in

Apa itu Podcast? Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Apa itu Podcast? – Pada saat ini, podcast menjadi salah satu trend di Indonesia. Banyak dari content creator hingga influencer membuat sebuah konten dengan berbasis siaran radio atau biasa dikenal dengan istilah podcast. Para penonton merasa tertarik dengan adanya konten tersebut sebab, terdapat sebuah proses diskusi menarik yang disajikan secara santai.

Podcast merupakan salah satu media konten yang banyak mendapat perhatian masyarakat. Sebab terkesan lebih fleksibel dan intens apabila dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya.
Istilah podcast pertama kali diajukan oleh seorang jurnalis The Guardian, Ben Hammersley, di tahun 2004. Kata podcast sendiri memiliki arti kepanjangan yakni play on demand dan broadcast.

Kemudian, akhirnya diambil oleh salah satu produk Apple, iPod hingga aplikasi Apple Podcasts.
Setelah itu, Apple mengeluarkan sebuah fitur podcast pada tahun 2005. Sekitar satu tahun sejak Apple merilis fitur tersebut, siaran audio telah mulai berdatangan dari berbagai jaringan radio.

Contohnya CBC Radio One, NPR, BBC dan lain sebagainya. Pada sekarang ini, tak hanya media penyiaran besar saja yang dapat membawakan podcast, tetapi kamu bisa menjadi salah satu orang yang dapat membawakan podcast.

Pada artikel ini akan membahas mengenai apa itu podcast atau pengertian podcast, manfaat apa saja yang didapatkan dari podcast dan bagaimana cara membuat podcast. Sehingga jika kamu, seseorang yang tertarik pada dunia penyiaran ataupun seseorang yang ingin membuat konten sendiri melalui sebuah siaran radio yang menarik. Maka, kamu perlu mengetahui penjelasan mengenai podcast selengkapnya dibawah ini.

Apa itu Podcast? Pengertian Podcast

Podcast adalah sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Beda halnya dengan radio yang wajib dilakukan dan dibawakan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Sedangkan, podcast bisa diimplementasikan secara fleksibel atau kapanpun kamu inginkan. Serta bisa kamu dengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.

Pada sekarang ini kamu juga bisa memakai podcast lewat aplikasi pihak ketiga atau yang biasa dikenal dengan nama Anchor. Karena sifatnya yang on demand, menjadikan podcast sangat disenangi oleh para pengguna internet saat ini ketimbang mendengarkan siaran dari radio yang mempunyai keterbatasan dalam mengakses, frekuensi, dan waktu.

Podcast menjadi salah satu media yang masih berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Menurut Phillips tahun 2017, Podcast adalah sebuah file audio digital yang dibuat dan diunggah pada platform online untuk dibagikan kepada orang lain. Podcast mengacu pada distribusi file audio pada format digital. File audio tersebut bisa diakses secara langsung menggunakan desktop, gadget maupun dikirimkan ke perangkat media portable misalnya MP3 player untuk didengarkannya.

Manfaat Podcast

Pernah nggak sih, kamu merasa bosan saat sedang menunggu kendaraan umum maupun saat tengah dalam perjalanan ? Tentunya, ketika itu kamu bingung untuk mengatasinya guna memanfaatkan waktu senggang tersebut. Nah, bagi kamu yang merasakan seperti itu, sekarang kamu tak perlu bingung atau risau lagi ya. Karena kamu dapat menggunakan waktu luang tersebut dengan cara mendengarkan podcast.

Podcast mulai terkenal pada tahun 2009. Sejatinya, podcast itu ialah sebuah rekaman audio yang membicarakan tentang berbagai topik tertentu. Di Amerika Serikat, serta negara-negara Eropa lainnya, podcast sangat populer di semua kalangannya. Terutamanya di kalangan penikmat film dan buku.

Namun sayang sekali, di Indonesia budaya untuk mendengarkan podcast masih kurang. Padahal terdapat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam podcast tersebut. Apa saja manfaatnya ? Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh podcast diantaranya yaitu :

1. Terdapat Berbagai Variasi Pilihan Kategori dalam Podcast

Manfaat yang pertama dari podcast yaitu terdapatnya berbagai variasi pilihan kategori dalam podcast. Banyaknya topik bahasa yang bisa kamu pakai dalam membuat siaran podcast. Mulai dari kategori musik, film, komedi, politik, hingga figur publik. Kamu dapat menggunakan kategori tersebut dengan menyesuaikan konten pada channel yang kamu milikinya.

banner-promo-gramedia

Di negara Amerika Serikat, podcast lebih banyak direkomendasikan sebab memiliki lingkup informasi yang cukup luas dan beraneka ragam. Contohnya mulai dari sains, cerita anak-anak, politik, parenting, psikologi, sampai dengan pop culture seperti film, dan musik.

Selain itu, Materi obrolan yang akan dibahas oleh podcast tak cuma menyajikan informasi secara umum atau general saja. Akan tetapi juga membahas mengenai perspektif lainnya. Adanya argumen menarik dalam sebuah diskusi yang disampaikan oleh podcaster, membuat kamu sebagai pendengar dapat mampu berpikiran secara terbuka dan belajar menganalisa informasi yang telah disampaikan.

2. Tidak Adanya Banyak Iklan

Manfaat podcast yang kedua yaitu tidak adanya iklan. Di dalam sebuah podcast, tidak menayangkan iklan meskipun kamu tidak berlangganan sekalipun. Beda halnya dengan radio yang selalu menyelipkan beberapa iklan di dalam sebuah siaran langsungnya.

Dengan tidak adanya iklan tersebut, kamu sebagai pendengar bisa mendengarkan obrolan atau diskusi dengan lebih nyaman dan fokus. Jadi, tak heran apabila sejumlah orang banyak yang gemar mendengarkan podcast.

3. Dapat Mendengarkan Podcast Dengan Lebih Fleksibel

Manfaat yang ketiga ini adalah manfaat paling penting dalam sebuah podcast yaitu kamu bisa mendengarkan podcast secara lebih fleksibel. Podcast tersebut dapat mudah didengarkan pada kapan saja dan dimana saja kamu berada. Meskipun podcast memiliki variasi dalam bentuk video, tetapi pada umumnya podcast lebih banyak dalam bentuk audio.

Terlebih-lebih, pada saat ini, aplikasi podcast sudah mulai banyak ditemui di iOS hingga Android secara gratis. Sehingga, jika kamu ingin mendengarkan podcast kamu bisa mendengarkan siaran tersebut tanpa batasan waktu maupun tempat. Serta kamu juga bisa mengakses ketika berangkat bepergian, pulang kerja, sebelum tidur, atau ketika merasa bosan. Pada Podcast spotify menyediakan sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengunduh tayangan nanti.

4. Melatih Imajinasi

Sama halnya dengan membaca, mendengarkan podcast juga bisa melatih imajinasi kamu. Sebab umumnya podcast tidak mempunyai visual, dengan lebih memfokuskan pada indera pendengaran yang akan membuat kamu untuk membayangkan hal yang dibicarakannya. Dengan begitu, para pendengar podcast akan mempunyai imajinasi yang lebih luas dan terlatih berpikir secara kreatif.

5. Menjadi Pendengar yang Lebih Baik

Bagi kamu yang sering mendengarkan podcast, maka secara tidak langsung kemampuan mendengarkan kamu juga akan terlatih. Hingga akhirnya akan membuat kamu menjadi seorang pendengar yang baik bagi orang lain.

Selain itu, kemampuan mendengar tersebut juga akan membantu kamu untuk lebih fokus pada suatu hal, mempunyai sifat simpati yang lebih tinggi, melatih untuk berpikir kritis, serta tentunya bisa membangun hubungan pertemanan secara baik dengan orang lain.

6. Belajar Hal Baru

Podcast telah menyediakan berbagai pilihan topik dan sub judul yang cukup bervariasi, sehingga kamu bisa menentukan mana yang menurut kamu menarik. Ketika mendengarkan podcast, tak hanya informasi secara umum saja yang menjadi bahan obrolan. Tetapi juga menyediakan kisah atau cerita dari perspektif berbeda lainnya, sehingga para pendengar mampu belajar mengenai suatu hal baru atau pengetahuan yang baru.

Selain itu, argumen yang kerap kali disampaikan oleh podcaster tersebut juga bisa membuat pikiran pendengar menjadi lebih terbuka serta dapat mampu menganalisa mengenai informasi yang telah disampaikannya tersebut.

7. Melatih Stimulasi Otak

Banyaknya sebuah situs edukasi yang memberikan saran bagi mahasiswa untuk lebih sering mendengarkan podcast mengenai topik pelajaran terkait. Hal itu berkaitan dengan istilah brain gym. Sebab pada umumnya podcast tidak mempunyai visual, sehingga otak kamu akan lebih fokus pada indera pendengaran dalam menggali informasi.

Brain gym yang dimaksud adalah dengan tidak adanya sebuah elemen visual dalam podcast membuat kamu bisa lebih imajinatif dalam menggambarkan berbagai informasi yang kamu dapat melalui indera pendengaran tadi. Selain itu fokus diskusi yang ada pada podcast tersebut dapat menitikberatkan kamu pada seni berpikir kritis.

Informasi yang telah ada itu kemudian ditelaah kembali oleh podcaster menggunakan berbagai teori serta perspektif tertentu lainnya. Sehingga kamu tak cuma mengetahui alasan “mengapa” tetapi juga “bagaimana” topik yang sedang didiskusikan tersebut bisa sampai terjadi. Mendengarkan podcast juga bisa membuat kamu terbuka akan kemungkinan solutif lainnya.

8. Bagi anak-anak, podcast mampu meningkatkan akurasi kemampuan membaca

Michael Godsey adalah seorang editor bagian pendidikan dari koran digital The Atlantic yang mengatakan bahwa apabila kamu mendengarkan podcast, maka mampu meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Kebiasaan mendengarkan podcast sambil dengan membaca transkrip dinilai bisa membantu meningkatkan kemampuan akurasi membaca pada anak-anak di usia sekolah dasar.

Hal itu disebabkan oleh kebiasaan dalam menstimulasi otak untuk melakukan decoding yang menjadi salah satu bagian fundamental dalam membaca. Sedangkan untuk para pelajar SMP dan SMA, kebiasaan mendengarkan podcast juga bisa meningkatkan minat membaca siswanya.

9. Bagi podcaster, memiliki podcast dapat membangun kredibilitas

Podcast mempunyai banyak manfaat tak hanya bagi pendengarnya saja tetapi juga bagi mereka yang menjalankannya atau biasa dikenal dengan nama podcaster. Podcast dapat menjadi sarana podcaster dalam menyalurkan hobi mereka yang suka dalam berdiskusi mengenai topik tertentu. Di dalam dunia bisnis, podcast ini biasa digunakan sebagai salah satu upaya dalam kegiatan branding.

Tetapi yang paling utama, dalam menjalankan sebuah podcast dengan baik yaitu bisa meningkatkan kredibilitas kamu sebagai podcaster. Kamu, tentunya sudah tahu bahwa topik yang didiskusikan dalam sebuah podcast tersebut diperlukan riset yang matang sebab elemen utama dari itu ialah analisis kritis.

Ketika podcaster bisa membawakan hal diatas, maka minat pendengar akan meningkat. Mereka pun menjadi semakin sering mendengarkan podcast, dan adanya kemungkinan podcast kamu direkomendasikan akan semakin besar. Oleh karena itu tak heran saat ini banyak dari influencer maupun content creator yang serius memanfaatkan podcast, salah satunya yaitu Ryan Higa.

10. Sebagai alternatif dari radio dan televisi

Podcast sebetulnya merupakan sebuah rekaman audio. Seringkali podcast menjadi salah satu alternatif dari radio. Serta di dalam beberapa kasus alternatif lainnya yaitu televisi. Sebab, pada saat ini sudah mulai ada podcast dalam bentuk video.
Topik yang dibahas dalam sebuah podcast tersebut beraneka macam. Podcast itu menjadi menarik apabila pembahasan di dalamnya sangat mendalam dan spesifik, tetapi tetap interaktif sebab melibatkan diskusi dari dua podcaster.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

 

Cara Membuat Podcast

Mungkinkah kamu jika membuat podcast sendiri ? Jawabnya sangat mungkin, sebab asal kamu memahami apa saja yang perlu dilakukan mengenai bagaimana cara membuat podcast. Maka kamu dapat membuatnya sendiri.

Pada kali ini akan membahas mengenai cara membuat podcast yang baik dan tepat. Agar bisa mengembangkan konten yang menarik, dibutuhkannya beberapa kebutuhan yang perlu untuk dipenuhinya. Berikut adalah cara membuat podcast :

1. Menentukan Tema yang Tepat

Cara membuat podcast yang pertama yaitu menentukan tema atau topik bahasan secara tepat. Hal itu dapat kamu lakukan dengan cara memastikan topik terlebih dahulu sesuai dengan apa yang ingin kamu kembangkan. Pada saat ini telah banyak podcast yang ditayangkan secara publik lewat layanan musik digitalnya.

Beberapa media podcast juga telah menyediakan beberapa kategori misalnya olahraga, komedi, politik, film, musik dan lain sebagainya. Sehingga pastikan kamu telah memilih topik dan niche yang sesuai dengan minat dan ketertarikanmu.

2. Mempersiapkan peralatan

Cara yang selanjutnya yaitu mempersiapkan segala kebutuhan mengenai alat dan bahan untuk proses pembuatan. Sebaiknya, kamu jangan menyiapkan mikrofon built in pada laptop maupun komputer. Namun, kamu bisa menyiapkan mikrofon secara terpisah dan lebih profesional.

Kamu juga perlu menentukan jenis mikrofon yang mempunyai fitur peredam suara yang baik agar saat proses pembuatan tidak mengganggu suara di sekitar. Serta, perlunya melakukan proses rekaman di dalam ruangan yang mempunyai peredam suara atau jauh dari kebisingan.

3. Membuat konten sesuai tema yang ditentukan

Setelah menentukan tema dan menyiapkan berbagai alat dan bahannya, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah pembuatan atau script untuk memulai rekaman podcast. Pertama, kamu bisa merancang rekaman untuk perkenalan diri terlebih dahulu.

Kemudian, membuat script untuk tayangan podcast sesuai durasi yang telah ditentukan. Pada umumnya durasi untuk setiap siaran berkisar antara 20 sampai 60 menit. Disesuaikan kembali dengan topik yang akan dibahas nantinya. Dalam membawakan sebuah podcast, pakailah bahasa yang lebih informatif, jelas, padat, dan interaktif dengan narasumber.

4. Menggunakan editing software

Terdapat banyak sekali aplikasi pengedit audio yang bisa kamu gunakan. Contohnya yaitu Adobe Audition atau Audacity. Bagi kamu yang membutuhkan software secara gratis, maka kamu bisa memakai Audacity. Sementara, Jika kamu memerlukan layanan fleksibel dan aplikasi penyunting audio secara lebih kompleks, maka kamu dapat memakai Adobe Audition.

5. Melakukan proses upload

Cara membuat podcast yang terakhir adalah melakukan proses upload hasil audio yang telah selesai dibuat. Pentingnya kamu untuk menambahkan beberapa keterangan penting misalnya judul, seri, deskripsi, kategori, dan lain sebagainya.

Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan deskripsi masing-masing episode podcast setiap kali kamu mengunggah episode baru. Kamu bisa membuat rangkuman 1-2 kalimat yang menjelaskan ringkasan topik utama di episode tersebut. Jika sudah, maka lengkapilah seri podcast dengan berbagai gambar sampul yang menarik.



Kamu juga bisa memakai layanan dari pihak ketiga seperti Anchor untuk mengunggah tayangan podcast kamu ke dalam berbagai platform media digital yang telah ada. Contohnya podcast Spotify, SoundCloud, dan Youtube.

Setelah mengetahui pengertian podcast, hingga cara membuatnya, apakah kamu tertarik untuk membuatnya? Selain membagikan pada platform media digital, kamu juga dapat membagikan potongan podcast di media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak oleh khalayak. Tak hanya media sosial, kamu juga bisa menggunakan podcast untuk membangun brand image bisnis menjadi lebih baik.

Baca juga artikel terkait “Pengertian Podcast” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah