in

9 Manfaat Terong Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui!

unsplash.com

Manfaat Terong – Terong sebagai adalah salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dari seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Meski sering dianggap sebagai sayuran, secara teknis terong masuk ke dalam kategori buah, karena tumbuh dari tanaman berbunga serta mengandung biji.

Manfaat terong untuk kesehatan sendiri berasal dari kandungan vitamin, mineral, dan nutrisinya. Menurut USDA, terong juga memiliki kandungan air yang tinggi tanpa kolesterol ataupun lemak dan merupakan sumber vitamin C, fosfor, tembaga, serat makanan, asam folat, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan.

Terong juga memiliki banyak varietas dengan variasi dalam ukuran dan warna. Terong dengan kulit ungu yang paling umum. Namun, ada juga jenis terong berwarna merah, hijau atau bahkan hitam. Daging buah terong memiliki konsistensi yang lembut, cukup padat. Manfaat terong sering digunakan sebagai pengganti daging terutama pada para penganut vegetarian.

Tidak hanya itu, ternyata manfaat terong masih sangat banyak, tetapi tak semua orang mengetahui akan manfaat terong. Bagi kamu yang belum mengetahui manfaat terong, maka bisa simak artikel ini, Grameds.

Manfaat Mengonsumsi Terong

Manfaat Terong
pixabay.com

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat terong untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

1. Jaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat terong dalam menjaga kesehatan yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Terong, seperti juga pada banyak sayuran lainnya, adalah sumber serat makanan yang baik serta merupakan elemen penting dalam diet seimbang. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan dan akan membantu memperlancar aktivitas buang air besar secara teratur.

Selain itu, serat juga akan membuat tinja menjadi lebih banyak, sehingga menjadi lebih mudah melewati saluran pencernaan, serta merangsang gerakan peristaltik, kontraksi otot polos yang akan membantu makanan didorong keluar dari tubuh. Pada akhirnya, serat juga akan turut membantu dalam merangsang sekresi cairan lambung yang akan memfasilitasi penyerapan nutrisi dan pemrosesan makanan.

Bahkan, serat juga telah dikaitkan dengan berbagai pengurangan penyakit jantung, karena dapat membantu menghilangkan beberapa kolesterol jahat LDL yang umumnya menyumbat arteri dan vena, hingga mengakibatkan aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Jadi, sudahkah kamu konsumsi terong hari ini?

2. Turunkan Berat Badan

Manfaat Terong
pixabay.com

Manfaat terong bagi kesehatan lainnya adalah dalam membantu proses penurunan berat badan. The American Heart Association merekomendasikan 25-30 gram asupan serat makanan per hari jika kamu diet 2000 kalori. Oleh karenanya, kamu harus melakukan juga berbagai upaya dalam meningkatkan asupan serat makanan. Dikarenakan terong memiliki sedikit lemak serta kolesterol dan memiliki kandungan air yang tinggi, maka terong menjadi makanan yang sangat sehat bagi kamu yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan dan memerangi obesitas.

Serat juga sangat mengenyangkan, serta berguna menghambat pelepasan ghrelin, hormon yang memberi sinyal lapar. Terong juga menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi nafsu makan karena sifatnya yang mengenyangkan, sehingga asupan kalori kamu tetap terjaga.

3. Punya Potensi Anti Kanker

Manfaat terong lainnya adalah memiliki potensi anti-kanker. Solasodine rhamnosyl glycosides, ekstrak yang ditemukan di dalam kulit terong ini telah menunjukkan berbagai potensi sebagai pengobatan topikal dalam membunuh sel kanker kulit. Sebuah artikel di International Journal of Clinical Medicine melaporkan bahwa dua studi kasus di mana ekstrak terong berhasil digunakan untuk mengobati kanker kulit non-melanoma.

4. Tingkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat terong lainnya adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan pada tulang. Terong sangat baik bagi mereka yang memiliki risiko tinggi mengalami degradasi tulang serta osteoporosis. Hal ini karena terong mengandung senyawa fenolik, yang turut memberikan warna-warna unik pada terong.

Senyawa ini juga telah dikaitkan dengan berkurangnya berbagai tanda-tanda osteoporosis, tulang yang lebih kuat, serta peningkatan kepadatan mineral tulang pada beberapa populasi tertentu. Terong juga kaya akan zat besi dan kalsium yang juga merupakan bagian integral dari kesehatan tulang serta kekuatan tulang secara keseluruhan.

5. Cegah Anemia

Manfaat Terong
pixabay.com

Manfaat terong bagi kesehatan lainnya adalah dalam membantu mencegah anemia. Kekurangan zat besi sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, serta akan bermanifestasi sebagai anemia. Anemia ditandai dengan sakit kepala, kelelahan, depresi, hingga kerusakan kognitif.

Oleh karena itu, makan makanan tinggi zat besi akan membantu memerangi anemia, salah satu buah yang kaya akan zat besi adalah terong. Terong juga berpotensi kaya akan tembaga, komponen penting lain dari sel darah merah (RBC), seperti diantaranya pada zat besi. Tanpa kedua mineral ini, sel darah merah dalam tubuh tidak dapat berfungsi secara normal. Dengan sel darah merah yang lebih sehat dan dapat mengalir melalui pembuluh darah, kamu akan memiliki peningkatan energi dan kekuatan yang nyata, sehingga akan membantu akan menghilangkan perasaan lelah.

6. Tingkatkan Fungsi Otak

Manfaat terong lainnya untuk kesehatan adalah untuk membantu meningkatkan fungsi kerja otak. Terong memiliki sumber fitonutrien yang sangat luar biasa, akan membantu meningkatkan aktivitas kognitif serta kesehatan mental seseorang secara umum. Mereka tak hanya akan bertahan dalam melawan berbagai aktivitas radikal bebas namun juga meningkatkan aliran darah ke otak.

Fitonutrien dan potasium, yang akan bertindak sebagai vasodilator akan membantu melebarkan pembuluh darah, dan dapat dianggap sebagai “penguat otak”, yang mengantarkan lebih banyak darah serta kaya oksigen ke otak.

7. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat terong untuk kesehatan lainnya adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung. Terdapat berbagai cara terong yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, salah satunya adalah kandungan seratnya. Mereka juga dapat mengurangi keberadaan kolesterol LDL jahat dalam tubuh, serta merangsang penyerapan kolesterol HDL baik.

Keseimbangan kolesterol di dalam tubuh terus berfluktuasi berdasarkan pada makanan yang kita makan dan disampaikan dengan menggunakan rasio (kolesterol total rasio HDL). Dengan semakin banyak kolesterol HDL yang dimiliki oleh tubuh, maka kondisi tubuh akan semakin baik. Dengan mengonsumsi terong, maka dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, sehingga dapat mencegah serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis.

8. Kelola Penyakit Diabetes

Manfaat Terong
pixabay.com

Manfaat terong lainnya adalah dalam membantu mengelola penyakit diabetes. Program Pendidikan Diabetes Nasional NIH dan American Diabetes Association ini merekomendasikan diet berbasis terong sebagai pilihan dalam pengelolaan diabetes tipe 2. Dikarenakan kandungan seratnya yang berpotensi tinggi dan jumlah karbohidrat larut yang rendah, maka terong bisa dijadikan sebagai makanan yang ideal untuk mengelola penyakit ini.

Kualitas terong berguna sebagai pengatur aktivitas glukosa dan insulin dalam tubuh. Ketika kadar insulin stabil dan tubuh tak mengalami penurunan drastis dan lonjakan gula darah, maka efek samping diabetes yang berpotensi berbahaya dapat dihindari.

9. Cegah Cacat Lahir

Manfaat terong lainnya untuk kesehatan adalah membantu mencegah cacat lahir. Terong yang kaya akan asam folat bisa dijadikan sebagai sumber makanan yang ideal untuk wanita hamil. Jumlah asam folat yang cukup diyakini bisa melindungi bayi dari cacat tabung saraf, yang dapat terjadi dalam beberapa cara. Oleh karenanya, selalu disarankan agar ibu hamil melacak asupan asam folat mereka.

Cara Mengolah Terong dengan Baik

Manfaat Terong
pixabay.com

Terdapat banyak cara memasak yang dapat dipilih untuk memperoleh nutrisi terong secara maksimal, misalnya saja dengan cara dipanggang, ditumis, ataupun dikukus. Berikut ini adalah salah satu resep memasak terong panggang yang bisa kamu praktekkan di rumah:

1. Resep Terong Panggang

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 400–500 gr terong, potong-potong berbentuk dadu
  2. 2 sdm minyak zaitun
  3. ½ sdt garam dan ¼ sdt lada hitam

Langkah membuat:

  1. Panaskan dulu oven dengan suhu 425 derajat Celcius.
  2. Kemudian masukkan terong yang telah dipotong dadu ke dalam mangkuk dan tambahkan minyak zaitun, garam, serta lada, kemudian campurkan ke terong hingga bumbunya merata.
  3. Letakkan terong ke dalam loyang panggangan, kemudian panggang terong dalam oven selama kurang lebih 15 menit pada setiap sisi. Terong panggang siap disantap.

2. Resep Terong Bakso Balado

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 3 buah terong ungu dengan ukuran sedang
  2. Bakso sesuai selera
  3. Minyak secukupnya
  4. 5 siung bawang putih
  5. 5 siung bawang merah
  6. 5 cabai keriting merah
  7. 5 cabai rawit
  8. 1 buah kemiri
  9. 1 buah tomat
  10. Garam atau kaldu bubuk

Langkah membuat terong bakso balado, yaitu:

  1. Haluskan dulu semua bumbu, bisa diulek ataupun diblender. Kemudian Potong terong dan bakso sesuai selera.
  2. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu hingga berbau harum. Kemudian tambahkan sedikit air dan Masukkan terong dan bakso, aduk rata. Angkat jika sudah matang.
  3. Terong bakso balado siap untuk disajikan.

3. Resep Terong Raos

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat terong raos, yaitu:

  • 2 buah terong ungu, iris-iris tipis
  • 100 ml air
  • 2 batang daun bawang, iris
  • 2 papan petai
  • 2 sdm saus tiram
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula
  • Garam secukupnya

Bahan-bahan pencelup:

  • 150 gr tepung bumbu serbaguna
  • 2 sdm tepung beras
  • Air dingin secukupnya

Bahan-bahan sambal (ulek kasar):

  • 10 siung bawang merah kecil
  • 4 siung bawang putih kecil
  • 5 cabai merah
  • 15 cabai rawit

Langkah membuat terong raos, yaitu:

  1. Campurkan dulu bahan pencelup dan aduk rata.
  2. Celupkan terong ke dalam adonan, kemudian goreng hingga krispi, dan tiriskan.
  3. Tumis bumbu hingga wangi, lalu beri sedikit air. Masukkan saus tiram, kecap manis, gula serta garam secukupnya, koreksi rasa.
  4. Masukkan juga petai, masak sampai mengental.
  5. Masukkan terong, kemudian aduk merata. Terakhir taburi daun bawang, dan sajikan.

Dengan beragam khasiat di atas tentunya tidak akan diperoleh secara optimal jika kamu tidak menjaga pola hidup dan pola makan sehat secara keseluruhan. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah berolahraga secara rutin, memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap hari, mengelola stres,mencukupi waktu tidur, menghindari rokok, dan minuman beralkohol.

Buku-Buku Terkait

1. Another Cooking With Love

Manfaat Terong

Sejak tahun 2013, Icha Irawan mengikuti suaminya untuk hijrah dan tinggal di Sydney – Australia. Berawal dari kerinduan nya akan makanan Indonesia, Icha mencoba meramu berbagai resep masakan Indonesia sampai akhirnya membuka Catering Rumahan masakan Indonesia di Sydney Australia tahun 2015-2018. Namun tidak sampai disitu kegemaran Icha memasak, menciptakan resep resep yang mudah dimengerti, dan membagikan resep resep masakannya di akun Instagramnya—@icha.irawan—yang saat ini memiliki 329.000 lebih follower.

Ternyata hal itu membawanya sebagai penulis buku resep masakan yang pertama kali terbit tanggal 14 Januari 2019. Buku Icha irawan yang pertama berjudul Cooking With Love ala Dapur Momychaa ini telah mendapatkan predikat MEGA BEST SELLER. Buku ke-2 nya ini berisi 100 lebih resep- resep yang beragam tidak hanya masakan tapi juga kue dan roti.

Dan yang membuat istimewa buku ini ialah ada beberapa resep yang selama ini belum pernah di-share di Instagram atau dimanapun. Resep resep andalan yang dulu dipakai untuk usaha Catering Penulis. Yaitu resep Mie Ayam dan Nastar yang paling sering ditanyakan melalui comment IG maupun DM, juga ada resep Kue kacang skippy dan Putri Salju. Resep resep di buku ini adalah Secret Recipe bisa menjadi modal dan ide berjualan untuk membantu perekonomian keluarga di zaman pandemi yang sekarang serba sulit ini.

2. Koleksi 120 Resep Masakan Sayur plus Tahu Tempe + Telur

Manfaat Terong

Tiap buku menyajikan aneka resep hidangan serta penanganan sehari-hari, dengan cita rasa yang akrab untuk lidah orang Indonesia. Mulai dari kuliner Nusantara favorit hingga masakan selera Tionghoa dan Barat populer. Bersyukurlah alam tropis kita menyediakan jauh lebih banyak jenis sayuran dibanding negara empat musim. Namun kita masih sering mengeluh bosan menyantap sayur yang itu-itu saja. Jujur saja, kita lah yang kurang berani mencoba sayuran lain seperti genjer, jantung pisang, bunga pepaya, sawi bonggol, batang seledri dan masih banyak lagi. Demikian pula halnya dengan tahu-tempe dan telur. Ada banyak cara mengolah ketiga bahan protein yang ekonomis ini, termasuk oncom, menjadi hidangan yang lezat. Berkiprah lebih dari 25 tahun, Yasa Boga senantiasa menampilkan resep-resep keluarga yang membumi, praktis, dan lezat bagi rumah tangga masa kini.

3. Resep Makanan Rumahan Paling Digemari – Lezatnya Variasi Sayur Lodeh

“Masakan sayur lodeh ternyata bisa lebih sedap dari yang biasa Anda santap, dengan kreasi bahan berbeda seperti rebung, jantung pisang, bunga pepaya, belimbing muda, cumi, ikan, ampela, kikil sapi, atau udang.Buku ini memuat 25 resep variasi sayur lodeh dengan aneka bahan pelengkap, seperti Lodeh Rebung Hijau, Lodeh Belimbing Muda, Lodeh Nangka Kikil, Lodeh Betawi, Lodeh Ikan Cucut, Lodeh Jantung Pisang, Lodeh Labu Udang, Lodeh Cumi Pedas, Lodeh Buncis Ampela, Lodeh Podomoro. Semua resep telah melalui dapur uji penyusun, sehingga citarasa setiap resep dijamin akan digemari oleh para pencinta kuliner.”

4. MONOGRAF Budidaya Sayuran di Daerah Pesisir Pantai Dengan Teknologi Hidroponik

Budidaya sayuran di daerah pesisir pantai menghadapi kendala yang besar berupa penyediaan air tawar dan tanah yang sesuai sebagai media tanam. Lebih lanjut, budidaya tanaman tanpa tanah atau soilless culture memperoleh perhatian yang besar dalam pengembangan budidaya hortikultura sayur di daerah urban maupun daerah dengan tempat tumbuh dan lingkungan yang kurang mendukung. Di sisi lain, air laut memiliki potensi yang sangat besar sebagai sumber air yang sangat berlimpah di bumi, namun salinitas yang tinggi menjadi faktor pembatas yang perlu dikurangi agar air laut dapat digunakan sebagai campuran air tawar dan nutrisi bagi tanaman tanpa memberikan dampak keracunan.

Demikian info mengenai manfaat terong bagi kesehatan tubuh dan langkah beberapa olahan terong. Semoga bermanfaat ya!

Jika ingin mencari buku tentang resep masakan rumahan yang nikmat dan bergizi, maka kamu bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 20 Manfaat Mengonsumsi Sayur Bayam
  2. 10 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan
  3. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Singkong
  4. 14 Manfaat Daun Ungu dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh
  5. 20 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda