in

Apa itu Pasar Persaingan Sempurna? Ciri, dan Contohnya

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna – Apakah pernah terpikir di benak kamu bahwa pasar yang ada di perkotaan adalah salah satu jenis pasar persaingan sempurna? Atau mungkin kamu tidak sadar bahwa tempat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari sebenarnya adalah pasar persaingan tidak sempurna dan ada monopoli harga di dalamnya yang dilakukan oleh para penjualnya?

Oleh sebab itu, untuk memahami mengenai apa itu pasar persaingan sempurna beserta ciri dan juga contohnya, penting untuk kita lakukan. Sebab, jenis pasar ini mempunyai harga jual yang cukup stabil dan terjaga. Itu artinya, tidak ada penjual ataupun pembeli yang bisa mempengaruhi harga pasar dari produk yang dijual. Sehingga tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan.

Pasar persaingan sempurna adalah salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga mensejahterakan sekaligus. Sebab, di dalam sistem pasar tersebut, permintaan dan penawaran akan berjalan secara seimbnag dan didasari dengan hubungan batin yang cukup kuat antara produsen dan konsumen.

Berbeda dengan pasar persaingan tidak sempurna, karena di dalam pasar persaingan sempurna memiliki sistem transaksi jual beli produk yang tidak bisa dipengaruhi oleh fluktuasi harga yang hanya dikendalikan oleh satu pihak saja.

Oleh karena itu, siapapun yang melakukan transaksi di dalam pasar persaingan sempurna akan didasari oleh rasa ingin membantu antar sesama. Sementara untuk produk yang ditawarkan oleh penjual adalah produk yang memang diperlukan oleh masyarakat secara umum.

Sekalipun struktur dan juga metode pasar yang satu ini sangat baik untuk menciptakan suatu iklim perdagangan yang saling menguntungkan. Namun tidak semua orang akan paham tentang apa arti dari sistem pasar ini yang sebenarnya.

Oleh sebab itu, di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian, ciri, dan juga contoh dari pasar persaingan sempurna.

A. Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan salah satu satu sistem pasar dimana para pembeli dan penjual hadir dalam jumlah yang sama banyak. Akan tetapi, sistem pasar ini tidak mempunyai kemampuan dan kekuatan dalam mempengaruhi harga. Mengutip dari buku pendidikan Ekonomi yang ditulis oleh Alam S,

Pasar memiliki arti sebagai sebuah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk melakukan sebuah transaksi jual beli barang maupun jasa. Jika diartikan dalam arti luas, maka pasar bisa diartikan sebagai sebuah proses dimana penjual dan pembeli melakukan interaksi untuk menetapkan harga kesepakatan dan juga keseimbangan atas tingkat harga berdasarkan penawaran dan juga permintaan.

tombol beli buku

Namun apabila dilihat dari jenis produk atau barang yang diperjualbelikan, maka pasar akan dibedakan menjadi dua, yaitu pasar barang konsumsi dan pasar faktor produksi. Untuk pasar faktor produksi merujuk pada semua hal yang diperlukan oleh produsen sebagai input produksi barang atau produk siap pakai.

Biasanya, faktor produksi akan dijual oleh rumah tangga konsumsi kepada rumah tangga produksi. Hal tersebut bisa kita lihat dari bagaimana proses penyewaan tanah untuk pembangunan sebuah pabrik, bagaimana sulitnya proses mencari pekerjaan, dan sulitnya mengelola perusahaan yang memerlukan biaya dalam jumlah yang besar.

Sedangkan untuk barang konsumsi akan dijual oleh rumah tangga produksi kepada rumah tangga konsumsi. Hal tersebut bisa kita lihat dari proses penjualan barang siap konsumsi. Contohnya saat ibu-ibu berbelanja di pasar untuk membeli sayuran, para pelajar yang membeli buku di toko buku, dan lainnya.

Selain itu, ada pula hal-hal yang bisa mempengaruhi tingkah laku dan juga kinerja perusahaan yang ada di dalam pasar. Misalnya saja terkait skala produksi, jumlah perusahaan, dan juga jenis produksi yang disebut dengan struktur pasar. Di dalam suatu negara, struktur pasar bisa bergerak dari dalam pasar persaingan sempurna hingga ke pasar persaingan tidak sempurna.

B. Ciri-ciri Dari Pasar Persaingan Sempurna

Jenis pasar ini tercipta karena mempunyai prinsip yaitu tidak akan ada satupun pelaku usaha atau pemilik bisnis yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga pasar .

Selain itu, tidak ada satupun penjual yang mempunyai sumber mobilitas yang tergolong tinggi dengan harga serta pengguna yang fleksibel. Berdasarkan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa ciri pasar persaingan sempurna yang perlu kamu pahami.

1. Ada Banyak Penjual dan Pembeli yang Ada di Dalam Pasar

Jika dilihat secara kasat mata, maka ciri-ciri pasar persaingan sempurna yang sebenarnya akan bisa langsung terlihat.

Bahkan, orang-orang awam yang jarang sekali pergi ke pasar juga bisa membedakan antara pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Untuk ciri yang pertama di dalam pasar persaingan sempurna adalah ada banyak penjual dan pembeli yang melakukan berbagai kegiatan transaksi disana. Jumlah penjual dan juga pembeli yang banyak tersebut membuat jenis pasar ini mempunyai harga jual dagangan yang relatif stabil. Tak hanya itu, jenis pasar ini juga cenderung terhindar dari risiko monopoli oleh satu pihak saja.

tombol beli buku

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Interaksi yang yang dilakukan oleh para pembeli dan juga penjual dianggap sebagai sebuah faktor penentu atau pengikut harga. Dengan kata lain, jumlah penjual dan pembeli yang banyak, maka harga jual akan tetap sama.

Tidak peduli apakah stok produk yang ditawarkan sedang menipis atau tidak. Price taker atau penentu harga tersebutlah yang nantinya akan membuat jenis pasar ini mempunyai sifat datum atau memiliki harga yang cenderung stabil dan tidak pernah berubah meskipun barang sedang sedikit atau banyak.

Dengan begitu, kondisi pasar akan selalu kondusif dan para pembeli ataupun penjual tidak akan ada yang dirugikan.

2. Terdapat Praktik Free Entry dan Free Exit

Ciri-ciri berikutnya dari pasar persaingan sempurna adalah terdapat kebebasan bagi para penjual untuk membuka ataupun menghentikan usaha mereka di dalam pasar. Penjual yang ada di pasar persaingan sempurna bisa dengan bebas membuka usaha dan menghentikannya bergantung dengan kondisi pasar pada saat itu.

Apabila dirasa penjualan mereka tidak begitu menguntungkan atau bahkan mendatangkan kerugian, maka para penjual bisa sewaktu-waktu menghentikan kegiatan dagangnya. Akan tetapi, ketika kondisi pasar sedang meningkat dan bisa memberikan banyak keuntungan, maka para penjual juga dapat secara langsung melanjutkan proses jualannya.

Dengan adanya praktik free entry dan free exit ini adalah salah satu kelebihan dari sistem pasar persaingan sempurna yang tidak bisa ditemukan di jenis pasar lainnya. Untuk jenis pasar lain, para penjual seolah sudah terikat di dalam kegiatan bisnisnya.

Sehingga para penjual di luar pasar pasar persaingan sempurna tidak dapat dengan bebas membuka ataupun menutup usaha mereka. Sebab, mereka telah sepakat melalui surat perjanjian sebelum memutuskan untuk berjualan.

3. Produk yang Diperjualbelikan Bersifat Serupa

Perusahaan atau produsen yang berjualan di dalam pasar persaingan sempurna mempunyai sifat yang homogen atau bisa digantikan dengan produk yang dijual oleh orang lain. Hal tersebut bisa dikatakan bahwa produk yang dijual di dalam pasar persaingan sempurna bersifat sama atau serupa dan bisa diganti dengan produk lain yang identik.

Dengan kata lain, ketika kamu mengunjungi penjual beras yang ada di dalam pasar tersebut dan melihat kualitas beras yang dijual, maka kamu juga bisa memperoleh produk serupa di pedagang lainnya.

Bukan hanya tentang kualitas saja, kuantitas barang yang dijual oleh semua penjual yang ada di dalam pasar persaingan sempurna juga tergolong sulit untuk dicari letak keberadaannya. Oleh sebab itu, jenis pasar ini dikenal dengan pasar yang mempunyai barang dagangan yang bersifat homogen atau serupa.

4. Tak Ada Celah Informasi Tentang Pasar Antara Penjual dan Pembeli

Di dalam jenis pasar persaingan sempurna, semua penjual dan pembeli mengetahui betul tentang keadaan pasar dan juga patokan harga barang yang dijual. Semua hal seperti halnya patokan harga dan fluktuasi sudah dipahami oleh para pemilik bisnis yang berjualan di jenis pasar ini.

Pengetahuan mengenai kondisi pasar oleh para penjual tersebut menyebabkan penjualan di pasar ini dapat menghasilkan keuntungan yang optimal. Sehingga setiap sumber daya yang ada di pasar digunakan semuanya untuk menghasilkan simbiosis mutualisme untuk pihak konsumen dan juga produsen.

Bukan hanya itu saja, pengetahuan mengenai harga jual terhadap suatu produk tertentu juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan. Potensi penjualan yang menurunkan harga untuk menaikkan penjualan akan sangat kecil terjadi.

Dimana risiko kerugian untuk para pembeli yang memperoleh harga jual lebih tinggi yang dipatok sendiri oleh para penjual juga hampir tidak akan terjadi. Oleh karena itu, pasar persaingan sempurna bisa menjamin tidak akan ada pihak yang dirugikan dalam aktivitas transaksi disini.

5. Mobilitas Sumber Ekonomi Terjadi Secara Sempurna dan Merata

Adapun ciri pasar persaingan sempurna yang terakhir yaitu minimnya kesulitan ketika sumber dayanya dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Hal tersebut didasarkan pada kesamaan tempat produksi yang ada di dalam pasar tersebut. Contohnya saja yaitu persamaan yang ada pada metode pembuatan hingga cara menawarkan produk kepada pembeli.

6. Terdapat Standarisasi Produk

Karena produk yang dijual di dalam jenis pasar ini bersifat homogen, maka ciri atau karakteristik dari pasar persaingan sempurna yaitu terdapat standarisasi produk. Dimana kesetaraan produk tersebut bisa menjadi luaran industri yang umum dan dapat membuat persaingan antar penjual menjadi lebih seimbang. Oleh sebab itu, pasar persaingan sempurna biasanya akan didukung dengan produk-produk yang berkualitas standar.

7. Tiap Produsen Mempunyai Pangsa Pasar Sendiri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pasar persaingan sempurna mempunyai target pasar yang seimbang untuk tiap penjual yang menawarkan produk homogen. Oleh karena itu, para produsen tidak bisa bersaing melalui harga.

Jadi tidak ada ruang atau celah untuk menaikkan harga secara tertutup atau eksklusif. Sehingga sistem pasar persaingan sempurna menuntut produsen untuk mengejar standar kualitas produk yang secara umum digunakan untuk sebuah produk homogen.

tombol beli buku

C. Contoh Pasar Persaingan Sempurna yang Ada di Indonesia

Sesungguhnya, mencari sistem pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia tidak terlalu sulit. Ada banyak sekali contoh dari jenis pasar yang satu ini dengan komoditi dagang yang bermacam-macam jenis. Berikut ini adalah beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang perlu kamu pahami:

1. Pasar Beras

Pasar beras adalah salah satu contoh dari pasar persaingan sempurna yang mudah kita temui di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa beras menjadi salah satu bahan makanan pokok dalam negeri.

Sehingga kebutuhan akan beras sangat tinggi dan membuat komoditi yang satu ini sangat cocok dijual di jenis pasar persaingan sempurna. Pasar beras sendiri mempunyai segala ciri yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna. Mulai dari jumlah penjual dan pembelinya, harga pasar yang tidak bisa diubah secara sepihak, dan kebebasan dalam berjualan.

2. Pasar Sayur dan Buah

Selain pasar beras, ada pula jenis pasar sayur dan juga buah-buahan yang termasuk ke dalam sistem pasar persaingan sempurna berikutnya. Sama seperti beras, buah dan juga sayur merupakan salah satu komoditi yang tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat secara umum. Walaupun tidak sebanyak beras, tapi masyarakat Indonesia juga masih perlu mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya.

Untuk harga jual sayur dan buah di dalam pasar merupakan hasil dari kegiatan tawar menawar antara penjual dan pembeli. Sehingga tidak akan ada pihak yang memaksakan kehendaknya untuk mempengaruhi harga dan juga merugikan pihak lain.

3. Bursa Efek atau Pasar Modal

Contoh dari pasar persaingan sempurna berikutnya adalah bursa efek atau pasar modal. Jenis pasar ini memang bukanlah pasar yang menjual produk kebutuhan masyarakat secara umum. Namun, karena mempunyai ciri atau karakteristik seperti di atas, pasar modal termasuk ke dalam jenis pasar persaingan sempurna.

Untuk kamu yang belum memahami hal tersebut, harga produk yang dijual di dalam pasar modal sudah ditentukan oleh suatu sistem. Di dalam jenis pasar ini, tidak akan ada pihak yang dapat mempengaruhi harga jual saham yang ada di dalam bursa efek. Oleh sebab itu, bursa efek menjadi salah satu contoh dari jenis pasar persaingan sempurna.

4. Pertokoan Minyak Wangi atau Parfum

Ini adalah salah satu contoh dari pasar persaingan sempurna selanjutnya. Ada beberapa tempat yang memang khusus digunakan oleh para pedagang parfum untuk menjajakan produk minyak wanginya.

Pertokoan semacam itu mempunyai ciri khas yaitu menjual produk serupa atau homogen, dalam hal ini adalah produk minyak wangi. Oleh sebab itu, persaingan yang terjadi relatif sempurna. Sebab, apabila salah satu toko menjual produk yang sama dengan harga yang lebih tinggi, maka mereka berpotensi kehilangan pembeli.

5. Pertokoan Baju atau Pakaian Batik

Di beberapa pasar batik yang cukup besar seperti Pasar Beringharjo yang ada di Yogyakarta, Pasar Klewer yang ada di Surakarta, dan Pasar Grosir Setono yang ada di Pekalongan mempunyai banyak sekali toko yang menjual produk serupa yaitu batik. Sebagai salah satu jenis pakaian yang disukai banyak orang, baju batik mempunyai permintaan yang cukup elastis.

Hal tersebut tentu semakin menumbuhkan persaingan di jenis pasar persaingan sempurna. Permintaan baju atau kain batik sebagai suatu produk homogen biasanya masih bisa dibedakan dengan model batiknya. Mulai dari batik cap, tulis, dan juga print, hingga kualitas kain yang digunakan. Oleh sebab itu, pasar persaingan sempurna dari pasar batik ini tidak terlalu mencolok.

Demikian beberapa penjelasan mengenai apa itu pasar persaingan sempurna dan beberapa contohnya yang ada disekitar kita.

Nah, sekarang kita sudah memahami tentang apa dan bagaimana sistem pasar persaingan sempurna.

Untuk kamu yang mempunyai pemahaman lebih pada jenis-jenis pasar beserta sistemnya, tentu kamu akan lebih mudah untuk melakukan analisis dan juga observasi terhadap sebaran produk ataupun barang yang ada di pasar. Apabila kamu mempunyai keahlian semacam itu, maka kamu dapat membangun karirmu di bidang pemasaran.

Rekomendasi Artikel :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam