in

 Mengapa Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan dan Industri?

Mengapa Singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri? – Siapa yang tidak tau dengan negara Singapura. Negara yang berdekatan dengan Bata mini sering dijadikan tempat kunjungan untuk berwisata oleh banyak orang di dunia ini. Meskipun termasuk negara kecil, tetapi Singapura adalah negara maju dan kaya.

Negara Singapura tergolong sebagai negara yang makmur. Bahkan, pendapatan rakyatnya saja menjadi salah satu pendapatan yang paling tinggi di dunia. Lalu, bagaimana bisa negara yang luasnya kecil ini menjadi negara maju dengan pendapatan yang tinggi?

Salah satu alasannya adalah karena posisi dari negara ini. Negara Singapura terletak pada posisi yang strategis. Negara ini terletak pada salah satu jalur pelayaran yang paling penting di dunia.

Jalur tersebut adalah Selat Malaka yang legendaris. Kondisi itu membuat negara ini menjadi bandar yang ramai. Selain itu, Singapura menjadi pusat keuangan utama yang ada di Kawasan Asia Pasifik.

Meskipun pasar domestiknya kecil dan kekurangan sumber daya alam, tetapi Singapura tetap berhasil melewati masa krisisnya. Diketahui bahwa masa krisis keuangan negara ini terjadi pada tahun 1997 dan tahun 2008.

Setelah melewati banyak hal, saat ini ekonomi di Singapura menjadi salah satu yang paling stabil di dunia ini. Negara itu berjalan tanpa hutang luar negeri. Serta pendapatan pemerintahan yang tinggi dan surplus positif yang cenderung konsisten.

Ekonomi di negara Singapura ini didorong oleh ekspor dalam bidang manufaktur. Selain itu, negara ini juga bergerak di dalam bidang elektronik, pariwisata, layanan keuangan dan Pelabuhan kargo. Bahkan Pelabuhan kargonya terbilang tersibuk di dunia.

Lalu, mengapa Singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri? Mengapa penduduk Singapura lebih banyak bekerja dalam sektor itu? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali mencuat.

SingapuraTermasuk terkait mengapa perekonomian di negara Singapura ini menitikberatkan di dalam bidang industri pariwisata dan perbandingan. Tak bisa dipungkiri, ternyata Singapura adalah salah satu pusat perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Tidak hanya itu, negara ini juga dijuluki sebagai Macan Asia. Hal itu karena kekuatan ekonominya yang sangat kuat dan baik. Dalam bidang keuangan, negara ini menjadi pusat keuangan dengan urutan nomor empat di dunia.

Maka dari itu, tidak mengherankan bahwa terdapat sekitar 6,1 persen penduduknya yang bekerja di bidang perbankan atau keuangan. Penduduk atau masyarakat Singapura mayoritas berasal dari Tiongkok, India, Melayu dan keturunan Asia lainnya.

Ada sekitar 42 persen penduduknya yang merupakan pekerja asing. Tidak hanya itu, terdapat juga mahasiswa atau pelajar asing disana.

Bank dunia mencatat setidaknya ada sekitar 17 persen penduduk Singapura yang bekerja di sektor industri atau pabrik. Ada sekitar 12,4 persen penduduk lain yang bekerja pada bidang jasa.

Negara ini juga memainkan peran yang sangat penting di dalam perekonomian dunia. Contohnya seperti perdagangan, sektor industri pariwisata dan lain sebagainya.

Kembali pada pertanyaan sebelumnya, mengapa Singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri? Mari kita bahas.

Alasan Mengapa Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan dan Industri

Mengapa Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan dan IndustriBerikut ini adalah beberapa alasan mengapa Singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri:

1. Terdapat berbagai industri maju di Singapura

Singapura adalah negara yang dikenal maju. Hal itu tidak terlepas karena kemajuannya pada berbagai bidang pariwisata. Ada beberapa industri yang maju dengan pesat yang ada di Singapura.

Di antaranya adalah seperti bidang elektronik, pariwisata dan perbankan. Pada bidang pariwisata, salah satunya adalah adanya Bandara Internasional Changi Singapura. Bandara Changi tersebut ditetapkan sebagai bandara yang paling bahagia di dunia ini.

Pada industri perbankan, tercatat ada beberapa persen penduduk Singapura yang bekerja di bidang perbankan. Kemudian bidang elektronik adalah salah satu komoditi ekspor utama bagi negara Singapura.

2. Minim Sumber daya alam (SDA)

Bukan sebuah rahasia lagi, apabila negara maju yang ada di Kawasan Asia Tenggara ini adalah negara yang tidak memiliki sumber daya alam. Dalam memenuhi berbagai kebutuhannya, Singapura mengandalkan impor.

Banyak hal-hal penting yang juga diimpor ke Singapura. Salah satu nya berasal dari Indonesia. Ini adalah alasan kedua mengapa Singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri. Sebab, negara ini tidak mempunyai sumber daya alam, seperti hasil laut maupun hasil tambang.

3. Lokasi Strategis

Secara geografis, lokasi negara ini sangat strategis. Seperti yang dijelaskan sebelumnya. Singapura terletak pada jalur perdagangan yang penting. Jalur tersebut adalah Selat Malaka.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Selain itu, negara ini juga terletak di jalur perdagangan Selat Singapura. Pelabuhan Singapura menjadi salah satu dari lima Pelabuhan yang sangat padat di dunia. Hal ini tentu saja membuat sebuah keuntungan bagi Singapura.

Pasalnya, mereka menjadi mudah dalam melakukan kegiatan ekspor. Hasil industri dari negara ini mudah diekspor ke negara lain.

4. Sektor pariwisata di Singapura sangat maju

Meskipun memiliki lahan yang kecil dan tidak memiliki sumber daya alam, tetapi daya tarik dunia terhadap Singapura tidak menurun. Daya tarik dalam hal pariwisata di negara ini terbilang sangat kuat.  Wisatawan dari berbagai negara yang datang ke negara Singapura ini akan dibuat kagum.

Umumnya, mereka akan mengagumi tata letak kota yang dijaga dengan baik. Contohnya seperti lahan lahan yang dibiarkan kosong. Lahan tersebut akan ditanami dengan banyak rumput hijau.

Selain itu, terdapat juga jalur pejalan kaki yang nyaman dan aman. Serta adanya berbagai fasilitas kota yang dirawat dengan baik secara rutin.

5. Masyarakat Singapura disiplin

Tidak hanya tata letak kotanya saja, tetapi masyarakat lokalnya yang juga diatur hingga menjadi pribadi yang disiplin. Sumber daya Singapura adalah yang unggul. Selain itu, mereka juga memiliki banyak keterampilan.

Masyarakat Singapura sudah terbiasa dengan adanya aturan. Hal itu membuat mereka menjadi patuh. Akibatnya, negara ini menjadi negara yang maju dan makmur.

Terdapat 4 bahasa resmi yang diakui oleh Singapura. Di antaranya adalah bahasa Melayu, bahasa Inggris, bahasa Mandarin dan bahasa Tamil. Berbagai bahasa resmi tersebut membuat masyarakat Singapura menjadi multi bahasa.

6. Banyak masyarakat yang bekerja pada sektor jasa

Alasan selanjutnya mengapa Singapura berfokus pada perdagangan dan industri adalah karena pekerjaan sebagian penduduknya. Sebagian penduduk bekerja pada bidang jasa. Hal itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Contohnya seperti membabgun tempat hiburan, membangun hotel, memvangun pebginapan, jasa transpoetasi dan lain aebagainya.

7. Industri elektronik maju

Seperti yang diketahui, negara ini tidak memiliki sumber daya alam. Hal itu membuat Singapura tidak dapat mengekspor sebuah hasil alam.

Akan tetapi, Singapura menggunakan hasil industri sebagai penopang utamanya. Mereka menggunakan sektor industri sebagai pendapatan negaranya.

Ada berbagai peralatan elektronik dan mesin yang dihasilkan oleh negara ini. Kemudian akan di ekspor ke negara-negara lain.

Industri yang Menggerakan Perekonomian Singapura

Industri yang Menggerakan Perekonomian SingapuraSampai saat ini, sektor manufaktur menjadi industri yang paling besar di Singapura. Industri ini menyumbang sekitar 20 persen sampai 25 persen dari PDB atau produk domestic bruto tahunan negara tersebut.

Ada beberapa kelompok industri utama di dalam sektor manufaktur Singapura. Di antaranya adalah bahan kimia, produk elektronik, logistic teknik transportasi dan ilmu biomedis.

Industri lain yang menopang perekonomian negara Singapura ini adalah industri jasa keuangan. Industri jasa keuangan di Singapura tumbuh dengan stabil. Hal ini juga didukung oleh situasi lingkungannya yang pro bisnis, serta stabilitas politik Singapura.

Terdapat lebih dari 200 bank yang ada di negara ini. serta banyak kantor pusat Kawasan regional atau regional hub perusahaan dalam jasa keuangan global. Negara Singapura juga memiliki pasar jasa keuangan.

Pasar tersebut memiliki fasilitas dalam transfer pengetahuan, teknologi, proses dan keterampilan. Pasar jasa keuangan terjadi dalam bentuk domestic, regional dan global.

Fakta Majunya Singapura

Fakta Majunya SingapuraSebagai pusat keuangan internasional, Singapura menawarkan sebuah lembaga keuangan lingkungan. Lembaga keuangan lingkungan tersebut pro bisnis, daya saing biaya, infrastruktur yang baik, tenaga kerja yang sangat terampil serta cosmopolitan.

Berikut ini adalah beberapa fakta yang menyangkut kemajuan perekonomian Singapura yang harus diketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai peringkat pertama ekonomi yang paling kompetitif (Peringkat Daya Saing Dunia IMD 2019)
  • Sebagai peringkat kedua di dunia dalam kemudahan berbisnis (Survei Doing Business Bank Dunia 2019)
  • Sebagai peringkat pertama di Asia-Pasifik dan kedua secara global dalam hal daya saing bakat (Indeks Daya Saing Bakat Global 2019 INSEAD)
  • Sebagai peringkat kedua sebagai negara paling terhubung (Indeks Koneksi Global DHL 2019)
  • Sebagai Peringkat keempat dalam hal pusat keuangan paling kompetitif (Indeks Pusat Keuangan Global 2019)
  • Sebagai peringkat pertama di Asia-Pasifik dan kedua secara global sebagai daya saing digital (Peringkat Daya Saing Dunia Digital IMD 2019)

Itulah penjelasan mengenai alasan mengapa Singapura lebih berfokus pada perdagangan industri. Temukan informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel dan buku-buku terbaik untuk para Grameds.

WISATA HEMAT: SINGAPURA
WISATA HEMAT: SINGAPURA

tombol beli buku

Dalam buku Wisata Hemat Singapura ini terdapat panduan detail bagaimana merencanakan dan melakukan perjalanan secara hemat dan independen ke negara bersimbol singa ini. Jadi meski belum pernah ke luar negeri sekalipun, Anda tidak perlu khawatir tersesat saat menginjakkan kaki ke Singapura untuk kali pertama.

Buku ini dilengkapi informasi cara mencari tiket pesawat murah dari Indonesia, panduan mencari dan memesan penginapan secara step-by-step, peta rute kendaraan umum menggunakan bus dan MRT, ulasan tentang berbagai objek wisata menarik di Singapura, cara menuju ke objek wisata tersebut menggunakan kendaraan umum, usulan rencana perjalanan, hingga panduan menghitung biaya perjalanan. Jadi, dengan membaca dan mempraktikkan apa yang ada di dalam buku ini, Anda akan mampu melakukan perjalanan hemat dan independen ke Singapura.

Seri Cerita Rakyat Dunia Cerita Rakyat Singapura
Seri Cerita Rakyat Dunia Cerita Rakyat Singapura

tombol beli buku

Rp500 Ribu Keliling Singapura
Rp500 Ribu Keliling Singapura

tombol beli buku

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih