in

14 Pemain Srimulat Asli dan Karakternya, Yuk Kenalan Disini!

kincir.com

Pemain Srimulat Asli – Sejak didirikan pada tahun 1950-an oleh Teguh Slamet Rahardjo dan istri pertamanya. Anggota grup lawak Srimulat tercatat mencapai 77 orang. Pada awal berdiri, Srimulat memulai pentas keliling di Pulau Jawa. Mereka menggunakan nama Gema Malam Srimulat. Para anggota Srimulat ini didominasi dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Seiring berjalannya waktu, Srimulat kemudian membuka cabang di kota Surabaya, Solo, Jakarta dan Semarang. Di Surabaya, mereka tampil tetap di Taman Hiburan Rakyat (THR) sejak tahun 1961.

Daftar Pemain Srimulat Asli

Apakah grameds tahu siapa aja pemain film Srimulat asli? Berikut ini daftar pemain Srimulat dan karakternya:

1. Gepeng

Pemain Srimulat Asli
kompasiana.com

Gepeng yang mempunyai nama asli Freddy Aris telah bergabung dengan Srimulat pada erat tahun 1980–an. Pada era tersebut, gepeng juga meraih popularitasnya setelah membintangi beberapa film layar lebar seperti Gaya Merayu (1980), Untung Ada Saya (1982), Gepeng Mencari Untung (1983) dan Gepeng Bayar Kontan (1983).

Pada masa popularitasnya dengan grup lawak Srimulat, pelawak kelahiran 27 Agustus 1950 ini juga pernah tersandung masalah kepemilikan senjata api ilegal. Ia dijatuhi hukuman lima bulan penjara sebelum akhirnya mendapatkan grasi dari Presiden Soeharto.

Popularitasnya juga tidak berlangsung lama karena pada 11 Juni 1988, ia menghembuskan nafas yang terakhirnya akibat dari penyakit liver yang menggerogoti tubuhnya. Gepeng meninggal pada usia 37 tahun.

2. Basuki

Basuki
kompas.com

Basuki yang mempunyai nama lengkap Agus Basuki ini telah tergabung dalam Srimulat sejak tahun 1980–an, seangkatan dengan mendiang Gepeng. Selain bergabung dengan Srimulat, Basuki juga telah membintangi beberapa film dan sinetron. Salah satu sinetron yang dibintanginya adalah Si Doel Anak Sekolahan garapan sutradara dan aktor Rano Karno.

Sinetron tersebut pun berhasil melejitkan namanya di jagad hiburan tanah air. Selain itu, putra mendiang Suwito Hadiwiryono atau Pete Srimulat ini juga membintangi beberapa iklan salah satunya adalah iklan obat masuk angin Antangin JRG dengan tagline “Wes ewes ewes bablas angine”. Pada tanggal 12 Desember 2007, Basuki meninggal karena serangan jantung sehabis bermain sepak bola. Basuki meninggal dunia pada usia 51 tahun.

3. Asmuni

Asmuni
id.wikipedia.org

Apakah grameds masih ingat dengan tokoh yang satu ini? Penampilannya yang menggunakan kumis kecilnya seperti aktor asal Inggris, Charlie Chaplin dipadukan dengan blangkonnya merupakan ciri khas dari pelawak bernama lengkap Toto Asmuni ini.

Pelawak kelahiran Jombang, 17 juni 1932 ini telah bergabung dengan Srimulat Surabaya pada tahun 1976. Aksi lawakannya membuat Teguh berinisiatif untuk merekrutnya ke dalam grup lawak yang dibentuknya ini.

Selain tergabung dalam Srimulat, pencetus kalimat “Hil yang mustahal” dan “Tunjep poin” ini juga membintangi sejumlah film yang bergenre komedi. Pada tanggal 21 Juli 2007, Asmuni meninggal dunia di Mojokerto dikarenakan salah pemberian obat sakit gigi.

4. Timbul

Pemain Srimulat Asli
wartamagelang.com

Timbul yang mempunyai nama Timbul Suhardi, lahir di Magelang 28 Desember 1942. Timbul lahir di lingkungan keluarga yang mencintai seni dan budaya. Orang tuanya mempunyai grup ketoprak dan ia pernah tergabung dalam grup ketoprak tersebut. Pada usia 21 tahun, Timbul keluar dari grup ketoprak milik orang tuanya dan bergabung dengan kelompok ketoprak lain.

Pada tahun 1977, Timbul bergabung dengan Srimulat Surabaya berkat ajakan temannya. Timbul bergabung dalam grup lawak tersebut hingga pada tahun 1986. Selain itu, pada tahun yang sama Timbul membentuk grup lawak Batik bersama dua mantan anggota Srimulat lainnya yaitu Basuki dan Kadir.

Di tahun 1998, ia mendirikan Yayasan Paguyuban Kesenian Samiaji. Yayasan ini melahirkan produk acara yang populer kala itu, Ketoprak Humor yang ditayangkan di RCTI. Di sisi lain, Timbul juga tampil di beberapa film dan sinetron salah satunya Makin Lama Makin Asyik pada tahun 1987 bersama Warkop DKI. Pada 27 Maret 2009, Timbul meninggal dunia di Jakarta akibat penyakit komplikasi yang dideritanya.

5. Tarzan

Pemain Srimulat Asli
kompasiana.com

Sebelum bergabung dengan Srimulat pada bulan Mei 1979, pemilik nama asli Toto Muryadi ini bergabung dengan grup lawak Lokakarya di Surabaya pada tahun 1967. Tarzan merupakan anggota Srimulat yang hingga saat ini masih aktif di dunia hiburan tanah air.

Selain berkarya dengan Srimulat, pelawak kelahiran Malang, 24 April 1945 ini juga tampil di beberapa acara televisi salah satunya. Ketoprak Humor. Selain itu, ia juga membintangi beberapa film nasional.

Dengan postur tubuh yang tinggi (180 cm), Tarzan sering berperan sebagai majikan, pejabat dan jenderal. Tarzan juga pernah membintangi iklan produk minuman berenergi pada tahun 2000-an.

6. Nunung

Nunung
kompas.com

Nunung merupakan pelawak Srimulat yang hingga saat ini masih aktif berkarir di dunia hiburan. Sosoknya sering menghiasi beberapa acara televisi swasta akhir–akhir ini. Pelawak bernama asli Tri Retno Prayudati ini pertama kali bergabung dengan Srimulat sekitar tahun 1986.

Pada tahun 1996, Nunung tampil dalam sinetron SI Doel Anak Sekolahan bersama pelawak Srimulat lainnya, Basuki dan Bendot. Namanya semakin melambung saat tampil di acara Opera Van Java pada tahun 2008. Pada tahun 2014, Nunung mengundurkan diri dari Opera Van Java dan tampil di acara Ini Talkshow yang ditayangkan di NET TV.

Di tahun 2019, Nunung mendapatkan masalah yaitu kasus narkoba yang menghampiri dirinya, membuat pelawak kelahiran Surakarta ini mendekam di balik jeruji besi. Namun pada akhirnya, Nunung dibebaskan setahun kemudian dan dapat kembali menghibur masyarakat Indonesia.

7. Tessy

Tessy
kompas.com

Sosoknya yang sangat populer dengan perannya sebagai seorang perempuan. Tessy yang bernama asli Kabul Basuki ini memang sering memerankan seorang perempuan saat tampil bersama Srimulat. Nama Tessy juga spontan ia dapatkan saat berperan sebagai perempuan. Nama tersebut tidak lain adalah nama dari anak sulungnya yaitu Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik.

Namun sayangnya, peran tersebut saat ini sudah tidak dimainkannya dikarenakan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah melarang Tessy untuk memainkan peran tersebut. Hingga pada akhirnya ia sempat terjerumus ke dalam lembah hitam narkotika dan ditangkap pada 23 Oktober 2014. Percobaan bunuh diri pun pernah dilakukannya dengan meminum cairan pembersih lantai.

8. Nurbuat

Nurbuat
entertainment.kompas.com

Nama aslinya yaitu Daniel Nurbuat. Ia lahir di Malang pada 1 April tahun 1949. Mulai bergabung dengan Srimulat pada tahun 1980. Sukses sebagai pelawak, Nurbuat juga tenar sebagai actor sejumlah film.

Sebelum bergabung dengan Srimulat, Nurbuat sudah melintang panggung kesenian dan ludruk di Jawa Timur. Grup kesenian tersebut yaitu Anoraga dan ludruk Wijaya Kusuma.

9. Doyok

Doyok
kompas.com

Nama aslinya Sudarmadji. Pria kelahiran Porong, Sidoarjo pada tahun 1954 ini mungkin lebih dikenal sebagai seorang aktor film dari pada pelawak Srimulat. Sebab, bersama Kadir, ia pernah membintangi sejumlah film di layar lebar. Namun Doyok memulai karirnya dari Srimulat, ia bergabung pada tahun 1985.

10. Kadir

Kadir
kompas.com

Bersama duetnya dengan Doyok, Kadir juga merupakan pelawak asal Jawa Timur yang mengawali karir dari Srimulat. Nama aslinya Mubarak, ia lahir di Lumajang pada tanggal 3 September 1951.

Kadir bergabung dengan Srimulat pada tahun 1967. Ciri khasnya yaitu logat Madura, padahal ia bukan keturunan Madura. Bersama Doyok, namanya juga pernah meroket pada dekade 1990 karena sukses membintangi sejumlah film nasional.

11. Eko Tralala

Pemain Srimulat Asli
tribunnews.com

Lebih dikenal dengan nama Eko Londho, karena memang wajahnya mirip dengan orang Belanda. Sejak kecil, Eko merupakan penggemar berat Srimulat. Kemudian bercita–cita bergabung dengan grup besutan Teguh Slamet Rahardja pada tahun 1984. Eko lahir di Surabaya pada Agustus 1957 dari pasangan Ong Hwa Tjoe dan Andreana Helena Kohen.

12. Teguh

Pemain Srimulat Asli
kompasiana.com

Grup lawak Srimulat memang tidak bisa dipisahkan dari sang founder yaitu Teguh Slamet Rahardjo. Teguh merupakan inisiator dari grup lawak yang telah berdiri sejak tahun 1950 ini. Cerita–cerita yang dipentaskan oleh Srimulat merupakan ide dari pria kelahiran 8 Agustus 1926 ini. Kegemaran membaca buku dapat melahirkan ide–ide cerita untuk dipentaskan oleh Srimulat.

Teguh juga merupakan seorang musisi. Ia mahir memainkan gitar, piano, biola dan saxophone. Selama hidupnya, ia menikah dua kali. Istri pertamanya bernama Raden Ayu Srimulat yang telah wafat pada tahun 1968. Dua tahun kemudian, ia menikahi Djudjuk Djuariah, salah satu pemain Srimulat. Pernikahannya bersama Djudjuk berlangsung lama hingga ia meninggal pada 22 September 1996.

13. Djudjuk

Djudjuk - Pemain Srimulat Asli
entertainment.kompas.com

Djudjuk merupakan istri dari sang founder Srimulat yaitu Teguh Slamet Rahardjo. Setelah suaminya wafat, ia mengambil alih kepemimpinan Srimulat. Djudjuk bergabung dengan Srimulat sejak akhir 1960-an. Saat di Srimulat, perannya selalu menjadi juragan perempuan yang baik bagi pembantunya dan yang sering kali menjadi pembantunya adalah Gepeng.

Ciri khas penampilannya adalah berpakaian selayaknya perempuan Jawa, yaitu menggunakan kebaya dan selendang. Djudjuk meninggal pada 6 Februari 2015 di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito, Yogyakarta akibat penyakit kanker yang dideritanya.

14. Rohana

Rohana - Pemain Srimulat Asli
kompasiana.com

Rohana bergabung di Srimulat pada tahun 1980, ia merupakan istri dari anggota Srimulat yaitu Nurbuat. Seperti halnya Djudjuk, Rohana sebagai pelawak perempuan yang bergabung dalam Srimulat sebelum akhirnya Nunung juga bergabung pada pertengahan tahun 1980-an.

Perannya juga hampir sama dengan Djudjuk yaitu selalu menjadi ibu rumah tangga. Hingga saat ini, Rohana masih tetap tampil dalam acara reuni Srimulat seperti pada tahun 2017 saat masih ada Gogon dan Nurbuat yang sama–sama meninggal pada tahun 2018.

Daftar Pemain Srimulat dan Karakternya

Film Srimulat sebagai hil yang mustahal sudah rilis di bioskop sejak 19 Mei 2022. Film dengan durasi waktu 110 menit ini menghadirkan aktor dan aktris ternama Indonesia yang memainkan tokoh legendaris grup komedi tanah air tersebut.

Sejak puluhan tahun grup komedi Srimulat didirikan, telah banyak anggotanya yang telah meninggal. Hingga kini hanya tersisa beberapa pelawak yang masih hidup. Film Srimulat ini menjadikan para penggemar grup pelawak Srimulat merasakan nostalgia meskipun berbeda pemain. Mengambil tema tahun 1980-an dengan keberagaman dan seni tradisional, dijamin film bioskop Srimulat menjadi babak pertama yang siap mengocok perut kamu.

Berikut ini daftar pemain Srimulat yang diperankan oleh beberapa aktor dan aktris beserta karakternya:

1. Erica Carlina sebagai Djudjuk

Aktor sekaligus model cantik Erica Carlina memerankan karakter Bu Djudjuk pada film Srimulat: Hil Yang Muastahal Babak Pertama. Karakter yang dimainkan artis cantik ini merupakan seseorang yang selalu mendampingi Pak Teguh dan turut membesarkan nama Srimulat semenjak Raden Ayu meninggal.

Selama memasuki grup lawak Srimulat, Bu Djujuk berusaha untuk mengubah warna kulit menjadi lebih putih dan cerah.

2. Teuku Rifnu Wikana sebagai Asmuni

Teuku Rifnu Wikana juga turut memerankan karakter Asmuni pada film Srimulat: Hil Yang Mustahal Babak Pertama. Teuku Rifnu Wikana harus puas dengan dandanan ikonik karakter Asmuni yang khas dengan penampilan Charlie Chaplin dan senang membolak–balikan kata.

3. Morgon Oey sebagai Paul

Artis sekaligus penyanyi boyband Smash yaitu Morgan Oey juga turut meramaikan film ini berperan sebagai Paul. Awalnya, aktor asal Singkawang ini merasa kesulitan untuk mempelajari karakter Paul dengan nada dan intonasi bahasa Jawa.

Namun hal ini bukan menjadi halangan untuknya. Hanya butuh 2 bulan Morgan Oey belajar bahasa Jawa dan berhasil memerankan tokoh Paul pada film lawak satu ini.

4. Dimas Anggara sebagai Timbul

Aktor yang kerap muncul di FTV ini yaitu Dimas Anggara juga ikut berperan dalam film tersebut memerankan tokoh Timbul. Suami Nadine Chandrawinata ini tampak totalitas memerankan karakter Timbul pada film Srimulat: Hil Yang Mustahal Babak Pertama.

5. Ibuni Jamil sebagai Tarzan

Aktor sinetron Ibnu Jamil juga turut berperan pada film Srimulat: Hil Yang Mustahal Babak Pertama menjadi Tarzan. Pada film tersebut, Ibnu Kamil tampak dengan mulus memerankan tokoh Tarzan yang khas dengan sering menyelipkan nasihat pada lawakannya.

6. Bio One sebagai gepeng

Actor Juan Bio Subiantoro alisan Bio One ikut berperan dalam menyukseskan film Srimulat: Hil yang Mustahal Babak pertama. Dalam film ini, Bio One memainkan peran Gepeng yang mempunyai ciri khas nada bicara yang cempreng dengan kara sakitnya “untung ada saya”.

Bio One tampil totalitas dengan banyak menurunkan berat badannya. Saat menurunkan berat badan, Bio One sempat dituduh mengonsumsi narkoba karena mempunyai badan yang kurus dan cepat.

7. Elang El Gibran sebagai Basuki

Actor Elang El Gibran juga memerankan pemain Srimulat bernama Basuki. Pemain Srimulat satu ini merupakan generasi Srimulat pertama kali di era 1981 hingga 1986.

8. Erick Estrada sebagai Tessy

Erick Estrada dipercaya untuk memerankan karakter Tessy ini. Awalnya, Erick merasa cukup tertekan karena memerankan karakter Tessy menjadi waria. Hal itu membuat dirinya harus banyak menurunkan berat badan untuk proses pendalaman karakter.

9. Zulfa Maharani sebagai Nunung

Actor Zulfa Maharani pada film Srimulat: Hil Yang Mustahal Babak Pertama memerankan karakter Nunung. Zulfa Maharani tampak bermain ciamik memerankan karakter Nunung pada film jadul satu ini.

10. Rukman Rosadi sebagai Pak Teguh

Rukman Rosadi mempunyai peran penuh sebagai Pak Teguh dalam film Srimulat: Hil Yang Mustahal Babak Pertama. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, karakter Pak Teguh merupakan pendiri grup lawak Srimulat pertama kali. Dengan menggandeng sang istri bernama Raden Ayu membuat Pak Teguh berhasil membuat grup lawak tersebut menjadi grup komedi legendaris Indonesia sampai saat ini.

Nah itulah penjelasan tentang pemain–pemain Srimulat asli dan karakternya ya grameds. Setelah mengetahui tentang pemain-pemain Srimulat asli, apakah Grameds jadi kangen dengan komedi yang pernah dibawakan oleh mereka?

Jika Grameds masih bingung, masih membutuhkan referensi terkait tentang pemain–pemain Srimulat asli beserta karakternya secara lengkap kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Semoga artikel ini menginspirasimu ya!

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

BACA JUGA:

  1. Buku Humor dan Lucu Kocak Bikin Ketawa
  2. Kata-Kata Lucu Gokil yang Menghibur Bikin Ketawa
  3. 9 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa
  4. Rekomendasi Drama Korea Komedi yang Wajib Ditonton
  5. Rekomendasi Drama China Komedi Romantis yang Wajib Kamu Tonton 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda