in

18 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan dan Contoh Gerakannya

Pexels.com

Manfaat Senam Aerobik – Memiliki tubuh yang sehat dan bugar setiap saat adalah keinginan setiap orang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian memiliki tubuh sehat dan bugar. Salah satunya adalah dengan melakukan senam aerobik.

Sampai saat ini sudah banyak sanggar senam aerobik di setiap daerah. Bahkan di daerah Anda mungkin sudah ada lebih dari satu sanggar senam aerobik. Banyaknya sanggar senam aerobik tersebut juga menjadi salah satu wujud kesadaran manusia bahwa pentingnya hidup sehat.

Menariknya melakukan senam aerobik juga memberikan banyak manfaat lho. Tak hanya menjaga daya tahan tubuh saja. Namun masih ada beberapa manfaat senam aerobik yang bisa Anda dapatkan ketika melakukannya.

Mungkin selama ini Anda hanya tau satu atau dua manfaat senam aerobik. Nah agar Anda juga semakin lebih paham akan manfaat melakukan senam aerobik. Maka penjelasan terkait akan hal tersebut ada di bawah ini.

18 Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik
Unsplash.com

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Keberagaman gerakan dalam senam aerobik memang bisa membuat napas dan jantung berdetak lebih cepat. Karena adanya kondisi tersebut dipercaya mampu memperkuat otot jantung sekaligus membuat jantung lebih bisa memompa darah menjadi lebih efisien.

Bahkan bagi penderita hipertensi, melakukan senam aerobik juga mampu menurunkan tekanan darah yang ada.

2. Meningkatkan Stamina

Mungkin ketika Anda baru pertama kali melakukan senam aerobik akan merasakan begitu cepat lelah dan menghabiskan tenaga meski dalam jangkauan waktu sebentar. Namun jika Anda melakukan senam aerobik secara rutin dan teratur.

Kemungkinan besar stamina Anda juga akan turut meningkat dan tubuh Anda bisa lebih mudah menyesuaikan dengan rutinitas baru tersebut.

3. Mampu Memperbaiki Suasana Hati

Beragam gerakan dalam senam aerobik dipercaya mampu membuat tubuh melepaskan hormon endorfin. Dimana keberadaan hormone tersebut dipercaya mampu membuat rasa nyeri menjadi lebih mudah reda secara alami, meningkatkan suasana hati hingga memberikan rasa bahagia.

Selain itu melakukan senam aerobik secara teratur juga mampu meredakan rasa cemas dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Karena hal tersebutlah mereka yang melakukan senam aerobik akan mampu tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan senam aerobik.

Manfaat Senam Aerobik

4. Menurunkan Berat Badan

Melakukan senam aerobik secara rutin ternyata mampu membantu proses penurunan berat badan lho. Namun akan jauh lebih mudah lagi jika diiringi dengan pola makan sehat. Setidaknya dalam satu minggu Anda bisa melakukan senam aerobik selama 150 menit.

The Architecture of Love | Di balik Pena

5. Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat senam aerobik yang berikutnya adalah mampu membantu meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Selain itu melakukan senam aerobik secara teratur juga bisa membantu menekan kadar kolesterol jahat atau LDL yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, pasalnya melakukan senam aerobik juga mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada aera pembuluh darah atau aterosklerosis.

6. Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Seseorang yang melakukan kegiatan senam aerobik secara teratur akan mampu mendapatkan kondisi gula darah yang lebih terkontrol dan selalu terjaga kadarnya. Manfaat jangka panjang dari senam aerobik adalah mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit kronis seperti jantung koroner, diabetes tipe 2, obesitas, osteoporosis, stroke dan kanker.

7. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Namun melakukan senam aerobik juga bisa menjaga kesehatan mental lho. Senam aerobik yang dilakukan secara rutin mampu mengurangi penurunan kemampuan kognitif pada lansia. Karena hal tersebutlah bisa dibilang jika senam aerobik yang dilakukan secara rutin dapat mencegah kepikunan di usia tua.

8. Menjaga Kesehatan Otot

Manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh adalah mampu menjaga kesehatan otot. Setiap gerakan yang dilakukan pada senam aerobik juga salah satu cara melatih otot yang ada di dalam tubuh. Karena hal tersebutlah, senam aerobik selalu dinilai mampu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Aliran darah yang ada di dalam tubuh juga bisa lebih lancar, suplai oksigen ke otot juga menjadi lebih lancar dan membantu otot bisa terhindar dari asam laktat.

9. Mengurangi Risiko Diabetes

Menurunkan risiko diabetes juga bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan olahraga. Di mana salah satu bentuk olahraga yang ternyata mampu menurunkan resiko diabetes adalah melakukan senam aerobik.

Melakukan senam aerobik secara teratur mampu membantu mempertahankan gula darah bagi penderita diabetes. Selain itu melakukan senam aerobik secara teratur juga mampu meningkatkan penggunaan gula oleh otot ketika berolahraga, sehingga gula akan lebih mudah menurun.

Tak hanya itu saja, pasalnya melakukan olahraga teratur juga akan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, hingga tekanan darah tinggi.

Manfaat Senam Aerobik

10. Meningkatkan Metabolisme pada Tubuh

Salah satu faktor yang mempengaruhi tubuh bisa jadi lebih sehat adalah adanya metabolisme yang begitu lancar. Kalori yang tidak diproses dengan baik bisa berakibat mempermudah proses peningkatan berat badan secara signifikan.

Namun ketika metabolisme berjalan dengan lancar. Maka proses lanjut kalori juga akan lebih lancar. Sehingga bisa diartikan jika melakukan senam aerobik tak hanya meningkatkan dan memperkuat fungi metabolisme. Namun juga bisa membantu membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

11. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat senam aerobik jika dilakukan secara teratur yang berikutnya adalah bisa meningkatkan sistem imunitas yang begitu kuat. Sebuah penelitian menunjukkan jika melakukan senam aerobik secara teratur bisa berdampak pada peningkatan jumlah immunoglobulin yang banyak.

Kandungan hemoglobin merupakan salah satu bentuk antibodi yang bisa melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit. Karena hal itulah banyak orang melakukan senam aerobik agar bisa mencegah munculnya sejumlah senam aerobik.

12. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Pada dasarnya setiap gerakan yang ada di dalam senam aerobik digunakan untuk melatih otot-otot dalam tubuh. Maka dari itu dengan melakukan senam aerobik secara teratur mampu meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang, sendi dan otot.

Selain itu setiap gerakan yang ada di dalam senam aerobik juga dipercaya membantu proses suplai oksigen ke otot dan memperlancar aliran darah hingga mengurangi resiko otot terserang asam laktat.

Perlu diketahui juga jika seiring bertambahnya usia, kondisi dari tulang dan sendi akan semakin rapuh. Maka dari itu hendaknya setiap orang melakukan sebuah tindakan latihan otot seperti senam aerobik.

Bahkan para pemain sepak bola sekalipun juga dianjurkan untuk melakukan senam aerobik guna memperkuat otot, tulang, dan sendi dalam tubuh mereka.

13. Mencegah Demensia

Manfaat senam aerobik yang berikutnya adalah mampu menjadi metode pencegah penyakit demensia. Melakukan aktivitas fisik secara teratur bisa membantu melindungi daya ingat, penalaran hingga kemampuan berpikir.

WHO juga memberikan rekomendasi bagi seseorang yang memasuki usia 65 tahun ke atas untuk melakukan kegiatan senam aerobik secara teratur atau setidaknya 75 hingga 150 menit dalam satu minggu.

Hal ini akan membantu proses pencegahan penyakit demensia bagi orang tua. Bukan hanya baik untuk orang tua saja. Namun senam aerobik juga begitu baik untuk anak remaja dan anak kecil. Sebab senam aerobik bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif.

14. Menjaga Tekanan Darah dalam Tubuh

Melakukan senam aerobik secara teratur juga bisa membantu meningkatkan pompa jantung dan memperlebar pembuluh darah. Tubuh juga akan semakin mudah mengeluarkan gas buangan seperti karbon dioksida dan asam laktat.

Secara tidak langsung, kegiatan senam aerobik bisa membantu meningkatkan efisiensi sirkulasi darah dan juga mampu mengurangi tekanan darah. Tak hanya itu saja, pasalnya senam aerobik yang dilakukan secara teratur mampu meningkatkan sel darah merah yang ada di dalam tubuh.

Sel darah merah berguna untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dan juga membawa karbondioksida ke paru-paru.

Manfaat Senam Aerobik

15. Mampu Mengoptimalkan Sistem Kerja Otak

Berikutnya manfaat senam aerobik adalah membantu menjaga kesehatan dan sistem kerja otak. Aliran darah yang terpacu dari jantung akan menuju ke seluruh tubuh khususnya ke arah otak sekaligus membawa oksigen ke dalam otak.

Tak hanya itu saja, manfaat senam aerobik yang dilakukan secara teratur juga mampu membantu memperlambat proses penyusutan jaringan pada bagian otak dan bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif pada seseorang.

16. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Keberagaman gerakan pada senam aerobik dinilai paling efektif untuk menjaga berat badan tubuh tetap seimbang dan ideal. Tak hanya menjaga kesehatan jantung saja, namun senam aerobik secara teratur akan mampu menambahkan energi dalam tubuh.

Jika dalam satu hari bisa melakukan senam aerobik selama 30 hingga 60 menit akan memberikan dampak pada banyaknya pembakaran jumlah kalori. Apalagi jika diimbangi dengan pola makan sehat, maka berat badan ideal akan tetap terjaga sepanjang waktu.

17. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidak bisa dipungkiri jika memperbaiki kualitas tidur itu memang terbilang susah-susah gampang. Namun ada satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas tidur secara perlahan yaitu dengan melakukan kegiatan senam aerobik.

Tentunya manfaat senam aerobik ini akan membantu mereka yang mengalami gangguan kualitas tidur, seperti insomnia dan sleepnea. Setidaknya lakukan kegiatan tersebut selama 16 minggu secara teratur. Melakukan senam aerobik secara teratur akan mengurangi tingkat insomnia parah serta membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Akan tetapi perlu diketahui jika sebaiknya hindari melakukan senam aerobik dengan jarak waktu yang begitu dekat dengan waktu tidur. Sebab hal tersebut akan membuat seseorang akan lebih sulit untuk tidur.

18. Mengurangi Risiko Gangguan Stress

Melakukan senam aerobik secara teratur mampu mengurangi rasa cemas dan stress. Sebuah situs menjelaskan jika melakukan senam aerobik secara teratur mampu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Ketika melakukan kegiatan senam aerobik, otak akan mengeluarkan senyawa yang disebut dengan dopamine. Ketika senyawa dopamine terlepas maka akan bisa menimbulkan rasa kebahagiaan. Tentunya pikiran akan lebih mudah merasakan relaks.

Senam aerobik juga bisa membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang membantu meredakan rasa nyeri, membuat hati gembira dan meningkatkan mood. Tentunya permasalahan stress dan depresi bisa terhindari.

Bentuk Gerakan Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik
Unsplash.com

Setelah mengetahui manfaat senam aerobik akan lebih baik jika Anda juga tahu bagaimana sih bentuk-bentuk gerakan dalam senam aerobik. Pasalnya ada beberapa gerakan dasar dari senam aerobik yang sampai saat ini masih terus digunakan karena berbagai macam manfaatnya.

Nah agar Anda juga semakin paham terkait dengan beberapa gerakan yang ada di dalam senam aerobik. Berikut merupakan ulasan terkait dengan gerakan yang ada di dalam senam aerobik.

1. High Impact Aerobik

High Impact Aerobik merupakan salah satu gerakan dalam senam aerobik yang dilakukan dengan cepat dan keras.

2. Low Impact Aerobik

Low Impact Aerobik merupakan sebuah gerakan dalam senam aerobik yang dilakukan secara perlahan dan terbilang cukup ringan.

3. Discorobic

Discorobic merupakan sebuah gerakan gabungan dari gerakan ringan dan gerakan keras dalam satu musik.

4. Rockrobic

Rockrobic merupakan sebuah gerakan ringan dan gerakan rock and roll.

5. Aerobik Sport

Aerobik Sport merupakan sebuah gerakan yang terbentuk dari gabungan gerakan ringan, gerakan keras serta kelenturan tubuh.

6. Aerobik Dance

Aerobik Dance merupakan sebuah gerakan gabungan dari tarian dan gerakan aerobik.

7. Aerobik dengan Alat

Sama seperti namanya, gerakan senam aerobik dengan alat ini akan dibantu dengan alat seperti bangku, tali, kursi, tongkat dan benda lain agar bisa lebih memaksimalkan gerakan Anda.

Urutan Senam Aerobik

Dalam kegiatan senam aerobik juga memiliki urutan. Dilakukannya urutan tersebut adalah untuk menghindari dan mengurangi resiko para pelaku senam aerobik dari cidera. Lalu apa saja urutan senam aerobik tersebut? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Pemanasan

Tentunya Anda juga tahu jika sebelum melakukan kegiatan olahraga apapun termasuk senam aerobik juga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Setidaknya lakukan senam aerobik selama lima hingga 10 menit lamanya sebelum melakukan senam aerobik.

Seperti melakukan berjalan di tempat, menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri. Lalu bisa juga menggerakkan lengan ke bawah hingga ke atas.

2. Latihan Inti

Urutan senam aerobik yang berikutnya adalah melakukan latihan inti. Latihan inti ini akan dilakukan dengan gerakan intensitas tinggi sekaligus durasi yang lebih lama dibandingkan dengan pemanasan.

3. Pendinginan

Urutan yang teratur dari senam aerobik adalah melakukan pendinginan. Pendinginan ini dilakukan untuk mengembalikan frekuensi dari denyut jantung yang semula cepat menjadi ke tahap normal. Untuk durasi yang digunakan dalam pendinginan ini hampir sama dengan waktu melakukan pemanasan.

Macam-Macam Gerakan Senam Aerobik

Setelah tahu bentuk dan urutan dalam senam aerobik. Berikutnya adalah membahas macam-macam gerakan dalam senam aerobik. Berikut merupakan macam-macam gerakan senam aerobik.

1. Gerakan Tangan

  • Mengangkat satu atau kedua tangan ke atas, ke belakangan atau ke depan.
  • Menggerakan tangan dengan posisi membuka atau menyilang.
  • Mengangkat tangan seperti gerakan menunjuk ke depan, ke atas, ke belakangan atau menyilang.
  • Mengangkat tangan dengan cara di ayun.
  • Melakukan gerakan menepuk tangan, bisa juga menepuk kedua tangan, paha dan bahu.

2. Gerakan Kaki

  • Melakukan gerakan jalan di tempat.
  • Melakukan gerakan baris-berbaris.
  • Melakukan gerakan melangkah.
  • Melakukan gerakan melompat.
  • Mengangkat bagian lutut setinggi dada atau perut.
  • Melakukan gerakan tendangan ke belakang, ke depan atau ke samping.

3. Gerakan Kaki dan Tangan

Gerakan kaki dan tangan bisa dilakukan bergabung atau senam aerobik Anda juga lebih maksimal.

Itulah beberapa manfaat senam aerobik dan hal-hal terkait yang perlu kita ketahui saat melakukan senam aerobik. Grameds juga bisa mendapatkan buku-buku terkait senam di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:

  1. 10 Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental
  2. Pengertian, Manfaat, dan Macam Olahraga Kardio
  3. Senam Irama: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Unsur-Unsur, Jenisnya
  4. Pengertian dan Macam-Macam Gerak Senam Lantai
  5. Pengertian Senam Ritmik: Sejarah, Kombinasi Alat, dan Manfaatnya
  6. Manfaat Senam Lantai Beserta Aturan dan Alatnya
  7. 8 Jenis-Jenis Senam Lantai Tanpa Alat
  8. 7 Jenis Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga
  9. Pengertian Kebugaran Jasmani: Unsur, Bentuk, dan Manfaat


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah