in

Uji Nyali Kamu dengan Tonton 5 Film Horor Indonesia Ini

Sumber foto header: Sky Media & Legacy Pictures

Cerita horor tentang hantu memiliki dampak dan fungsi yang paradoks. Ia bisa membuat orang-orang ketakutan. Namun, di sisi lain, ia juga dapat membuat orang penasaran.

Dan, uniknya, dua perasaan ini–ketakutan dan penasaran–dapat muncul secara paralel. Menonton film horor adalah buktinya.

Kalau para penggemar film horor sih sudah pasti tak mau kelewatan kalau ada film horor keren di bioskop. Tapi, tidak sedikit orang-orang yang sebenarnya takut pada hantu atau film horor, bahkan anti film maupun cerita horor, malah jadi nekat menonton film horor di bioskop.

Mereka rela melakukan itu karena dibakar rasa penasaran, meskipun pada akhirnya mereka malah menutup mata dan telinga di sepanjang film.

Lantas, film-film horor seperti apakah yang dapat membuat orang terpuaskan untuk ditakuti sekaligus jadi penasaran?

Kami sudah memilihkan lima film horor Indonesia dari era milenium yang bisa memenuhi tugas-tugas tersebut.

1. KERAMAT (2009)

Film
Film “Keramat” memuat elemen mistisme Jawa. (Foto: Starvision)

 

 

 

Sekelompok kecil pembuat film dan aktor-aktris film bersiap-siap untuk produksi film mereka di daerah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, peristiwa-peristiwa ganjil datang silih-berganti.

Sampai akhirnya si aktris kerasukan roh dan lenyap bak ditelan bumi. Pencarian terhadap si aktris mengantarkan rekan-rekannya masuk ke dimensi dunia lain yang dihuni makhluk-makhluk halus dalam hutan di pelosok Jawa.

Inilah film arahan Monty Tiwa yang super seram. Keramat bisa kamu tonton di iFlix.

2. SEBELUM IBLIS MENJEMPUT (2018)

Film
Berkat aktingnya sebagai ibu yang kerasukan dalam film “Sebelum Iblis Menjemput“, Karina Suwandi diganjar nominasi Piala Citra FFI 2018. (Foto: Sky Media & Legacy Pictures)

 

 

 

Sutradara Timo Tjahjanto dari Mo Brothers membuat film horor ini dengan sokongan akting dari dua pemain muda yang tengah naik daun: Pevita Pearce dan Chelsea Islan.

Namun, yang paling menakutkan perannya di sini justru adalah Karina Suwandi, yang harus kerasukan iblis jahat.

Sebelum Iblis Menjemput berkisah tentang sebuah keluarga (ibu dan anak-anak) yang mendatangi rumah lamanya.

Namun, mereka mendapati fakta bahwa ada jeratan ilmu hitam setelah dahulu sang ayah bersekutu dengan iblis agar kaya raya. Netflix sudah menyediakan film horor ini.

3. PENGABDI SETAN (2017)

Film
Film “Pengabdi Setan” banyak mendapat nominasi di Piala Citra FFI 2017. (Foto: Rapi Films, CJ Entertainment)

 

 

 

Di-remake dari film horor klasik berjudul sama tahun 1980, Pengabdi Setan arahan Joko Anwar ini menyajikan cerita mengerikan tentang sebuah keluarga yang dihantui arwah penasaran mendiang ibunya. Setiap anggota keluarga kedapatan giliran ‘bertemu’ dengan hantu sang ibu.

Kemunculan arwah ibu ini ternyata memiliki tujuan: ia hendak menjemput salah satu anggota keluarga. Saking suksesnya dalam menakuti orang-orang, film ini jadi film Indonesia terlaris nomor satu pada 2017. Jumlah penontonnya mencapai 4,2 juta orang. Kamu bisa tonton Pengabdi Setan di iflix.

4. PEREMPUAN TANAH JAHANAM (2019)

Film
Film “Perempuan Tanah Jahanam” kembali diperankan Tara Basro, aktris yang juga main di film horor “Pengabdi Setan“. (Foto: Base Entertainment)

 

 

 

Ramuan film horor ini terbilang beragam. Mulai dari thriller, mistisme, slasher, hingga sedikit komedi.

Kisahnya soal sepasang sahabat yang datang ke desa terpencil di pedalaman Jawa demi mencari rumah warisan. Alih-alih mendapat apa yang dicari, mereka malah disambut tatapan menyeramkan dan penuh curiga dari warga desa. Hingga akhirnya, semua warga desa memburu mereka untuk dibunuh demi lepas dari kutukan.

Film terbaru arahan Joko Anwar ini langsung meraup lebih dari 600 ribu penonton dalam lima hari pertama penayangannya di bioskop. Film ini masih tayang di bioskop hingga tulisan ini diunggah.

5. RUMAH DARA (2010)

Film
Film “Rumah Dara” banyak menampilkan adegan brutal. (Foto: Merah Production)

 

 

 

Film horor yang seram tak selalu berkaitan dengan penampakan hantu ataupun makhluk halus. Kisah sebuah keluarga psikopat persembahan duet sutradara Mo Brothers (Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto) lewat film slasher ini juga mengerikan.

Alkisah, sebuah keluarga demen membunuhi orang, lalu memotong-motong tubuh korban, dan menjual dagingnya.

Teror demi teror secara intens dihadirkan film ini dalam adegan-adegannya. Film ini tidak disarankan bagi kamu yang tidak kuat melihat muncratan darah.


Enggak punya nyali untuk menyaksikan film-film di atas? Bagaimana kalau diganti dengan membaca buku-buku bertema horor, seperti Bait Kematian karya Hyuka Akio, Creepy Case Club 3: Kasus Kutukan Congklak karya Rizal Iwan atau Journal of Terror – Kembar karya Sweta Kartika?

Beberapa judul tersebut bisa kamu dapatkan di Gramedia Digital. Ingin lihat koleksi buku horor lainnya? Langsung klik gambar di bawah ini.

koleksi
Beli buku-buku horor tersebut di sini

 

 

 


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.



logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Angga Rulianto