in

5 Contoh Teks MC Non-Formal untuk Berbagai Acara yang Ada!

MBC Music Core

Teks MC Non-Formal – Pembawa acara atau yang biasa dikenal sebagai master of ceremony (MC) adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mengatur jalannya acara dari awal hingga akhir. Dalam sebuah acara baik itu aca formal maupun acara non-formal pasti memerlukan pembawa acara.

teks mc non-formal
SBS Inkigayo

Menjadi seorang pembawa acara bukanlah hal yang mudah, terkadang timbul rasa gugup yang menyelimuti ketika hendak memandu acara. Sebelum acara dimulai, pastinya seorang pembawa acara akan menyiapkan beberapa hal yang salah satunya ialah teks pembawa acara. Teks ini sangat penting karena di dalam teks tersebut terdapat rundown acara sejak mulai hingga berakhir.

Tentunya teks pembawa acara akan disesuaikan dengan kegiatan yang akan dipandu, misalnya dalam acara formal maupun acara non-formal. Tak hanya itu, seorang pembawa acara juga dituntut untuk selalu fleksibel serta menguasai semua agenda atau kegiatan yang akan dilakukan.

Memang menjadi seorang pembawa acara memerlukan banyak belajar, salah satunya ialah belajar berbicara di depan publik, dapat mengatur rasa gugup, tidak pemalu, serta tentunya mempunyai sikap yang ceria dan menyenangkan supaya para tamu tidak merasa bosan. Hal ini tentunya juga memerlukan waktu, kecakapan, dan pengalaman yang cukup.

Nah, sebagai bahan belajar serta latihan Grameds dalam menyusun teks pembawa acara, berikut rangkumam dari berbagai sumber, contoh teks MC Non-formal.

1. Teks MC Non-Formal Pesta Ulang Tahun

teks mc non-formal
https://www.pexels.com/@cottonbro/

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada sahabat serta teman-teman yang saya cintai, marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan izin-Nya maka kita dapat berkumpul bersama di sini dalam acara memperingati ulang tahun… yang ke… tanpa adanya suatu halangan apapun. Malam ini adalah malam yang istimewa bagi sahabat kita…

Di mana pada usianya yang ke… ini diharapkan sahabat kita ini menjadi sosok pribadi yang disayangi oleh orang-orang di sekitarnya. Semoga Ia kelak menjadi anak yang taat beragama serta berpretasi dalam bidang akademik yang dijalaninya.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Sebagai pembawa acara, saya akan membacakan susunan acara ulang tahun sahabat kita pada malam hari ini, yakni sebagai berikut:

  1. Sambutan dari… yang berulang tahun
  2. Tausiyah yang akan dibawakan oleh Ustadzah…
  3. Menyanyikan lagu ulang tahun dan dilanjutkan meniup lilin dan memotong kue.
  4. Acara hiburan dan makan-makan
  5. Penutup

Sebelum acara dimulai, marilah kita membacakan surat Al-Fatihah bersama-sama agar acaranya bisa berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.Terimakasih atas ketersediaan teman-teman semoga acara ini menjadi bermanfaat dan teman-teman bisa menikmatinya hingga acara selesai.

Akhirnya acara demi acara telah kita lalui bersama, saya mewakili atas nama keluarga… mengucapkan banyak terima kasih serta bersyukur karena semua rangkaian acara pada malam hari ini dapat berjalan dengan lancar.

Sebagai penutup acara pada malam hari ini, marilah kita dengan bersama-sama mengucapkan hamdallah. Jika ada kata-kata serta sikap yang kurang berkenan di hati teman-teman semua, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

2. Teks MC Non-Formal Pentas Band

teks mc non-formal
KBS Music Bank

Assalamualaikum Wr. Wb

Kepada yang terhormat kepala sekolah Ibu…

Yang terhormat ketua panitia acara festival band antar pelajar Semarang Raya, Bapak…

Yang terhormat pemandu bidang seni, Bapak…

Serta tak lupa juga yang saya cintai semua peserta festival band antar pelajar Semarang Raya

Sebelum kita memulai acara yang telah kita nanti-nantikan pada sore hari ini. Marilah bersama-sama kita mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, karena dengan rahmat-Nya kita sudah diberikan banyak sekali kenikmatan. Sehingga kita dapat hadir serta turut berpartisipasi dalam acara festival band antar pelajar Semarang Raya ini dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun.

Hadirin yang saya hormati, saya sebagai pembawa acara festival band antar pelajar Semarang Raya yang diadakan pada sore hari ini akan membacakan susunan acaranya terlebih dulu, mulai dari acara pembukaan sampai dengan doa bersama serta penutupan.

Semoga acara yang akan diadakan pada hari ini dapat berjalan dengan lancar, berikut ini susunan acaranya:

  1. Pembukaan
  2. Sambutan dari ketua panitia penyelenggara acara festival band pelajar
  3. Acara inti, pentas seni
  4. penutup

Demikian acara demi acara telah kita lalui bersama, kami atas nama panitia mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kekurangan dalam memandu acara pada sore hari ini. Terima kasih banyak kepada para hadirin karena telah menyempatkan hadir dengan segala antusiasnya. Semoga kita bisa bertemu di lain kesempatan.

Wassalamualaikum Wr.Wb

3. Teks MC Non-Formal Talkshow

VLive

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang teman-teman semua, selamat datang di acara (nama acara).

Saya (nama MC) mengucapkan selamat datang kepada bintang tamu (yang hadir di room), pihak (sponsor), serta teman-teman penyelenggara (staf)

Para hadirin, Terima kasih sudah menyediakan waktunya untuk berkumpul serta berbagi pengetahuan bersama dengan kami pada sore hari ini.

Berkat karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa, kami diberikan kesempatan untuk bisa menyelenggarakan kegiatan pada hari ini.

Semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan suatu apapun.

Baik, sebelum memasuki rangkaian acara pertama, terlebih dahulu saya ingin memberitahukan apa saja agenda dalam acara pada hari ini:

  1. Talkshow
  2. QnA
  3. Games
  4. Closing

Nah, teman-teman, sebelum kita memasuki acara utama pada talk show hari ini, ada mini games dulu, nih!

(mini games)

Keren banget nih antusias dari teman-teman semua.

Gimana, sudah siap untuk berbincang bersama dengan (nama bintang tamu) pada kali ini?

Mari kita sambut (nama bintang tamu).

(Bintang tamu masuk ke ruangan)

Halo, kak. Apa kabar nih, kak?

Wah, semoga selalu dalam kondisi terbaik, ya.

Teman-teman di sini pasti sudah tidak sabar untuk berbincang-bincang bersama dengan kak (nama bintang tamu).

Sebelum kita mulai bincang-bincang asiknya, sebaiknya kita kenalan dulu, nih.

Kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Mari, kita perkenalkan Kak (nama bintang tamu).

(Membaca CV bintang tamu)

Bintang tamu kita pada hari ini keren banget, bukan? Sepertinya teman-teman sekalian sudah benar-benar tak sabar, nih.

Tanpa perlu berlama-lama, mari kita mulai!

(Masuk ke sesi pemaparan materi)

Sebelum kita masuk ke sesi yang berikutnya, akan ada ice breaking terlebih dahulu dengan permainan yang sangat seru.

(Sesi games)

Sudah kembali segar? Mari, kita masuk ke sesi Q&A.

(Sesi Q&A)

Teman-teman sudah antusias sekali, ya. Banyak sekali pertanyaan yang masuk, tetapi sayangnya waktu untuk sesi tanya jawab kali ini telah habis.

Jika kalian masih kepo dan ingin berbincang langsung dengan Kak (nama bintang tamu), kaliam bisa follow akun media sosialnya (menyebutkan akun media sosial).

Terima kasih banyak kepada Kak (nama bintang tamu) yang telah membagikan ilmunya yang sangat bermanfaat.

Oke teman-teman, sekian acara talk show hari ini.

Semoga semua ilmu yang disampaikan bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Tida terasa, kita telah sampai pada penghujung acara. Saya izin untuk menutup acara ini (membacakan doa penutup acara).

Waalaikumsalam Wr. Wb., shalom, om swastiastu, namo Buddaya, dan salam kebajikan.

Sampai jumpa teman-teman, terima kasih atas keseruannya, ya!

4. Teks MC Non-Formal Pensi Sekolah

teks mc non-formal
https://hai.grid.id/

Selamat pagi semua.

Apa kabar nih siswa-siswi SMAN 1 Bergas?

Ya…ampun, hari ini dingin banget ya?

Akan tetapi, meskipun panas, kita masih tetep hot, kan?

Iya kan, teman-teman?

Untuk penampilan pertama akan ada penampilan dari Ekstar Spada, yakni Tari Remo

Sekarang waktunya penampilan dari regu paduan suara yang berkolaborasi bersama dengan regu gamelan. Ya, inilah penampilannya…

Waduh, suaranya sangat mantap memanjakan telinga. Apalagi yang cewek pada cantik-cantik dan yang cowok ganteng-ganteng. Beuh, melelehkan hatiku.

Berikutnya, kita akan disuguhi dengan tampilan drama unik dengan judul “Minakjinggo” dari  teater kesayangan kita, Tipang Tipung.

Wahh, bener-bener lucu banget. Setelah menangis, terus tertawa, hingga menangis lagi karena saking kocaknya. Seru abis, deh.

Yakk, sepertinya waktunya nostalgia nih. Regu gamelan kembali lagi dengan alat musik tradisionalnya.

Berikutnya, wihhh kayaknya unik lagi nih. Penampilan dance dari grup Ireng Jambon yang berkolaborasi dengan Ekstar Spada. Jeng, jeng, jeng inilah penampilannya…

Sampai pegel karena ngikutin gerakannya. Habis dance modern yang seru terus tarian tradisional yang lemah lembut, dan balik lagi ngedance. Duh, hebat banget ya

Second to last, ada penampilan yang pecah dan aksi inilah yang membuat kita mendapatkan trophy juara 1 dan 2 sekaligus. Wah, keren nih. Langsung saja kita sambut Sikangkong dengan penampilan Pedang Debusnya yang membahana.

Wah, wah, wah, hebat banget ya. Ada salto dan lompat indahnya segala. Pantes juara 1 ya.

Ok, terakhir. Inilah yang kita tunggu-tunggu Hey Mama Challeng bersama grup DJ dari Street Woman Fighter. Kayak pernah dengar mereka berlatih, tapi dimana ya? Lupa deh. Eh iya, tak usah pakai lama, kita dari MC undur diri, mohon maaf bila ada salah kata. Let’s Get Started….

5. Teks MC Non-Formal Pengajian

teks mc non-formal
https://www.vice.com/

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi Robbilalamin wabihi nastain waala umuriddunya wad din Wa shollallahu ala Sayyidinaa Muhammadin waala aalihi washahbihi ajmain

Hadirin sekalian yang kami muliakan mari bersama-sama kita memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas hidayah, berkah, serta karunianya kita bisa berkumpul di Musholla At Taqwa untuk melaksanakan kegiatan pengajian rutin di sore hari yang indah ini

Pertama-tama, marilah kita panjatkan sholawat serta salam kita haturkan pada Nabi serta Rasul kita Muhammad Sallallahu alaihi wa sallam.

Yang terhormat Ustadz yang sudah berkenan hadir pada acara sore hari ini, serta Ibu-Ibu yang terkasih dan Bapak-bapak yang telah hadir pada sore hari ini.

Sebelum menapak pada acara yang berikutnyam marilah kita buka acara pengajian ini dengan mengucapkan Basmallah

Bismillahirrohmanirrohim.

Hadirin yang kami muliakan berikut adalah susunan acara pada acara pengajian sore hari ini

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan doa
  3. Pembacaan Ayat suci Al Qur’an
  4. Sekapur Sirih oleh ibu Siti Marfuah selaku ketua panitia acara
  5. Ceramah oleh Ustadz
  6. Doa Penutup

Hadirin sekalianacara pembukaan sudah kita lalui bersama, marilah kita menuju ke acara berikutnya, yakni pembacaan doa. Kepada petugas, dipersilahkan.

Hadirin sekalian acara berikutnya dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, kepada petugas dipersilahkan.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.