in

20 Arti Mimpi Gempa Bumi, Bisa Jadi Akibat Emosi Dalam Diri!

unsplash.com

Mimpi Gempa Bumi – Tidak ada orang yang ingin hidup dengan masalah tapi di saat yang sama, justru masalah yang bikin manusia hidup. Ya kalau kamu tak punya masalah, apa bedanya dengan benda mati seperti batu, kursi, atau yang lainnya? Bahkan, hewan dan tumbuhan punya masalahnya masing-masing.

Bedanya manusia diberi kemampuan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri sedangkan hewan dan tumbuhan tidak. Malah seringkali manusia mendapatkan semacam “sinyal” atau “alarm” dari alam bawah sadar yang dikirim lewat mimpi.

Yup, mimpi bisa menjadi pertanda untuk sesuatu yang akan terjadi di masa depan termasuk masalah. Misalnya, jika Grameds mimpi gempa bumi bisa jadi ini adalah peringatan dari alam bawah sadar kamu. Sebab, kita semua pasti takut dan cemas jika terjadi gempa bumi di kehidupan nyata, bukan?

Di sisi lain, mimpi yang terlihat mengerikan seperti mimpi gempa bumi jika dilihat dari perspektif lain ternyata bisa membantu kamu memahami apa yang sedang terjadi di sekitarmu.

In a nutshell, mimpi bisa diartikan sebagai hal yang baik atau buruk, tergantung bagaimana kamu melihatnya. Nah, jika kamu baru bermimpi gempa bumi dan kesulitan menebak arti di baliknya, berikut ini ada 20 arti mimpi gempa bumi yang bisa kamu jadikan referensi.

20 Arti Mimpi Gempa Bumi

Mimpi Gempa Bumi
pixabay.com

1. Sedang terjadi perubahan dalam hidupmu

Gempa bumi muncul karena permukaan bumi yang bergeser secara tiba-tiba. Jika ini terjadi dalam mimpi, berarti sedang terjadi perubahan dalam hidupmu yang tidak kamu sadari sama sekali. Akan tetapi, perubahan ini membuat kamu merasa tidak nyaman dan terganggu hingga terbawa ke alam mimpi.

Namun perlu diingat, perubahan yang disimbolkan dengan gempa bumi tak selalu berarti buruk. Seperti kamu akan kehilangan sesuatu atau semacamnya. Sebab ini bisa dijadikan sebagai peringatan agar Grameds belajar mengendalikan hidup.

Jadi, coba luangkan waktu sebentar untuk merenung sambil mencari apa yang benar-benar kamu inginkan dan bagaimana caramu untuk mendapatkannya. Dengan demikian, kamu bisa memahami situasi dan menyadari apa yang berubah dalam hidupmu.

Lebih jauh lagi, dalam primbon Jawa arti mimpi gempa bumi dipengaruhi oleh identitasmu. Misalnya, jika kamu adalah perempuan lajang, mimpi ini merupakan pertanda kamu akan mendapatkan perubahan yang menguntungkan. Seperti mendapatkan pekerjaan, diterima di kampus incaran, dan sebagainya.

Lain lagi kalau kamu seorang perempuan yang sudah menikah dan bermimpi tentang gempa bumi yang disertai hujan. Menurut primbon Jawa, mimpi ini merupakan pertanda bahwa kamu akan terjebak dalam situasi yang tidak Grameds inginkan sama sekali.

Mungkin Grameds akan diminta memenuhi tuntutan orang lain meskipun kamu tidak punya kemampuan untuk memenuhinya. Namun tenang saja ya, sebab kamu pasti akan menemukan jalan keluar untuk situasi seperti ini, kok.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Mimpi Gempa Bumi

2. Simbol dari perasaan khawatir yang kamu rasakan

Gempa bumi selalu terjadi secara tiba-tiba karena tidak ada cara yang dapat memprediksinya. Persis seperti masa depan, tidak ada satupun manusia yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi besok.

Jadi kalau Grameds mimpi gempa bumi, bisa diartikan kamu sedang merasa khawatir dengan masa depan. Hal ini kemudian membuat kamu kehilangan kepercayaan diri dan merasa tidak nyaman.

Selain masa depan, gempa bumi bisa menjadi simbol dari hal-hal yang berada di luar kendalimu. Ini berarti, mimpi gempa bumi merupakan peringatan agar kamu tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal tersebut.

Daripada mengkhawatirkannya, lebih baik coba pahami bahwa ini adalah sesuatu yang wajar. Jadi, lebih baik manfaatkan energi dan waktu yang kamu punya untuk menjalani kehidupanmu sekarang, bukan apa yang akan terjadi besok atau apa yang sudah terjadi kemarin.

3. Kamu sedang mempunyai emosi yang besar

Gempa bumi adalah bencana alam yang dapat menimbulkan kerusakan dan korban jiwa dalam skala besar. Dengan kata lain, jika dikaitkan dengan manusia, gempa bumi yang kamu lihat di dalam mimpi merupakan simbol dari emosi besar yang sedang Grameds rasakan.

Mimpi gempa bumi menunjukkan pergolakkan di dalam dirimu yang berpengaruh pada pikiranmu saat ini. Mungkin akhir-akhir ini kamu sedang merasa stres akibat pekerjaan yang menumpuk atau yang lainnya.

Maka dari itu, sebaiknya ambil waktu sebentar untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sambil bersantai atau menikmati momen bersama orang terdekat.

4. Pertanda kamu harus mulai berubah

Ketika gempa bumi terjadi, semua hal di sekitar berguncang seperti mengingatkan kita untuk menyelamatkan diri dari ancaman bahaya. Mendapatkan mimpi gempa bumi bisa juga dianggap sebagai pesan agar kamu harus mulai berubah, terutama jika Grameds merasa bosan dengan hidupmu saat ini.

Apakah kamu takut mencoba sesuatu yang baru dan tidak pernah siap untuk memulai perubahan dalam hidup? Tak bisa dimungkiri, perubahan memang bisa berakibat buruk. Namun kamu selalu bisa belajar sesuatu yang baru dari perubahan ini.

Singkatnya, jangan menyerah sebelum berperang dan jangan takut sebelum mencoba sebab sesuatu yang baru akan menjadikan kamu sebagai individu yang lebih baik lagi.

5. Belajar menghadapi kesulitan

Gempa bumi bisa merusak berbagai hal di sekitar kita dan jika kamu mengalaminya di dalam mimpi berarti kamu perlu menguatkan diri setiap saat karena kesulitan bisa datang kapan saja.

Untuk itu, agar kamu terhindar dari kehancuran sebaiknya kamu belajar menghadapi kesulitan dan situasi kurang menyenangkan yang muncul dalam hidupmu. Dengan demikian, kamu akan bisa menangani setiap masalah secara hati-hati dan tegas.

Mimpi Gempa Bumi

6. Setiap tindakanmu dipengaruhi oleh suasana hati

Kalau kamu merupakan seorang remaja perempuan yang baru saja mengalami mimpi gempa bumi disertai hujan, berarti kamu sedang mendapatkan peringatan dari alam bawah sadar.

Tepatnya, mimpi yang kamu lihat adalah peringatan bahwa setiap tindakan yang kamu lakukan sangat dipengaruhi oleh suasana hati. Misalnya kalau kamu mau, maka kamu bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan orang dewasa. Di kesempatan lain, Grameds mungkin tidak bisa berbuat apa-apa saat suasana hatimu sedang tidak baik-baik saja.

7. Kamu akan mendapatkan pengganti yang lebih baik

Mimpi Gempa Bumi
unsplash.com

Gempa bumi memang bencana alam yang dapat menimbulkan kerusakan hebat dan mengubah banyak hal di sekitar kita. Akan tetapi, gempa bumi biasanya tidak berlangsung lama. Setelah itu, semua kerusakan yang terjadi akan diganti dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

Mimpi gempa bumi bisa juga diartikan kamu sedang menghadapi masalah yang dapat menimbulkan kekacauan berat pada kehidupanmu. Kamu mungkin merasa frustasi atau stress saat ini, namun ingat, masalah ini suatu saat pasti akan berakhir.

Setelah itu, kamu akan sibuk mengganti semua kerusakan dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

8. Kamu akan mendapatkan kekuatan untuk mengatasi berbagai rintangan dalam hidup

Saat gempa bumi terjadi, naluri bertahan hidup yang ada pada dirimu akan meminta kamu untuk mencari tempat berlindung yang aman. Kalau kamu berhasil menemukan tempat yang aman sampai gempa buminya selesai, berarti kamu akan selamat dari bencana tersebut.

Inilah yang akan kamu dapatkan ketika bermimpi mengalami gempa bumi lalu di mimpi tersebut kamu berhasil menemukan tempat berlindung yang aman. Mimpi ini berarti Grameds akan mendapatkan kekuatan untuk mengatasi berbagai rintangan dalam hidup.

9. Kariermu akan meningkat

Jika di dalam mimpi Grameds mengalami gempa bumi dalam waktu yang lama, berarti karier atau bisnis yang kamu miliki saat ini akan meningkat. Selain itu, kamu akan mendapatkan banyak kesempatan untuk meraih tujuan dan kesuksesan.

Dengan demikian, tak ada salahnya mengevaluasi tujuan yang sudah kamu tentukan untuk melihat seberapa jauh Grameds melangkah saat ini. Lewat evaluasi ini, kamu dapat meningkatkan kemampuan dan mendapatkan karier yang lebih baik lagi.

Mimpi Gempa Bumi

10. Akan ada masalah yang menimpa keluargamu

Jika kamu sedang hamil dan memimpikan bangunan yang runtuh karena gempa bumi, kemungkinan besar akan ada masalah yang menimpa keluargamu. Bukan kabar yang baik, tentu saja, namun hal ini tidak perlu dijadikan sebagai alasan untuk menyerah.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, namun kali ini sebaiknya Grameds menyelesaikan masalah secara hati-hati. Sebesar apapun masalah yang muncul, kamu harus meresponnya dengan tepat agar mendapat hasil terbaik.

Masalah ini bisa saja muncul dari kesalahan kamu sendiri atau pasanganmu, karena itu sebaiknya selalu jaga komunikasi dengan pasangan agar bisa menghadapi masalah yang datang bersama-sama. Usahakan hindari pertengkaran yang dapat memperburuk keadaan dan membuatmu menyesal di kemudian hari.

Di sisi lain, masalah tersebut bisa berupa anggota keluarga yang terserang penyakit tertentu. Maka dari itu, pastikan kamu dan pasanganmu selalu menjaga kesehatan. Luangkan waktu untuk mengurus keluarga jika kamu sedang sibuk dengan pekerjaan.

11. Akan datang kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan

Buat Grameds yang sedang mencari kerja dan bermimpi tentang gempa bumi, itu tandanya dalam waktu dekat akan datang kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi, kamu harus terus berusaha sambil berusaha melihat setiap kesempatan yang datang.

Jadi sebaiknya ingat-ingat lagi, apa saja kesempatan yang sering kamu lewatkan sampai saat ini lalu jadikan pelajaran agar Grameds tidak mengulangi kesalahan yang sama. Singkatnya, berikan respon yang baik agar kamu mendapatkan perubahan yang besar dalam pekerjaan atau kariermu.

12. Mendapatkan masalah dalam pekerjaan

Beda lagi jika kamu justru ikut merasakan gempa bumi di dalam mimpimu. Ini bisa dianggap kamu akan mendapatkan masalah di tempat kerja atau sekolah. Namun tenang saja, masalah ini tidak akan memberikan perubahan besar dalam hidup Grameds.

Kamu mungkin akan merasa tidak nyaman, namun dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jika perasaan tidak nyaman ini dibiarkan terlalu lama, Grameds mungkin akan kesulitan mendapatkan kembali perasaan aman yang pernah kamu rasakan sebelumnya.

Di saat yang sama, kamu bisa menganggap mimpi ini sebagai peringatan agar kamu lebih memperhatikan keluarga. Masalah dalam pekerjaan pasti akan dialami oleh siapa saja. Meski begitu, bukan berarti kamu harus mengabaikan hal yang jauh lebih penting.

Jadi, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali Grameds menghabiskan waktu luang bersama keluarga? Bisa jadi saat ini kamu sedang merasa stres dan tertekan yang kemudian menimbulkan masalah baru di dalam pekerjaan.

Lagipula menikmati waktu luang bersama keluarga dapat memberikan energi positif dan menghilangkan stres yang kamu alami sekarang.

13. Kurang percaya diri

Jika yang kamu lihat adalah mimpi gempa bumi yang tidak menimbulkan kerusakan, berarti Grameds merasa kurang percaya diri. Mimpi tersebut adalah peringatan dari alam bawah sadar agar kamu segera mencari cara untuk mengembalikan kepercayaan diri yang hilang.

Jadi, tetaplah menjadi orang yang jujur pada diri sendiri agar tidak terpengaruh oleh perkataan orang lain yang bisa menurunkan rasa percaya diri. Jadilah orang yang yakin, jujur pada diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu.

Kamu bisa mendapatkan kepercayaan diri dengan cara meningkatkan kemampuan, terus berlatih, dan terima semua kekurangan yang Grameds miliki. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bahwa kamu memerlukan bantuan dari orang lain.

Menyadari kekurangan dan berani menerima bantuan atau bimbingan dari orang lain bukan ciri-ciri orang lemah. Justru dengan begitu, kamu jadi bisa mengurangi beban yang sedang kamu rasakan.

14. Kamu adalah orang yang siap membantu sesama

Mimpi Gempa Bumi
unsplash.com

Mimpi menyelamatkan orang lain saat terjadi gempa bumi merupakan pertanda yang baik. Sebab mimpi ini merupakan tanda bahwa Grameds adalah orang yang siap membantu sesama.

Dengan menolong orang saat gempa bumi, berarti kamu berhasil menyelamatkan nyawa orang tersebut. Karena itu, jangan pernah lelah membantu orang-orang yang membutuhkan, terutama mereka yang sedang menghadapi masalah berat.

Selain itu, mimpi menyelamatkan orang lain saat gempa bumi bisa juga diartikan sebagai tanda bahwa kamu mempunyai kemampuan untuk mengatasi berbagai situasi sulit yang muncul dalam kehidupan nyata.

15. Kamu akan mendapatkan kabar buruk dari keluarga jauh

Ketika kamu bermimpi gempa bumi dan kamu tertindih bangunan yang roboh, atau kamu melihat orang lain tertindih bangunan, tandanya kamu akan mendapatkan kabar buruk dari keluarga jauh.

Lebih tepatnya dalam waktu dekat akan datang kabar kurang menyenangkan dari kerabat atau keluarga yang tinggal jauh dari rumahmu. Karena itu, sebaiknya jangan lupa untuk menghubungi mereka dan memastikan mereka baik-baik saja.

16. Mendapatkan rezeki lebih untuk melunasi utang

Ketika kamu bermimpi tentang gempa bumi, tetapi kamu tetap merasa aman, maka mimpi ini merupakan pertanda baik. Lebih tepatnya, kamu akan mendapatkan rezeki lebih yang bisa kamu gunakan untuk melunasi hutang-hutangmu.

Rasa aman yang ada di dalam mimpi tersebut merupakan tanda bahwa kamu sedang merasa puas dan aman dengan kehidupan yang kamu miliki saat ini.

17. Kamu akan menghadapi masalah keuangan

Mimpi merasakan tanah yang bergetar saat terjadi gempa bumi bisa diartikan sebagai pertanda yang buruk. Kemungkinan dalam waktu dekat Grameds akan menghadapi masalah keuangan.

Maka dari itu, sebaiknya mulai perhatikan pengeluaran dengan lebih baik lagi agar tidak membahayakan diri sendiri dan membawamu ke dalam jurang kebangkrutan.

18. Masalah dalam hubungan asmara

Mimpi melihat bangunan yang runtuh saat gempa bumi sering dianggap menjadi pertanda akan munculnya perubahan buruk dalam hubungan asmaramu saat ini. Mimpi seperti ini merupakan tanda Grameds akan mengalami masalah dan merasa khawatir akan masa depan. Ada juga yang mengaitkannya dengan masalah hidup lain seperti penurunan kesehatan atau pendapatan yang berkurang.

Mimpi Gempa Bumi

19. Kamu sedang terjebak emosi dan perasaan negatif

Jika kamu mengalami mimpi gempa bumi yang disertai tsunami, maka sebaiknya berhati-hati karena mimpi ini seringkali merupakan pertanda dari situasi buruk yang akan datang.

Mimpi itu merupakan tanda bahwa saat ini kamu sedang terjebak dalam emosi dan perasaan negatif yang dapat menimbulkan permasalahan serta perubahan negatif di kehidupan nyata.

20. Kamu akan mengalami goncangan dalam hidup

Terakhir, mimpi gempa bumi bisa menjadi pertanda bahwa kamu akan mengalami goncangan yang cukup besar. Bahkan goncangan ini dapat mempengaruhi stabilitas dan fondasi hidup yang sudah kamu bangun.

Lain lagi artinya jika di dalam mimpi tersebut kamu berhasil selamat. Mimpi seperti ini menunjukkan kamu akan berhasil melewati goncangan tersebut. Sebaliknya, jika kamu terluka di dalam mimpi, kemungkinan kamu akan mendapatkan penderitaan dalam waktu dekat.

Karena itu, coba diingat-ingat lagi, apakah kamu sedang merasa takut, tidak aman, atau tidak berdaya di kehidupan nyata? Jika benar begitu, sebaiknya segera cari bantuan dari orang-orang terdekat agar kamu bisa keluar dari goncangan tersebut.

Demikian pembahasan tentang arti mimpi gempa bumi. Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Jika ingin mencari buku tentang gempa bumi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang Oktaviana Putra

BACA JUGA:

  1. Daftar Best Seller Buku Tafsir Mimpi 2022 di Gramedia
  2. 17 Arti Mimpi yang Sering Terjadi Beserta Penjelasannya
  3. 10+ Arti Mimpi Dikejar Orang dan Analisis Mimpi Menurut Freud
  4. 13 Arti Mimpi Hamil yang Perlu Diketahui dari Pertanda Baik hingga Buruk
  5. 16 Arti Mimpi Menikah dan Sebab Kejadian Tersebut
  6. Ketahui Tafsir Mimpi Angka: Mulai dari Angka Satu Sampai Sembilan
  7. 16 Arti Mimpi Dikejar Zombi dari Berbagai Sumber Terpercaya!
  8. 33 Arti Mimpi Orang Gila Tak Terduga, Pertanda Baik atau Buruk?
  9. 6 Arti Mimpi Kehilangan Uang Bisa Jadi Pertanda Baik, Apa Itu?


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.