in

Pengertian Housekeeping: Peran, Tugas, dan Struktur Organisasi

unsplash.com

Pengertian Housekeeping

Housekeeping terdiri dari dua kata yaitu “house” yang berarti rumah dan “keeping” yang berarti memelihara. Secara umum housekeeping adalah sebuah manajemen yang bertanggung jawab dalam mengurus kebutuhan rumah tangga. Misalnya memasak, membersihkan setiap sudut ruangan, mengurus tagihan, dan berbelanja.

Housekeeping juga dapat disebut sebuah departemen operasional dalam suatu hotel ataupun apartemen yang mengurus segala kebutuhan hotel terkait dengan perawatan dan kebersihan hotel. Housekeeper yang bertugas pada departemen housekeeping.

Ketika menginap disebuah hotel, para staf bertugas akan membersihkan kamar serta melayani kebutuhan tamu atau pengunjung selama menginap di hotel. Dalam sebuah hotel ada departemen tersendiri yang bertugas dalam bidang kebersihan dan perawatan. Divisi tersebut dinamakan housekeeping

Housekeeping juga disebut sebuah departemen operasional di dalam sebuah hotel. Dimana mempunyai tanggung jawab menjaga kebersihan, perawatan, keindahan ruangan-ruangan, area depan, area belakang dan sekitarnya.

Housekeeping hamper keseluruhan dari pelayanan hotel atau penginapan tersebut, baik hotel berbintang, wisma, motel, guest house hingga apartemen. Bukan hanya petugas room service atau petugas kebersihan saja

Pekerjaannya meliputi menjaga, membersihkan serta merawat keseluruhan kamar hotel baik bagian dalam ataupun bagian luar.

Pengertian Housekeeping menurut para ahli :

  • Menurut Djohan, T.M (1993) adalah salah satu bagian yang ada di dalam hotel yang menangani hal-hal terkait dengan keindahan, kerapihan, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar juga seluruh area umum agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman di dalam hotel
  • Menurut Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi No. KM3/PW/003/MPPT86 adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruhnya jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersil

Pengertian lainnya, housekeeping merupakan departemen khusus di sebuah hotel yang mencakup segala aktivitas memelihara kebersihan kamar, kelengkapan, keselamatan dan kelestarian lingkungan area hotel baik dalam hal administrasi maupun operasionalnya.

Pengertian Housekeeping

Hak dan Kewajiban sebagai Tamu Hotel

Tamu merupakan salah satu prioritas yang harus dilayani dengan baik sehingga seorang tamu juga harus memperlakukan petugas departemen housekeeping ini dengan baik.

Dengan standar operasional yang berlaku, petugas housekeeping akan bersikap baik dan ramah tamah kepada tamu. Sehingga, kewajiban sebagai tamu untuk menghormati housekeeping.

Tanggung Jawab dan Tugas Housekeeping

Tugas utama housekeeping adalah memastikan bahwa segala kebutuhan rumah tangga seperti makanan, minuman,kebersihan dan yang lainnya dapat terpenuhi.

Pelayanan penginapan di sebuah hotel atau apartemen mengharuskan adanya keramahan, daya tarik serta pelayanan yang baik bagi para tamu. Termasuk kebersihan dan pemeliharaan baik didalam setiap kamarnya maupun di area luar. Sehingga semua tamu yang menginap akan merasa nyaman.

Pada sebuah hotel, tugas housekeeping yaitu memastikan kenyamanan para tamu. Oleh karena itu, housekeeper harus selalu siaga jika ada tamu yang membutuhkan pelayanan

Ruang lingkup housekeeping sangat luas, tidak hanya berperan sebagai room service saja namun pekerjaannya meliputi seluruh hotel termasuk perbaikan elektronik dan keindahan hotel. Tugas yang paling penting membersihkan kamar bekas inap dan menyiapkan untuk ditinggali oleh tamu berikutnya.

Sehingga harus berkomunikasi baik dengan tim resepsionis hotel. Jangan sampai status kamar tidak terupdate sehingga tamu malah diberikan kamar yang belum selesai dirapihkan.

Divisi housekeeping juga harus berkoordinasi dengan bagian lain. Apabila saat membersihkan kamar menemukan kerusakan pada perlengkapan dan alat elektronik di dalam kamar misalnya seperti AC, pemanas portable, TV maupun sistem kunci elektronik.

Tidak hanya itu, apabila terjai kerusakan pada peralatan milik hotel seperti lampu dan mesin cuci. Koordinasi tidak hanya dilakukan secara manual, karena aplikasi dan software perhotelan zaman sekarang sudah dapat mengintegrasikan komunikasi serta koordinasi antar bagian secara otomatis

Oleh sebab itu, departemen yang mempunyai peran penting dalam visual hotel adalah housekeeping. Karena bagian housekeeping disebut sebagai wajah suatu penginapan. Kualitas layanan kamar serta fasilitas hotel yang lain merupakan tanggung jawab housekeeping.

Tugas dan wewenang housekeeping sangat kompleks. Mereka yang akan berhubungan langsung dengan para tamu, dan akan berhubungan langsung dengan sesam karyawan hotel.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Tugas housekeeping pagi hari :

  1. Housekeeping akan menghubungi front officer untuk mendapatkan informasi mengenai kamar VIP yang telah dipesan di hari itu, dan jadwal check-out room. Kemudian laporan akan diteruskan ke masing-masing supervisor.
  2. Melakukan pencataatn dan pemeriksaan barang yang hilang maupun rusak dan digati dengan yang baru.
  3. Membagi jadwal cleaning supplies ke masing-masing lantai.

Sore hari :

  1. Membuat laporan jadwal housekeeping evening shift.
  2. Bertanggung jawab terhadap jalannya pekerjaan diwaktu sore hingga malam, terutama apabila executive housekeeping sedang tidak ada di tempat.
  3. Mengisi buku daftar hadir.

Tanggung jawab housekeeping :

Selain melakukan tugasnya, housekeeping juga dituntut untuk bertanggung jawab dalam hal :

  1. Membersihkan dan memelihara kamar-kamar tamu di seluruh area hotel.
  2. Menjaga kebersihan secara menyeluruh di public hotel.
  3. Menjaga kebersihan linen hotel.
  4. Membuat laporan status kamar ke bagian front officer.
  5. Menjaga peralatan kerja housekeeping dengan baik.
  6. Menata kamar supaya terlihat bersih dan indah.

Pengertian Housekeeping

Stuktur Organisasi Housekeeping

Secara umum sama seperti departemen lainnya, housekeeping juga mempunyai struktur di dalamnya. Setiap struktur mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda- beda tetapi salig berhubungan satu sama lain.

Berikut ini struktur organisasi housekeeping yang banyak diterapkan sebagai berikut :

1. Executive Housekeeper

Manajer atau executive housekeeper merupakan pimpinan tertinggi dalam suatu departemen, bertanggung jawab dan mengawasi jalannya operasionalnya departemen serta kinerja para staff di bawahnya. Wewenangnya meliputi menentukan shift anak buahnya, menentukan perlengkapan yang harus dibeli, melatih, mengkoordinasikan serta mengawasi kinerja para staff.

Seorang executive housekeeper mempunyai tanggung jawab manajemen yang sangat tinggi, agar kondisi sebuah penginapan dapat terjaga dengan baik. selain itu, perintah yang diturunkan oleh seorang eksekutif juga sangat berpengaruh kepada kondisi dari anak buah yang ada di bawahnya.

2. Assistant Housekeeper

Peran atau tugas assistant housekeeper adalah mendampingi dan menggantikan Manajer dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, seorang asisten juga sering menjadi perwakilan manajer yang berhalangan hadir, serta merangkup semua laporan dan menyampaikannya kepada Manajer.

Seorang asisten memegang tanggung jawab untuk mengurus semua laporan yang ada dari kegiatan housekeeping serta menyampaikan kepada bagian eksekutif untuk menjadi bahan acuan dalam pengambilan keputusan. Salah satu bagian yang termasuk dalam assistant housekeeper adalah seorang sekretaris

3. Order Taker

Order taker mempunyai tugas hampir sama dengan customer service di sebuah hotel. Order taker akan bertanggung jawab menerima pesanan atau telepon dari para tamu yang menginap, mencatat pesanan tamu kemudian melaporkan ke departemen housekeeping.

Seseorang yang dapat menjadi order taker harus ramah serta mampu menerima setiap complain dengan baik dan berkepala dingin.

4. Floor Supervisor

Peran floor supervisor membawahi room section. Memastikan mereka melakukan tugasnya dengan benar dalam melayani para tamu di hotel. Floor supervisor juga yang pertama kali bertanggung jawab apabila terjadi complain dari tamu.

Biasanya setiap 1-3 lantai dibawahi oleh 1 orang supervisor. Mereka juga akan menandatangani form laporan kerusakan apabila ada beberapa peralatan hotel yang rusak dan perlu diperbaiki.

Floor supervisor juga harus memberikan laporan terhadap kondisi dari setiap lantai, termasuk complain agar setiap lantai bisa serasi dan selalu ada di dalam keadaan yang baik.

5. Housekeeper

Housekeeper akan berhubungan langsung dengan tamu. Salah satunya yaitu mereka akan mengunjungi setiap kamar tamu untuk membersihkan ataupun memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh para tamu. Maka, seorang housekeeper wajib mempunyai sikap yang ramah.

Pembagian Seksi Departemen Housekeeping

Housekeeping departemen yang akan dibagi beberapa seksi untuk bertanggung jawab pada area yang berbeda beda serta untuk memudahkan koordinasi dan pengawasan kerjanya.

Berikut beberapa pembagian seksi kerja dari departemen housekeeping antara lain sebagai berikut :

1. Public Area Section

Seksi public area akan bertanggung jawab untuk memastikan kebersihan area public, yang meliputi kolam renang, lobby, resto serta fasilitas umum lainnya. Pemeliharaan kebersihan dari area umum harus dijaga dengan baik karena banyaknya orang yang berlalu lalarng serta memanfaatkan area tersebut. Ruang umum yang kotor akan membuat sebuah penginapan menjadi tidak nyaman dan tidak menarik untuk dilihat.

2. Room Section

Seksi ini berperan memenuhi kebutuhan para tamu di setiap kamar hotel seperti membersihkan dan merapihkan kamar atau rungan setelah tamu check out. Agar nantinya apabila ada tamu baru yang menempati akan aman dan nyaman.

Selain itu mengumpulkan laundry yang kotor, mengantarkan ke ruang laundry, mengganti sprei dan selimut, membersihkan debu hingga membersihkan kamar mandi.

Seksi ini salah satu yang kinerjannya disorot. Kamar yang rapih dan nyaman pasti akan meningkatkan kepuasan menginap. Namun sebaliknya, apabila terjadi kekurangan yang ditemukan oleh tamu pada kerapihan serta kebersihan kamarnya, tingkan kepuasan tamu juga akan berkurang.

3. Laundry Section

Peran seksi laundry dalam cuci-mencuci. Hotel akan memberikan fasilitas laundry kepada para tamunya, seksi ini yang akan bertanggung jawab terkait hal tersebut. Selain itu, kebersihan peralatan setiap kamar seperti sprei dan handuk menjadi peran seksi laundry. Pada beberapa hotel, seragam karyawan juga termasuk menjadi tanggung jawab seksi laundry.

Bagian yang bertanggung jawab untuk segala urusan terkait :

  • Uniform laundry : cucian pakaian karyawan
  • Guest laundry : cucian pakaian tamu
  • Linen laundry : cucian linen – linen hotel

4. Linen Section

Seksi linen bertugas mendistribusikan peralatan kain dari laundry ke kamar-kamar tamu. Dalam menjalankan tugasnya, seksi linen harus memastikan setiap kamar telah mendapatkan sprei dan handuk tanpa ada yang terlewat.

Apabila seksi linen mengalami keterlambatan maka otomatis ruangan tidak akan mendapatkan berbagai handuk dan kain bersih lainnya dengan cepat.

5. Florist dan Gardener

Peran Florist bertanggung jawab atas kesegaran dan keindahan buket serta rangkaian bunga yang terletak di ruangan- ruangan hotel, kamar, lobi, restoran hingga lorong-lorong penginapan. Mereka juga bertugas apabila hotel membutuhkan rangkaian bunga khusus untuk suatu event.

Sedangkan gardener yaitu merawat dan memelihara tumbuhan dan taman di luar maupun di dalam hotel. Baik di taman depan, gazebo, taman di sekitar kolam renang dan taman bermain anak- anak. Termasuk dalam melakukan pemangkasan secara teratur bik pembersihan dan penyiangan tanaman.

Keindahan taman hotel menjadi tanggung jawab seksi gardener. Tidak hanya itu, seksi ini juga harus memperhatikan setiap tanaman yang ada di semua sudut ruangan.

6. Houseman atau Housemaid

Peran houseman atau housemaid bertanggung jawab terhadap kebersihan serta pengawasan investaris hotel yang berada di luar kamar tamu.

Pengertian Housekeeping

Alat-Alat Housekeeping dan Fungsinya

Alat yang digunakan oleh houskeeper dalam menjalankan tugasnya dibagi menjadi dua kategori, yaitu :

  1. Alat pembersih manual. Pengoperasian alat ini membutuhkan tenaga manusia, misalnya adalah kemoceng dan sapu.
  2. Alat pembersih makinal. Alat ini dioperasikan menggunakan listrik, misalnya adalah vacuum cleaner dan mesin cuci.

Tata Krama Tamu dalam Housekeeping

Ada beberapa tata karma tamu sebagai berikut :

1. Menjaga sopan santun kepada housekeeper

Semua pekerja hotel diwajibkan bersikap ramah dan sopan santun kepada tamu, karena pelayanan hotel sedianya bertopang kepada keramahan dan pelayanan.

Namun, sebagai tamu juga harus tetap memperlihatkan sikap sopan santun misalnya dengan tidak membentak ataupun memperlakukan mereka seperti pembantu.

Para tamu juga sebaiknya meletakkan barang-barang kamar hotel di tempatnya kembali setelah digunakan. Membuang sampah pada tempatnya serta tidak membuat kekotoran yang melebihi batas di kamar hotel. Hal ini akan membantu pekerjaan para petugas housekeeping.

Apabila tamu membutuhkan pelayanan dari housekeeping pastikan meminta tolong dengan baik serta tidak semena-mena.

2. Tidak asal membawa pulang barang dari hotel

Setiap kamar hotel biasanya ada beberapa fasilitas yang diberikan kepada para tamu seperti shampoo, air minum, sabun atau sandal hotel. Namun, tidak semua barang benda dibawa pulang. Apabila terjadi kehilangan kelengkapan barang di dalam kamar hotel maka akan menjadi tanggung jawab housekeeping.

Contoh-contoh benda yang dapat dibawa pulang seperti toiletries, gula, kopi sachet, sandal serta sikat gigi. Benda-benda ini adalah benda yang ditujukan untuk sekali pakai. Maka, sebaiknya dibawa pulang saja darpada dibuang oleh pihak hotel.

Dalam menciptakan lingkungan bangunan yang bersih demi kenyamanan para tamu sudah menjadi tanggung jawab housekeeping. Maka, tidak ada salahnya sekali – kali memberikan tip kepada staff housekeeping sebagai bentuk tanda terima kasih.

3. Jangan meninggalkan barang berharga di dalam kamar

Pada jam-jam tertentu petugas room service akan masuk ke dalam kamar yang ditempati untuk membersihkan terkecuali kamar yang sewa terdapat safety box. Sehingga, jangan meninggalkan barang-barang berharga di dalam kamar.

Apabila lemari pakaian yang ada di kamar mempunyai kunci, maka dapat menyimpan barang barang tersebut di dalam serta menguncinya dengan rapat.

Barang-barang berharga termasuk uang tunai, surat-surat penting dan benda berharga lainnya akan lebih aman dibawa saat keluar kamar. Apabila kesulitan, bisa menitipkan barang tersebut ke petugas receptionist di bagian depan.

Apabila tidak ingin petugas room service masuk ke kamar, maka dapat menggantungkan penanda di bagian pintu luar. Dengan begitu petugas akan melewatkan kamar dan kembali pada periode pembersihan berikutnya atau apabila ingin melakukan pemanggilan room service melalui order taker.

Nah, itulah penjelasan tentang Pengertian Housekeeping, Peran, dan Struktur Organisasi. Semoga bermanfaat. Jika Grameds masih membutuhkan referensi untuk memahami tentang Pengertian Housekeeping, Peran, dan Struktur Organisasi maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com

BACA JUGA:

  1. Pengertian Hotel, Jenis, dan Karakteristiknya 
  2. Prospek Kerja Jurusan Pariwisata dan Perhotelan 
  3. 10+ Negara Terindah di Dunia yang Perlu Anda Kunjungi 
  4. 10 Manfaat Berlibur di Pantai, Salah Satunya Menurunkan Stres 
  5. 5 Manfaat Berlibur yang Perlu Anda Tahu 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda