in

Macam-Macam Penggaris: Penggaris Lurus Hingga Skala Metrik

unsplash.com

Macam-Macam Penggaris – Kita semua tentu pernah menggunakan penggaris, terlebih bagi para pelajar pasti pernah menggunakan alat yang satu ini. Penggaris adalah salah satu jenis alat ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui dimensi panjang pada sebuah benda. Selain untuk mengetahui dimensi panjang, ada macam-macam penggaris yang juga bisa dipakai untuk membuat berbagai bentuk garis, misalnya garis lurus, lengkung, dan tegak lurus.

Terdapat macam-macam penggaris dan ukurannya masing-masing. Setiap jenis penggaris tentu saja mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, jenis penggaris busur digunakan untuk membuat dan mengukur sudut dengan satuan derajat.

Artikel ini akan mengulas lebih lanjut tentang macam-macam penggaris, yuk baca sampai selesai.

Macam-Macam Penggaris, Satuan, dan Fungsinya

Mungkin sebagian dari kita sudah tahu pengertian penggaris. Jadi, penggaris merupakan alat yang bisa digunakan untuk memudahkan kita dalam membuat suatu garis lurus dan lain sebagainya. Terdapat macam-macam penggaris, sehingga kita bisa membuat garis lurus dan lainnya sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan.

Penggaris menjadi salah satu jenis ukur yang umum dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh kita. Alat ini berguna untuk mengukur panjang sebuah benda. Dengan macam-macam penggaris ini tentu akan memudahkan kita dalam mendapatkan hasil pengukuran yang tepat.

Ketika melakukan pengukuran memakai alat ini, arah pandang kita harus tegak lurus dengan benda yang akan diukur dan skala yang ditunjukkan pada penggaris. Jika arah pandang tidak tegak lurus, maka biasanya akan terjadi kesalahan dalam proses pengukuran. Akibatnya, hasil yang akan didapatkan bisa lebih kecil maupun lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran yang aslinya.

Satuan ukuran pada penggaris yaitu centimeter (cm). Skala terkecil alat pengukuran ini yaitu 0,1 cm atau 1 mm. Ketelitian pengukuran alat ini merupakan setengah dari skala yang paling terkecil yang dimilikinya, yaitu 0,5 mm.

Penggaris berfungsi terutama sebagai alat untuk mengukur panjang atau lebar berbagai bidang datar yang memiliki dimensi kecil, contohnya gambar atau ubin.

Penggaris memiliki banyak jenis yang bisa kita temukan mulai dari bentuk penggaris, fungsi penggaris, hingga material yang digunakan untuk membuat penggaris tersebut. Ada banyak pilihan penggaris yang akan memudahkan kita dalam beraktivitas menggambarkan atau keperluan lain.

Akan tetapi, sebelum kita membeli penggaris, pastikan untuk memilih jenis yang cocok dengan benda yang akan kita ukur. Hal ini harus dilakukan karena jenis penggaris yang tidak cocok, akan membuat kita mendapatkan hasil pengukuran yang tidak tepat.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penggaris terdiri dari beberapa jenis mulai dari yang ukuran kecil sampai ukuran yang besar. Bagi kita yang ingin mengukur sebuah benda, kita harus memilih jenis penggaris yang cocok sesuai kebutuhan.

Berikut ini macam-macam penggaris yang perlu kita tahu, di antaranya:

1. Penggaris Lurus

Macam-Macam Penggaris

Penggaris lurus adalah salah satu jenis penggaris yang paling umum digunakan dan hampir dimiliki oleh semua orang, terutama pelajar. Penggaris ini dapat mengukur garis lurus mulai dari tabel sampai bentuk geometri. Ada beberapa pilihan ukuran yang tersedia untuk menggunakan jenis penggaris lurus ini. Penggaris lurus umumnya berukuran mulai dari 10 cm sampai 100 cm.

Akan tetapi, tak jarang kita akan menemukan penggaris lurus dengan ukuran yang lebih besar. Garis yang diperoleh dari penggunaan penggaris ini akan terlihat lebih tepat, rapi, dan teratur. Kita juga bisa dengan mudah menentukan ukuran suatu benda dengan memakai penggaris lurus ini.

2. Penggaris Segitiga

Macam-Macam Penggaris

Penggaris segitiga biasa digunakan untuk membuat garis dengan bentuk tegak lurus maupun miring. Hal ini kemudian yang menjadi alasan banyak arsitek dan juga desainer memakai jenis penggaris segitiga. Penggaris segitiga memiliki dua ukuran sudut yang sering kali ditemukan. Biasanya, sudut 450 dan juga sudut 600.

Sudut tersebut biasanya akan dipilih sesuai dengan kebutuhan mulai dari untuk menggambar bentuk bangunan, pola pakaian, sampai untuk membuat replikasi bangunan.

Cara menggunakan penggaris segitiga yaitu hanya perlu menempatkan kaki penggaris pada gambar T. Kita juga dapat membuat gambar secara lurus ataupun membentuk sudut menggunakan penggaris segitiga ini.

Penggaris im dinamakan penggaris segitiga tentu saja karena berbentuk segitiga. Penggaris segitiga pada suatu gambar teknik digunakan untuk menarik garis tegak, miring, ataupun sejajar, dan membuat garis yang membentuk sudut-sudut istimewa seperti sudut 30°, 45°, 60°, serta 90°.

Adapun skala ukuran pada penggaris segitiga yaitu skala cm dan inchi sehingga akan memudahkan kita saat menggambar gambar-gambar teknik. Sebenarnya, penggaris segitiga sama populernya dengan penggaris lurus. Jenis penggaris ini juga sangat mudah ditemukan di berbagai toko yang menjual berbagai macam perlengkapan alat tulis.

Ada dua jenis penggaris gambar yang berbentuk segitiga, yaitu penggaris gambar segitiga 30 x 60 derajat dan penggaris gambar segitiga dengan 45 derajat. Tapi, fungsi kedua jenis penggaris segitiga ini sebenarnya sama saja.

Namun, banyak orang yang lebih suka menggunakan penggaris dengan sudut 30 x 60 derajat dengan pertimbangan jenis sudut 30 x 60 mempunyai kaki yang tegak lurus dan cukup panjang.

Bagaimana cara menggunakan penggaris segitiga? Cara menggunakan penggaris segitiga yaitu dengan menempatkan bagian kaki penggaris ini ke penggaris T. Kemudian telapak dan jari tangan kiri kita menekan pada dua penggaris yang bertumpuk saat menggambar sebuah garis.

3. Penggaris Pembuat Lingkaran

Macam-Macam Penggaris
yaletools.com

Penggaris pembuat lingkaran ini sering membantu kita ketika akan membuat lingkaran dengan rapi dan perhitungan yang tepat. Kita tidak akan salah membuat lingkaran dapat menggunakan penggaris ini. Adapun kelebihan dari penggaris pembuat lingkaran ini yaitu dalam satu penggaris bukan hanya terdiri dari satu lingkaran saja. Hal ini akan membuat kita semakin mudah dalam menentukan lingkaran mana yang ingin digunakan.

Bagi pelajar yang akan melaksanakan ujian dan bingung untuk membentuk pola melingkar pada lembar jawaban, maka penggaris ini bisa menjadi alternatif yang dapat dipilih. Kita akan menghasilkan lingkaran hitam yang sempurna jika kita memakai penggaris jenis yang satu ini.

4. Penggaris Lipat

Macam-Macam Penggaris
yaletools.com

Kita mungkin sedikit asing dan terkejut dengan nama penggaris lipat ini. Penggaris lipat adalah penggaris yang berukuran cukup panjang tapi dapat diletakkan ke dalam tempat yang sempit sekalipun. Hal ini tentu akan membantu kita saat akan meletakkan penggaris dalam sebuah tas kecil. Kita juga tak perlu khawatir penggaris ini akan patah saat diletakkan dalam tas, karena memang penggaris ini bisa dilipat.

Selain itu, penggaris ini akan memudahkan kita dalam menyimpan benda dengan teratur dan rapi. Penggaris lipat cukup fleksibel ini cocok untuk memenuhi kebutuhan mendadak seperti menggambar objek yang panjang di luar ruangan.

5. Penggaris dengan Tiga Sisi

Macam-Macam Penggaris
yaletools.com

Jika dari namanya, tentu kita akan tahu bahwa penggaris ini mempunyai tiga sisi yang saling berhubungan. Adapun panjang dan besar sudut dari penggaris ini sama. Kita akan menemukan kelebihan dari penggaris ini mulai dari kemudahan untuk mengukur hingga skala gambar yang didapatkan dengan hasil yang baik.

Kita dapat menggambar denah rumah dengan cukup mudah saat menggunakan penggaris tiga sisi ini. Selain denah, dapat juga digunakan untuk menggambar bangunan ataupun hal lain-lain saat menggunakan penggaris jenis ini.

Desain yang terbentuk saat kita menggunakan penggaris yaitu akan lebih rapi dan teratur skalanya. Dengan begitu, tak jarang penggaris ini menjadi penggaris yang sering digunakan oleh para arsitek dan para kontraktor, selain penggaris dengan bentuk segitiga.

Ukuran penggaris tiga sisi ini sedang dan juga kegunaannya yang cukup signifikan menjadi alasan kuat banyak orang yang terus menggunakan penggaris jenis ini.

6. Penggaris dengan Gambar T

Macam-Macam Penggaris
yaletools.com

Penggaris berbentuk gambar T ini biasanya digunakan untuk membuat gambar menjadi lebih menarik saat dipandang. Maka, tak jarang orang menamakan penggaris ini sebagai penggaris gambar. Garis datar bisa dengan mudah kita dapatkan menggunakan penggaris jenis ini.

Cara menggunakan penggaris ini cukup gampang, yaitu dengan menggeser bagian ujung ke bagian yang akan diberi garis. Kita akan mendapatkan garis yang cukup lurus dan menarik menggunakan penggaris jenis ini. Dengan menggunakan penggaris T ini, mampu menarik garis lurus mendatar ataupun tegak.

Penggaris gambar T sangat cocok untuk kita yang memiliki hobi menggambar dan melakukan banyak eksperimen tentang gambar. Bukan hanya itu saja, penggaris ini juga dapat kita temukan di berbagai toko yang menjual macam-macam peralatan tulis.

Selain itu, penggaris berbentuk T ini dapat digunakan berpasangan dengan jenis penggaris segitiga. Penggaris T dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian batang yang panjang dan bagian kepala yang pendek. Adapun, sudut antara bagian batang dengan kepala yaitu 90°.

7. Penggaris Skala Kaki dan Inci

Macam-Macam Penggaris
dictio.id

Penggaris skala kaki juga menjadi salah satu penggaris yang banyak digunakan. Ada perbedaan yang menonjol di antara penggaris skala kaki dan penggaris skala inci. Penggaris skala kaki ini memiliki jenis yang jauh lebih beragam.

Penggaris skala inci dan skala kaki mempunyai berfungsi sama, yaitu untuk mengetahui kecil atau besarnya ukuran pada suatu objek di dalam perbandingan yang tetap.

8. Penggaris Skala Metrik

Macam-Macam Penggaris
indonesia.alibaba.com

Jenis penggaris berikutnya yaitu penggaris yang sangat sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan digunakan sebagai penggaris yang standar. Alat ini dapat dipakai untuk mengukur permukaan, berat, volume, dan panjang.

Bahan untuk Membuat Macam-macam Penggaris

Penggaris bisa dibuat dari berbagai bahan yang berbeda. Setiap jenis bahan yang digunakan untuk membuat penggaris mempunyai karakteristiknya masing-masing. Berikut ini beberapa bahan untuk membuat penggaris, yaitu:

1. Plastik yang transparan

Bahan yang pertama dan paling sering digunakan untuk membuat penggaris yaitu bahan akrilik. Penggaris dari bahan ini sangat ringan dan murah sehingga dapat mudah digunakan dan dimiliki oleh siapa saja.

Bahan yang transparan memungkinkan kita untuk melihat tulisan dan garis di bawah penggaris dengan lebih mudah. Namun, penggaris dengan bahan ini lebih mudah patah dan tergores jika tidak digunakan dengan baik.

2. Logam tahan lama

Dua jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat penggaris yaitu aluminium dan stainless steel. Dua bahan itu jauh lebih awet dan kuat daripada bahan yang transparan.

Skala di penggaris logam juga lebih tahan lama karena tidak mudah terpengaruh oleh kelembaban dan suhu di dalam atau luar ruangan. Penggaris stainless steel yang sangat kuat juga dapat dipakai untuk merobek kertas.

Adapun penggaris dari bahan aluminium lebih nyaman untuk digunakan karena lebih ringan daripada bahan stainless steel. Namun, bahan ini tidak sekuat bahan stainless steel.

Bagaimana Cara Menggunakan Penggaris?

Barangkali sebagian besar dari kita sudah sering melihat penggunaan alat ukur penggaris dalam aktivitas sehari-hari. Meskipun sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang masih salah dalam menggunakan alat penggaris dengan benar. Untuk bisa menggunakan macam-macam penggaris dengan benar, simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama yaitu menempatkan skala nol pada penggaris yang sejajar dengan salah satu ujung benda yang akan kita ukur.
  2. Setelah langkah pertama, kemudian perhatikan ujung benda lainnya dan selanjutnya baca skala pada penggaris tersebut yang memang sejajar dengan ujung benda.
  3. Untuk bisa membaca hasil pengukuran dengan benar, kita harus melihat bagian tegak lurus dengan tanda garis skala. Kita harus lebih teliti dalam melihat hasilnya supaya tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran.

Rekomendasi Buku tentang Macam-Macam Penggaris

Ada beberapa buku yang bisa Grameds baca tentang macam-macam penggaris, di antaranya:

1. Alat Ukur dan Teknik Pengukuran (2021) karya Choesen Wawan Darmawan dan Daryanto

Macam-Macam Penggaris

Buku yang ditulis oleh dua akademisi ii menerangkan berbagai macam alat ukur dan juga teknik dalam pengukuran, yaitu alat ukur panjang, alat ukur berat, alat ukur volume, dan lain sebagainya.

Buku berjudul Alat Ukur dan Teknik Pengukuran (2021) ini menyajikan 20 Bab dan menjelaskan dengan detail macam dan cara penggunaan alat ukur.

2. Alat Ukur dan Teknik Pengukuran (2018) karya Philip Kristanto

Macam-Macam Penggaris

Buku yang ditulis oleh Philip Kristanto ini lebih spesifik membahas tentang alat ukur dan bagaimana melakukan pengukuran pada besaran-besaran fisika yang terkait dengan bidang teknik.

Materi yang disajikan dalam buku ini lengkap dengan ilustrasi gambar dan juga soal-soal latihan yang berguna untuk menguji kembali kemampuan dalam memahami materi yang disajikan dalam buku ini. Dengan membaca buku ini, pembaca diharapkan memahami dan bisa melakukan proses pengukuran, memilih alat ukur, dan melakukan analisis data pengukuran dengan baik dan benar.

3. Pengukuran Teknik: Dasar dan Aplikasi (2020) karya Muhammad Rizal

Macam-Macam Penggaris

Buku yang mengulas secara lengkap, mendalam dan komprehensif untuk mengaplikasikan pengukuran teknik yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi dosen maupun mahasiswa. Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti bahkan untuk orang awam sekalipun. Materi yang ada juga dijelaskan dengan efisien dalam bab demi babnya. Kelebihan lainnya yang terdapat dalam buku ini yaitu disertai gambar dan tabel yang informatif bagi pembaca.

Demikian artikel tentang macam-macam penggaris. Semoga bermanfaat ya, Grameds! Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan selalu memberikan produk-produk terbaik yang bisa kamu dapatkan di gramedia.com, agar Grameds bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Diki

BACA JUGA:

  1. Macam Alat Tulis Kantor: Sejarah, Gambar, dan Pendukungnya
  2. 10 Perlengkapan Anak Sekolah yang Wajib Dimiliki
  3. Alat Ukur Jangka Sorong: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Menggunakannya
  4. Macam-Macam Besaran Pokok dalam Fisika
  5. Besaran Turunan: Pengertian, Satuan, Contohnya, dan Alat Ukur
  6. Pengertian Penginderaan Jauh, Prinsip, Alat, Perolehan Data & Citra
  7. Penemu Termometer dan Perkembangan Termometer
  8. Selain Buku, Ini Barang yang Dijual di Gramedia.com


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda