in

21 Tempat Wisata Di Jakarta Untuk Mengisi Waktu Liburmu!

Foto oleh Tom Fisk via Pexels

Wisata di Jakarta – Tempat wisata di Jakarta menawarkan berbagai pesona perkotaan. Tak sekadar wisata yang kekinian dan instagramable saja, tetapi wisata sejarah, budaya, dan wisata alam yang cocok untuk wisata keluarga di akhir pekan.

wisata di jakarta
Foto oleh Tom Fisk via Pexels

Meskipun memiliki status sebagai ibu kota dan tergolong sebagai kota besar, tetapi tempat wisata di Jakarta banyak sekali yang murah dan terjangkau. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa banyak tempat wisata di Indonesia yang tutup karena terkena imbas dari situasi pandemi.

Tentu saja, dengan dibukanya berbagai tempat wisata di Jakarta yang populer dan terjangkau menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia dan DKI Jakarta pada khususnya.

Dari sekian banyak tempat wisata Jakarta yang terkenal dan sering dikunjungi terkadang membuat sebagian orang bingung untuk memilih tempat wisata Jakarta yang seru. Tak perlu khawatir, lewat ulasan singkat ini, Grameds  akan mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata di Jakarta.

Tempat Wisata di Jakarta Edisi Tempat Main

Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang dapat Grameds kunjungi bersama dengan teman, keluarga, dan pasangan.

1. Taman Impian Jaya Ancol

wisata di jakarta
https://www.rayadventure.com/

Alamat: Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang sangat populer. Bahkan, Taman Impian Jaya Ancol memiliki status sebagai taman rekreasi paling besar yang ada di Indonesia.

Taman Impian Jaya Ancol menawarkan konsep wisata yang terintegrasi, sehingga di kawasan tersebut ada berbagai objek wisata lainnya yang sangat hits, populer, serta cocok bagi segala usia.

Beberapa objek wisata yang ada di Taman Impian Jaya Ancol yang sudah buka ketika ini, yakni:

  • Dunia Fantasi (Dufan)
  • Pantai Ancol
  • Ocean Dream Samudera

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa oihak pengelola Taman Impian Jaya Ancol menerapkan kebijakan baru bagi pengunjung yang hendak berkunjung ke lokasi tersebut. Di antaranya:

  1. Pembelian tiket harus dilakukan secara online
  2. Reservasi dapat dilakukan sehari sebelumnya
  3. Menerapkan prokes ketika kunjungan wisata.

Selain itu, Taman Impian Jaya Ancol juga menawarkan paket wisata virtual. Walaupun para pengunjung bersantau di rumah, tetapi masih dapat menikmati sensasi berlibur.

2. Setu Babakan

wisata di jakarta
https://anekatempatwisata.com/

Alamat: Jl. RM. Kahfi, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jika Grameds mencari tempat wisata di Jakarta yang memiliki sensasi wisata alam serta wisata budaya di dalam satu kawasan yang sama, yaitu Setu Babakan. Objek wisata ini menjadi pintu gerbang untuk memahami budaya dan kehidupan masyarakat suku Betawi.

Daya tarik utama dari Setu Babakan ialah danau buatan dengan luas 30 ha dan kedalaman 1 – 5 meter. Di sisi lain, ada perkampungan masyarakat Betawi yang masih mempertahankan budaya aslinya, walaupun berada di kota besar modern.

Hal tersebut tercermin melalui pakaian, seni arsitektur rumah, dan kuliner khasnya. Oleh sebab itu, Setu Babakan sangat direkomendasikan sebagai tujuan wisata untuk anak dan keluarga yang edukatif. Untuk masuk ke Setu Babakan, harga tiketnya gratis.

3. Museum Fatahillah

wisata di jakarta
https://www.klook.com/

Alamat: Jalan Taman Fatahillah, No.1, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Wisata sejarah di Jakarta yang sangat direkomendasikan berikutnya adalah Museum Fatahillah. Sebenarnya, museum ini telah memiliki nama resmi, yakni Museum Sejarah Jakarta.

Nama Museum Fatahillah masih lebih populer karena berada di Jl. Fatahillah. Melalu sisi sejarahnya, museum ini dulunya merupakan Balai Kota pada zaman Belanda.

Museum Fatahillah tak sekedar berisi barang-barang bersejarah. Para pengunjung juga dapat melihat penjara bawah tanah yang masih lengkap dengan rantai besinya, sebagai saksi bisu atas kekejaman penjajah di masa lampau.

Museum Fatahillah berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta, harga tiket masuk Museum Fatahillah hanya Rp5.000 per orang, dan ada harga tiket khusus bagi pelajar dan mahasiswa.

4. Kota Tua Jakarta

wusata di jakarta
myeatandtravelstory.wordpress.com

Alamat: Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini sangat instagramable, terjangkau, dan bahkan gratis. Hal tersebut daya tarik dari Kota Tua Jakarta. Selain itu, Kota Tua Jakarta juga menawarkan sisi sejarah yang edukatif.

Salah-satu alasan mengapa Kota Tua Jakarta sangat populer terutama di kalangan anak remaja, karena di tempat tersebut terdaoat banyak sekali latar foto yang instagramable, terutama bangunan tua yang memiliki arsitektur ala Eropa.

Perlu Grameds ketahui bahwa kawasan Kota Tua Jakarta memiliki status sebagai zona Low Emission atau kota yang memiliki emisi rendah. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga dan harga tiket masuknya gratis.

5. Museum Macan

Alamat: Jl. Panjang, No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Bagi masyarakat DKI Jakarta, pasti sudah sangat familiar dengan Museum Macan. Meski begitu, mungkin bagi masyarakat dari luar DKI, akan menyangka bahwa museum ini memiliki koleksi mengenai macan dan sebangsanya.

Anggapan tersebut salah besar karena sebenarnya, nama Museum Macan merupakan singakatan dari Museum of Moedrn Art in Nusantara. Museum ini menyajikan berbagai karya seni, mulai dari karya seni tradisonal nusantara hingga karya seni yang modern.

Bagi Grameds yang gemar eksis di media sosial, maka Museum Macan menjadi tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi. Museum Macan berada di AKR Tower Level M. Untuk memasuki museum ini, Grameds cukup merogoh kocek Rp70.000,- (weekday).

6. Kebun Binatang Ragunan

wisata di jakarta
https://ragunanzoo.jakarta.go.id/

Alamat: Jl. Harsono, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Kebun Binatang Ragunan merupakan tempat wisata di Jakarta yang paling digemari oleh keluarga untuk wisata akhir pekan. Berbagai satwa yang ada di kebun binatang tersebut dapat memberikan nilai edukatif untuk anak-anak.

Selain itu, banyaknya pepohonan di kawasan Kebun Binatang Ragunan membuat suasananya menjadi teduh dan nyaman. Kunjungan wisata di masa pandemi sangat dibatasi, hanya 25% pengunjung saja yang diperbolehkan untuk masuk. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan. Harga tiket masuknya hanya Rp4.000,-/orang.

7. Taman Cattleya

Alamat: Jl. Letjen. S. Parman, Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Jika ingin ke tempat wisata di Jakarta yang gratis, tetapi tetap asik, maka kamu bisa mengunjungi Taman Cattleya. Taman yang satu ini merupakan salah satu taman terbuka hijau yang ada di Jakarta. Taman tersebut sangat nyaman serta dekat dengan pusat perbelanjaan ternama di Jakarta, yakni Mall Taman Anggrek.

Banyaknya pepohonan dan tanaman di Taman Cattleya, memberikan keteduhan untuk para pengunjung. Selain itu, Taman Cattleya cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata untuk semua usia, baik anak-anak hingga dewasa dan harga tiket masuknya gratis.

Setelah mengetahui beberapa tempat wisata di Jakarta, apakah kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang Jakarta? Buku Ensiklopedia Indonesia Provinsi DKI Jakarta ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk kamu yang suka dengan budaya Jakarta dan ingin menggalinya lebih dalam lagi.

Di dalam buku ini, pembaca akan mengetahui wawasan tentang DKI Jakarta. Jadi, dapatkan segera bukunya dengan klik gambar buku di bawah ini.

8. Jakarta Aquarium

Alamat: Jl. Letjen. S. Parman, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Jakarta Aquarium adalah tempat wisata yang ada di Jakarta, yang sekarang sudah dibuka. Objek wisata ini memadukan antara wisata edukatif dengan pusat perbelanjaan.

Meskipun buka, tetapi para pengunjung tetap diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan bila hendak berkunjung ke Jakarta Aquarium. Jakarta Aquarium berlokasi di Neo Soho Mall. Untuk masuk ke Jakarta Aquarium, Grameds perlu merogoh kocek Rp150.000 (Weekday/Weekend).

9. Taman Mini Indonesia Indah

wisata di jakarta
Courtesy of Taman Mini Indonesia Indah

Alamat: Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Hanya dengan berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, para pengunjung dapat menikmati sensasi wisata ke seluruh Indonesia.

Hal ini karena TMII (Taman Mini Indonesia Indah) menyajikan berbagai ragam tradisi dan budaya yang ada di nusantara, lengkap dengan pakaian, tarian, hingga arsitektur. Bahkan, ada sebuah danau yang isinya berupa gambaran semua pulau yang ada di Indonesia.

Selain itu, Taman Mini Indonesia Indah telah dilengkapi dengan banyak fasilitas wisata lainnya, seperti snowbay waterpark, kereta gantung, Theater IMAX Keong Emas, dan berbagai macam museum. Untuk berkunjung ke tempat ini, Grameds cukup merogoh kocek Rp20.000/orang.

10. Taman Suropati

https://www.tripadvisor.com.sg/

Alamat: Jl. Taman Suropati No. 5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Taman Suropati adalah salah satu dari sekian banyak taman yang ada di DKI Jakarta, taman ini merupakan taman yang penting karena selain sebagai ruang terbuka hijau, juga memiliki nilai sejarah

Taman Suropati memiliki luas 16.328 meter persegi dengan banyak sekali tumbuh-tumbuhan, pepohonan, tanaman hias, dan air mancur. Taman ini memiliki kondisi yang tenang, teduh, dan nyaman sehingga menjadi daya tarik utama bagi masyarakat yang hendak bersantai sejenak sembari melihat berbagai monumen yang ada di sekitar Taman Suropati memiliki waktu buka 24 jam dengan harga tiket masuk gratis.

11. Tugu Monas

wisata di Jakarta
shambuimaji/Pixabay

Alamat: Gambir, Kecamatan Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat ikonik dari DKI Jakarta ini, yaitu tugu Monas (Monumen Nasional). Tempat ini menjadi tempat wisata edukasi, sejarah dan rekreasi favorit keluarga.

Selain memiliki nilai historis yang tinggi, di sekitar Tugu Monas juga dikelilingi dengan taman yang luas serta banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk sekadar mengajak bermain anak atau berolahraga.

Jalan-jalan di Monas tak akan lengkap bila belum mencicipi kerak telor. Ya, kerak telor merupakan makanan khas Jakarta yang terbuat dari bahan dasar beras ketan ditambah dengan telur dan juga ditaburi bawang goreng. Tugu monas berlokasi di Gambir, Jakarta Pusat dengan jam buka: 08.00 WIB – 22.00 WIB.

Tempat Wisata Di Jakarta Edisi Kuliner Legendaris

Ibu kota Indonesia, Jakarta, memiliki sejuta surga di dalamnya. Tak hanya kemacetannya yang terkenal, Jakarta juga memiliki berbagai ragam kuliner yang wajib masuk list liburan. Setidaknya, ada 10 tempat wisata kuliner di Jakarta yang enak, legendaris, dan harus Grameds datangi!

1. Mie Ayam Gondangdia

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 12A, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Kuliner Jakarta pertama yang harus Grameds kunjungi ialah Mie Ayam Gondangdia. Tak sekadar mie ayam, ada menu lainnya yang dapat Grameds coba. Harganya berkisar antara Rp20.000,- hingga Rp50.000,-.

Meskipun bukan termasuk tempat kekinian, Mie Ayam Gondangdia selalu penuh dengan pengunjung. Mie Ayam Gondangdia terletak di daerah yang rawan macet, sehingga Grameds lebih baik berangkat lebih awal!

2. Soto Betawi H. Ma’ruf

Alamat: Jalan Cikini Raya Nomor 73, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Apabila Grameds tengah singgah di Komplek Taman Ismail Marzuki, Grameds dapat coba berkunjung ke Soto Betawi H. Ma’ruf. Tempat ini cukup legendaris, Grameds dapat mencicipi soto betawi lezat nikmat dengan harga sekitar Rp44.000,-

Tak hanya soto, Grameds juga menikmati berbagai menu andalan lainnya, seperti sate bewai dan laksa. Warung ini, buka pada pukul 09.00 WIB – 23.00 WIB.

3. Bakmi Gang Kelinci

Alamat: Jalan Kelinci Raya Nomor 1-3, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Bagi Grameds yang gemar makan mie, maka Bakmi Gang Kelinci merupakan tempat yang wajib Grameds kunjungi. Kedai ini memiliki banyak cabang, total ada 11 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Memiliki menu beragam, tetapi yang paling favorit ialah bakmi spesial dengan harga Rp27.000,-.  Warung ini buka pada pukul 07.00 WIB – 21.00 WIB.

4. Bubur Kwang Tung

Alamat: Jalan Pecenongan Nomor 67, Jakarta Pusat.

Surga bagi para pecinta bubur, Bubur Kwng Tung memiliki berbagai macam topping yang nikmat. Menjadi favorit bagi banyak orang, bubur ayam di kedai ini dijual dengan harga Rp40.000,-

Mungkin Grameds berpikir harga tersebut terlalu mahal untuk hanya seporsi bubur. Meski demikian, porsi bubur ini sangat besar serta memiliki isian yang benar-benar banyak. Tak sekadar bubur, kedai ini juga menjual nasi goreng dan cah kailan yang tak kalah nikmat. Tak perlu khawatir kehabisan, kedai ini buka 24 jam!

Sebenarnya, restoran yang ada di Jakarta ini sudah ada sejak lama. Bahkan, beberapa restoran yang ada di Jakarta juga sudah ada yang menyajikan fine dining. Mengetahui lebih banyak tentang restoran di Jakarta pastinya sangatlah seru dan kamu bisa melakukannya melalui buku Jakarta A Dining History.

5. Bebek Kaleyo

Alamat: Jalan Cempaka Putih Raya 108, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Sesuai dengan namanya, menu andalan di kedai ini sudah pasti bebek gorengnya. Bebek goreng utuh dibanderol dengan harga berkisar Rp50.000,- dan dapat dinikmati hingga empat orang. Tak hanya bebek goreng, ada juga olahan bebek lainnya yang juga sangat lezat.

Jam buka dari setiap cabangnya berbeda, tetapi yang pasti Bebek Kaleyo tutup pada setiap Minggu.

6. Roti Bakar Eddy

Alamat: Alamat: Jalan Raden Patah Nomor 11, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Bila hendak nongkrong bersama teman di malam-hari, mampir saja ke Roti Bakar Eddy. Warung ini buka dari jam 06.30 WIB – 02.30 WIB, Grameds dapat nongkrong sembari memesan berbagai menu tak terlalu berat.

Semua jenis camilan hingga makanan berat tersedia di sini. Ada roti bakar, pisang bakar, nasi goreng, bubur ayam, dan lain sebagainya. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp12.000,-.

7. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Alamat: Jalan Kebon Sirih Barat Dalam I Nomor 09, Kebon Sirih, Menteng, DKI Jakarta.

Nasi Goreng Kebon Sirih ini juga termasuk dalam kuliner legendaris. Memiliki cabang yang banyak, tetapi yang paling ramai ialah pada cabang utamanya di Kebon Sirih, Menteng.

Warung ini buka pukul 17.00 WIB – 02.00 WIB dan seporsinya hanya dibanderol Rp27.000,-

8. Restoran Trio

Alamat: Jalan R.P. Soeroso Nomor 29A, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Restoren ini memang bukan merupakan restoran yang mewah maupun kekinian, tetapi Restoran Trio tak pernah sepi pengunjung. Karena rasanya yang enak, tempat ini selalu ramai sejak dari tahun 1985.

Spesialisasinya ialah chinese food, rata-rata harganya berkisar Rp50.000,- dengan yang porsi melimpah. Restoran Trio buka pada pukul 10.00 WIB – 14.00 WIB, kemudian istirahat, dan buka kembali pada pukul 17.00 WIB – 21.30 WIB.

9. Nasi Uduk Gondangdia

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 12, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Selalu ramai, siapa pun pasti akan tergiur dengan wanginya nasi uduk di tempat ini. Hal yang membuatnya istimewa, nasi uduk di warung ini dibungkus menggunakan daun pisang dan dibentuk seperti tumpeng.

Lauk yang dapat Grameds pilih bermacam-macam, ada ayam goreng, babat, paru, ampela ati, tahu, tempe, telur, pete, dan masih banyak lagi lainnya.

Menu andalannya, yakni nasi uduk daging yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000,- tergantung lauknya.

10. Gado-Gado Bon-Bin

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 5, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Buka pada pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB, Grameds dapat menikmati sarapan pagi maupun makan siang di Gado-gado Bon-Bin. Selain gado-gado, Grameds juga bisa mencoba asinan andalannya. Tempatnya sederhana dan tak terlalu besar, antrean kerap kali mengular saat jam-jam makan.

Ketika bicara tentang Jakarta, rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas tentang kereta api. Ketika mendengar kereta api di Jakarta, sebenarnya sudah ada sejak dulu. Lalu, bagaimana sejarah perkembangan kereta api di Jakarta? Kamu bisa temukan jawabannya pada buku Kereta Api di Jakarta.

Itulah beberapa wisata di Jakarta yang enak dan paling favorit nih. Semuanya menarik, ya! Ada yang sudah pernah Grameds coba?

Bagi Grameds yang ingin mencari buku-buku tentang kuliner dan juga tempat wisata, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebab, segala informasi yang kita dapat setiap hari, salah satunya berbentuk tulisan. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya.

Membuat karya tulis akan selalu menyenangkan bagi saya, karena saya bisa terus belajar melalui kata-kata. Setiap kali menulis, saya akan terlebih dahulu membaca sumber untuk memperoleh informasi yang tepat. Keseluruhan proses merangkai kata tersebut adalah proses pembelajaran yang tak berkesudahan.

Saya suka menulis review buku, karena setiap buku menyajikan dunia yang baru dan memberikan banyak pengetahuan baru. Saya juga suka menulis tentang dunia kuliner dan trivia, karena ada banyak fakta unik, tips, dan juga trik yang bisa saya coba praktikkan.

Keahlian
Review buku
Kuliner
Trivia

Pendidikan
Universitas Multimedia Nusantara

Linkedin: Gabriela Estefania
Instagram: @gaby_tandean