Sains dan Teknologi

Kelebihan dan Fitur-fitur Search Engine Bing

Written by Rifda Arum

Sejarah Bing – Bing adalah Search Engine yang pada awalnya memiliki nama lain, yaitu Live Search, MSN Search atau Windows Live Search. Lalu seperti apa situs satu ini? Bagaimana pula keunggulan dari Bing ini? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Pengertian dari Bing

Bing merupakan salah satu situs mesin pencari web yang berada di bawah naungan Microsoft. Bing adalah Search Engine yang resmi diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009. Search engine merupakan mesin pencari web atau mesin penelusuran web yang memiliki fungsi sebagai program komputer yang memang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang sudah disimpan dalam layanan, seperti www, ftp, publikasi milis ataupun newsgroup dalam sebuah atau sejumlah komputer dalam satu jaringan.

Bing pertama kali dikenalkan langsung oleh CEO Microsoft Steve Ballmer yang dilakukan saat konferensi All Things Digital, di San Diego,  Amerika Serikat. Bing menjadi cara pelestarian kembali yang dilakukan oleh Microsoft dari tiga mesin pencari yang sudah ada pada dahulu, seperti Windows Live Search, Live Search dan MSN Search.

Sementara itu, Microsoft adalah merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat yang memiliki kantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Perusahaan Microsoft ini mengembangkan, membuat, memberi lisensi serta mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan komputer.

Microsoft menjadi sebuah perusahaan yang didirikan oleh pendiri dunia, yaitu Bill Gates dan Paul Allen. Keduanya mendirikan Microsoft pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia yang dihitung menurut angka pendapatannya lho! Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia.

Grameds bisa membaca cerita dari pendiri Microsoft, yaitu Bill Gates untuk menambah pengetahuan tentang Microsoft serta pengembangannya yang tersedia di toko Gramedia.

Beli Buku di Gramedia

Pada tanggal 1 Juni Bing secara resmi sudah diluncurkan sebagai pengganti mesin pencari terdahulunya, yaitu Live Search. Bing tersebut diciptakan oleh Microsoft dengan dilengkapi atau menggunakan teknologi Powerset yang telah dibeli oleh pihak Microsoft pada tahun 2018 lalu. Bing dapat digunakan oleh para penggunanya dengan mendapatkan hasil yang lebih akurat. Bing juga memiliki kelengkapan dalam menyimpan dan juga membagi history pencarian melalui Facebook, Skydrive dan juga email.

Kategori Situs Pencarian Bing

Bing mengelompokkan situs pencarian ini menjadi empat kategori, yaitu:

1. Web untuk mencari situs atau website

Diketahui untuk urusan mencari suatu situs atau web, Anda bisa mempercayakan kepada Bing. Karena Bing memberikan informasi yang lebih akurat terkait pencarian Anda.

2. Images untuk pencarian gambar

Selain itu, GUI atau pencarian gambar Bing juga dinilai lebih unggul dan juga dinilai lebih intuitif dari situs lainnya. Bing mampu membawa penggunanya yang ingin mencari sebuah video dengan menampilkan cuplikan yang original tanpa tersambung ke Youtube.

3. News untuk pencarian berita

Bing news menampilkan berbagai macam berita yang terekam di web. Desain yang menarik, sorotan yang lebih mencolok yang diberikan ke headline. Dan jika pengguna beralih ke perangkat mobile, maka tampilan menjadi adaptif, tergantung jenis perangkat yang digunakan. Berita yang ditampilkan tentunya berdasarkan topik yang trending di Facebook dan Twitter.

4. xRank 

xRank erupakan layanan untuk pencarian atau sebagai bagian dari mesin pencari Microsoft itu. Dalam xRank ini, dapat melacak seperti apa dan siapa yang paling dicari oleh para pengguna Bing. Namun, xRank resmi ditutup oleh pihak Microsoft pada Bulan Oktober 2010.

Beli Buku di Gramedia

Pada tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, yang mana pengumuman tersebut berisi bahwa Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Dan untuk semua pengguna dan juga mitra Yahoo! Search diharapkan sudah mengalami transisi pada awal tahun 2012. Pada bulan Oktober 2011 Bing juga mengumumkan bahwa sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, tujuannya dari pencarian ini untuk memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan lebih relevan bagi penggunanya.

Sedangkan Yahoo! adalah sebuah perusahaan internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Yahoo! menjadi terkenal karena memiliki portal webnya serta mesin pencari, seperti Yahoo! Search, Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosial lainnya.

Teknologi pengindeksan yang dikenal dengan “Tiger” berhasil dimasukkan ke Bing secara global mulai bulan Agustus 2011. Dan pada bulan Mei 2012, Bing juga mengumumkan rancangan ulang lain atau terdapat mesin pencari yang mencakup “Bilah Sisi” atau Sidebar yang merupakan fitur sosial yang mencari pada situs jejaring sosial pengguna Bing untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan mengetikkan kata kunci pencarian.

Sejarah dari Bing

Diketahui bahwa sebelumnya Microsoft sudah memproduksi tiga mesin pencari sebelum meluncurkan Bing, yaitu seperti MSN Search, Windows Live Search dan Live Search. Tetapi menurut pihak Microsoft kinerja dari ketiga mesin pencari ini masih kurang maksimal dalam menarik pengguna sehingga belum mampu menggeser posisi Google Search sebagai penguasa mesin pencari di dunia internet.

Maka Microsoft terus melakukan inovasi dengan mencoba mengevaluasi serta menganalisis kelemahan-kelemahan apa yang ada pada ketiga mesin pencari sebelum Bing itu diluncurkan. Tak hanya itu, Microsoft juga menganalisis kelemahan apa yang dimiliki oleh mesin pencari pesaing, terutama Google Search dan Yahoo! Search. Microsoft juga telah berusaha semaksimal mungkin dalam memperbaiki dan mengaplikasikannya pada produk mesin pencarian terbaru, yaitu Bing tersebut.

Terciptanya Bing tidaklah terlepas dari tiga mesin pencari produksi Microsoft yang sebelumnya. Karena Bing merupakan pelengkap dari mesin pencarian terdahulu. Terciptanya Bing dimulai dari adanya MSN Search sampai Windows Live Search lalu Live Search. Akan tetapi kronologis terbentuknya Bing, sebagai berikut:

1. MSN Search

MSN Search merupakan mesin pencarian pertama yang diciptakan oleh Microsoft. MSN Search diluncurkan pertama kali pada tahun 1998. MSN Search sendiri berisikan berupa mesin, indeks dan web crawler. Sejak launchingnya mesin pencarian MSN Search ini terus mengalami perkembangan dan juga mengalami penyempurnaan.

Pada bulan November 2004, Microsoft juga melakukan upgrade terhadap mesin pencari MSN Search ini dengan melakukan kerjasama dengan pihak Picsearch yang mana khusus untuk menampilkan sebuah gambar.

2. Windows Live Search

Pada kenyataannya pengembangan MSN Search tidak bisa menggeser dominasi dari mesin pencari Google Search. Pada tanggal 11 September 2006, dari kegagalan ini pihak Microsoft kembali menghadirkan mesin pencari baru, yaitu Windows Live Search. Mesin pencari Windows Live Search ini memiliki kemampuan lebih dalam untuk mencari informasi yang lebih spesifik dan lebih baik yang berupa website, berita, gambar dan musik ataupun lainnya.

3. Windows Live Search

Tidak berhenti disitu, Microsoft terus melakukan pengembangan dan selalu menghasilkan  keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Microsoft pun mengubah nama mesin pencariannya menjadi Live Search, kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan Microsoft ini menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, seperti halnya menghentikan beberapa produk yang ada, seperti Windows Live Expo, Live Search Macros dan lain sebagainya.

Perubahan yang terus dilakukan oleh Microsoft ternyata belum juga membuahkan hasil. Microsoft pun menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencarian sangat penting. Pada akhirnya tanggal 3 Juni 2009 untuk menciptakan identitas yang baru, Microsoft kembali menghadirkan mesin pencari baru yang diberi nama Bing.

Beli Buku di Gramedia

Fitur pada Bing

Ada beberapa fitur-fitur yang ada pada Bing, yang mana Microsoft memprediksi bahwa dengan adanya fitur-fitur ini dan diharapkan dapat menggeser Google Search, yaitu fitur seperti:

1. Best Match

Best Match merupakan fitur dari Bing yang dapat menampilkan pencarian yang lebih relevan atau sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Link yang relevan tersebut akan menampilkan pada bagian atas daftar atau list hasil dari pencarian. Fitur Best Match ini juga memungkinkan bagi pengguna untuk memperoleh hasil dari pencarian yang sesuai dengan adanya link situs yang mirip.

2. Interface Features

Features merupakan fitur dari Bing yang dapat menampilkan gambar pada background yang akan terus mengalami perubahan setiap harinya. Gambar background yang juga ditampilkan merupakan hasil gambar-gambar yang unik serta dengan hasil yang bagus dari seluruh dunia.

Selain itu, gambar background yang ditampilkan juga sudah dilengkapi dengan informasi tentang gambar tersebut. Gambar background pada mesin pencari ini bersifat fleksibel yang artinya dapat diaktifkan dan dapat dinonaktifkan. Sedangkan pada interface Bing merupakan hasil pencarian yang menampilkan bagian hasil panel navigasi pada sidebar kiri dan preview di sisi kanan hasil pencarian yang juga berhubungan.

3. Media Features

Media Features merupakan fitur dari Bing yang memungkinkan bagi penggunanya untuk mencari gambar dan video yang pengguna inginkan. Hasil dari pencarian tersebut akan menampilkan seluruh hasil pencarian dalam bentuk thumbnail dalam satu halaman, sehingga pengguna tidak usah beralih ke halaman-halam berikutnya yang pastinya membutuhkan waktu cukup lama. Untuk memainkan video pada Bing, pengguna hanya perlu mengarahkan kursor mouse pada thumbnail video saja.

Beli Buku di Gramedia

4. Instant Answer

Instant Answer merupakan fitur yang memungkinkan bagi pengguna dalam memperoleh informasi yang tepat serta akurat. Tak hanya itu, Bing juga bisa berfungsi sebagai kalkulator atau mesin penghitung, mengetahui harga saham, harga tiket pesawat, jadwal penerbangan, pengiriman barang melalui kapal oleh perusahaan, informasi mengenai lalu lintas, review restoran, kamus dan lain sebagainya.

5. Bing Maps

Bing Maps merupakan fitur dari Bing yang dapat digunakan sebagai virtual earth. Bing Maps dapat memungkinkan pengguna untuk mengetahui lokasi dari berbagai daerah bahkan berbagai negara di dunia. Fitur Bing Maps juga dapat berfungsi sebagai penunjuk jalan ke luar kota bahkan luar negeri lho!. Jika Grameds akan melakukan kepergian, Grameds bisa menggunakan fitur Bing Maps yang dipercaya memberikan informasi alamat yang lebih akurat.

6. Bing Travel

Bing Travel merupakan fitur khusus dari Bing yang menampilkan beberapa rencana anggaran yang Anda butuhkan dalam melakukan sekali perjalanan. Grameds bisa mengetahui mulai dari transportasinya, hotelnya, harga sewa mobil dan masih banyak lagi. Jika Grameds ingin menginap di sebuah hotel, apalagi bersama keluarga, Grameds bisa mempercayakan pada fitur Bing Travel.

Beli Buku di Gramedia

Apa Saja Kelebihan Dari Bing?

Tentunya Bing memiliki fitur-fitur lengkap dan juga keren! Dengan dilengkapinya fitur tersebut, Bing justru memiliki kelebihan tersendiri dan lebih memudahkan penggunanya. Apa saja kelebihan dari Bing ini? Yuk simak uraian berikut!

1. Gambar latar belakang yang variatif

Ketika pengguna Bing mengakses halaman depan situs Bing pada hari yang berbeda, maka tampilan gambar background yang digunakan juga akan berganti-ganti dengan sendirinya. Pengguna tidak akan lagi merasa jenuh ketika membuka situs Bing dengan tampilan yang itu-itu saja.

2. Fasilitas Instant Answer

Fasilitas instant answer merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan Bing dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga Bing mampu memberikan jawaban. Performa lain yang dimiliki Bing yaitu kemampuan yang dimiliki dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan sampai ke hal-hal yang berkaitan dengan persoalan di bidang matematika atau hitungan.

3. Hasil pencarian foto atau video dapat disaring dan ditampilkan secara tepat dan detail

Apabila terdapat pengguna yang melakukan pencarian situs ataupun halaman web yang berisi konten image, Bing akan menyajikan daftar hasil pencarian tersebut dengan sendirinya dan ditampilkan dalam bentuk thumbnail yang dapat diperbesar maupun diperkecil dengan memanfaatkan fasilitas, seperti Zoom yang terbagi menjadi beberapa yaitu Zoom small, Zoom medium, Zoom large dan disertai juga dengan Show image details. Show Images details berfungsi untuk menyajikan image thumbnail dan informasi tentang gambar itu.

4. Kotak detail pada link hasil pencarian

Bing merupakan situs mesin pencari bagi pengguna yang tidak perlu melakukan pemencetan link lagi, tetapi pengguna hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Kotak detail ini menjadikan pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link itu.

Beli Buku di Gramedia

5. Tampilan Bing Maps yang lebih efektif

Kelebihan Bing Maps mempunyai akses loading yang cepat. Selain itu pengguna Bing juga bisa mengubah penyajian peta geografis ke dalam beragam mode penampilan. Bing Maps juga dapat memungkinkan pengguna memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa area atau daerah secara tiga dimensi.

6. Fasilitas related Searches

Bing juga memiliki kemampuan sistem pencarian yang cerdas, yang mana sistem ini ditunjukkan oleh Bing bukan hanya tampilannya daftar situs, halaman web, maupun link atau kata kuncinya saja, tetapi pengguna juga bisa menemukan bermacam-macam pilihan sebagai alternatif yang dapat dipilih melalui sidebar Related Searches. Tujuan dari fitur ini untuk memperkaya pencarian yang dilakukan.

7. Fasilitas smart video preview

Kecepatan dalam mengakses dan loading adalah merupakan kelebihan yang dimiliki oleh Bing. Hal ini juga terjadi pada konten file video juga lho! Microsoft menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu kurang dari tiga puluh detik untuk mendapatkan video preview melalui fitur Bing Videos. Tak hanya itu, kecepatan pada sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam waktu yang sebentar, pengguna hanya perlu mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.

Beli Buku di Gramedia

Grameds bisa mempelajari dan mengetahui informasi-informasi mengenai Microsoft dan salah satu situsnya, yaitu Bing, lebih jauh lho! Bagaimana caranya? Yakni dengan membaca buku dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik!

Baca Juga: 

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien