in

Matcha: Teh Hijau Jepang Kaya Manfaat

Grameds, untuk kamu yang merupakan kaum matcha lovers pastinya tahu, dong, terbuat dari apa sebenarnya matcha itu. Matcha, teh hijau Jepang yang terkenal dengan warna hijaunya yang cerah dan cita rasanya yang khas, telah menjadi simbol keanggunan dan tradisi dalam budaya Jepang selama berabad-abad. Lebih dari sekadar minuman, matcha adalah bentuk seni yang mencakup proses penanaman, pemanenan, dan penyajiannya yang rumit dan penuh makna. Namun, tahukah kamu, matcha juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, lho! Yuk, simak penjelasan artikel di bawah ini.

 

Apa itu Matcha?

Matcha adalah jenis teh hijau yang unik dari Jepang, yang dikenal karena bentuknya yang berupa bubuk halus dan warnanya yang hijau cerah. Tidak seperti teh hijau biasa yang diseduh dengan merendam daun teh dalam air panas, matcha dibuat dari daun teh yang digiling halus sehingga dapat dikonsumsi seluruhnya dalam bentuk bubuk. Hal ini memberikan matcha keunggulan dalam hal konsentrasi nutrisi dan rasa dibandingkan dengan teh hijau lainnya.

 

Karakteristik Matcha

(Sumber foto: www.pexels.com)

Dengan keunikannya, matcha dapat dengan mudah dibedakan dari jenis teh hijau lainnya berdasarkan karakteristik berikut ini:

A. Warna dan Tekstur

Matcha memiliki warna hijau terang yang menandakan kualitas dan kesegarannya. Teksturnya sangat halus dan serbuknya hampir seperti tepung, yang memungkinkan matcha larut sempurna dalam air saat diseduh.

B. Rasa

Rasa matcha bervariasi tergantung pada kualitasnya. Matcha berkualitas tinggi memiliki rasa umami yang kuat dengan sedikit rasa manis alami dan sedikit rasa pahit. Matcha berkualitas lebih rendah mungkin memiliki rasa yang lebih pahit dan kurang halus.

 

Klasifikasi Kualitas Matcha

Matcha, bubuk teh hijau halus yang khas dari Jepang, memiliki beragam kualitas yang tercermin dalam berbagai klasifikasi. Memahami kualitas matcha adalah kunci untuk menikmati pengalaman minum teh yang autentik dan memuaskan. Berikut adalah beberapa klasifikasi kualitas matcha yang umum:

1. Ceremonial Grade Matcha

Ceremonial grade matcha merupakan kelas tertinggi dalam hal kualitas matcha. Dibuat dari daun teh hijau yang dipilih dengan hati-hati dan diproses dengan sangat teliti, ceremonial grade matcha memiliki warna hijau yang cerah, aroma yang segar, dan rasa yang lembut dan halus. Matcha ini biasanya digunakan dalam upacara minum teh tradisional Jepang (chanoyu) dan dikenal karena kualitasnya yang superior.

2. Premium Grade Matcha

Premium grade matcha merupakan kelas matcha yang memiliki kualitas yang tinggi namun sedikit di bawah ceremonial grade. Matcha ini juga dibuat dari daun teh yang dipilih secara selektif dan diolah dengan hati-hati, tetapi mungkin memiliki sedikit perbedaan dalam warna, aroma, atau rasa dibandingkan dengan ceremonial grade. Premium grade matcha sering kali digunakan untuk minum sehari-hari atau digunakan dalam resep masakan dan kue.

3. Culinary Grade Matcha

Culinary grade matcha adalah kelas matcha yang lebih murah dan cocok untuk penggunaan dalam masakan dan kue-kue. Matcha ini biasanya memiliki warna yang lebih tua, aroma yang lebih kasar, dan rasa yang lebih tajam dibandingkan dengan kelas-kelas yang lebih tinggi. Meskipun tidak cocok untuk minum sehari-hari, culinary grade matcha masih memberikan manfaat kesehatan yang signifikan dan dapat digunakan dalam berbagai resep kulinernya.

4. Cooking Grade Matcha

Cooking grade matcha adalah kelas matcha yang paling rendah dalam hal kualitas dan umumnya digunakan untuk penggunaan yang sangat kasar dalam memasak. Matcha ini sering kali memiliki warna yang coklat keabu-abuan, aroma yang kurang menarik, dan rasa yang pahit. Meskipun tidak cocok untuk minum atau digunakan dalam resep yang membutuhkan rasa yang halus, cooking grade matcha masih dapat memberikan warna hijau yang menarik dan manfaat kesehatan yang sama seperti kelas-kelas yang lebih tinggi.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

 

Manfaat Matcha Bagi Kesehatan

(Sumber foto: www.pexels.com)

Matcha, teh hijau bubuk yang berasal dari Jepang, dikenal tidak hanya karena rasa dan keunikan penyajiannya, tetapi juga karena kandungan nutrisinya yang tinggi serta manfaat kesehatan yang berlimpah. Dengan cara penanaman dan pengolahan yang khusus, matcha menawarkan berbagai keunggulan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi matcha:

1. Kaya Antioksidan

Matcha mengandung antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi, terutama katekin, yang merupakan jenis antioksidan kuat. Katekin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG), membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat mencegah kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Meningkatkan Metabolisme dan Membantu Pembakaran Lemak

Kandungan EGCG dalam matcha tidak hanya berperan sebagai antioksidan, tetapi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Studi menunjukkan bahwa matcha dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak selama aktivitas fisik, sehingga mendukung program penurunan berat badan dan menjaga berat badan ideal. Tidak hanya teh sebagai minuman, tetapi Grameds bisa mengolah matcha ke berbagai masakan seperti kue, puding, roti, dan lainnya. Baca resep-resep kue matcha melalui buku di bawah ini.

 

Green Tea Cake

Buku ini mengoleksi resep-resep green tea, baik dari green tea berupa daun ataupun green tea berupa bubuk (matcha) yang bisa menjadi favorit baru kamu dan keluarga. Itu tak lain karena cita rasa kudapan atau minuman dari green tea terasa ringan, tidak terlalu gurih, dan cocok disajikan untuk segala acara dan suasana, baik santai ataupun istimewa, seperti pada acara ulang tahun! kamu dapat mencicipi, antara lain, Cupcake Green Tea Yoghurt, Cupcake Green Tea Lapis Es Krim, Cake Green Tea Sencha, Cake Green Tea Rendah Lemak, Puding Roti Green Tea, dan Kue Kering Green Tea Maizena.

 

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Ketenangan

Matcha mengandung L-theanine, sebuah asam amino yang memiliki efek menenangkan pada otak tanpa menyebabkan kantuk. Kombinasi unik dari L-theanine dan kafein dalam matcha dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, dan kinerja mental. Efek ini membuat matcha menjadi minuman yang ideal untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres.

4. Detoksifikasi Alami

Proses peneduhan daun teh sebelum dipanen meningkatkan produksi klorofil dalam matcha, yang memberi warna hijau cerah dan membantu proses detoksifikasi tubuh. Klorofil dapat membantu membersihkan racun dan logam berat dari tubuh, serta mendukung fungsi hati yang sehat.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Matcha mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, selenium, kromium, zinc, dan magnesium yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsi matcha secara rutin dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit dengan lebih efektif.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam matcha, terutama katekin, telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, matcha dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam matcha juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mereka membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi, serta dapat memperlambat proses penuaan dengan mengurangi munculnya keriput dan garis halus. Kandungan vitamin dalam matcha juga dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan bercahaya.

8. Membantu Mengatur Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa konsumsi matcha dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga berguna bagi penderita diabetes tipe 2 atau mereka yang berisiko mengalami diabetes. Katekin dalam matcha dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Resep Green Tea Cake ala Cafe

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Green Tea atau Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh Camellia sinensis yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi.

Semenjak hasil penelitian membuktikan bahwa teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan, reputasinya kini semakin mendunia. Penelitian tersebut antara lain menunjukkan bahwa aneka penyakit akibat gaya hidup modern begitu rendah di Jepang. Ini tentu karena masyarakat Jepang terbiasa minum teh hijau sebanyak kita minum teh hitam.

Green Tea atau Teh hijau tidak saja nikmat diseduh sebagai minuman, tetapi dapat juga digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan seperti cake, es krim, camilan, dan permen. Cita rasanya yang khas, segar, gurih, serta kaya manfaat membuat cake dan aneka jenis makanan yang mengandung Green Tea mudah disukai semua kalangan.

Buku ini menyajikan 22 resep Green Tea Cake yang biasa dijumpai di cafe-cafe, cita rasanya lezat dan membuatnya tidak sulit. Jadi tunggu apalagi, mari menyajikan cake teh hijau buatan sendiri untuk keluarga dan orang-orang tersayang.

 

Kesimpulan

Matcha telah menjadi lebih dari sekadar minuman; ia adalah simbol dari warisan budaya yang kaya dan kearifan tradisional Jepang. Dengan kandungan nutrisinya yang tinggi dan berbagai manfaat kesehatan yang terbukti, matcha menawarkan pengalaman kuliner yang unik sambil memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai pencampuran yang sempurna antara kekayaan tradisi dan inovasi zaman modern, matcha mengajarkan kita tentang pentingnya menghargai alam dan keseimbangan antara pikiran, tubuh, dan jiwa. Dengan setiap tegukan matcha, kita tidak hanya merasakan cita rasa yang lezat, tetapi juga merayakan keajaiban budaya dan kesehatan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Grameds, kamu bisa mencari tahu lebih lengkap terkait matcha dan teh-teh lainnya melalui kumpulan buku yang tersedia di Gramedia.com.

 

Rekomendasi Buku Terkait

Jangan lupa untuk membaca berbagai buku pilihan terkait teh. Mari kita jelajahi cerita-cerita yang menginspirasi, pengetahuan yang mendalam, dan informasi yang menarik di dalamnya!

1. Unfolding The Mysteries of Tea

Unfolding The Mysteries Of Tea

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Setiap seduhan teh memiliki keistimewaan tersendiri. Baik itu dari segi cita rasa, warna, hingga manfaat yang terkandung di dalamnya. Berbagai aspek dapat memengaruhinya dan menjadi “misteri” tersendiri yang terkadang belum terungkap oleh khalayak ramai. Dalam buku ini, terungkap rahasia dan fakta menarik mengenai teh sehingga dengan buku ini, masyarakat dapat menyeduh teh yang berkhasiat dan mengetahui manfaat yang ada di dalamnya.

 

2.Tea Mixology

Tea Mixology

button cek gramedia com

Buku ini berisikan panduan membuat tea mixology yang ditulis oleh Cakra Virajati yang merupakan juara di beberapa kompetisi teh tingkat nasional yang juga sebagai pemilik kedai teh DIALOG. Buku ini dilengkapi, dengan panduan membuat 20 resep tea mixology dan cara membuat homemade syrup yang dapat dipraktikkan untuk kebutuhan sendiri maupun skala usaha.

 

3. Diary of a Tea Drinker

Diary of a Tea Drinker

The Tea Drinker’s Diary menyampaikan pesan mendalam tentang pengetahuan teh. Dari sejarah perjalanan teh, jenis teh, aksesoris teh, hingga teknik minum teh. Buku ini lebih dari sekedar cerita tentang dunia teh yang kompleks. Selain itu, buku ini berupaya mengajak pembaca untuk menjelajahi dunia teh dari berbagai tradisi “secara visual”. Buku teh khusus ini ditulis oleh Othniel Giovanni, seorang pengelana dan pecandu teh yang memiliki akun Instagram eksotis.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.2k
  • Tidak
    6% 6% 84 / 1.2k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu