in

15 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

tips agar tidak mabuk perjalanan
Stressed woman driver sitting inside her car.

15 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan – Jika kamu sering mabuk dalam perjalanan, maka kamu memerlukan tips agar tidak mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan memang hal yang tidak menyenangkan. Selain membuat tubuh merasa tidak enak, perjalanan yang kamu lakukan juga dapat terganggu.

Oleh karena itu, mabuk perjalanan harus diatasi bahkan harus dicegah. Lalu, apa saja tips agar tidak mabuk perjalanan? Berikut ini adalah 15 tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa kamu lakukan.

Tips agar tidak mabuk perjalanan

1. Atur posisi duduk

Stressed woman drive car feeling sad

Tips agar tidak mabuk perjalanan yang pertama adalah mengatur posisi duduk. Posisi duduk memang salah satu hal yang dapat mempengaruhi kondisi kamu ketika melakukan perjalanan. Jika kamu mendapatkan posisi duduk yang baik, maka kamu akan merasa nyaman ketika melakukan perjalanan tersebut.

Hal sebaliknya, jika posisi duduk kamu selama perjalanan tidak baik maka kamu tidak akan merasa nyaman. Hal tersebut akan membuat kamu menjadi mabuk perjalanan. Oleh karena itu, posisi duduk juga salah satu faktor dalam mabuk perjalanan.

Jika kamu melakukan perjalanan dengan angkutan umum, cobalah untuk memilih kursi di bagian depan. Kursi-kursi di bagian depan akan lebih luas dari kursi bagian belakang. Selain itu, kamu juga bisa mendapat pandangan yang lebih luas ke arah depan dari kursi tersebut.

Hal-hal tersebut akan membantu kamu untuk tidak mabuk selama perjalanan. Selain memilih posisi tempat duduk, aku juga bisa mengatur posisi duduk. Ketika sudah merasa mual karena mabuk perjalanan, cobalah untuk mengganti posisi duduk.

Contohnya seperti menegakkan badan atau bersandar. Selain itu, kamu juga bisa lebih bersantai untuk melupakan rasa mual. Sesekali cobalah ganti posisi duduk dengan menghadap ke jendela untuk melihat jalanan atau pemandangan.

2. Atur waktu makan dengan waktu keberangkatan

Tips agar tidak mabuk perjalanan kedua adalah mengatur waktu makan. Salah satu faktor yang menyebabkan mabuk perjalanan adalah kondisi tubuh yang terlalu kenyang. Terlebih jika perjalanan yang dilakukan harus menempuh jarak yang jauh.

Hal itu membuat kamu cukup lama berada di jalanan. Kamu juga tidak dapat memprediksi kondisi jalanan. Seperti jalanan yang akan macet, atau jalanan yang berliku seperti daerah pegunungan.

Jalanan yang berliku akan meningkatkan risiko mabuk perjalanan. Cobalah untuk mengatur waktu makan dengan waktu keberangkatan. Usahakan makan maksimal 30 menit sebelum keberangkatan.

Hal tersebut bisa dilakukan dalam tips agar tidak mabuk perjalanan. Selain itu, usahakan tidak terlalu kenyang. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang tidak begitu berat.

BACA JUGA: Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Jenis-jenisnya

Tips agar tidak mabuk perjalanan ketiga adalah istirahat yang cukup. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu istirahat dalam waktu yang cukup. Jangan sampai kurang istirahat.

Hal itu akan mempengaruhi kondisi tubuh kamu. Terkadang, mabuk perjalanan juga disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang baik. Contohnya seperti saat tubuh sedang lelah.

Oleh karena itu kamu harus mengatur waktu dengan baik. Aturlah waktu istirahat kamu disela-sela kesibukan sebelum melakukan perjalanan. Jika memang tidak sempat, kamu bisa beristirahat di kendaraan.

banner-promo-gramedia

Tidurlah selama perjalanan. Jika membawa kendaraan pribadi, kamu bisa membawa perlengkapan tidur untuk beristirahat. Kamu bisa membawa bantal leher, penutup mata, selimut dan lain sebagainya. Pastikan untuk berhenti sejenak dan istirahat ketika sudah mulai terasa mual atau mabuk perjalanan.

4. Atur suasana

Tips agar tidak mabuk perjalanan keempat adalah dengan mengatur suasana. Umumnya, orang yang mabuk perjalanan biasanya adalah penumpang. Bagi mereka yang menyetir kendaraan, jarang merasakan mabuk perjalanan.

Hal itu karena supir akan fokus untuk mengemudikan kendaraan tersebut. Salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan adalah dengan mengatur suasana. Jika suasana di dalam kendaraan tidak menyenangkan, maka penumpang bisa saja merasa mabuk.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur suasana. Contohnya seperti bernyanyi atau mengobrol dengan sesama penumpang lainnya. Hal itu akan berguna untuk mengurangi rasa mabuk perjalanan.

5. Sediakan permen

Tips agar tidak mabuk perjalanan selanjutnya mungkin sudah sering dilakukan. Tips tersebut adalah dengan mengonsumsi permen. Sebelum melakukan perjalanan, sediakanlah permen untuk di perjalanan nanti.

Mengonsumsi permen bisa sedikit mengobati rasa mual karena mabuk perjalanan kamu. Kamu bisa mengkonsumsi permen jahe. Menurut hasil beberapa riset, mengonsumsi permen jahe bisa membantu dalam mengurangi rasa mual.

Kamu bisa mengonsumsi satu atau dua buah permen jahe sebelum melakukan perjalanan. Setidaknya satu jam sebelumnya. Hal itu akan membantu kamu agar tidak mabuk perjalanan.

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan permen yang menyegarkan. Seperti permen rasa buah atau permen mint. Konsumsilah permen tersebut ketika kamu merasakan mual atau pusing.

Tips agar tidak mabuk perjalanan

6. Atur pengharum kendaraan

Atur pengharum kendaraanTips agar tidak mabuk perjalanan juga bisa dilakukan dengan mengatur pengharum kendaraan. Pengharum kendaraan adalah salah satu faktor yang dapat membuat kamu merasa mabuk perjalanan. Ada beberapa pengharum kendaraan yang akan membuat kamu merasa tidak nyaman jika dihirup terlalu lama.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur pengharum kendaraan kamu. Pilihlah pengharum kendaraan yang tidak membuat kamu merasa tidak enak atau enek. Kamu bisa memilih pengharum kendaraan yang cukup nyaman.

Cobalah untuk menghindari pengharum kendaraan dengan aroma buah-buahan. Kamu bisa menggantinya dengan aroma yang terkesan alami dan tidak menyengat. Hal itu membantu untuk mengatasi mabuk perjalanan.

7. Minum air mineral

Tips agar tidak mabuk perjalanan juga bisa diatasi dengan minum air mineral. Terkadang, ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan mabuk dalam perjalanan. Tubuh yang dehidrasi akan membuat kamu merasakan mual.

Tidak hanya itu, perut yang kosong juga dapat memicu timbulnya rasa mual. Saat di perjalanan dan kamu mulai merasa mual, cobalah untuk minum air mineral. Kamu juga bisa mencegahnya dengan meminum air mineral.

Terkadang, bagi beberapa orang meminum minuman yang berasa akan menimbulkan rasa mual. Oleh karena itu, untuk menghindari rasa mual sebaiknya mengkonsumsi air mineral. Pastikan konsumsi air mineral yang cukup.

Keajaiban Air Mineral Bagi Kesehatan
Keajaiban Air Mineral Bagi Kesehatan

tombol beli buku

Buku ini berisi mengenai keajaiban-keajaiban dari air mineral. Seperti yang diketahui, air mineral memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan tubuh. Apa saja manfaat air mineral? Buku ini akan membahasnya secara lengkap.

8. Mencari udara segar

Mencari udara segar juga bisa dijadikan tips agar tidak mabuk perjalanan. Saat melakukan perjalanan jauh, umumnya seseorang akan merasa bosan dan penat. Terlebih jika melewati jalanan yang berliku dan macet.

Akibatnya akan suntuk di mobil. Salah satu faktor lain yang mendukung kamu akan mabuk perjalanan adalah kondisi kendaraan. Kondisi kendaraan yang penuh dan pengap akan membuat kamu merasakan pusing dan mual.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba mencari udara segar. Cobalah untuk membuat sedikit jendela supaya dapat menghirup udara segar. Hal itu akan membantu ketika merasakan mual dan pusing.

Udara segar yang datang dari luar kendaraan akan membuat kamu merasa lebih baik. Itulah mengapa mencari udara segar dapat dijadikan tips agar tidak mabuk perjalanan. Jika memang kamu menggunakan kendaraan umum, manfaatkanlah waktu istirahat yang umumnya berhenti di rest area atau tempat makan.

banner-promo-gramedia

9. Cobalah berbaring

Mencoba untuk berbaring juga menjadi salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan. Ketika tubuhmu sudah merasa tidak enak di dalam perjalanan, cobalah untuk berbaring. Kamu bisa berbaring di kursi penumpang.

Jika keadaan tidak memungkinkan untuk berbaring, ambilah posisi yang nyaman. Contohnya seperti duduk bersandar. Kamu bisa mencoba untuk duduk bersandar dan meluruskan kaki.

Itu adalah salah satu cara untuk mengatasi mabuk kendaraan. Cobalah untuk memejamkan mata dan mengatur nafas secara perlahan. Lakukan hal tersebut hingga mual atau pusing yang kamu rasakan mulai mereda. Jika merasa haus, kamu juga bisa mengonsumsi air mineral.

10. Istirahat sejenak

Cobalah untuk beristirahat sejenak ketika mulai mabuk perjalanan. Tips agar tidak mabuk perjalanan ini bisa kamu lakukan ketika membawa kendaraan pribadi. Umumnya orang yang mabuk perjalanan karena selama perjalanan merasa tidak nyaman.

Alasannya merasa tidak nyaman bisa karena beberapa hal. Seperti kondisi di dalam kendaraan yang tidak baik, tubuh yang lelah atau sedang kurang sehat. Kondisi-kondisi seperti itu dapat membuat tubuh merasa tidak enak dan menjadi mabuk perjalanan.

Untuk mengatasi kondisi seperti itu, cobalah untuk istirahat sejenak. Jika membawa kendaraan pribadi, kamu bisa istirahat di rest area atau tempat makan. Cobalah untuk beristirahat dan keluar dari dalam kendaraan.

Kamu bisa istirahat untuk berjalan-jalan mencari udara segar atau makan. Istirahat selama satu hingga 2 jam bukanlah masalah. Hal itu lebih baik jika dibandingkan dengan melanjutkan perjalanan dalam keadaan mabuk perjalanan.

11. Jangan membaca buku dan bermain ponsel

Membaca buku atau bermain ponsel ketika dalam perjalanan dapat menimbulkan rasa pusing atau mual. Sebab, kegiatan-kegiatan tersebut bisa menyebabkan ketidakselarasan di antara telinga dan mata kamu.

Ketika mata kamu sudah terfokus pada satu titik, sedangkan tubuh kamu sedang berusaha untuk menyeimbangan posisi karena adanya guncangan saat dalam perjalanan, maka saat itulah rasa mual atau pusing akan muncul. Setelah itu akan menyebabkan mabuk perjalanan.

Oleh karena itu, usahakanlah untuk menghindari aktivitas seperti membaca buku atau bermain ponsel. Sama seperti kedua aktivitas tersebut, menonton video juga akan memicu mabuk perjalanan. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan rasa mual dan pusing.

Untuk mengalihkan rasa mabuk perjalanan, kamu bisa melakukan hal lain. Seperti melihat-lihat pemandangan. Atau melihat objek yang diam dari kejauhan di depan.

12. Mendengarkan musik

Tips agar tidak mabuk perjalanan selanjutnya dapat diatasi dengan mendengarkan musik. Melain mengusir kejenuhan selama perjalanan, mendengarkan musik juga bisa mencegah mabuk perjalanan. Terlebih jika mendengarkan musik yang kamu sukai.

Cobalah untuk memposisikan tubuh dengan santai. Kemudian dengarkan music melalui earphone. Aktivitas seperti ini  ini bisa membantu kamu dalam mengistirahatkan pikiran. Selain itu, juga dapat mengalihkan perhatian sehingga tidak mudah mabuk perjalanan.

Kumpulan Lagu Pop Anak Indonesia Dan Daerah, Belajar Bernyanyi Sambil Memainkan Musik
Kumpulan Lagu Pop Anak Indonesia Dan Daerah, Belajar Bernyanyi Sambil Memainkan Musik

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

Buku ini berisi mengenai kumpulan lagu-lagu pop anak Indonesia. Selain itu, akan disajikan juga lagu-lagu daerah yang bisa dipelajari.

13. Melakukan akupresur

Melakukan akupresur juga bisa menjadi tips agar tidak mabuk perjalanan. Ada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Aviation, Space, and Environmental Medicine. Penelitian tersebut dilakukan pada tahun 1995.

Di dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa akupresur dapat dilakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan. Akupresur adalah sebuah pemijatan pada titik-titik tertentu. Melalui pemijatan-pemijatan tersebut, mabuk kendaraan dapat teratasi.

Pijatan-pijatan yang dilakukan tersebut dapat merangsang berbagai titik tekanan yang ada di dalam tubuh. Hal itu akan membuat peredaran energi ke seluruh tubuh kamu menjadi lebih lancar dari sebelumnya. Saat tubuh mulai terasa mabuk, cobalah untuk menggunakan ibu jari dalam melakukan pemijatan.

Gunakan ibu jari sekitar dua inci atau sekitar lima sentimeter dari lipatan-lipatan pergelangan tangan kamu. Cobalah untuk melakukan hal tersebut dan tahan beberapa menit sambal ditekan dalam mencari posisi atau pijatan yang paling nyaman dalam posisi tubuh kamu.

Pijat Refleksi Untuk Wanita
Pijat Refleksi Untuk Wanita

tombol beli buku

Berikut ini adalah permasalahan kesehatan dan penyakit yang dialami wanita yang dapat dicegah dan diatasi dengan pijat refleksi, Stres, Depresi, Jerawat, Kebugaran, Kesuburan, Menstruasi, Premenstrual Syndrome (PMS), Keputihan, Endometriosis, Kista, Kanker Payudara, Kanker Rahim, Nyeri Punggung, Sakit Kepala, Insomnia, Vertigo, Gangguan Pencernaan, Maag, Sembelit, Ibu Hamil dan Menyusui, dan Menopause. Buku ini akan membahas mengenai berbagai macam pijat refleksi yang bisa dilakukan oleh wanita.

14. Tidak menoleh ke belakang

Untuk menghindari mabuk perjalanan, jangan menoleh ke belakang. Cobalah untuk menghadap ke arah yang dituju. Menoleh ke belakang akan membuat kamu merasa mual dan pusing.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari menoleh ke arah belakang jika sedang berkendara. Tips agar tidak mabuk perjalanan ini bisa membantu untuk memutus hubungan antara indera pendengaran dengan indera penglihatan.

15. Minum obat

Tips agar tidak mabuk perjalanan yang terakhir adalah dengan minum obat. Jika semua cara sudah dilakukan, tetapi kamu masih merasa mabuk perjalanan kamu bisa melakukan car aini. Minumlah obat anti mabuk perjalanan.

Obat anti mabuk perjalanan ini umumnya akan membuat kamu merasakan ngantuk. Di perjalanan kamu akan tertidur pulas sehingga tidak akan merasakan mabuk perjalanan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak dianjurkan mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan secara berlebihan.

Itulah 15 tips agar tidak mabuk perjalanan. Kamu bisa mencobanya jika merasa mual atau pusing ketika dalam perjalanan. Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan informais menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih