in

16 Tips Move On Anti Gagal yang Bisa Kamu Coba!

Sumber: pexels.com/id-id/freestocks.org

Tips Move On Anti Gagal – Hidup terkadang berjalan tidak seperti apa yang kita ingin. Ada kalanya kita merasa bahagia dan ada kalanya juga kita akan merasa sedih. Salah satu rasa sedih yang kerap muncul yaitu ketika mengalami kegagalan dalam hubungan. Apalagi, jika kisah asmara yang kandas tersebut telah dijalani selama bertahun-tahun.

tips move on
Sumber: Pexels

Setiap hubungan yang gagal pasti terasa menyakitkan. Grameds mungkin marah pada diri sendiri dan terus menangis. Masa-masa sedih bisa semakin meningkat, ketika dia tidak mengajakmu balikan atau bahkan ketika dia sudah bersama orang lain. Patah hati menimbulkan rasa kecewa, sedih, dan marah memenuhi hatimu.

Jika hubungan sudah benar-benar tidak bisa dipertahankan, ada baiknya Grameds mencoba untuk move on. Jika merasa kesulitan, cobalah baca tips move on dari mantan berikut ini.

Tips Move On Anti Gagal

tips move on
Sumber: Pexels

Grameds tak boleh terus terpuruk, ini adalah waktu untuk move on dari mantan yang tidak perlu ditangisi. Dengan menonton film atau membeli makanan kesukaan saja mungkin belum cukup. Berikut ini Tips Move On Anti Gagal dari mantan yang bisa Grameds terapkan!

1. Terima Apa Yang Terjadi

Sedih, marah, dan sakit hati setelah putus merupakan hal yang wajar. Grameds mungkin akan merasa marah dalam waktu yang lama. Meski begitu, jika Grameds tetap marah, hal tersebut hanya akan membuat Grameds semakin banyak pikiran dan menjadi stres. Cara pertama untuk melupakan mantan yang masih dicintai ialah dengan lapang dada menerima apa yang terjadi.

Inilah waktunya bagi Grameds untuk melangkah di jalan yang baru, Grameds harus menerima dan jangan terlalu memikirkan apalagi menganalisis berbagai hal yang berkaitan dengan dia secara berlebihan. Anagha Bhave, seorang terapis sekaligus psikolog konseling, menjelaskan bahwa mengakui duka yang dialami merupakan tahap pertama dan terpenting untuk memulai perjalanan move on setelah patah hati.

Grameds harus menerima bahwa hubungan tersebut telah berakhir dan berhentilah terus memohon untuk kembali, hal tersebut hanya akan melukai diri sendiri. Cara terbaik untuk menerima apa yang terjadi ialah dengan menulis mengenai perasaan Grameds. Tidak harus bagus, tulis saja semua yang Grameds rasakan.

Bayangkan jika Grameds menulisnya, perasaan sakit hati yang Grameds alami tersebut akan menempel dan berpindah di kertas.

2. Beri Dirimu Waktu Untuk Pulih

Seperti kata Regina Brett, “waktu menyembuhkan luka, bersabarlah dengan waktu”. Kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat mencoba untuk move on ialah melakukan kegiatan yang buruk seperti merokok, melukai diri sendiri, mabuk, dan hal serupa lainnya.

Beri diri sendiri waktu untuk sembuh dengan melakukan kegiatan yang positif. Mulailah rutin berolahraga, menonton film, berlibur di alam, dan mengonsumsi makanan sehat. Dampak positif dari kebiasaan tersebut akan terasa pada kesehatan mental dan diri Grameds.

3. Merelakan

Cara berikutnya ialah Grameds harus belajar untuk merelakannya. Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan, tetapi merelakan atau melepaskan merupakan fase paling krusial dan tersulit dalam tiap hubungan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Ada terlalu banyak kenangan dan Grameds akan merasa bahwa melupakan kenangan ini terasa seakan mustahil. Grameds merasa sudah menginvestasikan begitu banyak tenaga, waktu, dan air mata untuk membuat hubungan berhasil meski hanya seketika.

Di balik itu semua, Grameds harus memikirkan diri sendiri. Grameds harus mampu menghormati dan menghargai diri sendiri lebih dari apapun. Jangan bergantung pada seseorang yang bahkan tidak menghargai dan bahkan membuatmu sakit.

4. Jangan Terlalu Kejam Pada Dirimu Sendiri

Berhentilah untuk menyalahkan seluruh dunia atas perpisahan yang Grameds alami. Hadapi kenyataan bahwa orang yang paling membuat Grameds marah adalah diri sendiri.

Grameds mungkin hendak mencari cara untuk menghukum diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang merugikan atau terus memohon supaya dia mau kembali.

Kendati demikian, Grameds harus mengingat bahwa setiap orang pasti pernah membuat kesalahan. Hal yang perlu Grameds lakukan hanyalah menyeka air mata dan mencegah ‘mahkotamu’ terjatuh. Ingatlah bahwa manusia selalu lebih kuat dari apa yang bisa ia pikirkan!

Hidup itu harus memandang ke depan, sehingga biar bagaimana pun kita harus bisa fokus untuk segera move on. Memang tidak mudah untuk move on, tetapi jika sudah niat dan bersungguh-sungguh, maka move on pun akan berhasil. Jika kamu mencari buku yang dapat memudahkan diri untuk move on, maka buku Move On Yuk! ada jawabannya.

tips move on

5. Curhat Ke Orang Terdekat

Memendam perasaan sedih sendiri, rasanya sangat tidak enak. Grameds akan merasa lebih tenang ketika berbagi isi hati dengan orang terdekat yang Grameds percaya.

Deborah Serani, Psy.D, seorang penulis buku Living with Depression sekaligus psikolog klinis menyarankan untuk dengan terang-terangan mengatakan apa yang Grameds perlukan ke teman, mungkin sesederhana dengan berkata “aku hanya ingin didengarkan”.

Curhatlah kepada mereka perihal kondisi dan apa yang dirasakan, hal terdebut dapat membuat lega. Selain itu, mereka bisa saja untuk memberikan saran dan saran terbaik supaya Grameds cepat move on.

6. Tingkatkan Kualitas Diri

Saat Grameds sudah putus, ini adalah waktu terbaik untuk berfokus pada diri spa. Pergilah ke salon, mani-pedi, atau ke tempat spa. Grameds juga dapat membeli pakaian, sepatu, tas, dan aksesori untuk berubah sebagai seseorang yang kuat dan mandiri.

Selain itu, lakukan kegiatan bermanfaat seperti jogging, berenang, yoga , bersepeda, dan membuat seni. Hal tersebut dipercaya dapat meningkatkan kualitas diri. Grameds dapat membangun kembali kepercayaan diri yang rusak dari hubungan sebelumnya. Nyaman dan percaya dengan diri sendiri akan menciptakan rasa bahagia.

7. Berhenti Untuk Kepo Tentang Dirinya Di Media Sosial

Setelah putus, Grameds mungkin akan terus penasaran mengenai apa yang tengah ia lakukan pada waktu tertentu dan penasaran bagaimana kabarnya sekarang.

Dengan bantuan dari media sosial, Grameds dapat dengan sangat mudah untuk mengetahui apa yang dilakukannya. Meski begitu, menguntitnya hanya akan membuat Grameds menjadi cemas dan semakin sedih. Cara terbaik untuk menghadapi putus cinta ialag dengan tidak mengecek dan kerap melihat sosial medianya.

Penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang masih penasaran dengan mantan lebih rentan merasa rindu yang berkepanjangan, merasa tertekan, dan menghambat pertumbuhan atas kualitas dirinya.

8. Hindari Kontak Dengan Mantan

Mantan Grameds mungkin masih ingin saling berhubungan bahkan setelah putus. Bila hal tersebut terjadi, tentu akan membuat Grameds merasa semakin sulit untuk melupakannya. Bersikaplah dengan biasa, tetapi perhatikan kebutuhanmu. Grameds dapat memblokir atau menghapus nomornya jika ingin melupakannya.

Move on sudah seharusnya dilakukan oleh setiap orang agar kehidupan masa depan pun akan dijalani penuh dengan semangat. Namun, jika masih bingung mencari cara untuk move on, maka kamu membaca buku Seri Komikin Ajah! Komik Gono Gini – 20 Tips Move On. Dalam buku ini, mengisahkan tentang lima orang cowok antigalau yang punya cara untuk melupakan mantannya. Bagaimana cara mereka melupakan mantannya? Temukan jawabannya pada buku ini.

Tetaplah berkegiatan hingga Grameds bahkan tak memiliki waktu untuk memikirkannya. Disarankan oleh Jean Kim M.D., lakukan dengan sebisa mungkin untuk membatasi kontak dengan dia. Grameds mungkin akan mengalami fase penarikan yang sulit, tetapi fase itulah satu-satunya cara untuk sembuh dan bergerak maju.

9. Jangan Cari Alasan Untuk Bertemu Lagi

Grameds mungkin berpikir bahwa satu pertemuan yang baik dapat membuat kalian berdua bersama kembali bersama. Akan tetapi, inilah waktu yang tepat bagi Grameds untuk menyadari bahwa apa yang tidak dapat diperbaiki dalam suatu hubungan tak akan pernah dapat diselesaikan hanya dengan satu pertemuan.

Sebuah hubungan selalu mengenai usaha dari kedua sisi dan setelah mati dengan kematian yang menyakitkan, tak ada gunanya kembali mencoba.

Menurut kata Jill P. Weber Ph.D. di Psychology Today, menemui mantan hanya akan mengingatkan pada masa lalu, sehingga proses penerimaan bahwa Grameds harus melupakannya akan terhambat.

10. Berhenti Berteman Dengannya Bila Masih Ada Perasaan

Apabila Grameds mencoba berteman dengan mantan, itu hanya akan menyakiti Grameds lebih dari apa yang Grameds kira. Setelah sebuah kapal berlayar, tak ada guna untuk mencoba memutarnya.

Pertemanan merupakan hubungan yang istimewa dan tak boleh digunakan untuk motif tertentu. Bila Grameds ingin tetap saling berteman, kemudian dia dekat dengan orang lain, hal tersebut akan membuat Grameds merasa sakit hati.

Apabila Grameds merasa sangat sayang untuk merelakan hubungan walaupun hanya sebagai teman, Grameds dapat mengingat quotes populer dari Marilyn Monroe beriktu ini ini: “Terkadang, hal baik hancur supaya hal lebih baik dapat masuk”.

11. Singkirkan Hal Yang Mengingatkanmu Tentangnya

Mungkin Grameds masih menyimpan tiket bioskop ketika pertama kali pergi bersama, surat cinta, album foto, maupun jaket yang Grameds bawa ketika di meninggalkannya.

Nah, ini waktu yang tepat untuk melepaskan bukan hanya barang-barangnya, tetapi juga kenangan yang terus Grameds kenang. Gwendolyn Seidman Ph.D. dalam artikelnya di Psychology Today menjelaskan bahwa barang pengingat mantan bisa membuat Grameds tetap terikat dengan orang tersebut dan membuat lebih sulit untuk melupakannya.

12. Luangkan Waktu Untuk Hobimu

Berurusan dengan patah hati pasti akan membuat tidak produktif, kehilangan energi, dan akhirnya tidak merasa seperti diri sendiri. Salah satu cara untuk kembali menemukan diri yang hilang ialah dengan melakukan kegiatan yang Grameds gemari.

Dengan melakuakn hobi, Grameds akan menemukan passion dan dapat membuat Grameds merasa semangat untuk menjalani hari. Grameds dapat menonton film, bernyanyi, memotrer, maupun menghasilkan karya seni sehingga Grameds sadar bahwa ada berbagai hal yang dapat dijelajahi di luar sana.

Ann Futterman Collier, seorang psikolog di Northern Arizona University, menjelaskan bahwa saat seseorang mempunyai hobi, hal tersebut akan memberikan rasa identitas. Memiliki identitas biasanya dikaitkan dengan kepuasan dan kesejahteraan.

13. Habiskan Waktu Dengan Teman Dan Keluarga

Grameds mungkin merasa bahwa patah hati hanya dapat diatasi oleh diri sendiri. Padahal, masa ini dapat menjadi waktu yang tepat untuk terhubung kembali dengan semua orang yang ada di dalam hidup, orang yang benar akan bertahan meski Grameds sedang berada di dalam kondisi terpuruk sekalipun.

tips move on

Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga maupun teman dekat bisa membantu untuk menjernihkan pikiran serta memperoleh kesegaran di tengah hari-hari yang terasa muram.

Penelitian yang dilakukan oleh Joe Labianca, Ph.D. menjelaskan bahwa dengan bertukar kabar dengan kerabat dan teman terdekat membuat menjadi lebih bahagia, menghilangkan stres, serta menjernihkan pikiran.

14. Cintai Diri Sendiri

Grameds tidak dapat mengharapkan orang lain untuk mencintai lebih baik dibanding diri sendiri. Bila Grameds ingin dicintai oleh orang lain, Grameds harus belajar untuk mencintai diri sendiri.

Grameds harus dapat menerima semua kelemahan mauoun kekurangan yang Grameds miliki. Dengan begitu, Grameds akan memahami bagaimana caran bangkit dan memperbaiki diri.

Ingat quotes dari Turcois Ominek “waktumu terlalu berharga untuk dihabiskan dengan orang yang tidak dapat menerimamu”.

15. Berhenti Menanyakan Kabarnya Dari Teman

Keputusan yang Grameds dan mantan ambil untuk berpisah memiliki arti satu hal: Grameds dan dia mempunyai jalan sendiri-sendiri. Kalau Grameds masih sering terpikir perihal dia dan terus berusaha untuk mencari tahu, kapan bisa move on?

Tahan keinginan untuk mencari tahu kabar tentangnya. Untuk dapat melanjutkan hidup tanpa bayangan mantan, beri waktu untuk menjauh darinya baik secara fisik, emosional, maupun mental, hingga Grameds benar-benar pulih.

16. Konsultasi Dengan Psikolog Atau Psikiater

Apabila berbagai tips move on tersebut telah Grameds coba, tetapi Grameds masih merasa sedih, marah, dan stres, mungkin ini sudah waktunya bagi Grameds mengunjungi psikolog atau psikiater. Grameds dapat memperoleh jalan keluar dari masalah ini sekaliigus membuat suasana hati menjadi lebih tenang.

Percayalah bahwa rasa sedih akibat patah hati akan membaik seiring dengan berjalannya waktu. Asalkan Grameds berkeinginan untuk move on dari perpisahan untuk menuju masa indah dengan pasangan baru yang lebih baik.

Itulah berbagai tips move on yang dapat Grameds lakukan untuk move on. Bagaimana Grameds, sudah siap move on?

Jika ingin mencari buku agar bisa move on, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rujukan:

https://www.tokopedia.com/blog/cara-move-on-dari-mantan-rlt/?utm_source=google

Baca juga terkait Tips Move On Anti Gagal:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.