in

Kemampuan Usopp One Piece dan 11 Fakta Unik Si Penembak Jitu!

Shueisha via Comicbook

Kemampuan Usopp – Menurut Oda (Pembuat manga One Piece) dalam sebuah diskusi dengan Tanaka Mayumi (pengisi suara Luffy), tak peduli siapapun yang nantinya akan bergabung dengan kru bajak laut Topi Jerami, Oda selalu ingin Usopp menjadi anggota kru terlemah diantara mereka dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan cerita.

Kemampuan Usopp
https://www.greenscene.co.id/

Oda juga mengungkan bahwa hal tersebut dikarenakan Usopp merupakan karakter yang memiliki kekuatan fisik paling mendekati dengan kekuatan manusia biasa, sehingga penggambaran kekuatan karakter lainnya akan lebih mudah untuk dibandingkan. Meski begitu, kekuatan dan kemampuan Usopp kini semakin meningkat setelah timeskip.

Ingin mengetahui lebih dalam lagi, tentang kemampuan usopp? Nah, kamu bisa temukan jawabannya pada pembahasan di bawah ini.

Kemampuan Usopp : Si Penembak Jitu

kemampuan usopp
https://www.ranker.com/

Karena tak mempunyai kekuatan fisik yang mumpuni, Usopp lebih sering memakai otak dan kemampuan membuat rencananya ketika bertarung. Meski dia merupakan anggota terlemah, tetapi Ia tetap memiliki ketahanan tubuh yang lumayan tinggi dibandingkan dengan manusia biasa.

Usopp pernah menyatakan bahwa ia belum pernah sakit selama hidupnya. Setiap dalam pertempuran besar, ia selalu berhasil bertahan walau menderita banyak luka yang cukup parah.

Salah satu contohnya, ketika wajah Usopp dipukul menggunakan tongkat 4 ton milik Mr. 4 dan dilanjutkan menghantam dinding beton hingga berulang kali akibat ulah Miss Merry Christmas di waktu yang bersamaan.

Kemampuan utama Usopp dalam pertarungan ialah sebagai penembak jitu, terutama menggunakan ketapel dengan berbagai jenis peluru. Kemampuan ini tampaknya diturunkan langsung dari ayahnya, Yasopp yang juga populer sebagai penembak jitu dan bergabung dalam kelompok bajak laut Rambut Merah. Kemampuan Yasopp dalam menembak hampir tidak ada yang dapat menandingi.

Usopp mampu menembak Spandam dan beberapa marinir lain dengan ketapelnya dari Menara Kehakiman yang jauh, bahkan para marinir mengatakan bahwa hal tersebut mustahil untuk bisa dilakukan karena selain jaraknya yang sangat jauh, anginnya pun juga sangat kencang.

Sebelum bergabungnya Franky dalam kru, Usopp menjadi satu-satunya anggota kru yang tampak mengurusi bidang mekanik seperti memperbaiki kapal maupun mengoperasikan meriam, meskipun hal tersebut dilakukan dengan asal-asalan (seperti yang dinyatakan Franky, yakni kemampuan Usopp dalam menggunakan palu seperti amatir).

Selain itu, Usopp juga terlihat memiliki beberapa pengetahuan mengenai ilmu kimia dan kerap bereksperimen untuk membuat berbagai senjata baru, seperti “Kabuto” dan “Clima Tact”. Setelah Franky bergabung, Usopp dengan senang hati membiarkan Franky untuk mengambil alih seluruh pengurusan kapal, tetapi Usopp juga mau untuk ikut membantu.

Sebagai gantinya, Franky kerap menunjukkan hasil karyanya dengan tujuan supaya memberikan Usopp inspirasi dalam menciptakan alat-alat baru. Franky juga mengakui bahwa Usopp memiliki bakat dalam membuat peralatan. Setelah timeskip, inovasinya menjadi semakin bertambah, hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan Usopp untuk menciptakan berbagai macam amunisi yang dinamakan “Pop Green”.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Ketapel

kemampuan usopp
https://www.giantbomb.com/

Sejak awal bergabung, Usopp mempunyai sebuah ketapel kecil. Ketapel tersebut, lalu terus dimodifikasi seiring dengan perjalanan mereka. Usopp mempounyai berbagai jenis amunisi yang tersimpan dalam tas yang selalu dibawanya.

Amunisinya bisa berupa apa pun termasuk batu, kelereng besi kecil, bahan peledak, bom asap, bahkan ia juga pernah menggunakan telur seperti ketika mengalihkan perhatian Richie, singa peliharaan Mohji. Untuk meningkatkan daya penglihatannya, Usop mengenakan sepasang kacamata khusus sniper.

Kabuto

kemampuan usopp
https://onepiece.fandom.com/

Selama di Enies Lobby, Usopp memperkenalkan senjata terbarunyam yaitu kabuto. Kabuto adalah sebuah ketapel yang telah dimodifikasi dengan lima cabang yang terhubung ke tongkat panjang. Kekuatan kabuto diklaim menjadi lebih besar karena Usopp memodifikasinya menggunakan berbagai Dial pulau langit.

Jangkauan kabuto sangat jauh dan Usopp mampu menggunakannya dengan akurat untuk menyerang target, bahkan dari jarak mustahil yang bisa dilakukan oleh orang biasa. Setelah timeskip, desain kabuto dimodifikasi lagi menjadi lebih pendek, tetapi tetap mempertahankan bentuk lima cabang dan salah satu cabangnya diubah menjadi berwarna hitam.

Pop Green

kemampuan usopp
https://duniagames.co.id/

Setelah timeskip, Usopp menambah variasi serangannya dengan menciptakan berbagai amunisi yang ia beri nama Pop Green. Amunisi ini dibuat berdasarkan pada pengetahuan yang didapatnya selama terdampar di kepulauan Boin. Ketika menyelamatkan Nami di kepulauan Sabaody, pop green menembakkan amunisi semacam tanaman karnivora yang bisa menggigit.

Selain itu, ketika kru Topi Jerami pergi ke Pulau Manusia Ikan, Usopp berhasil menyelamatkan Thousand Sunny dari reruntuhan bebatuan dengan cara menembakkan semacam tanaman merambat untuk menghambat bebatuan tersebut. Selama di Pulau Manusia Ikan, Usopp memakai pop green untuk menumbuhkan bunga bangkai dan untuk menumbuhkan sekelompok tanaman bambu yang tiba-tiba muncul dari dalam tanah.

Peralatan lainnya

  • Shuriken (pisau ninja), pertama kali dipakai ketika bertarung melawan kelompok kucing hitam di desa syrup.
  • Saus kecap/tomat, pertama kali dipakai ketika bertarung melawan Chew di desa Kokoyashi.
  • Palu besi, pertama kali dipakai ketika bertarung melawan Chew di desa Kokoyashi.
  • Karet gelang, pertama kali dipakai ketika bertarung melawan Chew di desa Kokoyashi.
  • Usopp Pound (5 ton), pertama kali dipakai ketika bertarung melawan Mr. 4 dan Miss Merry Christmas di Alabasta.
  • Papan tulis, pertama kali dipakai ketika melawan agen Baroque Works di Alabasta.
  • Usopp ah yah yah (tali usopp), pertama kali dipakai ketika melawan Satori di pulau langit Skypiea.
  • Dial impact, pertama kali dipakai dalam permainan Davy Back Fight.
  • Dial flame, pertama kali dipakai ketika melawan Luffy di Water 7.
  • Sepatu gurita, pertama dipakai ketika di atas kereta api laut, Puffing Tom.
  • Usopp Golden Pound (10 ton), pertama kali dipakai ketika melawan Perona di Thriller Bark.

Fakta Menarik Usopp

kemampuan usopp
https://duniagames.co.id/

Karakter Usopp dalam serial One Piece memang jarang dilirik netizen. Usopp bukanlah tipe karakter yang dapat langsung disukai pada pandangan pertama. Apalagi penembak jitu yang satu ini dikenal memiliki tingkah yang konyol.

Meski demikian, beberapa fakta menarik Usopp tentu akan membuat penggemar semakin menyukainya. Karakter satu ini memiliki kisah yang sangat mengharukan sekaligus menginspirasi. Mari, simak fakta menarik Usopp berikut ini.

1. Dikonsep Hampir Menjadi Wakil Kapten

Dari konsep pertama yang diciptakan oleh Eiichiro Oda, jabatan Usopp masih sama, yakni sebagai penembak jitu. Meski begitu, konsep awalnya tak hanya itu saja. Ia pernah dikonsepkan sebagai wakil kapten dari Luffy. Akan tetapi, seperti yang kita ketahui sekarang bahwa wakil kapten dari kru bajak laut Topi Jerami adalah Zoro.

2. Usopp Si Pembohong

Penggemar One Piece pastinya telah mengetahui bahwa karakter Usopp dibuat dengan mengambil referensi dari dongeng Pinokio, si anak yang gemar berbohong. Hal ini semakin diperkuat dengan fakta bahwa nama Usopp diambil dari kata dalam bahasa Jepang, yakni ‘uso’ yang berarti bohong/pembohong.

3. Dia bahkan lahir pada April Mop

April Mop atau April Fools merupakan hari di mana semua orang dapat berbohong dan kebohongan tersebut dimaklumi. Hari itu jatuh pada tanggal 1 April. Untuk memperkuat karakter Usopp yang merupakan seorang pembohong, Oda menceritakan bahwa Usopp lahir pada tanggal 1 April.

4. Hidung Usopp Sedikit Lebih Panjang Dari Kaku

Usopp dan Kaku dari CP9 sama-sama memiliki ukuran hidung panjang, bedanya Usopp memiliki bentuk hidung melingkar sedangkan milik Kaku berbentuk persegi. Zoro sempat salah mengira Kaku sebagai Usopp saat Kaku mengecek kapal Topi Jerami. Menurut Oda, hidung yang dimiliki oleh Usopp ini mempunyai ukuran yang lebih panjang daripada hidung Kaku.

5. Usopp Anak yang Berbakti pada Ibu

Penggemar One Piece pasti sudah tahu bila Usopp merupakan salah satu karakter yang sangat menyayangi ibunya. Ia tetap setia untuk merawat dan menjaga Banchina yang kerap sakit-sakitan karena merindukan sang suami.

Usopp sering berbohong dan mengatakan bahwa ayahnya, Yassop sudah kembali. Sikap konyol tersebut membuatnya kerap memperoleh penilaian buruk di mata penduduk desa. Meski begitu, Usopp sama sekali tidak peduli. Ia bahkan rela dicap sebagai pecundang demi menjaga kesehatan Banchina.

6. Mewarisi Kemampuan Ayahnya

https://duniaku.idntimes.com/

Usopp adalah putra dari Yasopp yang dikenal sebagai penembak jitu Bajak Laut Akagami. Yasopp mampu membidik targetnya dengan tepat memakai pistol andalannya. Berbeda dengan ayahnya, Usopp dikenal memakai ketapel yang dapat membuatnya melepaskan tembakan dari jarak jauh yang bahkan hampir mustahil untuk dilakukan.

Meski begitu, tidak ada yang tidak mungkin di tangan Usopp, semua tembakannya membidik tepat dari apa yang telah ia perkirakan, seperti ketika ia menjatuhkan Sugar.

7. Tipe Laki-laki yang Penuh Cinta

Usopp merupakan salah satu karakter yang memiliki sikap paling penakut di dalam serial One Piece. Meski begitu, ia dapat berubah menjadi orang paling berani maju ke depan bila orang-orang yang disayanginya berada dalam posisi bahaya.

Pengorbanannya dapat dilihat ketika Usopp bertarung melawan Kuro si bajak laut jahat untuk menyelamatkan Kaya. Usopp juga berani menentang Luffy yang merupakan kaptennya sendiri ketika Going Merry hendak diganti.

Selain itu, Usopp merupakan anggota kru bajak laut Topi Jerami yang sangat memperhatikan rekan-rekannya. Sadar atau tidak, ia kerap mencegah Zoro yang buta arah supaya tidak terpisah dari tim.

8. Social Butterfly

Karakter Usoop ini bisa dibilang cukup konyol dan juga ia sering bercanda. Maka dari itu, Usopp dikenal dengan pribadi yang easy going atau lebih tepatnya mudah bergaul dengan orang lain. Karismanya memang beda dari yang lain.

Karakter satu ini bahkan bisa julukan God Usopp karena skill membualnya yang udah ‘another level’. Saking fleksibelnya, Usopp bahkan dapat berteman dengan dua raksasa penjaga Oimo dan Karse. Kocak ges.

9. Cerdik dan Kreatif

Usopp memang memiliki sifat yang konyol, tetapi ia tidak bodoh. Usopp mengisi berbagai jobdesk sebelum Franky bergabung dengan kru bajak laut Topi Jerami. Mulai dari penembak jitu, asisten riset, hingga menjadi tukang servis kapal.

Karakter satu ini juga memiliki kemampuan bertarung yang kocak dan sangat khas. Usopp menyadari bahwa dirinya memiliki banyak keterbatasan. Maka dari itu, ia selalu memiliki cara tersendiri dalam bertarung. Hal tersebut membuktikan bahwa ia sesungguhnya merupakan orang yang cerdik.

10. Membuatkan Nami Clima Tact

https://onepiece.fandom.com/

Secara khusus, di Arc Alabasta Nami meminta Usopp untuk merancang sebuah senjata yang dapat membuat Nami mampu bertarung tanpa harus dilindungi. Usopp, kemudian menyanggupi permintaan tersebut dan membuat Clima Tact; sebuah senjata yang memilikki kemampuan untuk menciptakan awan dan bisa digunakan Nami untuk mengeluarkan petir atau berbagai hal lainnya.

Berkat senjata tersebut, Nami dapat mengalahkan Miss Doublefinger di Arabasta. Tidak sekadar itu, dengan bantuan clima tact, Nami juga dapat mengalahkan Kalifa di Enies Lobby. Padahal, kedua musuh Nami tersebut adalah pemakan buah iblis yang memiliki teknik bertarung yang tinggi.

11. Jadi Cameo Di Dua Poster Buronan

Ternyata Usopp menjadi pelaku photobombing meskipun secara tidak sengaja ke dua poster buronan anggota kru bajak laut Topi Jerami lain. Pertama ialah pada poster buronan Luffy, ada Usopp yang tampak dari belakang.

Photobombing ke dua, ada di poster buronan Zoro. Terdaoat Usopp di belakangnya yang muncul sangat sedikit, bahkan kebanyakan hanya hidungnya saja. Meski demikian, poster Luffy dan Zoro setelah 2 tahun tak ada Usopp lagi.

Demikianlah ulasan mengenai salah satu rekan Luffy si Topi Jerami dalam serial anime One Piece. Semoga informasi mengenai Usopp tersebut bisa menghibur kalian!

Jika kamu ingin mencari komik One Piece, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rujukan:

https://onepiece.fandom.com/id/wiki/Usopp/Kemampuan_dan_Kekuatan

https://duniaku.idntimes.com/anime-manga/one-piece/dimas-ramadhan-2/7-fakta-usopp-penembak-jitu-tukang-bohong-dari-topi-jerami

Fakta Usopp Si Pembohong Cerdik di Serial One Piece

Baca juga:

 

 

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.