in

12 Manfaat Sarang Semut yang Perlu Kamu Tahu serta Kandungan-Nya!

cermati.com

Manfaat Sarang Semut – Pernahkah kamu mendengar nama tumbuhan herbal sarang semut? Tumbuhan yang berasal dari Papua ini dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Apa saja manfaat sarang semut?

Pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan banyak pelajaran yang berharga kepada seluruh umat manusia. Khususnya pada bidang kesehatan yang mungkin masih dahulu kita nomor duakan kepentingannya.

Melalui pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia, kita dibuat semakin sadar bahwa kesehatan adalah hal yang penting dan mahal harganya. Sebab, apabila kita sudah terjangkit suatu penyakit, maka kita mau tidak mau harus menjalani pengobatan dan mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit hanya untuk sembuh.

Saat sedang sakit, kita pasti akan melakukan apapun untuk sembuh. Termasuk menjalani berbagai jenis pengobatan yang tersedia. Mulai dari pengobatan medis di rumah sakit, hingga pengobatan tradisional dengan menggunakan obat-obatan dan tumbuhan herbal.

Berdasarkan metode pengobatannya, terdapat banyak pilihan jika ingin melakukan pengobatan tradisional. Ada yang menggunakan terapi fisik tradisional, ada juga yang memilih untuk mengonsumsi obat-obatan herbal.

Obat herbal ini tidak melulu hanya dapat ditemukan melalui obat kemasan yang beredar di pasaran dan diproduksi oleh sebuah perusahaan besar saja. Namun terkadang, obat herbal ini juga dapat ditemukan di lingkungan sekitar kita. Misalnya, tumbuhan sarang semut.

Jarang ada yang mengetahui, jika tumbuhan sarang semut ini memiliki segudang manfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan, karena manfaat sarang semut yang sangat banyak, menjadikan tumbuhan herbal ini sebagai salah satu metode pengobatan alternatif di Indonesia.

Pada beberapa kelompok masyarakat, sarang semut memang dipakai sebagai salah satu metode pengobatan herbal yang cukup digemari. Pengobatan ini dilakukan dengan cara mengonsumsi air hasil rebusannya.

Sebagai informasi, sarang semut ini bukanlah sarang semut asli tempat tinggal hewan semut. Melainkan, sebuah tumbuhan yang hidupnya menumpang di pohon lain. Meski menumpang hidup di pohon induk, tetapi mereka menghasilkan makanan sendiri dan tidak menyerap makanan dari pohon tersebut secara langsung.

Lantas, apa sebenarnya sarang semut itu? Berikut ulasan mengenai manfaat sarang semut, pengertian, kandungannya, serta cara mengkonsumsinya. Yuk, simak!

Manfaat Sarang Semut

Pengertian Tumbuhan Sarang Semut

Manfaat Sarang Semut
viva.co.id

Saat mendengar kata sarang semut, apa yang mungkin terlintas dalam pikiranmu? Apakah kamu sempat berpikir bahwa sarang semut adalah tempat tinggal yang dibuat oleh semut dan dapat ditemukan pada getah pohon atau lumpur? Jika jawabannya adalah iya, maka kali ini kita akan membahas sarang semut yang merupakan sebuah tumbuhan herbal.

Sarang semut yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah sebuah tumbuhan yang berada pada batang atau dahan sebuah pohon. Tumbuhan ini hidup dengan cara menempel atau menumpang hidup pada pohon yang dijadikan inang atau induknya.

Sarang semut ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari genus Myrmecodia. Kata Myrmecodia itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu myrmekodes. Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut memiliki arti “mirip semut” atau “dikerumuni semut”.

Tumbuhan sarang semut ini termasuk ke dalam golongan tumbuhan epifit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini berarti bahwa tumbuhan tersebut menumpang hidup di tumbuhan atau pohon lain.

Sarang semut ini memiliki ujung batang yang menggelembung (hipokotil). Ujung batang pada tumbuhan ini akan berbentuk bulat saat masih muda. Sedangkan, jika tumbuhan tersebut sudah tua maka ujung batangnya akan memanjang atau menjadi lonjong dan memendek.

Di dalam tumbuhan ini juga terdapat rongga-rongga yang saling berhubungan satu sama lain. rongga inilah yang biasanya dijadikan rumah oleh sekawanan semut. Karena alasan tersebut, tumbuhan dari genus Myrmecodia ini pun akhirnya dikenal dengan nama sarang semut.

Tumbuhan kaya manfaat ini cukup mudah untuk dapat ditemukan di beberapa wilayah Indonesia. Khususnya wilayah Sumatera, Kalimantan, dan juga Papua. Namun, jika kamu membutuhkannya, kamu tidak perlu lagi pergi jauh ke daerah-daerah tersebut. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak yang menjual tumbuhan sarang semut di toko obat-obatan tradisional atau pun toko online.

Kamus Pintar: Menghindari Penyakit Dengan Obat Herbal

Manfaat dari Tumbuhan Sarang Semut

Manfaat Sarang Semut
lemonilo.com

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, tetapi pengobatan tradisional dengan menggunakan tumbuhan sarang semut ini masih belum begitu populer di beberapa daerah di Indonesia.

Pada mulanya, sarang semut ini sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat di pedalaman Papua untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Baik itu untuk penyakit yang ringan maupun penyakit yang berat sekalipun.

Ternyata, penggunaan sarang semut sebagai alternatif pengobatan berbahan dasar herbal ini menjadi salah satu metode pengobatan yang sangat ampuh. Hal ini pun dilakukan secara turun-temurun sampai sekarang.

1. Mengobati penyakit jantung

Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh sangat penting untuk menopang kehidupan manusia. Namun, organ penting ini juga termasuk ke dalam organ yang rentan mengalami masalah kesehatan, seperti hipertensi, jantung koroner, stroke, dan lain sebagainya. Tumbuhan sarang semut memiliki kandungan kalsium, kalium, dan mineral yang tinggi.

Kandungan inilah yang ternyata mampu mengatasi berbagai gejala pada penyakit jantung. Untuk mendapatkan manfaat dari tumbuhan ini pun cukup mudah. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi air dari rebusan sarang semut secara rutin sebanyak dua kali sehari dan kita akan langsung dapat merasakan manfaatnya,

2. Menangani kanker

Salah satu manfaat sarang semut yang sudah dikenal di masyarakat adalah dapat menjadi obat untuk kanker. Kanker adalah sebuah penyakit yang sangat berbahaya, apapun jenis kanker yang dideritanya.

Penyakit ini biasanya muncul secara bertahap. Tahap lanjutan dari kanker pada umumnya disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker yang kemudian semakin menyebar. Pengobatan untuk penyakit kanker ini pun cukup mahal dan dapat menjadi masalah baru bagi pengidapnya.

Sarang semut diketahui dapat melawan berbagai penyakit kanker yang terdapat pada manusia, seperti kanker kulit, kanker prostat, kanker paru-paru, hingga kanker darah. Penyembuhannya juga dinilai sangat efektif dan tidak menyebabkan efek samping.

Selain kanker, kandungan flavonoid pada sarang semut juga disinyalir dapat mengobati berbagai jenis tumor. Cara pengobatannya yaitu dengan meminum air rebusan sarang semut secara teratur.

3. Mengatasi benjolan pada payudara

Pada seorang wanita, tak jarang terdapat benjolan pada area intim, seperti pada payudara. Hal ini pun dapat menjadi hal yang begitu menakutkan. Karena pada umumnya, benjolan ini berupa cairan yang merupakan awal dari gejala munculnya tumor atau kanker payudara.

Seperti dikatakan sebelumnya, kandungan flavonoid yang terdapat dalam sarang semut dinilai dapat mengatasi benjolan tersebut dalam waktu yang singkat. Cara yaitu dengan rutin mengkonsumsi air rebusan sarang semut setiap hari.

4. Mengatasi ambeien

Ambeien adalah salah satu penyakit yang berada pada daerah dubur. Meskipun tidak termasuk penyakit yang mematikan, namun penyakit ini dapat sangat mengganggu penderitanya.

Pada beberapa kasus dan pengidap, penyakit ambeien ini dapat memicu munculnya penyakit lain yang bahkan lebih berbahaya. Maka untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tumbuhan sarang semut ini sebagai salah satu langkah pengobatan alternatif.

5. Melancarkan haid

Bagi seorang perempuan, kesuburan organ reproduksi dapat tergambar dari lancarnya siklus haid setiap bulannya. Dalam hal ini, sarang semut diketahui dapat membantu dalam mengatasi masalah haid yang pada awalnya tidak teratur.

Bukan hanya itu, manfaat sarang semut bagi kesehatan organ reproduksi wanita juga cukup banyak. Salah satunya yaitu untuk mengatasi keputihan yang berlebih.

6. Mengobati rematik

Rematik adalah salah satu jenis penyakit yang kerap kali menyerang orang yang berada dalam usia lanjut. Diketahui bahwa kandungan flavonoid yang terdapat dalam sarang semut ini dapat membantu tubuh untuk menghambat enzim xanthine yang baik untuk mengobati penyakit rematik.

Selain itu, kandungan tokoferol atau vitamin E dan antioksidan yang terdapat dalam sarang semut juga terbukti bekerja secara efektif untuk mengobati penyakit rematik.

7. Meningkatkan imunitas dan stamina tubuh

Banyak melakukan berbagai jenis aktivitas tak jarang membuat stamina tubuh terkuras dan berujung pada menurunnya imunitas tubuh. Oleh karena itu, kita diperlukan untuk banyak mengkonsumsi makanan dan minum dengan kandungan energi yang tinggi untuk menggantikan stamina yang telah hilang.

Adapun, salah satu manfaat sarang semut yang bisa dirasakan oleh kita adalah sebagai pengganti sumber energi tubuh. Sarang semut bermanfaat sebagai penambah stamina dan dapat meningkatkan imunitas.

Kandungan yang terdapat dalam sarang semut ini terbukti dapat memaksimalkan penyerapan kalsium sehingga mampu membentuk energi yang besar dan dibutuhkan tubuh. Sekarang, kita tak perlu lagi mencari minuman penambah energi yang mengandung pemanis buatan, karena air rebusan sarang semut dapat memberikan manfaat berupa penambah stamina saat kita akan melakukan banyak aktivitas berat.

8. Meningkatkan metabolisme

Manfaat sarang semut sungguh banyak bagi tubuh manusia. Tak hanya bermanfaat untuk organ-organ inti, tetapi sarang semut juga bermanfaat untuk seluruh organ metabolisme manusia.

Dengan beragam kandungan gizi yang terdapat dalam sarang semut, tumbuhan ini diketahui dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Sarang semut dinilai bisa memaksimalkan kinerja dari sistem metabolisme dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

9. Sebagai antibiotik tubuh

Sarang semut adalah tumbuhan dengan sumber antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, sarang semut juga memiliki manfaat sebagai antibiotik alami tubuh. Oleh sebab itu, tumbuhan dari genus Myrmecodia ini disebut dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan serangan atau penyakit yang diakibatkan oleh bakteri.

10. Menjaga keseimbangan kadar insulin

Selain menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, kita juga perlu menjaga keseimbangan kadar insulin dalam tubuh. Hanya saja, untuk menjaga keseimbangan kadar insulin ini agar tetap berada pada nilai yang normal ternyata cukup sulit.

Tumbuhan sarang semut pun dipercaya dapat menjadi penyeimbang kadar insulin jika dikonsumsi secara rutin. Adapun cara untuk mendapatkan manfaat dari tumbuhan sarang semut secara maksimal ini adalah dengan rajin mengkonsumsinya air rebusannya setiap hari. Kamu juga tak perlu lagi membeli multivitamin atau obat jika sudah mengkonsumsi tumbuhan herbal yang satu ini.

11. Mengatasi darah tinggi

Pada tumbuhan sarang semut, terdapat kandungan senyawa flavonoid yang berguna untuk mencegah penggumpalan darah dalam tubuh. Hal inilah yang akan menghindarkan seseorang dari terkena tekanan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi ini disebut muncul akibat adanya penggumpalan darah. Maka, manfaat dari sarang semut disini adalah untuk menjaga agar darah tetap encer dan tidak mengental.

Selain kandungan flavonoid, tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain ini juga mengandung senyawa tokoferol yang terbukti ampuh mengencerkan darah. Sehingga, penggumpalan darah yang menjadi penyebab munculnya penyakit tekanan darah tinggi dapat diatasi.

12. Mencegah diabetes

Manfaat sarang semut yang selanjutnya adalah berguna bagi para penderita diabetes yang ingin menurunkan kadar insulinnya. Manfaat tumbuhan sarang semut dalam membantu pengobatan penyakit diabetes diduga karena salah satu kemampuannya dalam memulihkan fungsi organ dalam tubuh manusia, khususnya organ pankreas.

Kemampuan sarang semut dalam menjaga metabolisme tubuh terbukti dapat menghasilkan hormon kadar insulin yang cukup dan menurunkan kadar insulin yang berlebih. Hal ini tentu akan membantu tubuh mendapatkan gula darah yang kemudian diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh.

Kandungan yang Terdapat dalam Tumbuhan Sarang Semut

Manfaat Sarang Semut
solopos.com

Bagi masyarakat Indonesia, pengobatan tradisional dengan menggunakan tanaman atau herbal tentu bukanlah suatu hal yang asing lagi. Pengobatan dengan cara mengkonsumsi obat herbal ini disebut juga sebagai cara pengobatan alternatif.

Pengobatan ini dipilih tentu karena banyak pertimbangan. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, tanaman herbal juga dinilai lebih aman untuk dikonsumsi jangka panjang karena tidak menimbulkan efek samping tertentu.

Di samping itu, bahan pembuatan untuk obat herbal ini juga mudah ditemukan, bahkan tak jarang bisa ditanam dan dibudidayakan sendiri. Hal inilah yang membuat tanaman herbal menjadi lebih murah dan lebih terjangkau oleh masyarakat.

Biasanya, resep untuk obat herbal ini banyak diketahui oleh orang dari pedesaan dan orang yang berusia lanjut. Mereka banyak menggunakan tanaman sebagai obat herbal dan alternatif dari pengobatan medis.

Lantas, apa saja sebenarnya kandungan dari tumbuhan yang banyak berada di wilayah Kalimantan dan Papua ini? Apa yang membuat tanaman ini memiliki segudang khasiat bagi tubuh?

Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu karena sarang semut mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini karena tidak semua makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari memiliki zat yang sama dengan yang terdapat pada tumbuhan ini.

Pada sarang semut, ditemukan beberapa kandungan fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan fitokimia ini antara lain adalah flavonoid dan senyawa tanin. Zat ini berperan sebagai antimikroba yang bisa mencegah tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Selain itu, kandungan zat tokoferol atau vitamin E dan antioksidan juga dapat mencegah pertumbuhan tumor atau kanker. Hal ini terjadi karena zat tersebut dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker dan tumor.

Kandungan terakhir dalam sarang semut adalah kandungan zat mineral, kalsium, dan kalium. Ketiga zat ini diketahui bisa digunakan untuk membantu mengatasi gejala pada penyakit jantung.

Cara Mengkonsumsi Sarang Semut

Manfaat Sarang Semut
Harga.web.id

Dalam menghadapi kenormalan baru atau new normal kita akan mulai banyak beraktivitas di luar rumah. Tubuh pun perlu untuk kembali beradaptasi dengan pola kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Tak heran, jika banyak penyakit ringan yang datang karena perubahan pola hidup ini, mulai dari sakit kepala, batuk, flu, dan lainnya.

Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, tentu kita harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Bahkan, kita pun perlu untuk meminum obat dan vitamin untuk tetap menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh.

Setelah membaca beragam manfaat sarang semut, apakah kamu tertarik untuk ikut mengkonsumsinya sebagai obat pencegah penyakit? Saat ini, tanaman sarang semut ini sudah mudah dijumpai. Tanaman yang dijual dalam bentuk kering berwarna kemerahan ini bahkan bisa kamu beli secara online di berbagai e-commerce kesehatan.

Cara mengkonsumsi obat herbal ini pun cukup mudah. Kamu cukup merebus sarang semut itu dengan air hingga airnya berubah warna menjadi kemerahan seperti teh.

Jika air rebusan tersebut habis, maka kamu bisa menggunakan sisa rebusan sebelumnya dengan menambahkan air dan direbus lagi. Sisa rebusan tadi dapat kamu gunakan berkali-kali hingga airnya tidak berubah warna lagi.

Manfaat Sarang Semut

Kesimpulan

Sarang semut adalah sebuah tumbuhan yang berada pada batang atau dahan sebuah pohon. Tumbuhan ini hidup dengan cara menempel atau menumpang hidup pada pohon yang dijadikan inang atau induknya.

Sarang semut ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari genus Myrmecodia. Kata Myrmecodia itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu myrmekodes. Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut memiliki arti “mirip semut” atau “dikerumuni semut”.

Manfaat sarang semut sangatlah banyak. Di antaranya adalah mencegah kanker, mengobati penyakit jantung, melancarkan haid, mengatasi darah tinggi, hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari sarang semut ini, kamu cukup mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan meminum air hasil rebusan sarang semut.

Jika ingin mencari buku tentang herbal, kamu bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Raden Putri

BACA JUGA:

  1. Apa Itu Tanaman Obat: Sejarah, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya 
  2. 10 Rempah-Rempah Indonesia dan Manfaatnya bagi Kesehatan 
  3. 12 Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungannya! 
  4. Manfaat Bunga Telang Lengkap dengan Resep Teh Telang 
  5. 14 Manfaat Daun Ungu dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh 
  6. Daftar Best Seller Buku Obat Tradisional 2022 di Gramedia 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda