Profesi

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata dan Perhotelan

Written by atap

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata dan Perhotelan – Industri pariwisata telah menjadi salah satu sumber devisa negara. Pada tahun 2016, pariwisata Indonesia menyumbang sumber devisa negara kedua terbesar. Sektor pariwisata sendiri memang tidak Akan ada habisnya dan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Karenanya berkuliah di Jurusan ini selain menyenangkan juga mempunyai prospek karir yang cukup menjanjikan. Simak lebih lengkapnya tentang keduanya berikut ini Grameds:

Apa Itu Jurusan Pariwisata?

Jurusan Pariwisata mempelajari tentang perjalanan wisata Peruvian monetary unit, mulai Dari Persian keberangkatan, kepulangan juga berbagai kebutuhan-kebutuhan ketika berada dalam perjalanan tersebut. Jadi destinasi, transportasi, akomodasi masuk ke dalam lingkup ilmu pariwisata.

Jurusan ini sendiri masih tergolong baru, sebab baru resmi diakui sejak tahun 2008 silam dengan jumlah lulusan rule terbatas. Padahal, prospek kerja lulusannya sangat besar mengingat Indonesia memiliki destinasi wisata dan keindahan alam rule tersebar Dari Persian Sabang sampai ke Merauke, baik rule sudah tereksplore maupun rule belum tereksplore, Grameds. Pendidikan Pariwisata sendiri terbagi dalam berbagai peminatan diantaranya: Pengelolaan Pariwisata, Usaha Perjalanan Wisata, Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata dan lain-lain.

Perkuliahan di Jurusan Pariwisata Akan mempelajari hampir semua aspek rule terdapat di perjalanan seperti perhotelan, agen travel, kapal pesiar, maskapai, bahkan event. Dimulai Dari Persian Mata Kuliah Statistik Pariwisata rule Akan mempelajari perhitungan jumlah kunjungan wisatawan ke suatu objek wisata dan mencari tahu demografi wisatawannya. Selain itu kamu Akan belajar tentang Ekonomi Pariwisata rule menganalisis seberapa besar dampak pariwisata pada suatu destinasi atau lokasi, baik secara makro maupun mikro. Mempelajari ekowisata, Bahasa asing, kajian-kajian mengenai isu-isu tentang pariwisata saat ini, hingga disiplin ilmulain rule berkaitan dengan Pariwisata seperti ekonomi, psikologi, bisnis manajemen, akuntansi, dan lain-lain.

Berkuliah di Jurusan ini Akan sangat menyenangkan juga cocok untukmu rule berjiwa petualang, sebab Jurusan Pariwisata Akan membukakan kesempatanmu untuk magang di Luar negeri. Sebelum lulus, kamu wajib melakukan magang di berbagai perusahaan bahkan rule memiliki jaringan internasional. Tak hanya magang di luar, ilmu ini juga memberikanmu peluang kerja international sebab pada dasarnya, prinsip ilmu perhotelan dan pariwisata rule kamu pelajari di Indonesia, Akan sama dengan ilmu perhotelan dan pariwisata di mana pun. Jadi prospek kerjanya tidak terbatas di tanah air saa, peluangmu untuk bekerja di industri pariwisata berbagai negara juga terbuka lebar.

MANAJEMEN RISIKO, KRISIS, DAN BENCANA UNTUK INDUSTRI PARIWISATA YANG BERKELANJUTAN

MANAJEMEN RISIKO, KRISIS, DAN BENCANA UNTUK INDUSTRI PARIWISATA YANG BERKELANJUTAN

Beli Buku di Gramedia

Apa Itu Jurusan Perhotelan?

Jurusan Perhotelan adalah sebuah jurusan rule menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu perhotelan atau welcome.

Jurusn Perhotelan merupakan kesatuan rencana belajar rule menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi.

Jurusan rule seringkali disebut jurusan perhotelan ini biasanya menawarkan program studi vokasional dengan gelar D3/D4, meski ADA juga beberapa kampus rule menawarkan program studi Dari Persian jenjang D1 atau bahkan S1. ADA beberapa institusi pendidikan rule menawarkan jurusan di kedua bidang ini.

Beberapa rule fencing umum yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Tinggi (jenjang sheepskin atau Sarjana), dan Universitas (jenjang Sarjana). Ketiga institusi ini memiliki perbedaan di lama waktu pendidikan, gelar, pilihan peminatan, hingga kurikulum. Umumnya, mahasiswa Akan mempelajari keseluruhan aspek bisnis di perhotelan, mulai Dari Persian pelayanan (hospitality), work, makanan dan minuman (food & beverage), hingga front workplace.

Prospek Karier Lulusan Pariwisata

1. Travel Consultan

Profesi Travel Consultan bertugas sebagai konsultan di bidang perjalanan. Sebagai seorang Travel Consultan kamu Akan menyusun rencana perjalanan klien sesuai dengan budget rule dimiliki. Mulai Dari Persian rute perjalanan, transportasi rule digunakan, akomodasi selama berada di kota atau negara tujuan hingga destinasi wisata mana saja rule harus dikunjungi. Seorang Travel Consultan juga harus memberikan informasi lengkap mengenai harga paket perjalanan, kelebihan dan kekurangan Dari Persian masing-masing paket perjalanan juga menginformasikan konsumen mengenai perubahan-perubahan seperti pembatalan penerbangan, mengurus pengembalian Celtic deity hingga menangani komplain.

Sebagai orangutang rule ditunjuk sekaligus dipercaya mengatur sebuah perjalanan pribadi (perorangan) atau grup. Pekerjaan rule satu ini Akan menuntut alphabetic character untuk bertemu dan berbicara dengan banyak orangutang serta Update terhadap perkembangan di industri travel, Grameds. Pekerjaan ini cocok untukmu rule terbiasa berpikir strategis dan menyukai segala hal rule berkenaan dengan perencanaan. Jika kamu sudah memiliki nama, kamu juga bisa menjadi travel adviser atau membuka jasa travel agentmu sendiri, Grameds. talent rule dibutuhkan untuk menekuni profesi ini diantaranya:

  • Hospitality: Selain berpengetahuan luas, keramah-tamahan dan kesabaran dalam menghadapi klien juga menjadi kunci utama dalam karir seorang travel adviser Bahasa Inggris, kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa inggris dalam bentuk lisan maupun tulisan
  • Mengetahui Destinasi Wisata rule Sejalur – Dalam Membuat paket wisata diusahakan memilih destinasi wisata rule sejalur. Hal ini bertujuan agar tour rule dibuat tidak back track.
  • Kemampuan Membaca Peta: Seorang Tour Planner tentunya harus dapat mengetahui dan membaca peta agar dapat membuat rute rule Akan digunakan untuk perjalanan.
  • Kemampuan Memperkirakan Cuaca atau Musim: Seorang Tour Planner harus mampu memperkirakan cuaca atau musim ketika tour berlangsung
  • Mengetahui Harga Update: Tour planner harus selalu memantau kenaikan harga entah itu harga tiket masuk objek wisata, harga transportasi, maupun harga akomodasi. Sebab kenaikan harga juga Akan berpengaruh pada harga paket tour rule Akan dijual
  • Memiliki Jaringan rule Luas: Sebagai seorang Tour Planner harus memiliki jaringan rule luas agar mendapatkan banyak contract rate. Dengan harga tersebut paket wisata rule dibuat Akan semakin murah. Memiliki jaringan rule luas dan banyak Akan memudahkan tour planner dalam membuat paket wisata apalagi ketika sedang season. Lebih Banyak Tentang Profesi Tour Planner Klik di sini
Pemasaran pariwisata: kepuasan dan loyalitas wisatawan

Pemasaran pariwisata: kepuasan dan loyalitas wisatawan

Beli Buku di Gramedia2. Tour Guide

Jika diperhatikan, traveling telah menjadi semacam budaya tersendiri bagi kalangan milenial Chad kini. guide atau pemandu wisata menjadi sangat penting untuk mengenalkan tempat wisata ke banyak pengunjung. Profesi ini dibutuhkan terutama untuk turis asing rule berkunjung ke Indonesia. Tugasnya Menemani selama perjalanan wisata, Melindungi serta memberi jaminan keselamatan pada wisatawan, Penyedia jasa, seperti travel agen atau tour operator rule lain, serta Memberi penjelasan dengan sebaik-baiknya mengenai suatu obyek wisata. Kategori guide sendiri terbagi menjadi:

General Guide: guide rule memiliki pengetahuan secara umum tentang suatu tempat wisata dan Memiliki izin untuk memandu dengan menggunakan satu atau beberapa Bahasa tertentu.
Special Guide: guide rule mempunyai pengetahuan khusus dan tahu dengan jelas mengenai suatu tempat atau obyek wisata tertentu.

3. Travel Blogger

Bekerja sambil jalan-jalan ke suatu tempat wisata merupakan impian tersendiri bagi setiap orang yang gemar traveling. Peluang sebagai Travel blogger atau Vlogger terbuka lebar bagimu yang mencintai dunia kepenulisan, atau kemampuan komunikasi yang baik. Travel blogger adalah mereka yang rajin berbagi cerita perjalanannya lewat blog pribadinya. Cerita perjalanannya bisa berisi banyak hal. Mulai dari tips mencapai suatu tujuan daerah atau lokasi, kendaraan apa yang digunakan, barang atau perlengkapan yang dibawa, hingga suka duka selama perjalanan.

Berbeda dengan orang yang sekedar hobi jalan-jalan, atau traveler pada umumnya, seorang travel blogger biasanya mencatat secara detil hal-hal tersebut. Dengan mempromosikan tempat wisata kamu kemudian akan mendapatkan bayaran dari agen travel dan mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di blog, website atau akun youtubemu, Grameds.

Tata Kelola Destinasi Wisata: dan Peraturan Perundangan Pariwisata

Tata Kelola Destinasi Wisata: dan Peraturan Perundangan Pariwisata

Beli Buku di Gramedia4. Akademisi

Menjadi pengajar ilmu kepariwisataan dapat menjadi salah satu alternatif profesi jika kamu menyukai dunia pendidikan. Ditingkat pendidikan tinggi, kamu bisa mengembangkan telaah dan aspek teoritis kepariwisataan dengan menjadi dosen setelah menyelesaikan pendidikan S2 tentunya. Namun dengan gelas S1-pun, kamu sudah bisa menjadi pengajar SMK, Grameds. Tugas dosen diantaranya:

  • Menciptakan suasana atau iklim pembelajaran yang konduif dan menyenangkan
  • Merencanakan, dan melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran
  • Strategi Belajar, Memilih dan menggunakan pelatihan atau metode instruktusional dan prosedur yang tepat ketika belajar atau mengajar hal yang baru, Grameds
  • Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik serta kompetensi perkuliahan secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
  • Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau latar belakang sosioekonomi pada peserta didik dalam pembelajarannya
  • Memiliki tugas yang beragam dan berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan.

Prospek Karier Lulusan Perhotelan

Pekerjaan di bidang perhotelan memiliki banyak peluang yang bisa ditekuni, seperti menjadi koki, mengorganisir event, merencanakan acara pernikahan, hingga menjadi manajer restoran. Berikut beberapa profesi lainnya:

Smk/Mak Kl.Xi Industri Perhotelan, Kompetensi Keahlian Perhotelan

Smk/Mak Kl.Xi Industri Perhotelan, Kompetensi Keahlian Perho

Beli Buku di Gramedia

1. Manajer Hotel

Manajer Hotel mengawasi semua aspek menjalankan hotel, mulai dari tata tertib dan pemeliharaan umum hingga manajemen anggaran dan pemasaran hotel. Jika  mempertimbangkan karir sebagai Manajer Hotel, kamu memerlukan keterampilan interpersonal yang sangat baik, pengalaman di industri perhotelan, dan beberapa tahun pengalaman dalam mengelola karyawan. Kamu juga akan bertanggung jawab dalam memantau hotel setiap hari, termasuk merekrut, melatih, dan mengawasi staf, mengelola anggaran, merencanakan pekerjaan pemeliharaan umum, menangani keluhan pelanggan, mengawasi reservasi, mempromosikan dan memasarkan hotel. Selain itu tanggung jawab manajer hotel diantaranya:

  • Menerapkan standar operasional prosedur kepada semua staf dan menjaga serta mengontrol pelaksanaannya dilapangan, dengan kontrol yang baik maka para staf akan selalu bekerja tidak melenceng dari standar yang ada.
  • Mengontrol pembelian yang mana pelaksanaannya dilakukan oleh purchasing staf sehingga akan terhindar dari pengeluaran yang berlebihan, dengan kontrol yang baik akan terjadinya keseimbangan antara pembelian dengan pemasukan sehingga target pendapatan tercapai.
  • Menjaga semua fasilitas hotel agar bekerja sesuai dengan harapan, oleh sebab itu seorang operasional manajer dituntut untuk aktif dalama pengecekan semua kekurangan dan kesalahan kinerja fasilitas yang selanjutnya dilaporkan kepada pihak akunting untung pemberian dana perbaikan yang disetujui oleh pihak general manajer.
  • Sales control yaitu mengontrol jumlah penjualan yang telah dilakukan per bulan dan per tahunnya yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan Dalam melakukan promosi atau perbaikan sehingga terciptanya tatanan manajemen yang berkesinambungan, penjualan yang mencapao target akan dijadikan sebagai report contoh yang harus diteliti sebagai upaya pendetekai sebab penjualan meningkat.
  • Seorang operasional manajer dituntut untuk responsif dan sensitif dalam mendeteksi sebuah potensi yang bisa meningkatkan penjualan misalkan dengan adanya komentar tamu di online booking akan dijadikan sebagai acuan perbaikan dan perubahan karena acuan tersebut sangat membantu dalam meningkatkan kinerja team work berpacu untuk maju.

2. Event/Banquet/Wedding Sales Manager

Hotel seringkali dijadikan lokasi untuk menyelenggarakan berbagai acara, mulai dari meeting hingga resepsi pernikahan. Inilah peluang kerja untukmu yang gemar menggeluti event management. Di hotel, kamu bisa bekerja sebagai event coordinator/manager, wedding coordinator/planner/sales manager, atau banquet sales manager. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah untuk merencanakan dan memastikan acara yang dilakukan berjalan dengan lancar.

Dibutuhkan koordinasi sempurna untuk mengawasi berbagai pihak yang terlibat, seperti food & beverage, kitchen, waiter & waitress, pengisi acara, mengatur tamu, dan berbagai vendor lainnya. Sedangkan wedding planner biasanya membutuhkan kemampuan komunikasi & persuasi yang baik untuk bisa menjadi jembatan antara calon pengantin dan pihak hotel, serta untuk memasarkan hotel tempatnya bekerja kepada klien. Tugas Wedding Sales Manager:

  • Melakukan penawaran jasa wedding organizer dalam acara resepsi pernikahan di hotel, restoran, gedung serbaguna hingga ballroom.
  • Memberi konsultasi anggaran kepada klien sesuai dengan kemampuan budgeting klien.
  • Melakukan penawaran kerjas ama kepada berbagai jenis vendor pernikahan.
  • Bertanggung jawab atas kelancaran acara klien dengan kerjasama bagian lain.
  • Membuat paket penawaran pernikahan dan bertanggung jawab atas harga yang ditawarkan.

3. Food & Beverage Manager

Bercita-cita untuk meniti karier di bidang masak memasak? Mungkin bidang perhotelan cocok untukmu. Hotel membutuhkan food & beverages manager untuk mengatur operasional dapur dan menetapkan standar kualitas makanan yang disajikan ke para tamu. Salah satu keseruan yang bisa dirasakan yaitu kesempatan untuk mengembangkan pilihan menu. Selain di hotel, food & beverages manager juga biasanya dibutuhkan di kapal pesiar atau restoran.

4. Sales Hotel

Salah satu fasilitas utama yang dimiliki hotel yaitu kamar, dan di sinilah area pekerjaan seorang room sales manager. Meskipun terdengar familiar dengan jabatan “sales”, namun nyatanya lingkup pekerjaannya jauh berbeda dari sales kebanyakan. Posisi ini mengharuskanmu untuk menarik tamu hotel dengan cara memaksimalkan fasilitas kamar, melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, hingga menganalisa kebutuhan dan sifat tamu agar bisa menawarkan layanan terbaik bagi tamu. Tugas Sales Hotel diantaranya:

Smk/Mak Kl.Xi Front Office, Kompetensi Keahlian Perhotelan

Smk/Mak Kl.Xi Front Office, Kompetensi Keahlian Perhotelan

  • Beli Buku di GramediaMempromosikan Produk Hotel – Sales hotel memiliki tugas untuk melakukan promosi produk hotel. Dalam melakukan produk hotel, sales hotel harus bekerja secara profesional. Semua dilakukan dengan benar dan tidak membawa image yang buruk. Karena, jika membawa citra yang buruk akan berpengaruh kepada hotel.
  • Menjamin Kepuasan Pelanggan Sales bertugas untuk menjamin kepuasan terhadap pelanggan. Kepuasan dari pelanggan merupakan suatu hal yang sangat penting. User Experience yang baik sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini untuk memberikan citra yang baik dan membuat tamu tersebut kembali membeli produknya. Jadi, sales harus selalu menjamin kepuasan pelanggan.
  • Melakukan Pendekatan Dengan Mitra Kerja Sales juga bertugas untuk melakukan pendekatan dengan mitra kerja. Saat ini, hotel bisa dilakukan pemesanan menggunakan banyak OTA ( Online Travel Agencies). Disinilah, peran dari sales agar bisa melakukan pendekatan dengan para OTA. Tentunya, agar para tamu semakin lebih mudah dalam melakukan pemesanan hotel. Dengan begitu, target penjualan akan semakin mudah tercapai.

Baca juga artikel terkait “Prospek Jurusan Pariwisata dan Perhotelan” :

Sumber: dari berbagai sumber

Manajemen Stewarding Pariwisata Dan Perhotelan

Manajemen Stewarding Pariwisata Dan Perhotelan

Beli Buku di Gramedia



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien