in

5 Rekomendasi Buku Kumpulan Cerpen Keren Buat Kamu

Pixabay.com

Rekomendasi buku cerpen – Cerita pendek alias cerpen adalah format karya sastra paling umum yang bisa mudah kamu temui. Setiap hari Minggu kamu bisa menyapa cerpen di lembaran sastra dan budaya koran-koran yang terbit hari itu.

Di tengah kemajuan teknologi digital, kamu bisa lebih mudah lagi menemukan cerpen. Salah satunya membaca e-book kumpulan cerpen melalui Gramedia Digital.

Nah, kami akan merekomendasikan e-book kumpulan cerpen yang keren dan asyik dibaca. Judul buku kumpulan cerpan yang ada daftar ini bukan hanya laris, tapi juga punya kandungan sastrawi yang mumpuni.

Rekomendasi Buku Cerpen

Yuk, simak daftarnya.

1. Corat-coret di Toilet – Eka Kurniawan

Buku
Beli e-books Corat-coret di Toilet di sini

Nama Eka Kurniawan melejit sejak disebut masuk nominasi penghargaan sastra dunia Man Booker Prize beberapa tahun lalu. Sejak itu orang mencari karya apa saja yang sudah ditulis Eka.

Selain menengok novel-novelnya seperti Cantik Itu Luka dan Lelaki Harimau, buku kumcernya juga jadi incaran banyak orang. Salah satunya kumcer Corat-coret di Toilet yang aslinya terbit tahun 2000 dan kini terbit ulang oleh Gramedia Pusataka Utama.

Asal tahu saja, sebelum dapat perhatian dari juri Man Booker Prize, di awal 2000-an Eka boleh dikatakan sudah go international.

Corat-coret di Toilet menarik perhatian Indonesianis, ahli tentang Indonesia, mendiang Ben Anderson. Ia khusus menerjemahkan cerpen itu ke bahasa Inggris dan dimuat di sebuah jurnal ilmiah.

“Cerpennya bernada gelap tapi lucu. Ia mampu menangkap dengan sempurna kehidupan mahasiswa di awal abad baru, ketika janji Reformasi ditelikung gangsterisme, sinisme, keserakahan, korupsi, kebodohan, dan kedangkalan,” demikian pujian Ben Anderson untuk Eka.

2. Cinta Tak Ada Mati – Eka Kurniawan

Buku
Beli e-books Cinta Tak Ada Mati di sini

Ini satu lagi buku lawas Eka Kurniawan yang terbit ulang dengan cover baru dan beberapa perubahan dari edisi sebelumnya. Buku-buku lawas Eka terus dicari, terutama oleh penggemar barunya. Mereka kerap meminta buku lawas penulis novel O ini diterbitkan ulang.

Dan terbukti, begitu buku kumpulan cerpen Cinta Tak Ada Mati terbit ulang, langsung bertengger di deretan buku laris akhir tahun kemarin. Untuk itu tak salah jika termasuk e-book kumpulan cerpen yang favorit di kalangan pecinta cerpen nih.

Tidak hanya itu, buku ini juga meraih penghargaan Sastra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Oktober 2018. Buku ini menghimpun 13 cerpen yang semuanya khas Eka: cerita yang tak biasa, dialog intens dan narasi yang tak pernah terasa membosankan.

3. Kereta Tidur – Avianti Armand

Buku
Beli e-books Kereta Tidur di sini

Avianti Armand seorang arsitek sekaligus penulis jempolan. Selain menghasilkan karya berupa rancang bangunan, ia telah menerbitkan buku kumpulan tulisan arsitektur, buku kumpulan puisi, dan buku kumpulan cerpen berjudul Kereta Tidur.

Tidak banyak arsitek yang juga menyandang sebutan sastrawan. Dulu ada mendiang YB Mangunwijaya yang selain arsitek juga pendeta Katolik, aktivis sosial dan melahirkan karya sastra legendaris seperti Burung-burung Manyar atau trilogi Roro Mendut.

Avianti tampaknya hendak mengikuti jejak Romo Mangun. Kereta Tidur berisi beragam kisah melankolis yang mengaduk emosi.

Ibarat film, buku kumcer ini bukan tipe feel good movie. Justru sebaliknya. Ia tak hendak meninggalkan rasa nyaman bagi pembacanya. Begitu lembaran buku ditutup pembaca malah diajak berduka.

Kendati begitu, setiap cerita memberi makna baru pada hal-hal biasa yang kita temui, entah itu cinta, keluarga, hingga eksistensi kita.

4. 11:11 – Fiersa Besari

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku
  • majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan


ebook-kumpulan-cerpen-fiersa-besari

Fiersa Besari salah satu penulis paling produktif saat ini dan juga punya banyak sekali penggemar. Setiap bukunya laris dibeli orang. Gak heran setiap buku-buku yang ditulisnya selalu jadi best seller termasuk cerpen buatannya.

Tidak hanya yang asli, versi bajakannya juga bertebaran salah satu indikasi buku teramat laris adalah muncul versi bajakannya. Tak ketinggalan versi e-book juga termasuk populer, dan menjadi salah satu e-book kumpulan cerpen yang paling diburu.

Fiersa jago merangkai kata dan kalimat yang quotable atau layak kutip untuk diunggah ke media sosial. Kalimat-kalimat itu biasanya berisi ungkapan perasaan yang terjebak alias mengena di hati.

Contoh jelas untuk ini bisa kamu temukan di buku kumpulan cerita 11:11. Sesuai judulnya, buku ini berisi sebelas cerita disertai soundtrack atau lagu pengiring masing-masing.

Beli satu buku kamu dapat 11 cerita dan 11 lagu plus sehimpun kata-kata mutiara yang bisa kamu pinjam untuk modal unggahan di media sosial. Asyik, bukan?

5. Tukar Takdir – Valiant Budi

Buku
Beli e-books Tukar Takdir di sini

Buku kumpulan cerpen yang satu ini sedang banyak menarik minat pembaca. Ditulis Valiant Budi alias Vabyo, penulis buku laris Kedai 1001 Mimpi (2011) yang berkisah tentang pengalamannya menjadi barista di Arab Saudi.

Tukar Takdir berisi 12 cerita tentang nasib atau takdir yang dihadapi masing-masing tokohnya, entah manusia maupun seekor keong yang dianggap makhluk tak berarti namun sebenarnya punya perasaan. Kesemuanya menampilkan ironi nasib yang harus dijalani.

Membaca buku ini seperti disuguhi 12 film berbagai genre. Ada drama rumah tangga, misteri, hingga yang berbau supranatural. Seluruhnya meninggalkan efek kejut dan akhir tak terduga.

Baca juga: [Review Buku] Tukar Takdir: Membaca Nasib 12 Makhluk

Artikel Terkait Cerpen : 

Buku Terkait Cerpen :


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien