Pendidikan Jasmani

Mengenal Peraturan Olahraga Sepak Bola, Apa Saja?

peraturan olahraga sepak bola
Written by Ricky

Peraturan Olahraga Sepak Bola – Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer yang ada di Indonesia dan dunia. Sepak bola memiliki banyak penggemar, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, bahkan orang tua pun banyak yang menggemari cabang olahraga ini.

Asosiasi sepak bola, dalam bahasa Inggris disebut sebagai association football atau soccer atau sederhananya sepak bola adalah olahraga yang menggunakan bola. Bola yang digunakan biasanya terbuat dari kulit yang disebut “soccer“. Sepak bola ini dimainkan dengan dua tim yang terdiri dari 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan lainnya.

Pada awal abad ke-21, olahraga ini dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Tujuan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan cara menendang bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan di lapangan terbuka persegi panjang dari rumput atau rumput sintetis.

beli sekarangDi dalam buku ini membahas secara lengkap dan jelas mengenai sepak bola, mulai dari. sejarah sepak bola dan pengertiannya, peraturan permainan / laws of game , teknik dasar sepak bola, hakikat latihan, variasi latihan sepak bola, dan pola formasi dalam sepak bola

Untuk dapat menyuguhkan pertandingan yang menarik dan sportif dalam setiap olahraga tentu dibuat adanya suatu peraturan dalam olahraga tersebut. Peraturan ini tentu akan membuat pertandingan menjadi menarik untuk ditonton, bagi pemain juga mereka akan merasa adil karena adanya peraturan dalam sepak bola.

Pada kesempatan kali ini, Gramedia akan memberikan artikel yang membahas mengenai peraturan dalam olahraga sepak bola. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengerti apa saja peraturan yang berlaku pada cabang olahraga ini. Namun, tentu banyak juga yang baru mempelajari dunia sepak bola sehingga dibutuhkan pengetahuan lebih mengenai peraturan yang ada pada sepak bola. Oleh karena itu, untuk mengetahui apa saja peraturan yang berlaku, mari simak ulasan berikut.

Peraturan Pertandingan Sepak Bola

Peraturan sepak bola ditetapkan oleh International Football Association Board (IFAB). Peraturan ini ditetapkan oleh FIFA, organisasi resmi sepak bola dunia, dan juga dipatuhi oleh federasi di tingkat nasional. Badan resmi sepak bola di Indonesia adalah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).. Berikut adalah peraturan dalam pertandingan sepak bola.

beli sekarangDalam e-book ini akan dijelaskan beragam informasi tentang sejarah permainan sepakbola, prasarana dan sarana bermainnya, teknik dasar pemain serta bagaimana model drill-drill melatih teknik dasar tersebut, taktik dan strategi, serta peraturan permainan sepakbola sesuai dengan FIFA Law of The Game 2017.

Peraturan Pemain Sepak Bola

Jumlah pemain sepak bola adalah 11 pemain inti. Jumlah ini berlaku untuk kompetisi nasional dan internasional. Dalam suatu pertandingan sepak bola terdapat satu penjaga gawang, 2-5 pemain bertahan, 2-5 pemain tengah, dan 1-3 penyerang.  Sejumlah pemain tersebut memiliki posisi dan fungsi berlainan, seperti kiper (penjaga gawang), 3 atau 4 bek (pemain bertahan), 3, 4 atau 5 gelandang (pemain tengah), hingga 1, 2, atau 3 penyerang (pemain depan). Jika sebuah tim memiliki kurang dari 7 pemain, maka tidak akan dapat melanjutkan permainan.

Peraturan Perlengkapan Pemain Sepak Bola

Semua pemain dalam pertandingan sepak bola (kecuali kiper) mengenakan seragam atau pakaian, mulai dari jersey (pakaian olahraga), celana pendek, kaus kaki, dan sepasang sepatu. Selain pakaian, pemain juga membutuhkan item tambahan seperti pelindung tulang kering. Bahkan, pemimpin tim juga harus memakai ban kapten sebagai penanda.

Untuk atribut kiper itu sendiri berbeda dengan pemain lainnya. Penjaga gawang atau kiper harus mengenakan jersey dengan desain yang berbeda dari jersey dan sarung tangan pelindung pemain lain. Penjaga gawang juga diperbolehkan menggunakan jersey berlengan panjang dan celana panjang.

Peraturan Wasit Sepak Bola

Wasit adalah pengadil dengan tugas netral untuk mengatur dan memutuskan jalannya pertandingan. Selama pertandingan, tugas wasit adalah bersama asisten wasit mengontrol pertandingan, memastikan bahwa bola sesuai dengan aturan, memastikan bahwa para pemain mengenakan atribut yang tepat, menetapkan waktu dimulainya pertandingan. menentukan kapan pertandingan perlu ditunda, dihentikan, dan diakhiri, serta mengadili apabila telah terjadi pelanggaran.

Peraturan Asisten Wasit Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola, wasit juga didukung oleh dua pembantu pembawa bendera. Asisten wasit, atau yang biasa disebut dengan lineman, membantu wasit mengawasi jalannya permainan. Bendera asisten wasit berfungsi sebagai penanda bola keluar lapangan, offside, atau tendangan sudut.

Peraturan Durasi Pertandingan Sepak Bola

Sebuah pertandingan sepak bola terdiri dari dua babak masing-masing 45 menit. Selama pertandingan, waktu akan terus berlanjut bahkan dengan pelanggaran, pergantian pemain, kehilangan bola dan sejenisnya. Namun, di akhir pertandingan, wasit berhak memberikan perpanjangan waktu yang hilang. Ada 10-15 menit istirahat antara dua putaran sebelum pindah ke putaran lain.

Peraturan Kick Off

Awal dan dimulainya kembali pertandingan biasanya ditandai dengan kick-off yang dilakukan dari lini tengah. Kick-off digunakan untuk memulai pertandingan, digunakan untuk melanjutkan permainan setelah terjadi gol, dan untuk memulai permainan setelah istirahat atau setelah perpanjangan waktu yang tidak disengaja.

Tim yang melakukan kick off akan ditentukan berdasarkan hasil lemparan koin kedua kapten sesuai arahan wasit. Saat pemain memulai permainan, kedua tim harus berada di masing-masing sisi lapangan.

Peraturan Bola Masuk dan Keluar Lapangan Sepak Bola

Bola masuk adalah bola dalam keadaan bisa dimainkan. Sedangkan bola tidak bisa dimainkan adalah saat bola keluar dari lapangan. Bola dianggap aktif saat berada di tanah, meskipun memantul dari tiang, mistar gawang, atau lokasi lainnya.

Selama bola kembali ke lapangan setelah memantul, bola masih aktif. Saat terjadi suatu peristiwa seperti pelanggaran, bola meninggalkan lapangan setelah garis gawang atau masuk ke dalam garis, dan kejadian lainnya maka bola dapat dikatakan tidak aktif.

Peraturan dalam Mencetak Gol

Gol yang dicetak oleh pemain bisa terjadi secara legal dan ilegal. Sebuah gol dianggap legal atau sah ketika bola melewati garis gawang tim lawan. Sedangkan sebuah gol dianggap ilegal atau tidak sah jika pemain dari tim yang mencetak gol telah melakukan pelanggaran atau jika pemain lawan melakukan pelanggaran sebelum bola melewati garis gawang.

Peraturan Lemparan ke Dalam

Jika bola meninggalkan garis samping, terjadi lemparan ke dalam atau lemparan ke dalam. Tim yang melakukan lemparan ke dalam adalah tim terakhir yang menyentuh bola sebelum melewati garis. Ada dua peraturan mengenai lemparan ke dalam atau throw-in dalam sepak bola.

Pertama, pemain mengambil posisi melempar bola. Kemudian dia melemparkannya ke garis pada posisi bola. Kedua, pemain memegang bola menggunakan dengan kedua tangan, dengan posisi semula dari arah belakang kepala. Lalu, pemain melempar bola memakai kedua tangan, dengan arah dari atas kepala.

Peraturan Tendangan Bebas

Tendangan bebas atau free kick dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung.

Tendangan bebas langsung adalah tendangan bebas yang ditujukan langsung ke gawang tanpa menyentuh rekan tim sebelumnya. Sedangkan tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan bebas yang mengharuskan pemain untuk membuat bola terkena rekan satu tim dan mencetak skor dengan rekan tim lainnya.

Peraturan Tendangan Penalti

Tendangan bebas dilakukan ketika pemain lawan melakukan pelanggaran di area penalti. Penendang akan menendang bola yang ditempatkan di titik penalti ke arah gawang yang hanya dilindungi oleh penjaga gawang atau kiper lawan.

Selama tendangan bebas, pemain lain harus tetap berada di luar area penalti. Ketika tendangan bebas telah dilakukan dan gol tercipta, permainan kembali normal. Namun, jika tendangan penalti gagal mengenai sasaran dan tetap berada di dalam area permainan, maka kedua tim diperbolehkan untuk menguasai bola dan melanjutkan permainan.

Peraturan Tendangan Sudut

Tendangan sudut diberikan ketika bola terakhir menyentuh tim bertahan dan melewati garis gawang. Garis gawang ini berjalan sejajar dengan garis gawang, tetapi tidak berjalan di bawah gawang. Tim penyerang kemudian berhak atas tendangan sudut. Tendangan ini dilakukan di sudut lapangan yang paling dekat dengan tempat bola meninggalkan lapangan.

Peraturan Tendangan Gawang

Jika bola melewati garis gawang, tetapi pemain penyerang terakhir menyentuh bola, tim bertahan diberikan tendangan gawang. Tendangan ini disebut tendangan gawang. Untuk tendangan gawang, bola harus ditendang dari tepi kotak gawang, yaitu kotak kecil di dalam area penalti.

Peraturan Offside

Offside akan terjadi jika pemain lebih dekat ke garis gawang daripada bola dan dua pemain terakhir dalam tim lawan. Namun, offside bukan merupakan pelanggaran, kecuali jika pemain menerima bola dari umpan. Pemain dianggap tidak offside apabila berada sejajar dengan pemain kedua terakhir dari tim lawan.

Peraturan Pelanggaran Olahraga Sepak Bola

Ada beberapa pelanggaran yang tidak boleh dilakukan dalam olahraga sepak bola. Beberapa peraturan ini juga ditetapkan oleh FIFA seperti peraturan dalam pertandingan. Berikut adalah peraturan pelanggaran olahraga sepak bola.

Peraturan Pelanggaran Hukuman Tendangan Bebas Langsung

Di bawah ini merupakan penyebab pemain mendapatkan hukuman tendangan bebas dari lawan.

  • Sengaja menendang lawan atau mencoba untuk menendang lawan;
  • Melukai mata lawan;
  • Melompat dengan berbahaya ke arah lawan;
  • Diam-diam berusaha untuk menjatuhkan lawan;
  • Membuat lawan jatuh dengan menyandungnya;
  • Menyerang pemain lawan;
  • Menjatuhkan lawan dengan menabraknya;
  • Menarik pemain lawan hingga terjatuh;
  • Menahan pemain lawan dengan menarik baju lawan;
  • Tangan pemain terkena bola;
  • Melakukan tackle kepada lawan tanpa mengenai bola;
  • Melakukan tackle dengan mengenai bola, namun tindakan tersebut dianggap berbahaya oleh wasit.

Peraturan Pelanggaran Hukuman Tendangan Bebas Tidak Langsung

  • Pemain melakukan tindakan yang dinilai berbahaya oleh wasit. Berbahaya yang dimaksud adalah berbahaya untuk diri sendiri dan pemain lain. Contohnya seseorang berusaha menyundul bola ketika pemain lawan ingin menendang bola.
  • Melakukan suatu tindakan yang bertujuan untuk menghalangi kiper dalam menangkap bola;
  • Menghambat pergerakan lawan;
  • Melakukan tindakan yang membuat wasit mengeluarkan kartu kuning hingga kartu merah;
  • Kiper memegang bola selama lebih dari enam detik;
  • Kiper dengan sengaja menyentuh bola yang sudah dilepaskan sebelum mengenai pemain lain;
  • Kiper menyentuh bola dari tendangan pemain satu tim;

Peraturan Pelanggaran Kartu Kuning

Ketika pemain melakukan pelanggaran di dalam pertandingan maka wasit akan memberikan kartu kuning kepada pemain yang melanggar sebagai peringatan. Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan pemain mendapat kartu kuning.

  • Pemain berulang kali melakukan pelanggaran;
  • Pemain melakukan kecurangan atau tindakan tidak sportif;
  • Pemain menghadang kaki lawan secara kasar;
  • Pemain menjatuhkan lawan dengan kasar;
  • Pemain dengan sengaja melakukan hal yang membuat pertandingan menjadi tertunda;
  • Sengaja membuang waktu dalam pertandingan;
  • Pemain meninggalkan lapangan tanpa izin dari wasit;
  • Pemain masuk area lapangan tanpa izin dari wasit;
  • Pemain sengaja melakukan tindakan yang bertujuan untuk menyulut perselisihan antar pemain;
  • Melakukan kritik kepada wasit dengan kasar;
  • Melakukan perayaan gol secara berlebihan.

Peraturan Pelanggaran Kartu Merah

Seorang pemain yang melakukan pelanggaran serius dalam sepak bola akan diberikan kartu merah. Jika seorang pemain menerima kartu merah, pemain itu harus secara otomatis meninggalkan lapangan. Dalam pertandingan sepak bola, pemain yang menerima kartu merah biasanya dilarang untuk bermain dalam satu atau dua pertandingan berikutnya.

  • Pemain melakukan tindakan kekerasan di dalam pertandingan;
  • Pemain melakukan pelanggaran berat hingga lawan cedera;
  • Pemain selain kiper dengan sengaja menyentuh bola dengan tangan untuk menghindari gol dari lawan;
  • Melakukan provokasi kepada tim lawan sehingga terjadi keributan;
  • Pemain melakukan penghinaan, berkata kasar, dan merendahkan pemain lawan;
  • Pemain melakukan suatu tindakan yang membuat pertandingan dihentikan.

Grameds, demikianlah artikel mengenai peraturan olahraga sepak bola yang telah dibahas oleh Gramedia. Bagi kalian yang belum terlalu paham mengenai sepak bola maka kalian akan sedikit mengerti dengan adanya artikel ini.

Namun, jika kalian ingin belajar lebih dalam lagi, kalian bisa membeli buku mengenai sepak bola dan olahraga lainnya di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku berkualitas yang bisa kalian miliki. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarangMelalui buku ini, lwel Sastra, seorang penulis, komedian, pelopor stand up comedy di Indonesia, dan motivator nomor wahid—menarasikan fenomena sepak bola dan mendedah pesan-pesan inspiratif dan motivasi darinya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien