara otomatis, perusahaan penerbitan membutuhkan lulusan sastra untuk menjadi editor bahasa. Selain itu, perusahaan periklanan juga memerlukan lulusan sastra untuk menjadi copywriter.

Selain manfaat tersebut di atas, peluang-peluang kerja yang lain bagi lulusan sastra. Peluang kerja tersebut diantaranya adalah sebagai penulis naskah, penulis skenario, penerjemah lisan, penerjemah tulisan, penyiar, produser radio dan televisi, bahkan menjadi seorang akademisi.

Materi yang Dibahas Pada UTBK

Buat kalian yang akan mengikuti UTBK, pasti memiliki persiapan-persiapan tertentu guna meraih kursi di Perguruan Tinggi Negeri idaman. Di antaranya mencari tahu, materi-materi apa saja yang dibahas pada saat mengikuti UTBK nanti. Buat kalian para pejuang UTBK, wajib tahu nih, mater-materi yang akan dibahas. Berikut adalah materi-materi yang akan dibahas saat kalian mengikuti UTBK nanti.

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik atau disingkat TPS, adalah tes yang untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang berupa penalaran dan pemahaman umum dalam memahami dan menalar suatu hal. Materi yang diujikan dalam TPS antara lain Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Agar tidak penasaran dengan bahasan-bahasan materi yang ada di kelompok TPS,kita bahas sedikit ya, materi apa saja yang ada di TPS ini.

a. Penalaran Umum (PU)

Materi penalaran umum berhubungan dengan cara kerja otak kita dalam melihat suatu permasalahan. Materi-materi yang akan diujikan pada kelompok penalaran umum antara lain simpulan logis, kesesuaian pernyataan, penalaran analitik dan figural.

b. Pengetahuan Kuantitatif (PK)

Pengetahuan kuantitatif akan mengujikan materi-materi yang dekat dengan mata pelajaran matematika dasar. Meski boleh disebut sebagai dasarnya matematika, kalian perlu mengatur strategi, agar memperoleh skor yang tinggi di bidang pengetahuan kuantitatif.

Beberapa pokok bahasan yang akan diujikan antara lain, geometri, sistem persamaan, bilangan, pertidaksamaan, sudut, aturan penyajian data dan statistika, peluang, himpunan, fungsi, kesebangunan, persamaan garis lurus, aljabar.

c. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)

Informasi buat kalian nih, Grameds. Tes pengetahuan dan pemahaman umum adalah tes yang menilai potensi kita dalam memahami suatu bacaan. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU) bukan hanya membahas yang berbahasa Indonesia saja, tetapi juga yang berbahasa Inggris alias reading comprehension.

d. Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)

Meski masih berkutat di seputar mata pelajaran Bahasa Indonesia, PBM juga memiliki ciri yang berbeda dari jenis tes yang lain. Tes PBM memerlukan kemampuan membaca dan menulis yang baik. Materi yang diujikan, lebih kepada materi dasar berbahasa Indonesia. Jadi kalian para pejuang UTBK wajib memiliki pemahaman yang baik terhadap isi atau konteks bacaan.

2. Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Tes Kompetensi Akademik adalah tes yang dilakukan dengan maksud untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman terhadap bidang keilmuan seperti yang diajarkan di sekolah (mata pelajaran). Pada soshum sendiri ada beberapa bidang keilmuan yang diujikan, diantaranya adalah Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Matematika Soshum.

Grameds, demikian beberapa rekomendasi buku SBMPTN Soshum dan gambaran singkat untuk lebih dekat dengan program studi Sosial Humaniora (Soshum). Buku-buku SBMPTN Soshum tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Andy Hermawan

BACA JUGA:

  1. Pengertian SBMPTN: Tujuan, Persyaratan, dan Alur
  2. Buku SBMPTN Best Seller Terbaru 2022
  3. 10 Tips Lolos SBMPTN, Wajib Dicoba!
  4. 10 Rekomendasi Buku SBMPTN yang Wajib Kalian Tahu
  5. Tips dan Trik Cara Lulus SBMPTN Soshum Maupun Saintek

Written by Ananda