in

10 Negara Paling Selatan Di Dunia dan Profil Lengkapnya!

Image by stokpic from Pixabay

Negara Paling Selatan – Ada beberapa negara yang ternyata berada di bagian bumi paling selatan. Nah, penasaran dengan negara paling selatan yang ada di dunia? Simak artikel berikut ini, Grameds!

Image by stokpic from Pixabay

Benua Antartika merupakan benua yang terletak paling selatan di dunia. Titik paling selatannya ialah South Pole dengan garis lintang 90°00? LS. Selain itu, terdapat 10 negara yang terletak paling selatan di dunia yang diukur dari lingkar garis lintang Antartika.

Dikutip dari World Atlas, Benua Antartika mempunyai luas 14,2 juta km persegi dengan 98 persen daratannya tertutup oleh es. Meskipun sangat luas, tetapi Benua Antartika tak memiliki satu pun negara. Antartica Treaty atau Perjanjian Antartika yang mulai berlaku sejak pada tahun 1961 menjadikan Antartika sebagai ranah pertukaran intelektual dan di sana tidak boleh diadakan kegiatan militer seperti mencari mineral. Perjanjian ini sudah diratifikasi oleh 50 negara termasuk Amerika Serikat, Rusia, dan China.

Apabila tidak memasukkan titik-titik di Antartika dan semua pulau terluarnya di selatan pada garis 60°LS, terfapat 10 negara yang berada paling selatan di dunia berdasarkan dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Negara Paling Selatan Di Dunia

Berikut ini merupakan daftar negara paling selatan di dunia beserta dengan profil singkatnya.

1. Republik Chile

negara paling selatan
https://www.britannica.com/

Salah satu negara yang terletak paling selatan di dunia ialah Chile. Chile mempunyai titik paling selatan di Southern Thule pada garis lintang 59°42? LS. Southern Thule terdiri dari tiga pulau paling selatan di Kepulauan South Sandwich, yakni Thule (Morrell), Bellingshausen, dan Cook. Kepulauan ini sangat tandus, sangat dingin, berangin, dan tak berpenghuni. Thule Selatan adalah bagian dari gunung berapi tua yang tenggelam serta ditutupi abu.

Republik Chile (Spanyol: República de Chile), terkadang dieja sebagai Chili, Chile, Cili atau Cile adalah sebuah negara berdaulat di Benua Amerika, tepatnya di bagian tenggara Amerika Selatan, dengan pusat pemerintahan dan ibu kotanya di Kota Santiago

Zona ekonomi eksklusif di lokasi ini kaya aab sumber daya hayati laut. Mahluk yang banyak hidup di kawasan ini adalah anjing laut, penguin goano, petrel, dan rumput laut.

2. Argentina

negara paling selatan
https://www.britannica.com/

Argentina menjadi negara paling selatan berikutan. Argentina mempunyai titik paling selatan di Isla Grande de Tierra del Fuego pada garis lintang 55°04? LS serta Monte Dinero di 52°24? LS.

Argentina  (Spanyol: República Argentina), merupakan sebuah negara di paro selatan dan tenggara anak-benua Amerika Selatan serta menjadi negara yang menggunakan bahasa Spanyol terbesar di dunia. Nama resmi dari Argentina untuk keperluan legislatif ialah Nacion Argentina yang berarti negara Argentina.

Isla Grande de Tierra del Fuego atau Big Island of the Land of Fire mempunyai iklim laut sub-kutub dengan musim panas dengan suhu yang dingin dan pendek serta musim dingin yang basah dan panjang. Kawasan ini memiliki musim yang sangat berangin sepanjang tahun. Sebanyak 30 persen pulau terdapat hutan, sedangkan sisanya diisi dengan semi gurun yang sejuk dan stepa.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

3. Australia

negara paling selatan
WikiImages/Pixabay

Titik paling selatan dari Australia terletak di Bishop and Clerk Islets pada garis lintang 55°03? LS, South East Cape (Tasmania) pada 43°38? LS, dan South Point pada 39°08? LS.

Australia, nama resminya Persemakmuran Australia (bahasa Inggris: Commonwealth of Australia), merupakan sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan banyak pulau kecil di Samudra Pasifik, dan Samudra Hindia.

Negara-negara yang bertetangga dengan Australia adalah Timor Leste, Indonesia, dan Papua Nugini. Di bagian utara ada Kepulauan Solomon dan Vanuatu, di timur-laut ada Kaledonia Baru, dan di tenggara ada Selandia Baru.

Bishop and Clerk Islets ditetapkan sebagai kawasan warisan dunia UNESCO sejak tahun 1997 silam. Kepulauan kecil ini membentuk Kawasan Pengelolaan Khusus dalam cagar alam. Kawasan ini jarang dikunjungi, tidak ditumbuhi tumbuhan, serta ditinggali oleh hewan yang tidak berasal dari daerah ini.

Ketika medalami lebih jauh kita tentang dunia terutama letak geografisnya, maka akan menambah wawasan kuta. Untuk melakukan hal itu, bisa dilakukan dengan membaca artikel atau membaca buku. Saat ini, sudah ada banyak buku yang bisa dijadikan referensi dalam mengenal geografi dari beberapa negara, salah satunya adalah buku Ensiklopedia Saintis Junior Atlas Dunia.

Dalam buku ini, bukan hanya tentang geografi saja, tetapi kamu juga akan mengetahui tentang beberapa bahan makanan hingga bagaimana kehidupan hewan-hewan yang ada di hutan pada suatu negara. Jadi, tunggu apalagi, segera dapatkan buku ini di gramedia.com.

4. New Zealand

negara paling selatan
https://www.britannica.com/

New Zealand atau Selandia Baru mempunyai titik paling selatan di Jacquemart Island pada garis lintang 52°37? LS dan Slope Point di South Island pada 46°40? LS. Jacquemart Island merupakan salah satu pulau kecil yang mengelilingi Pulau Campbell di Selandia Baru sekaligus menjadi pulau paling selatan di Selandia Baru.

Pulau tersebut ditutupi oleh padang rumput di atas lahan gambut yang ditumbuhi lumut, herba, dan tanaman bantal.

Selandia Baru dalam bahasa Maori disebut sebagai Aotearoa yang berarti Tanah Berawan Putih Panjang; dalam bahasa Inggris New Zealand, dan bahasa Latin Nova Zeelandia ialah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik, kira-kira sejauh 1.500 kilometer di tenggara Australia dan di seberang Laut Tasman, serta kira-kira 1.000 kilometer di selatan negara-negara kepulauan Pasifik, yaitu Kaledonia Baru, Tonga, dan Fiji.

Negara ini terdiri dari dua pulau besar, yakni Pulau Selatan dan Pulau Utara dan beberapa pulau lainnya dengan ukutan yang lebih kecil. Karena posisinya yang jauh, Selandia Baru menjadi kepulauan terakhir yang ditinggali oleh manusia.

Banyak spesies burung yang tercatat berkembang biak di Jacquemart termasuk burung petrel raksasa utara, petrel badai punggung abu-abu, penciduk jelaga, skua coklat, dan albatros jelaga mantel ringan. Pulau ini merupakan bagian dari Important Bird Area (IBA) kelompok Pulau Campbell oleh BirdLife International karena digunakan sebagai tempat berkembang biak untuk beberapa spesies burung laut.

5. Afrika Selatan

negara paling selatan
https://www.britannica.com/

Afrika Selatan mempunyai titik paling selatan di Marion Island, Prince Edward Islands pada garis lintang 46°59? LS dan Cape Agulhas pada 34°50? LS. Pulau-pulau yang ada di Kepulauan Prince Edwards adalah bagian dari ekoregion tundra Kepulauan Samudra Hindia Selatan yang meliputi sejumlah kecil pulau sub-antartika.

Republik Afrika Selatan atau dalam bahasa Inggris: Republic of South Africa dan juga biasa disebut Afrika Selatan merupakan sebuah negara yang berada di kawasan paling selatan Afrika. Afrika Selatan dibatasi dengan garis pantai sepanjang 2.798 km yang membentang di sepanjang Samudra Atlantik dan Samudra Hindia di sebelah selatan; berbatasan dengan Namibia, Botswana, dan Zimbabwe di sebelah utara; berbatasan dengan Mozambik dan Eswatini di sebelah timur dan timur laut; serta mengelilingi negara enklave Lesotho.

Kurangnya daratan yang ada di Samudra Selatan menyebabkan pulau-pulau tersebut menjadi tuan rumah dari berbagai spesies hewan dan tumbuhan, sehingga menjadi kawasan penting sebagai tempat konservasi.

Iklim yang dingin dari sub-antartika membuat tanaman yang mayoritas tumbuh ialah, lumut, rumput, dan rumput laut. Hewan asli dari daerah tersebit adalah anjing laut, burung laut, penguin, dan serangga.

6. Uruguay

negara paling selatan
https://www.britannica.com/

Negara yang terletak paling selatan di dunia berikutnya, yaitu Uruguay. Titik paling selatan di Uruguay, yaitu di Isla de Lobos pada garis lintang 35°02? LS dan Punta del Este pada 34°58? LS.

Uruguay dalam bahasa Spanyol “República Oriental del Uruguay” yang berarti Republik Oriental Uruguay merupakan sebuah negara kecil yang terletak di Amerika Latin.

Negara ini berbatasan di utara dengan Brasil, di barat dengan Sungai Uruguay, di barat daya dengan muara Río de la Plata (River Plate), di tepi seberang keduanya dengan Argentina, dan di tenggara dengan Samudra Atlantik Selatan.

Isla de Lobos berada 8 km dari daratan Uruguay di Punta del Este. Isla de Lobos bersama dengan Pulau Gorriti merupakan bagian cagar alam yang melindungi koloni terbesar anjing laut berbulu dan singa laut Amerika Selatan. Sementara itu, Punta del Este merupakan salah satu daerah yang memiliki musim dingin serta populer dengan wisata mengamati paus-paus orca di pantai.

Sudah menjadi hal umum apabila atlas merupakan salah satu buku yang berisi tentang peta dunia. Selain peta, terkadang ada juga beberapa tempat wisata dan keadaan geografi dari beberapa negara atau wilayah. Salah satu buku atlas, yang lengkap adalah Atlas Global Indonesia-Dunia 34 Provinsi Untuk SD, SMP, SMA & Umum (Edisi Revisi).

Buku yang memiliki tebal 128 halaman ini di dalamnya terkandung peta-peta dunia dan beberapa wilayah termasuk Indonesia. Maka dari itu, dengan dimasukkannya peta-peta secara jelas, maka pembaca pun akan lebih mudah dalam memahami nama-nama kota yang ada di suatu negara.

Atlas Global Indonesia-Dunia 34 Provinsi Untuk SD, SMP, SMA & Umum (Edisi Revisi)

7. Brazil

negara paling selatan
https://www.britannica.com/

Titik paling selatan di Brazil terletak di Rio Grande do Sul pada 33°45? LS. Rio Grande do Sul secara harfiah artinya Great River of the South atau sungai besar di selatan.

Republik Federal Brasil atau Republik Federatif Brasil atau dalam bahasa Portugis dinamakan República Federativa do Brasil, dan bahasa Latinnya adalah Respublica Foederativa Brasiliae merupakan negara dengan ukuran wilayah serta populasi paling besar (204.5 juta jiwa pada tahun 2017) di Amerika Selatan.

Negara ini adalah negara paling timur di Benua Amerika Selatan serta berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Pegunungan Andes. Nama Brazil sendiri diambil dari nama Kayu Brazil, yang merupakan sejenis kayu spesies lokal. Brazil menjadi hutan hujan tropis dan tempat pertanian ekstensif. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brazil adalah bahasa yang sama dengan Portugal. Selain itu, Brazil juga menjadi penghasil kopi terbesar di dunia dalam 150 tahun terakhir.

Rio Grande do Sul berada di zona dengan iklim selatan dan sebagian besar memiliki subtropis lembab. Pada bulan Juni hingga bulan September, negara bagian dari Brazil ini mengalami minuano (angin dingin barat daya) dan hujan lebat. Minuano terkadang membuat suhu menjadi turun hingga di bawah titik beku terutama di pegunungan, sehingga terkadang turun hujan salju.

8. Lesotho

negara paling selatan
https://www.britannica.com/

Lesotho mempunyai titik paling selatan di Quthing pada 30°40? LS. Quthing merupakan sebuah distrik di Lesotho yang juga dikenal dengan kota perkemahan yang memiliki peninggalan prasejarah berupa dua pasang jejak kaki dinosaurus.

Lesotho, memiliki nama resmi Kerajaan Lesotho merupakansebuah negara enklave yang terkurung di Afrika bagian selatan yang semuanya dikelilingi oleh Afrika Selatan. Memiliki ukuran lebih dari 30.000 km2 serta mempunyai populasi sedikit di atas dua juta. Kota terbesar sekaligus ibu kotanya adalah Maseru.

Sebelumnya, Lesotho dikenal sebagai Basutoland. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaannya dari Britania Raya pada tanggal 4 Oktober 1966. Negara ini juga termasuk dalam anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Bangsa-Bangsa serta Komunitas Pembangunan Afrika Selatan (SADC).

Nama Lesotho secara harfiah memiliki arti tanah orang-orang yang berbicara bahasa Sesotho. Sekitar 40% penduduknya memiliki penghasilan sebesar $AS 1,25 per hari dan hidup di bawah standar garis kemiskinan internasional.

9. Namibia

https://www.britannica.com/

Namibia mempunyai titik paling selatan di dekat Onseepkans pada garis lintang 28°58? LS. Onseepkans merupakan pemukiman kecil yang berada di tepi Sungai Orange di Provinsi Northern Cape, Afrika Selatan. Hutan pohon Quiver atau dalam bahasa Afrikaans, yakni Kokerboom antara Onseepkans dan Pofadder merupakan hutan terbesar dari jenisnya di belahan bumi bagian selatan.

Republik Namibia dalam bahasa Afrikaans disebut Republiek van Namibië merupakan sebuah negara yang berada di Afrika bagian barat daya tepatnya di pesisir Atlantik. Negara ini berbatasan dengan Zambia dan Angola di sebelah utara, di timur dengan Botswana dan di selatan ada Afrika Selatan. Namibia telah merdeka dari Afrika Selatan pada tahun 1990 sehingga menjadi salah satu negara termuda di dunia dengan ibu kotanya ialah kota Windhoek.

Di Onsepkaans suhu musim panasnya bisa melebihi 50 °C. Sementara itu, pada saat musim dingin, suhu bisa mencapai di bawah 30 °C.

Sejarah yang ada di dunia ini sangatlah banyak, bahkan bisa dibilang hampir semua negara memiliki sejarahnya masing-masing. Buku Ensiklopedia Sejarah Dunia merupakan salah satu buku yang membahas tentang fakta dan kisah tentang berbagai bangsa, tempat dan peristiwa pada masa lalu yang membentuk dunia seperti yang kita kenal dan kita tempati saat ini.

Lewat buku ini, kamu akan mengetahui beberapa fakta dan juga kisah dari berbagai bangsa. Dapatkan segera buku ini di gramedia.com.

10. Paraguay

https://www.britannica.com/

Paraguay mempunyai titik paling selatan di Yacyretá Island pada garis lintang 27°43? LS. Pulau Yacyretá berarti tanah bulan merupakan sebuah pulau di Itapúa, Paraguay.

Paraguay dalam bahasa Spanyol “República del Paraguay” dan dalam bahasa Guarani “Tetã Paraguái” merupakan sebuag negara di Amerika Selatan yang terkurung daratan serta berada di dua sisi Sungai Paraguay.

Paraguay di sebelah selatan dan barat daya berbatasan dengan Argentina, di timur dan timur laut dengan Brasil, dan di barat laut dengan Bolivia. Negara ini dijuluki sebagai Jantung Amerika Selatan. Suku asli dari negara ini, yakni suku Guarani yang sudah tinggal di Paraguay kurang lebih sejak 1.000 tahun yang lalu sebelum ditaklukkan oleh Spanyol pada abad ke-16.

Pulau Yacyretá berada di Sungai Paraná dan dibelah oleh Bendungan Yacyretá. Pulau ini dikenal dengan bukit pasir putihnya. Pulau ini diisi sekitar 400 orang populasi yang bertahan hidup dan mencari makan dari memancing.

Sekian, penjelasan mengenai daftar negara paling selatan di dunia dan semoga bermanfaat! Jika kamu ingin mencari buku tentang atlas dunia, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Baca juga:

 



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.3k
  • Tidak
    6% 6% 93 / 1.3k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.