in

16 Rekomendasi Kuliner Semarang Terenak yang Wajib Kamu Coba!

travellingyuk.com

Kuliner Semarang – Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Tengah, yang memiliki berbagai macam kuliner yang khas. Wisata kuliner Semarang, Jawa Tengah juga termasuk bagian makanan yang mungkin tidak bisa ditemukan di kota lain, meskipun ada, tapi olahan rasanya pasti berbeda dari kuliner Semarang.

Tahun 2015, Kementerian Pariwisata menetapkan Semarang sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa Semarang memiliki beragam makanan dan minuman khas yang memiliki cita rasa yang tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, jika berlibur ke Semarang harus mencicipi kuliner khasnya.

Semarang punya banyak spot kuliner yang menarik untuk dicoba. Khususnya kuliner legendarisnya yang terkenal. Kuliner tersebut kerap menjadi buruan wisatawan yang datang ke Semarang. Kuliner Semarang yang terkenal punya citarasa enak dan bikin kangen terobati. Apakah kamu pernah mencicipi kuliner khas Semarang?

Namun, bagi sebagian orang akan bingung untuk mencicipi kuliner Semarang yang memiliki cita rasa khas. Hal ini bukan tanpa alasan karena kota Semarang itu sendiri memiliki banyak sekali kulinernya. Lalu, apa saja kuliner Semarang yang patut untuk dicoba?

Kamu bisa temukan rekomendasi kuliner khas Semarang, pada artikel ini. Jadi, simak ulasannya sampai habis, Grameds.

Kuliner Khas Semarang

Terdapat banyak makanan enak di Semarang, mulai dari camilan pisang goreng, kue leker, soto hingga makanan berat seperti nasi bebek. Berikut informasi lengkapnya mengenai kuliner khas Semarang:

1. Soto Bangkong

Kuliner Semarang
travellingyuk.com

Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang bisa kamu temui di berbagai daerah, seperti soto lamongan, soto madura, hingga coto makassar. Begitu pun Semarang yang memiliki soto bangkong sebagai hidangan soto khasnya.

Nama “bangkong” sendiri berasal dari lokasi kedai yang berada di Jalan Bangkong (saat ini bernama Jalan Brigjen Katamso). Selain itu, soto Bangkong merupakan soto ayam kampung khas Semarang.

Nama warung makan ini terinspirasi dari perempatan jalan tempat warung soto ini berada. Konon kabarnya, perempatan ini dulu banyak kodok, sehingga banyak pelanggan yang menyebut ini Soto Bangkong (kodok dalam bahasa Jawa).

Di warung soto ini, rasa sotonya sangat khas yang berasal dari kecap. Terlebih lagi, kecap tersebut hanya diproduksi oleh pemilik warung. Selain itu, penggunaan daging ayam kampung membuat soto semakin terasa gurih dan enak. Ciri khas soto bangkong terletak pada kuahnya yang berwarna bening kecokelatan.

Soto Bangkok dilengkapi dengan daging ayam suwir, bihun, potongan tomat, tauge dan bawang goreng. Selain menu soto, kamu juga bisa mencoba hidangan lainnya, seperti garang asem dan ayam goreng rempah.

2. Kue Leker

Kuliner Semarang
phinemo.com

Kue Leker Paimo berada di depan SMA Kolese Loyola, tepatnya di Jalan Karang Anyar No 37, Brumbungan. Tempat makan enak di Semarang yang satu ini hanya berupa gerobak dengan tenda kaki lima dan bangku-bangku.

Meski begitu, Anda harus siap antri cukup panjang. Menu yang ditawarkan Kue Leker Paimo cukup bervariasi. Tidak hanya topping manis, banyak juga pilihan menu leker dengan topping asin. Beberapa menu favorit pembeli adalah telur sosis keju (Rp20.000), jagung coklat keju (Rp8.000), dan pisang coklat keju (Rp4.000).

3. Pisang Plenet Gajah Mada

Kuliner Semarang
kumparan.com

Dalam bahasa Jawa, “plenet” berarti penyek atau pipih. Oleh sebab itu, tempat makan enak di Semarang yang satu ini menamakan “planet” pada pisang pipih yang dijualnya. Hal Pembuatan pisang plenet tidak dengan cara digoreng, melainkan dibakar di atas bara api hingga layu dan berwarna kecoklatan.

Lalu, pisang akan dipenyek di atas talenan. Setelah dipenyek, kemudian pisang dioles dengan margarin dan ditaburi topping sesuai pesanan. Ada beragam topping yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah meses, selai nanas, gula putih, dan kacang. Setelah itu, pisang yang sudah diberi topping ditumpuk dengan pisang plenet lain, sehingga berbentuk menyerupai sandwich.

Satu porsi pisang plenet bisa kamu beli dengan harga Rp6.000. Pisang Plenet Gajah Mada bisa anda temukan di sekitar kawasan Jalan Gajah Mada. Biasanya, tempat makan ini buka saat sore hari mulai pukul 15:00. Pisang plenet cocok untuk menemani waktu santai sore anda di Semarang.

4. Babat Gongso Pak Karmin

Kuliner Semarang
solopos.com

Babat gongso adalah babat yang ditumis menggunakan jeroan lain seperti hati, paru, atau limpa. Seluruh jeroan tersebut diolah dengan bumbu kecap dan cabai rawit, sehingga menciptakan rasa yang sedap dan pedas. Ada cukup banyak penjual babat gongso yang bisa kamu temukan di Semarang.

Salah satu kelezatan babat gongso yang terkenal adalah babat Gongso Pak Karmin yang terletak di kawasan Jalan Aloon-Aloon Bar, tepatnya di seberang Gedung BRI. Tak hanya babat gongso, menu lain yang juga menjadi favorit di Warung Pak Karmin adalah nasi goreng babat. Kabarnya, Pak Karmin menggunakan bumbu racikan yang sama dengan racikan babat gongso. Kuliner ini sangat cocok untuk Anda yang suka makanan gurih.

5. Bakmi Jawa Pak Gareng

Kuliner Semarang
Tripadvisor

Makanan enak di Semarang ini menyajikan bakmi sebagai menu utama. Ada dua pilihan sajian bakmi yang tersedia, yaitu bakmi goreng dan bakmi kuah. Keduanya memiliki isi yang sama, hanya berbeda pada cara masaknya. Bakmi Jawa Pak Gareng khas dicampur dengan telur, kol, sawi dan daging ayam suwir.

Jika masih kurang kenyang setelah makan mie, kamu juga bisa memesan nasi ruwet, yakni nasi goreng yang dicampur dengan bakmi goreng. Untuk mencicipi hidangan ini, kamu bisa ke Jalan Wotgandul Dalam No 177, Gabahan, Semarang Tengah.

6. Nasi Gandul Pak Memet

Kuliner Semarang
IDN Times

Nasi gandul merupakan nasi putih berkuah santan yang dilengkapi dengan potongan daging sapi dan jeroan. Adapun penyajian Nasi Gandul Pak Memet bisa dibilang cukup istimewa, yakni dihidangkan di atas piring yang dilapisi daun pisang. Sebagai pelengkap, nasi gandul juga disajikan dengan tempe goreng, perasan jeruk nipis, dan sambal.

Penamaan “gandul” ini dipilih karena dahulu sang penjual membawa barang dagangannya dengan cara memanggul bambu, dimana kedua ujungnya tergantung bakul nasi dan kuali berisi kuah. Kata “gandul” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti gantung. Untuk mencobanya, Grmaeds bisa datang ke warung nasi gandul Pak Mamet di Jalan Dr. Cipto No 12A.

7. Es Puter Cong Lik

Kuliner Semarang
detik.com

Es Puter Cong Lik di Warung Semawis, kawasan Pecinan, di depan Rumah Sakit Telogorejo, dan di kawasan Simpang Lima. Konon, awal mula nama es puter Cong Lik ini berasal dari singkatan julukan penjual dari para pelanggannya, Cong Lik, merupakan singkatan dari Kacung Cilik (pembantu kecil).

Selain itu, ss puter ini juga disebut dengan es dung dung, yang mana terbuat dari bahan santan sebagai pengganti susu. Salah satu kuliner legendaris ini bertekstur agak kasar dengan perpaduan sensasi manis dan asin. Ada berbagai rasa yang bisa kamu pilih, mulai dari coklat, kopyor, sirsak, kacang hijau, blewah, leci, lengkeng, durian dan alpukat.

Tertarik untuk mencobanya? Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp15.000 untuk satu porsinya. Namun, khusus rasa durian kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp20.000.

8. Lumpia Gang Lombok

Kuliner Semarang
jejakpiknik.com

Lumpia Gang Lombok merupakan salah satu kuliner legendaris di Semarang yang terkenal. Tempat makan ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan yang jalan-jalan ke Semarang. Selain itu, kuliner tradisional Semarang ini, pastinya termasuk dalam daftar teratas buat kamu yang ingin pergi meluncur ke sana. Lumpia dan Kota Semarang bagaikan bersahabat karib dan takkan terpisahkan, bahkan Semarang sering disebut dengan istilah Kota Lumpia.

Lumpia Gang Lombok ini termasuk gerai tertua yang menjual lumpia di Semarang. Di tempat ini, lumpia disajikan dalam 2 jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Isian dari lumpia sendiri terdiri dari rebung dan saus petis, sehingga membuat rasa khas Semarang semakin melekat. Meski begitu, di warung ini, variasi isi semakin beragam, seperti udang dan ayam. Penyajiannya biasanya ditambahkan dengan acar timun dan saus cocolan.

Ketika kamu memesan lumpia basah atau lumpia kering yang lebih garing, maka perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000. Jam operasional Lumpia Gang Lombok setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Lokasinya ada di Gang Lombok Nomor 11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

9. Tahu Pong Gajah Mada

Kuliner Semarang
Travel Kompas

Tahu Pong Gajah Mada cukup terkenal di kalangan wisatawan dan warga lokal. Warung makan yang berlokasi di Jalan Gajahmada Nomor 63 B menyajikan tahu gurih dengan tambahan tahu gimbal dan telur. Sajian tersebut biasanya dinikmati dengan saus cocolan yang khas.

Satu porsi hidangan di Tahu Pong Gajah Mada dapat dibeli dengan harga Rp 15.000-Rp 35.000. Jam buka Tahu Pong Gajah Mada setiap Senin-Sabtu pukul 11.30-20.00 WIB. Jika tak ingin antre, sebaiknya kamu datang di hari kerja.

10. Nasi Koyor Kota Lama

Kuliner Semarang
tribunnews.com

Nasi koyor adalah sajian berisi nasi putih, koyor atau urat sapi, oseng kacang panjang, dan sambal. Di Semarang satu tempat makan nasi koyor yang terkenal, yaitu Nasi Koyor Kota Lama. Tempat ini sudah ada sejak 1955. Walau cukup legendaris tapi rasa nasi koyor di tempat ini tak pernah berubah.

Selain itu harganya juga cukup terjangkau, sekitar Rp 25.000. Jika ingin mencicipinya kamu bisa datang ke Jalan Gelatik Nomor 7, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Warung ini buka, mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

11. Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

merdeka.com

Jika kamu merupakan pecinta nasi goreng silahkan mampir ke warung Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok. Lokasinya ada di Jalan Pemuda Nomor 2, Dadapsari, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Warung nasi goreng ini sudah ada sejak 1971. Menu yang disajikan yaitu nasi goreng babat gongso yang empuk dan gurih.

Harga satu porsi nasi goreng tersebut Rp 10.000 – Rp 25.000. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 22.30 WIB.

12. Kepala Manyung Bu Fat

detik.com

Kepala Manyung Bu Fat bisa dibilang sebagai salah satu kuliner Semarang yang cukup legendaris, sehingga kuliner ini wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Semarang. Warung makan ini sudah ada sejak 1969. Di sini kamu bisa menikmati kepala manyung berukuran besar yang dihidangkan dengan kuah panas dan potongan cabai. Manyung sendiri adalah ikan laut yang dagingnya biasa digunakan untuk membuat ikan asin jambal roti.

Satu porsi kepala manyung di tempat ini bisa dinikmati dengan harga Rp30.000 hingga Rp250.000. Harga tersebut berbeda tergantung ukuran manyung yang digunakan. Lokasi Kepala Manyung Bu Fat ada di Jalan Ariloka, Krobokan, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Jam bukanya pukul 08.00-20.00 WIB.

13. Nasi Ayam Bu Wido

jejakpiknik.com

Nasi Ayam Bu Wido cocok untuk kuliner malam hari karena buka mulai pukul 16.30 dan tutup pada pukul 23.00 WIB. Warung ini menyajikan nasi gurih dengan sambal goreng dan kuah areh. Untuk lauk, tersedia ayam dengan aneka potongan. Lokasi Nasi Ayam Bu Wido ada di sekitar Jalan Melati Selatan, Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

14. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Travel Kompas

Mi kopyok adalah mie kuning yang disajikan dengan potongan tahu dan tauge serta disiram dengan kuah gurih segar. Ada satu penjual mie kopyok yang terkenal di Semarang yaitu Mie Kopyok Pak Dhuwur. Apakah kamu pernah ke sana?

Lokasi Mie Kopyok Pak Dhuwur ada di Jalan Tanjung Nomor 18A, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Satu porsi mie kopyok di tempat ini bisa dinikmati dengan harga Rp 13.000. Adapun jam buka Mie Kopyok Pak Dhuwur pukul 08.00-16.00 WIB.

15. Tahu Gimbal Pak H.EDY

detik.com

Tahu gimbal adalah sajian khas Semarang yang berisi lontong, kol, telur goreng, dan gimbal atau gorengan dari udang tepung. Kemudian, makanan khas Semarang ini disajikan dengan siraman kuah kacang yang rasanya sudah khas.

Tahu gimbal itu sendiri merupakan makanan dengan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan utamanya. Asal mula kata ‘gimbal’ berasal dari sebutan ‘udang’ bagi orang Semarang.

Satu porsi tahu gimbal nan lezat ini bisa kamu pesan dengan tingkat kepedasan yang berbeda. Ada satu penjual tahu gimbal yang sudah terkenal sejak lama. Namanya adalah Tahu Gimbal Pak H. Edy.

Jika kamu ingin mencicipi tahu gimbal Pak H. Edy ini maka harus datang ke Jalan Pandanaran belakang STM 7 Nomor 2, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Harga dari satu porsi tahu gimbal di warung ini, mulai dari Rp15.000. Selain itu, warung ini buka mulai pukul 13.00 hingga 21.00.

16. Gulai Kambing

travellingyuk.com

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar sudah buka sejak 1969. Bahkan, kuliner khas yang satu ini bisa dibilang namanya sudah cukup terkenal. Jika kamu ingin menikmati gulai kambing ini, maka perlu datang ke Kota Lama. Warung ini sendiri letaknya ada di belakang Gereja Blenduk.

Kuahnya yang encer dan rasanya yang gurih bisa dibilang ciri khas dari gulai kambing ini. Ditambah lagi, adanya potongan jeroan dan daging kambing membuat gulai ini semakin nikmat untuk dinikmati. Bahkan, satu porsi gulai kambing cukup besar, sehingga cukup untuk mengenyangkan perut.

Jika kamu tidak begitu suka amis, maka bisa diberi perasan jeruk nipis. Selain itu, tersedia juga potongan bawang merah mentah yang membuat rasa gulai kambing menjadi lebih nikmat.

Penutup

Pada dasarnya, kuliner Semarang sangatlah banyak, tetapi tak bisa semuanya dibahas dalam satu artikel ini. Kuliner Semarang ini rasanya akan lebih nikmat ketika dimakan bersama orang-orang terkasih apalagi kalau makannya langsung di Semarang. Jadi, kuliner Semarang apa yang kamu sukai?

Untuk mendapatkan informasi lebih, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 17 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia
  2. 9 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba
  3. 11+ Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba
  4. 10 Makanan Khas Batam Terenak Penggugah Selera
  5. 10 Makanan Khas Jawa Timur yang Terkenal Kelezatannya
  6. 12 Rekomendasi Makanan Khas Lombok yang Wajib untuk Dicoba 
  7. 10+ Rekomendasi Makanan Khas Makassar yang Wajib Dicoba 

Written by Ananda