in

Apa itu FUP (Fair Usage Policy) pada Kuota Internet?

pixabay

Apa itu FUP? – Internet adalah sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan yang menghubungkan perangkat di seluruh dunia menggunakan Internet Protocol (TCP/IP). Hal ini adalah jaringan-jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah lokal yang menjangkau secara global dan dihubungkan oleh berbagai teknologi jaringan elektronik, nirkabel, dan optik.

Internet menyediakan berbagai sumber daya dan layanan informasi, termasuk dokumen hypertext yang saling berhubungan, aplikasi World Wide Web (WWW), e-mail (surat elektronik), telepon, dan berbagi berkas.

Sebagian besar media komunikasi tradisional, termasuk telepon, radio, televisi, surat kertas dan surat kabar dibentuk ulang, didefinisikan ulang, atau bahkan dilewati oleh internet, sehingga melahirkan layanan baru seperti email, telepon Internet, televisi Internet, musik online, surat kabar digital, dan situs web streaming video. Surat kabar, buku, dan penerbitan cetak lainnya beradaptasi dengan teknologi situs web, atau dibentuk kembali menjadi blogging, feed web, dan agregator berita online.

beli sekarang

E-book Protokol Esensial Internet mengajak pembaca mengenal teknologi protokol yang menjadi tulang punggung komunikasi jaringan komputer dan Internet. Namun, e-book ini hanya akan membahas beberapa protokol utama yang terangkum dalam suit protokol TCP/IP.

Internet telah memungkinkan dan mempercepat bentuk interaksi pribadi baru melalui pesan instan, forum Internet, dan jejaring sosial. Belanja online telah tumbuh secara eksponensial baik untuk pengecer besar, usaha kecil dan pengusaha, karena memungkinkan perusahaan untuk memperluas kehadiran “batu bata dan mortir” mereka untuk melayani pasar yang lebih besar atau bahkan menjual barang dan jasa sepenuhnya online. Layanan bisnis-ke-bisnis dan keuangan di internet mempengaruhi rantai pasokan di seluruh industri.

Sejak adanya internet dalam kehidupan manusia, kehidupan menjadi lebih praktis dan mudah. Yang dulunya sulit sekarang bisa dilakukan dengan mudah. Untuk itu, di sinilah ISP sering terlibat. Singkatnya, ISP adalah kepanjangan dari Internet Service Provider. Secara umum, peran ISP adalah menyediakan layanan konektivitas Internet kepada konsumen. Namun, pekerjaan ISP tidak terbatas pada ini.

Dalam bahasa Indonesia, istilah penyedia layanan internet atau ISP biasa disebut dengan PIJI atau penyedia layanan internet. Sesuai dengan namanya, ISP adalah perusahaan yang menyediakan layanan Internet kepada pelanggannya. Layanan ini mencakup koneksi internet, transit internet, dan lainnya. ISP biasanya adalah operator kabel atau seluler yang menawarkan layanan berlangganan internet selain TV kabel dan telepon seluler.

Jaringan yang disediakan oleh ISP biasanya mencakup koneksi nasional dan internasional. Oleh karena itu, pengguna ISP dapat dengan mudah terhubung ke jaringan global. Tentu saja, kalian tidak bisa mendapatkan jaringan ISP secara gratis. Kalian harus membayar bulanan untuk menggunakan koneksi internet Anda dengan kuota yang ditentukan oleh penyedia layanan internet. Tanpa perusahaan ISP, kita tidak akan dapat mengakses internet melalui perangkat elektronik yang kita miliki.

Dalam sebuah ISP ini tentu memiliki FUP. FUP merupakan Fair Usage Policy, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi, batas wajar pemakaian. Mungkin kalian bingung dan belum mengetahui mengapa paket internet unlimited memiliki FUP sebagai batas wajar pemakaian internet? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak ulasan berikut.

Pengertian FUP

FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy, yang berarti pembatasan penggunaan normal jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. FUP adalah pedoman penyedia untuk membatasi penggunaan Internet. Ketika kita mengakses internet di luar batas FUP yang ditentukan maka akan memperlambat internet.

Paket internet unlimited biasanya memiliki persyaratan FUP sendiri. Pedoman FUP yang berbeda berlaku antara satu paket internet dengan paket internet lainnya. Ada juga batasan penggunaan yang adil antar penyedia, tetapi tidak sama. Ada batasan penggunaan wajar yang biasanya berlaku harian atau bulanan.

Jadi, jangan heran jika sebelumnya kamu merasa bahwa akses ke internet, termasuk unduhan dan unggah terasa sangat cepat. Namun, tiba-tiba bisa melambat secara signifikan dan bisa membuat frustrasi. Padahal kalian telah memilih paket internet unlimited yang kalian kira tidak akan bisa habis.

Selain itu, jika kamu sering mengunggah berkas dalam jumlah besar, tentunya kamu akan memicu penggunaan internet di luar batas yang wajar. Tidak hanya itu, jika kamu terbiasa streaming video karena merasa kuota yang kamu miliki tidak akan habis, maka hal itu sebenarnya bisa menjadi alasan kuota yang kamu miliki sudah mencapai batas penggunaan normal. Akibat dari mencapainya batas wajar penggunaan adalah proses loading atau buffering yang begitu lama sehingga menyulitkan kamu untuk memutar video.

banner-promo-gramedia

Tujuan Adanya FUP

FUP bertujuan untuk memungkinkan semua pengguna Internet mengalami pengalaman berselancar yang sama. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menggunakan bandwidth berlebihan dapat memperlambat koneksi pengguna lain. Oleh karena itu, FUP sangat diperlukan untuk membatasi paket internet unlimited.

Solusi mengatasi FUP yang dimiliki dari paket internet unlimited adalah dengan menghemat penggunaan internet. Umumnya, ketika kamu membuka halaman dalam bentuk foto atau video, kuota berkurang secara lebih cepat dan lebih boros. Jika kamu memiliki jumlah kuota yang sangat terbatas, jangan lupa untuk menggunakan mode penghemat data ponsel kalian. Situs media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan situs dengan banyak foto dan video pasti akan mempercepat penggunaan kuota internet kalian untuk mencapai FUP.

Contoh FUP

Operator menawarkan paket unlimited dengan FUP hingga 75 GB per bulan. Setelah pelanggan menggunakan paket internet hingga 75 GB dalam masa aktif satu bulan, kecepatan internet akan turun secara signifikan. Misalnya, kecepatan Internet biasanya berkisar dari 10 Mbps hingga 20 Mbps, tetapi ketika pelanggan mengakses Internet dengan kuota yang lebih besar dari 75 GB, kecepatannya turun drastis dari 75 Kbps menjadi 250 Kbps.

Tidak semua paket data Internet dari jenis di atas tersedia dari semua penyedia jaringan seluler dan ISP. Semua penyedia layanan internet memiliki syarat dan harga yang berbeda. Sebagian besar ISP yang menggunakan modem/router dengan pelanggan mereka menawarkan paket internet berbasis FUP dan unlimited, serta langganan bulanan untuk pengguna. Hal ini untuk memastikan kecepatan yang jauh lebih stabil daripada penyedia jaringan seluler.

Kelebihan FUP

Mungkin banyak yang tertarik dengan layanan internet unlimited, namun tentunya ada pro dan kontra tersendiri. Keuntungan dari layanan unlimited adalah kalian akan memiliki akses tak terbatas untuk menggunakan internet.

Oleh karena itu, tidak ada batasan kuota untuk penggunaan internet kalian. Kalian akan tetap dapat mengakses internet meskipun FUP pada kuota internet kalian habis. Hal ini berbeda dengan layanan internet berbasis kuota. Layanan internet berbasis kuota tidak bisa mengakses internet jika kuotanya habis.

Kekurangan FUP

Kekurangan dari layanan internet unlimited dengan FUP adalah lambat ketika penggunaan melebihi batas FUP. Kalian masih dapat mengakses internet, tetapi lambat dan tidak bekerja dengan penuh. Bagi mereka yang sabar dan tidak memiliki masalah kecepatan, ini mungkin tidak menjadi masalah. Namun, ini adalah masalah besar jika kalian membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi. Ini bukan pilihan yang baik, terutama jika lalu lintas data sangat sibuk. Mungkin layanan internet berbasis kuota adalah pilihan terbaik.

Baca Juga:

Grameds, demikianlah paparan artikel mengenai penjelasan apa itu FUP, beserta tujuan, contoh, serta kelebihan dan kekurangannya. Dengan membaca artikel ini, tentu kalian sudah bisa menentukan apakah kalian cocok untuk menggunakan internet unlimited atau tidak.

Jika kalian ingin mempelajari mengenai internet atau pun ilmu lainnya, kalian bisa membeli dan membaca buku yang tersedia di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku yang mungkin kamu butuhkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Akhir-akhir ini banyak berita tentang anak-anak yang kecanduan game online dan tidak bisa lepas dari media sosial. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian sudah menggunakan internet dengan baik dan aman? Ikuti kisah Zach, Yuki, dan Crystal dalam mempelajari cara untuk menghindari bahaya internet.

beli sekarang

E-book ini merupakan panduan praktis untuk menggunakan fasilitas internet yang meliputi, Surfing, EmaiL, SMS, Chatting, E-Card, dan Download.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

banner-promo-gramedia
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq