in

16 Arti Mimpi Punya Bayi, Apakah Menjadi Pertanda Baik atau Buruk?

Mimpi Punya Bayi – Bagi Grameds yang belum menikah atau bahkan belum memiliki pasangan, akan sangat mengagetkan dong jika tiba-tiba mendapatkan mimpi punya bayi.

Setelah bangun dari tidur, Grameds pasti akan bingung dan bertanya-tanya mengapa mendapatkan mimpi sedemikian rupa. Mengingat mimpi itu adalah bunga tidur biasa, tetapi bagi sebagian orang justru menganggapnya sebagai pertanda akan hal baik maupun buruk, tak terkecuali dengan mimpi memiliki seorang bayi.

Lantas, apa saja sih arti dari mimpi punya bayi itu? Bagaimana pula tren akan benda dreamcatcher sebagai alat penangkap mimpi yang “sakral” bagi masyarakat Ojibwe, Amerika Serikat?

Mimpi Punya Bayi
https://www.pexels.com/id-id/

15+ Arti Mimpi Punya Bayi

Seperti halnya sosok bayi dalam kehidupan nyata yang diartikan sebagai rezeki dari Tuhan, maka mimpi punya bayi pun sebagian besar memang memberikan pertanda baik. Mulai dari datangnya rezeki, sebagai bentuk awal yang baru, simbol kebahagiaan maupun keberuntungan, dan lainnya. Nah, berikut ini beberapa arti mimpi yang dapat Grameds simak.

1. Mimpi Punya Bayi Berjenis Kelamin Laki-Laki

Arti mimpi punya bayi berjenis kelamin laki-laki adalah kamu akan segera mendapatkan keberuntungan maupun kebaikan dari lingkungan sekitarmu. Keberuntungan itu biasanya terjadi pada lingkungan pekerjaan dan keluargamu. Yap, menurut primbon Jawa memang seorang anak laki-laki itu memberikan pertanda positif yang berkaitan dengan keberuntungan maupun kebaikan.

2. Mimpi Punya Bayi Berjenis Kelamin Perempuan

Mimpi Punya Bayi
https://www.pexels.com/id-id/

Apabila mimpi memiliki bayi laki-laki saja memberikan keberuntungan dan kebaikan, maka bayi perempuan pun juga akan demikian. Melihat pada primbon Jawa, bayi berjenis kelamin perempuan memang memberikan pertanda baik. Konon, di waktu dekat ini Grameds akan segera mendapatkan rezeki besar.

Bahkan dalam agama Islam pun, bayi perempuan melambangkan adanya kebanggaan, kepuasan, dan kebahagian karena sosok mungil tersebut memang murni dan bersih hati serta pikirannya.

3. Mimpi Punya Bayi Padahal Belum Menikah

Bagi Grameds yang belum menikah, tetapi tiba-tiba mimpi punya bayi, maka sebaiknya hati-hati ya. Bisa jadi itu adalah pertanda buruk akan datangnya suatu musibah. Untuk itu, selalu beribadahlah kepada Tuhan dan memohon perlindungan-Nya.

4. Mimpi Punya Bayi Kembar Laki-Laki

Mimpi memiliki bayi laki-laki saja memberikan pertanda baik, apalagi jika bayinya kembar laki-laki, pasti pertanda baiknya akan berkali lipat dong. Yap, mimpi ini dapat menjadi pertanda bahwa jalan rezeki di keluargamu akan terbuka lebar.

5. Mimpi Melahirkan Bayi

Mimpi Punya Bayi
https://www.pexels.com/id-id/

Di dunia nyata pun, melahirkan bayi itu adalah hal yang positif dan diberkahi oleh Tuhan. Maka, jika Grameds mimpi melahirkan bayi, pastinya akan menjadi pertanda bahwa ini adalah kesempatanmu untuk memulai sebuah awal yang baru dan tentunya lebih baik.

6. Mimpi Punya Bayi Lagi

Lalu, bagaimana jika mimpi memiliki bayi lagi? Apakah hal itu baik-baik saja? Tentu saja begitu! Mimpi punya bayi lagi dapat memberikan pertanda baik. Sebentar lagi, Grameds akan segera mendapatkan pengalaman hidup yang akan bermanfaat bagi hidup kedepannya.

7. Mimpi Punya Bayi Dari Mantan

Selanjutnya ada tafsir mimpi punya bayi, tetapi dari mantan. Jangan berpikir yang tidak-tidak bahwa mimpi tersebut menjadi pertanda buruk ya… justru sebaliknya. Mimpi ini dianggap sebagai pertanda baik dengan berupa rezeki nomplok yang tak terduga.

8. Mimpi Punya Bayi, Tapi Kehilangannya

Apakah Grameds pernah mimpi punya bayi kemudian kehilangannya sehingga ketika bangun akan terasa begitu sedih dan seolah ada yang hilang? Nah, mimpi tersebut bisa jadi memberikan penafsiran bahwa ada rasa bersalah yang diam-diam kamu pendam di dalam hati.

Ayo pikirkan kembali akan adanya rasa bersalah tersebut dan segera minta maaf kepada pihak yang bersangkutan.

9. Mimpi Punya Bayi Dengan Ras Berbeda

Mimpi memiliki bayi tetapi si mungil tersebut berasal dari ras yang berbeda dari kita, dapat menjadi pertanda bahwa kamu akan mendapatkan tanggung jawab baru dalam hidup. Tanggung jawab baru ini dapat berupa pekerjaan maupun hal-hal di dalam hubungan keluarga.

10. Mimpi Punya Bayi yang Terlantar

https://www.pexels.com/id-id/

Selanjutnya ada mimpi punya bayi tetapi si mungil tersebut kamu telantarkan begitu saja. Hal ini dapat ditafsirkan bahwa di kehidupan nyata, ada tugas yang kamu tinggalkan atau kesampingkan. Coba cek kembali, apakah seluruh tugas maupun tanggung jawabmu sudah selesai sepenuhnya atau belum.

11. Mimpi Punya Bayi Kembar Perempuan

Sama halnya dengan mimpi memiliki bayi kembar laki-laki, adanya bayi kembar perempuan juga memberikan pertanda baik berupa rezeki. Datangnya rezeki dalam hidupmu ini bisa jadi berasal dari segala usahamu selama ini. Selalu tetap optimis, ya!

12. Mimpi Punya Bayi Laki-Laki Saat Hamil

Ketika Grameds tengah hamil, kemudian mendapatkan mimpi memiliki bayi berjenis kelamin laki-laki, maka itu menjadi pertanda baik. Yap, mimpi tersebut dapat ditafsirkan sebagai terbukanya jalan rezeki dalam keluargamu.

13. Mimpi Punya Bayi Laki-Laki yang Gemuk

Mimpi Punya Bayi
https://www.pexels.com/id-id/

Jika dalam kehidupan nyata saja, bayi laki-laki yang gemuk itu adalah suatu kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu, apalagi jika muncul di sebuah mimpi, tentu saja akan menjadi pertanda baik. Mimpi punya bayi berjenis kelamin laki-laki yang gemuk ini menafsirkan rezeki besar pada hidup.

14. Mimpi Punya Anak yang Sudah Besar

Lalu, bagaimana jika mimpi memiliki anak tetapi sudah besar alias sudah bukan bayi lagi? Mimpi ini tetap menjadi pertanda baik kok, tepatnya berkaitan dengan keuangan. Bisa jadi, pertanda baik itu berupa rezeki yang memang berasalkan dari usahamu selama ini.

15. Mimpi Punya Anak yang Tengah Menangis

Jika Grameds mendapatkan mimpi memiliki seorang anak, tetapi tengah menangis, itu dapat menjadi pertanda bahwa dirimu harus fokus akan sesuatu. Fokus disini berarti harus memberikan perhatian secara penuh ketika menjalani sesuatu, baik dalam pekerjaan atau menjalani kehidupan bersama keluarga.

16. Mimpi Punya Anak Tetapi Sakit

Terakhir adalah mimpi memiliki anak tetapi tengah sakit. Hati-hati ya karena mimpi tersebut dapat memberikan pertanda yang kurang baik, tepatnya pada hal-hal pekerjaan. Misalnya, proyek atau proposal yang kamu ajukan kepada atasan, tidak diterima karena suatu alasan.

Mengenal Dreamcatcher Sebagai Penangkap Mimpi Oleh Masyarakat Ojibwe

Mimpi Punya Bayi
https://freepik.com/

Grameds pasti sudah tidak asing dengan keberadaan benda bernama dreamcatcher yang sempat ramai pada sekitar tahun 2013 hingga 2015 lalu? Benda yang seperti jaring laba-laba berbentuk bundar ini dulu laku di pasaran, bertepatan dengan kemunculannya di sebuah serial K-Drama berjudul The Heirs. Kala itu, banyak toko oleh-oleh yang berada di tempat wisata menjual benda dreamcatcher ini dan kemudian para pembeli akan memasangnya di depan jendela maupun pintu kamar. Apakah Grameds termasuk salah satu penggemar K-Drama tersebut dan membeli benda unik itu juga?

Pada dasarnya, dreamcatcher ini adalah benda penangkap mimpi yang berasal dari legenda masyarakat Ojibwe, Amerika Serikat. Wujud dreamcatcher yang asli ini berupa potongan dedalu kecil yang dibentuk bulat, kemudian dijalin dengan jaring-jaring menyerupai jaring laba-laba. Lalu, ditambahkan hiasan seperti bulu atau manik-manik tertentu.

Jika menganut pada tradisi yang ada, keberadaan dreamcatcher sebagai penangkap mimpi ini akan digantung di atas ranjang tempat tidur sebagai perlindungan. Bahkan menurut kepercayaan lain, keberadaan dreamcatcher ini juga dapat dijadikan sebagai jimat untuk melindungi bayi.

Pada sekitar tahun 1960-1970-an, adanya dreamcatcher ini telah digunakan sebagai penangkap mimpi dalam Gerakan Seluruh Indian. Semakin lama, benda ini semakin populer dan dikenal sebagai barang kerajinan, sehingga dipasarkan secara luas hingga akhirnya masyarakat di seluruh dunia mengenalnya.

Menurut ahli etnografi bernama Frances Densmore, ada sebuah legenda dari masyarakat Ojibwe tentang keberadaan dreamcatcher ini. Menurut legenda, kemunculan dreamcatcher ini adalah berasal dari Asibikaashi, seorang wanita laba-laba yang pada zaman dahulu selalu merawat anak-anak maupun orang-orang di bumi. Nah, ketika masyarakat Ojibwe sudah mulai menyebar hingga ke pelosok Amerika Serikat, tentu saja Asibikaashi menjadi kesulitan untuk merawat semua anak.

Jadi, para ibu dan nenek masyarakat Ojibwe membuat sebuah jaring-jaring seperti jaring laba-laba untuk para anak-anak mereka. Berbekalkan simpai dedalu dan tali-temali dari tumbuhan. Sedikit trivia saja nih, dedalu adalah sejenis pohon besar dengan batang pendek dan daunnya yang menjuntai ke arah tanah. Tujuan dibuatnya jaring-jaring tersebut adalah sebagai jimat untuk menjauhkan para anak-anak dari pengaruh jahat atau nasib malang, sekalipun dari mimpi.

Meskipun saat ini dreamcatcher sudah digunakan sebagai kerajinan tangan dan dekorasi semata, tetapi benda unik pernah digunakan dalam Gerakan Seluruh Indian pada tahun 1960-1970-an sebagai lambang persatuan di antara berbagai budaya asli Amerika. Dreamcatcher juga dijadikan sebagai lambang umum untuk mengenalkan budaya pada penduduk asli di Amerika.

Berbeda dengan arti namanya, dreamcatcher yang seharusnya dijadikan sebagai penangkap mimpi, saat ini sudah berkembang menjadi kerajinan tangan sejak tahun 1980. Bahkan pada awal tahun 1990-an saja, keberadaannya menjadi salah satu kerajinan yang paling populer dan laku di pasaran.

Di sisi lain, meskipun beberapa orang melihat kepopuleran benda ini tidak menjadi hal berbahaya, tetapi banyak Suku Indian selaku penduduk asli Amerika, memandang bahwa kegiatan komersial dari dreamcatcher bisa disalahgunakan oleh mereka yang bukan pribumi.

Fungsi Pada Setiap Bagian Dari Dreamcatcher

https://freepik.com/

Dilansir dari orami.co.id, setiap bagian dari benda dreamcatcher sebagai penangkap mimpi ini memiliki fungsi masing-masing yang tentunya bermakna lebih bagi penduduk asli Amerika, baik suku Ojibwe, Indian, maupun Lakota.

1. Bagian Lingkaran

Kerangka utama dari sebuah dreamcatcher alias penangkap mimpi ini adalah bentuk lingkaran yang dibuat dari dedalu. Namun jika di Indonesia, biasanya terbuat dari rotan berukuran kecil. Bagian tersebut melambangkan lingkaran kehidupan yang pasti akan terus berjalan, tanpa adanya akhir maupun awal.

Mengingat pada berbagai legenda suku Ojibwe, memang ada banyak cerita yang menggambarkan bagaimana kehidupan bermula dan itu semua berkaitan dengan lingkaran.

2. Jaring Laba-Laba

Pada bagian tengah dari dreamcatcher, tepatnya pada jaring-jaring yang dibuat dari dedalu dengan menyerupai jaring laba-laba, melambangkan siklus kehidupan. Hal ini sejalan dengan kepercayaan para penduduk asli Amerika yang menganggap bahwa hewan merupakan guru kehidupan manusia, tak terkecuali hewan laba-laba.

Nah, mimpi manusia nantinya akan tersaring dalam jaring-jaring tersebut. Tentu saja mimpi indah yang saja dapat “lolos” penjaringan.

3. Manik-Manik

Manik-manik yang terletak di  di bawah bundaran jaring laba-laba biasanya menggunakan jenis batu atau permata yang beragam. Penempatan dan penggunaan manik-manik ini menunjukkan kepribadian dari para pembuatnya. Nah, manik-manik tersebut dipercaya sebagai tempat penyimpanan mimpi, terutama mimpi indah.

4. Bulu-Bulu

Pada bagian bawah manik-manik, pasti akan terdapat bulu burung yang menjuntai dengan indahnya. Nah, hal itu dianggap sebagai “jalan” dari sebuah mimpi indah untuk dapat “turun” menuju manusia yang tengah tidur.

5. Lokasi Penempatan

Umumnya, dreamcatcher alias penangkap mimpi ini akan diletakkan di dekat tempat tidur, baik di depan pintu maupun jendela. Diusahakan memang harus terkena sinar matahari supaya pada pagi hari, mimpi buruk yang ada di dreamcatcher tersebut akan terbakar oleh sinar matahari.

Nah, itulah ulasan mengenai apa saja arti mimpi punya bayi dan mengenal benda dreamcatcher sebagai penangkap mimpi dari suku Ojibwe, Amerika. Apakah Grameds tertarik untuk memiliki dreamcatcher ini supaya mimpi yang hadir dapat selalu indah, seperti mimpi punya bayi?

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum