Technology

10 Provider Internet Rumah Yang Bisa Jadi Pilihan

provider
Written by Wida Kurniasih

10 Provider Internet Rumah Yang Bisa Jadi Pilihan – Akses internet saat sudah menjadi menu wajib bagi setiap rumah. Di zaman yang serba modern ini, berbagai hal akan lebih mudah dilakukan menggunakan internet. Mulai dari kegiatan rumah tangga seperti belanja sayuran, sampai sekolah anak-anak.

Pertemuan daring bagi para anak-anak di masa pandemi juga membutuhkan jaringan internet yang cepat di setiap rumah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui provider internet rumahan yang direkomendasikan karena kecepatan akses dan harga yang terjangkau.

Nah, jika Anda sedang mencarinya, melalui artikel ini akan dijelaskan 10 rekomendasi provider internet rumah yang wajib diketahui

10 Provider Internet Rumah Yang Bisa Jadi Pilihan

Saat ini sudah ada banyak provider yang menyediakan jasa untuk dipakai di rumah. Pemilihan provider internet ini tentu harus dilakukan dengan pertimbangan. Anda perlu memahami sinyal provider apa saja yang kiranya bisa lancar di tempat tersebut.

Termasuk berapa jumlah anggota keluarga yang akan menggunakan. Semakin banyak anggota, tentu kapasitas kecepatannya perlu ditambah. Nah, untuk mengetahui lebih detail satu per satu provider internet rumah, berikut ulasannya:

1. Indihome

Provider internet rumah pertama yang bisa Anda coba adalah IndiHome. Provider ini merupakan internet resmi milik PT Telkom Indonesia. Provider yang menggunakan fiber optik ini sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia dan tersebar di seluruh daerah.

Harga paket yang disediakan oleh pihak IndiHome juga sangat bervariatif, sehingga dapat Anda sesuaikan sendiri dengan budget yang disediakan. Anda bisa memilih paket mulai dari Rp 245.000 sampai dengan Rp 955.000 per bulan.

Adapun kecepatan yang ditawarkan mulai dari 10 Mbps sampai dengan 300 Mbps. Semakin tinggi kecepatan, tentu saja biaya yang harus dikeluarkan juga akan semakin banyak. Selain itu, IndiHome juga menyediakan layanan televisi berbayar yang menayangkan hingga 109 channel dan video on demand (vod).

Jika Anda baru akan memasang provider ini untuk pertama kali, maka biaya yang diperlukan sekitar Rp 500.000 dengan biaya PPn sebesar 10%. Pembiayaan tersebut bisa dibayarkan apabila proses pemasangan provider di rumah sudah selesai dilakukan. Biaya pemasangan ini sifatnya relatif, tergantung promo dari provider internet.

Jika hendak melakukan pembayaran secara tunai, hanya akan dilayani di Plasa Telkom saja. Namun jika Anda mau membayar dengan metode transfer, silakan menghubungi sales/teknisi untuk informasi no rekening dan konfirmasi pembayaran.

Dengan biaya pemasangan sebesar itu, maka Anda juga berhak menerima layanan per bulan sesuai paket yang dipilih. IndiHome memberikan sekitar 6 pilihan paket. Adapun pilihan-pilihan paket tersebut di antaranya adalah paket 2P (internet dan TV atau internet dan Phone) , paket 3P (internet, Phone, dan TV), paket 1P, lalu ada Paket Khusus, Dosen, Guru, Mahasiswa dan Pelajar, juga Paket Gamer. Harga yang ditawarkan juga variatif, bergantung pilihan paket dan kecepatan yang Anda pilih.

Total Pack: Rahasia Sukses Membangun Bisnis Internet+cd

Total Pack: Rahasia Sukses Membangun Bisnis Internet+cd

Beli Buku di Gramedia2. MNC Play

Provider internet rumah kedua yang juga recommend adalah MNC Play, yang merupakan milik perusahaan besar MNC Media. Kelebihan dari provider satu ini ada pada harganya yang lebih murah dibanding para kompetitornya.

Layanan berbasis fiber dari MNC Play ini bisa Anda nikmati dengan harga mulai dari Rp 369.000 setiap bulan. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati layanan yang mencakup MNC Now dan juga IPTV.

Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, kecepatan yang bisa Anda dapatkan hanya sampai 30 Mbps saja. Namun untuk biaya instalasinya juga tak mahal. Anda hanya membutuhkan uang untuk instalasi sekitar Rp 200.000 ditambah dengan biaya PPn sebesar 10%.

MNC Play ini juga menyediakan paket lain yang tentunya dipatok dengan harga lebih mahal namun terjangkau. Jadi, jika ingin memasang provider MNC play ini, jangan lupa mencari informasi lebih detail mengenai paket yang disediakan ya.

3. Biznet

Rekomendasi provider internet ketiga adalah Biznet. Meski lebih terkenal untuk dipakai oleh perusahan, namun Biznet juga memiliki layanan Biznet Home, yang bisa Anda pakai di rumah. Paket yang ditawarkan oleh Biznet juga bervariatif, mulai dari Rp 325.000 per bulan Anda sudah bisa menikmati layanan dari Biznet. Adapun kecepatan yang ditawarkan juga cukup tinggi oleh Biznet, yaitu mencapai 75 Mbps.

Dengan kecepatan yang terbilang super tersebut, biaya pemasangannya juga cukup tinggi. Instalasi perdana Biznet bisa mencapai Rp 750.000 rupiah. Kemudian ada biaya sewa perangkat sebesar Rp 900.000.

Cukup mahal memang, namun layanan yang diberikan juga sebanding dengan harga yang ditawarkan. Layanan dari Biznet ini sudah mencakup IPTV dengan teknologi TV on demand. Selain itu, jaringan fiber optik dari Biznet ini juga sudah menjadi yang terluas di Indonesia, bahkan sudah sampai Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan juga Sulawesi.

4. XL Fiber

Rekomendasi provider internet rumah keempat jatuh kepada XL Fiber. XL Home Fiber ini merupakan produk yang dikeluarkan oleh XL Axiata. Kecepatan yang ditawarkan oleh XL Fiber ini juga tak main-main, karena mencapai 1 Gbps. Layanan dengan jaringan fiber optik ini memang dikhususkan untuk perumahan dan ritel. Selain itu, terdapat layanan hiburan digital yang memakai android TV box.

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan selain kecepatan yang tinggi, yaitu Anda juga bisa mengakses hiburan tanpa batas. Termasuk untuk mengakses berbagai film dari Netflix. Sayangnya, layanan dari XL Fiber ini baru sampai ke beberapa kota saja. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan layanan XL Fiber ini, sebaiknya carilah dulu informasi pemasangannya melalui akun resmi XL Home Fiber.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Produk yang ditawarkan XL Fiber juga sangat bervariasi, ada paket Smart, Fiber M, Super User, Family, dan paket unlimited. Semua itu ditawarkan dengan kecepatan mulai dari 30 Mbps sampai dengan 1 Gbps. Layanan dari XL ini juga memberikan gratis biaya instalasi, penyewaan router dan entertainment box. Layanan yang 100% fiber optik ini bisa Anda nikmati dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 249.000 per bulan.

BACA JUGA: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Masa Kini

5. First Media

Provider berikutnya adalah First Media, yang banyak menjadi idola bagi provider rumahan. Provider internet ini adalah milik perusahaan yang dulu bergerak di layanan TV Kabel. Sesuai dengan namanya, ternyata First Media ini juga merupakan penyedia layanan internet pertama di Indonesia. Maka dari itu, tak heran apabila sudah banyak masyarakat dari berbagai daerah yang menjadi konsumennya.

Sebagai yang paling awal memberikan layanan internet, provider ini juga dikenal dengan kualitasnya yang bagus, di mana kecepatan yang ditawarkan mulai dari 15 Mbps. Harga atau biaya yang dibutuhkan juga standar, tidak terlalu mahal. Untuk menggunakan layanan ini paling tidak biaya yang dibutuhkan per bulan sebesar Rp 384.000.

Lalu jika Anda pertama kali hendak memasang, biaya instalasinya sebesar Rp 200.000, belum termasuk PPn sebesar 10%, namun sudah termasuk penyewaan perangkat. First Media ini juga menyediakan berbagai macam paket yang diberi harga bervariatif. Jadi, jika ingin memasang provider ini di rumah, silakan cek paket yang ditawarkan lebih dulu ya.

Jaringan MESH: Solusi Jitu Membangun Jaringan Wireless Gotong Royong Tanpa Access Point

Jaringan MESH: Solusi Jitu Membangun Jaringan Wireless Gotong Royong Tanpa Access Point

Beli Buku di Gramedia6. My Republic

Provider internet selanjutnya yang tak kalah recomended adalah My Republic. Provider ini merupakan layanan internet yang berasal dari negara tetangga, yaitu Singapura. Perusahaan ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2015. Namun tak tanggung-tanggung, My Republic ini menawarkan layanan internet yang menggiurkan, yaitu dengan kecepatan sampai 30 Mbps. Namun ada rupa, tentu ada harga.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Kecepatan yang super tersebut diimbangi dengan harga yang ditawarkan, yaitu sekitar Rp 336.000 per bulan. Harga per bulan tersebut belum termasuk instalasi pemasangan. Jika ingin memasangnya, paling tidak Anda membutuhkan biaya sebesar Rp 500.000 ditambah dengan PPn sebesar 10%.

Adapun kelebihan lain yang ditawarkan oleh My Republic ini terletak pada layanan yang diberikan. Akan tersedia layanan IPTV serta layanan khusus bagi para gamers dan juga streamer. Dengan kecepatan download dan upload 1 : 1 , provider ini jelas menjadi incaran para pecinta game. Apalagi, provider ini juga menggunakan IP Static yang jauh lebih stabil dibanding IP dynamic.

7. Orbit Telkomsel

Telkomsel dikenal sebagai operator seluler, namun kiprahnya di bidang internet tak kalah luasnya. Operator seluler ini mempunyai layanan internet rumahan yang diberi nama Orbit Telkomsel.

Layanan internet berbasis modern wifi ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menikmati konektivitas wireless atau nirkabel. Selain itu, layanan ini juga memberikan kebebasan pada pelanggan untuk mengakhiri dan memulai kembali layanannya sesuai keinginan mereka.

Orbit Telkomsel ini lebih dikhususkan bagi rumah yang belum tersentuh oleh jaringan nirkabel. Provider dari Telkomsel ini menggunakan jaringan Wifi yang menangkap sinyal dari BTS seluler. Itulah mengapa Orbit ini tidak memberikan layanan unlimited kuota bagi penggunanya.

Namun sebaliknya, Orbit Telkomsel justru memakai metode kuota seperti yang biasa dipakai pada jaringan telepon seluler. Adapun kecepatan yang ditawarkan dimulai dari 15 hingga 50 Mbps. Kelebihan lain dari Orbit ini adalah tidak adanya biaya pemasangan atau peminjaman alat, sebab biayanya sudah termasuk pada modem. Menarik bukan? Jadi silakan untuk memilih sendiri layanan yang diinginkan ya.

Trik Searching Efektif Di Internet (Menggunakan 7 Search Engine Terbaik Di Dunia)

Trik Searching Efektif Di Internet (Menggunakan 7 Search Engine Terbaik Di Dunia)

Beli Buku di Gramedia8. Oxygen

Provider selanjutnya adalah Oxygen, yang mungkin memang tidak sepopuler provider sebelumnya. Oxygen ini memang belum lama ada di Indonesia, peluncurannya baru dilakukan pada tahun 2015 lalu.

Meski cukup baru, provider yang diluncurkan oleh PT Mora Telematika Indonesia ini ternyata sudah mempunyai pelanggan yang cukup banyak. Tak banyak publikasi yang dibuat oleh Oxygen memang, namun pemasaran mereka berjalan melalui word of mouth. Buktinya, ritel Oxygen sudah ada lebih dari 70.000, sementara pelanggan korporatnya mencapai 3.000 lebih.

Oxygen ini memiliki kelebihan pada jaringan yang memakai serat optik super, yaitu Gigabit Passive Optical Network atau dikenal dengan GPON. Teknologi fiber optiknya mampu mendistribusikan data dengan sangat cepat. Kecepatannya ini bisa menjangkau ke banyak tempat dengan lebih efisien, bahkan mencapai 1 Gbps.

Kabar baiknya lagi tak biaya tambahan untuk pemasangan. Akan tetapi, apabila kabelnya melebihi 150 meter, maka akan dikenai biaya Rp 6.600 per meternya. Kecepatan yang ditawarkan juga dimulai dari 50 sampai 200 Mbps.

9. Groovy

Provider kesembilan yang jiga recomended adalah Groovy. Layanan ini sudah cukup lama berkiprah di Indonesia, yaitu mulai tahun 2000. Adapun kelebihan yang ditawarkan yaitu pada kecepatan tinggi yang menggunakan fiber optik.

Jika ingin memakai provider ini, ada 3 jenis layanan yang bisa dinikmati, yaitu Unlimited Data, Unlimited Speed, dan juga internet + free TV kabel. Biaya yang dibutuhkan juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 260.000 per bulan.

Akan tetapi, layanan jaringan internet Groovy ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang berada di daerah Jabodetabek dan Bandung saja, sebab belum merambah ke semua daerah di Indonesia.

10. Indosat GIG 20 Mbps

Provider internet rumah yang terakhir adalah Indosat GIG 20 Mbps. Sama seperti Orbit Telkomsel, Indosat GIG ini juga merupakan provider untuk telepon seluler. Namun tersedia juga layanan untuk internet rumahan. Dengan kecepatan internet mulai 20 Mbps, Indosat juga menerapkan harga yang sangat terjangkau.

Untuk menikmati layanan tersebut, Anda membutuhkan biaya sekitar Rp 280.000 tiap bulan. Akan tetapi biaya tersebut belum termasuk biaya pemasangan. Jika ingin melakukan pemasangan pertama, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 250.000 dengan PPn sebesar 10%.

Lalu masih ada biaya sewa modem sebesar Rp 40.000 serta biaya untuk sewa STB dengan nominal yang sama. Jadi, jika ingin memasang provider Indosat GIG ini, silakan siapkan dana untuk pemasangan dan juga setoran per bulannya ya.

Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Memilih Provider

Ketika hendak memasang provider untuk di rumah, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Mengapa? Karena tidak semua provider bahkan yang direkomendasikan cocok untuk dipasang di semua rumah. Apa saja hal-hal yang patut dipertimbangkan? Berikut jawabannya:

1. Lokasi Rumah

Pertimbangan pertama adalah lokasi rumah Anda. Sebab lokasi pemasangan akan berpengaruh terhadap kekuatan dan kestabilan sinyal Wifi. Meski saat ini sudah banyak yang membutuhkan internet, namun perlu disadari pula bahwa layanan internet belum menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Jadi, saat memilih provider yang akan dipasang, pastikan bahwa jaringan internet tersebut telah terpasang di wilayah Anda.

2. Kecepatan Jaringan Internet

Setiap provider biasanya akan memberikan beberapa paket internet. Dari paket itulah Anda dapat menentukan kecepatan jaringan internet. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan ya. Jika hanya sekedar untuk kebutuhan komunikasi, maka Anda bisa memilih kecepatan yang sedang. Kecepatan tinggi bisa dipilih apabila kebutuhan Anda lebih penting dari itu, seperti untuk menyelesaikan pekerjaan atau bermain game.

3. Pertimbangan Kebutuhan

Hal ketiga setelah mempertimbangkan kecepatan adalah kebutuhan. Setiap rumah tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Hal ini biasanya juga akan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Semakin banyak anggota keluarga, tentu semakin banyak pula kebutuhan internetnya. Lalu jika kebutuhan untuk browsing, membuka aplikasi, menonton video, atau streaming hanya dilakukan melalui android saja, maka Anda pun tidak membutuhkan Internet berkapasitas besar dan mahal. Jadi, pasang saja yang standar.

4. Biaya dan Harga Layanan Internet

Pertimbangan terakhir adalah harga dan biaya yang dibutuhkan. Hal ini tentunya sebanding dengan kebutuhan yang ada di rumah. Jika kebutuhan internet semakin besar, maka biayanya juga semakin mahal. Untuk masalah harga, Anda bisa melihatnya pada paket internet yang ditawarkan oleh provider pilihan. Semakin tinggi kapasitas dan kecepatannya, tentu biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak. Jadi, sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan di rumah ya.

Nah, itulah tadi 10 rekomendasi provider internet rumah yang bisa menjadi pilih tepat. Apabila Anda sedang hendak berbisnis melalui internet, maka cobalah untuk membaca buku Gramedia berjudul Strategi Serangan Internet Marketing atau dapatkan melalui link.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien