in

Kemampuan Usop dan Fakta Menarik Si Pembohong Cerdik Ini!

https://onepiece.fandom.com/wiki/Usopp

Kemampuan Usop – Usopp adalah karakter fiksi dalam serial anime dan manga One Piece karya Eiichiro Oda. Lahir di desa Syrup, Usopp adalah penembak jitu di Bajak Laut Topi Jerami dan mantan kapten Bajak Laut Usopp.

Ketika Usopp pertama kali diperkenalkan, dia sering digambarkan sebagai “pembohong”, hal ini mungkin karena kata “Uso” dalam namanya berarti “berbohong” atau “berdusta”.

Dia pertama kali disebutkan oleh Yasopp. Dia adalah anggota keempat grup dan yang ketiga bergabung. Dia juga anggota ketiga yang bergabung setelah meninggalkan grup untuk sementara menjelang akhir Arc Enies Lobby.

Ia diketahui memiliki uang tebusan sebesar 30.000.000 Berry dengan nama samarannya serta kepribadian keduanya yang dikenal sebagai “Sogeking”. Tidak seperti kebanyakan anggota Topi Jerami lainnya, Usopp bukanlah orang yang kejam.

Seperti yang kalian ketahui, hampir semua anggota kru Topi Jerami memiliki masa lalu yang cukup kacau. Contohnya, Luffy harus melewati masa lalu yang sulit bersama Ace dan Sabo. Kemudian Nami harus berjuang keras untuk desanya.

Namun, saat bersama Luffy, Usopp mengalami perubahan besar dalam hidupnya. Misalnya, ketika time-skip terjadi, ia memiliki banyak pengetahuan tentang Pop Green, kekuatan fisiknya meningkat, dan keterampilan menembaknya juga meningkat.

Usopp sering mengatakan bahwa dia ingin menjadi orang paling berani di lautan. Namun, pada kenyataannya, dia hanya berperan dalam peran taktis atau pendukung.

Kemampuan Usopp dalam Bertarung

Usopp adalah penembak berpengalaman dengan meriam di dalamnya. Senjatanya adalah ketapel dan memiliki berbagai amunisi. Dia juga bisa memanfaatkan situasi untuk bertarung. Usopp seperti Zoro masih bisa hidup setelah kehilangan banyak darah (seperti melawan Mr.4).

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Keahlian terbesarnya adalah berlari sangat cepat. Strategi bertarungnya adalah melawan secara gerilya, yaitu menyerang dari jauh dan langsung kabur. Amunisi ketapel sangat beragam seperti telur busuk, bahan peledak, bom asap dan peluru biasa, pachinko (bola besi yang digunakan dalam permainan).

Selain itu, ada senjata lain termasuk senjata aneh seperti palu 10 ton (sebenarnya beratnya hanya 2 kg), Usopp Noise (memukul paku ke papan dengan suara melengking), Usopp Spell (meneriakkan kata-kata yang menakutkan), Usopp Wagomu ( menembakkan karet gelang ke arah musuh), Usopp Aaaaaaaaaaaaa (menembakkan tali dari ikat pinggang dan karet gelangnya ke udara), dan menggunakan dial yang diperoleh dari Skypiea.

Usopp juga seorang tukang, di kapalnya ia membangun sebuah ruangan yang disebut Pabrik Usopp. Usopp juga paling menyukai Going Merry dan sangat sering memperbaikinya.

Pertanyaan banyak fans adalah apakah Usopp bisa membangkitkan kekuatan Haki seperti yang lain? Dari apa yang dihadirkan dalam cerita, Usopp telah membangkitkan salah satu jenis Haki, yaitu Observation Haki. Ini terjadi di Arc Dressrosa. Namun, ada banyak spekulasi bahwa Usopp mungkin bisa membangkitkan Conqueror Haki miliknya.

Kemampuan Usopp

Ada beberapa hal yang bisa menjadi bukti faktual akan hal ini. Seperti yang kita ketahui, Conqueror Haki sangat erat kaitannya dengan tekad dan juga semangat dari seseorang.

Selain itu, kemampuan untuk mempengaruhi semangat orang lain (mengintimidasi orang lain) juga menjadi salah satu hal yang berkaitan dengan Conqueror Haki. Dan disadari atau tidak kemampuan mengintimidasi tersebut ada di dalam diri Usopp.

Rayleigh pernah mengatakan kepada Luffy bahwa dia memiliki keahlian dalam memahami makhluk hidup terutama emosi mereka, yang mana hal itu membuat Luffy mampu menggunakan Observation Haki.

Usopp juga diketahui memiliki kemampuan yang sama untuk mampu memanipulasi emosi orang lain. Contoh dari hal ini adalah bagaimana orang-orang yang dibohongi oleh Usopp dengan semua kata-katanya, justru mulai percaya dengan ucapan Usopp tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, berarti Usopp setidaknya bisa menggunakan Conqueror Haki, meski hanya dalam bentuk dasar.

Karena itu adalah bentuk manipulasi pikiran dan emosi orang lain. Ada juga bukti lain bahwa Usopp mungkin menggunakan Conqueror Haki dalam cerita tersebut.

Di manga, setiap kali seseorang menggunakan Conqueror Haki, mulut korban akan berbusa. Misalnya, ketika Shanks tiba di kapal Shirohige, kami melihat sebagian kru pingsan dan mulutnya berbusa. Ketika Usopp melawan Perona dan memberikan serangan terakhirnya, mulut Perona berbusa.

Usopp melakukan hal yang sama saat melawan Sugar. Dua kali Usopp melawan Sugar, dua kali dia mengalahkannya, dan dua kali mulut Sugar berbusa saat Usopp mengalahkannya. Dalam kedua contoh ini, Usopp menggunakan emosi musuhnya sebagai senjata untuk melawan mereka.

Kemudian, Usopp memanipulasi mereka dengan terampil, membuat mereka tidak sadarkan diri. Dibandingkan membuat orang pingsan dengan kehadirannya, Usopp bisa menggunakan Conqueror Haki dengan cara yang berbeda, yaitu dengan memanipulasi emosi dan kepercayaan musuhnya.

Ini adalah bukti bahwa Usopp mungkin memiliki cara lain untuk menerapkan Conqueror Haki. Usopp mampu menempatkan dirinya sebagai penembak jitu dengan membuat dirinya tidak terlihat oleh musuhnya, membuat musuhnya hancur secara emosional dan spiritual.

Usopp tidak perlu menghilang sepenuhnya, dia hanya perlu tidak terlihat oleh musuhnya. Dan Usopp juga mampu menggabungkan aplikasi unik Conqueror Haki dengan Observation Haki miliknya.

Jenis Serangan Usopp

Kemampuan Usopp
https://onepiece.fandom.com/

Kayaku Boshi (Bintang Bubuk Mesiu)

Usopp menembakkan bubuk mesiu yang dapat meledakkan musuhnya. Pertama kali digunakan saat mengalahkan Jango di desa tempatnya tinggalnya.

Tamago Boshi (Bintang Telur)

Usopp menembakkan telur busuk ke arah musuhnya.

Atlas Suisei (Komet Atlas)

Usopp menembakkan 5 peluru yang tersebar dan meledakkan musuhnya.

Hammer Suisei

(Komet Palu) Usopp menggunakan tanduk Chopper sebagai ketapel dan menembakkan palu ke arah Mr.4

Kaen Boshi (Bintang Molotov)

Usopp menembakkan proyektil yang dapat membakar musuhnya. Digunakan melawan Chuu di arc Arlong Park.

Kemuri Boshi (Bintang Asap)

Usopp menembakkan peluru yang dapat menghasilkan asap. Digunakan untuk melawan Mr.4 dan melarikan diri dari Enies Lobby.

Tabasco Boshi (Bintang Tabasco)

Usopp menembakkan tabasco yang dapat membuat lawan kepedesan. Digunakan saat melawan Mr.5

Tokuyou Abura Boshi (Bintang Oli Spesial)

Usopp menembakkan minyak yang dapat menyebabkan lawan terpeleset. Digunakan melawan Oz.

Kepribadian Usopp

Kemampuan Usopp
Sumber: IlmuPedia

Usopp adalah pembohong besar (meskipun kebohongan itu sering membantu kru), dan hidungnya yang panjang mungkin terinspirasi oleh tokoh Pinocchio. Meski pembohong, Usopp adalah seseorang yang (sangat ingin) memiliki harga diri yang tinggi. Tetapi jika ada pertempuran, dia melarikan diri dalam ketakutan dan malah bertemu dengan musuh yang tidak dapat dibayangkan sebelumnya (seperti God Enel) dan akhirnya melawannya.

Karakteristik lain dari Usopp adalah dia sangat pengecut, atau begitulah yang dia pikirkan. Dalam situasi sulit, Usopp akan lebih berani, apalagi jika ada yang mengganggu krunya. Terlepas dari kekurangannya dalam pertempuran, Usopp adalah yang paling berani dan tabah di antara teman-temannya.

Usopp adalah orang yang selalu bercanda di kru, terutama dengan Luffy dan Chopper (karena kru lain tidak mendengarkannya). Ia juga suka bercerita (berbohong) kepada Chopper sebagai pendengar setianya.

Dia juga seorang seniman, merancang lambang Bendera Bajak Laut Topi Jerami. Usopp juga mengagumi dan agak cemburu pada Roronoa Zoro, karena dia adalah seseorang yang tidak pernah menunjukkan rasa takut dan tabah dalam menghadapi apapun.

Kemampuan Usopp

Usopp juga takut mendarat di sebuah pulau (yang dia namakan penyakit tidak-bisa-mendarat-di-pulau) dan dengan mudah diabaikan oleh sahabatnya. Usopp mengira sahabatnya membutuhkannya. Penipuan dan kecerdasannya menyelamatkan sahabatnya dari bahaya apa pun.

Kebohongan yang sering disampaikan Usopp kepada lawan-lawannya seolah-olah dia memiliki 8.000 pengikut. Impian Usopp adalah menjadi seorang pahlawan pemberani di seluruh penjuru lautan. Dia juga punya mimpi lain, yaitu pergi ke desa pahlawan raksasa, Elbaf.

Fakta Menarik Tentang Usopp

Ada fakta menarik tentang Usopp, meskipun ia dianggap paling lemah dari Topi Jerami, ada beberapa lawan yang hanya bisa dikalahkan oleh Usopp. Selain itu, ada fakta menarik yang jarang diketahui tentang Usopp, penembak jitu Bajak Laut Topi Jerami Luffy di One Piece.

Berikut 12 fakta yang jarang diketahui penggemar One Piece tentang God Usopp, penembak jitu andalan Luffy.

1. Wakil Kapten

Siapa sangka Usopp awalnya dirancang oleh Oda untuk menjadi wakil kapten Bajak Laut Topi Jerami. Eiichiro Oda merancang Usopp untuk menjadi penembak jitu Bajak Laut Topi Jerami, yang menjadi wakil kapten atau tangan kanan Luffy. Hanya saja Oda tidak melakukannya setelah melihat potensi lain dari karakter Usopp.

2. Sniper dengan Senjata yang Tak Biasa

Sebagai sniper atau penembak jitu, Usopp tidak menggunakan senapan seperti ayahnya, melainkan menggunakan ketapel. Setelah time-skip, untuk meningkatkan kekuatan serangannya, dia memodifikasi senjatanya menjadi ketapel besar berwarna hijau bernama Kabuto.

Tak hanya itu, peluru Usopp juga sangat unik, karena didapat dari biji tanaman hidup yang memiliki banyak kekuatan bernama pop green. Pop green diperoleh Usopp saat dia sedang berlatih selama timeskip. Agar dia tidak kehabisan amunisi, Usopp menanam tanaman pop green di dek Thousand Sunny, di kapal bajak laut Topi Jerami Luffy.

3. Memiliki Berbagai Julukan

Usopp memiliki berbagai nama panggilan, antara lain Sogeking dan God Usopp. Sogeking adalah nama yang digunakan Usopp saat membantu Luffy menyelamatkan Luffy di Enias Lobby.

Usopp, yang telah meninggalkan Bajak Laut Topi Jerami, menggunakan nama Sogeking untuk menyembunyikan identitasnya. Hampir semua Bajak Laut Topi Jerami tahu bahwa Usopp adalah Sogeking yang membantu mereka.

Hanya Luffy, satu-satunya yang tidak mengetahui identitas asli Sogeking sebagai Usopp, sampai sekarang!

Selama di Dressrosa, Usopp mendapat perhatian setelah mengalahkan Sugar, yang membuat mainannya kembali normal. Orang-orang ini menjuluki Usopp sebagai dewa mesianik atau “Tuan”. Setelah arc Dressrosa, Trafalgar Law masih menyebut Usopp sebagai God Usopp.

4. Pengaruh Buruk untuk Chopper

Usopp lah yang membuat Chopper yang sangat polos sering mengucapkan kata-kata kasar. karena Usopp lah yang mengajarkan dan mengucapkan kata-kata kasar kepada Chopper.

5. Kutukan

Apakah para penggemar tahu bahwa Usopp memiliki kutukan? Kutukan Usopp bisa membuat kebohongannya menjadi kenyataan.

Hal ini telah dibuktikan dalam banyak cerita di One Piece, seperti ketika dia berbohong tentang memiliki 8.000 pasukan. Dimana di masa depan Usopp dalam hal ini Bajak Laut Topi Jerami sebenarnya berjumlah lebih dari 8.000 setelah armada besar Bajak Laut Topi Jerami didirikan di Dressrosa.

Atau ketika dia membual tentang memiliki bounty 30 juta berry setelah bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami, yang benar setelah Sogeking menerima bounty 30 juta berry untuk kontribusinya di Enies Lobby.

Mungkin saja kata-kata Usopp tentang dia menjadi Vegapunk adalah bayangan dari Oda bahwa dia akan mendapatkan sesuatu dari Vegapunk. Penantian yang sangatt mengasyikkan.

6. Usopp Memiliki Haki

Usopp adalah anggota utama kelima Bajak Laut Topi Jerami yang menggunakan Haki. Saat mengalahkan Sugar di Dressrosa, Usopp membangunkan Kenbunshoku haki miliknya. Ini tidak mengherankan, karena ayahnya, Yasopp, dikenal sebagai salah satu master Haki.

7. Pembual Sejak Kecil

“Hobi” Usopp berbohong ternyata dipelajari di usia muda. Dia melakukan ini untuk menarik perhatian, karena dia ditinggalkan oleh ayahnya Yasopp saat masih kecil.

Bahkan nama Usopp dalam bahasa Jepang adalah Uso yang berarti pembohong atau pendusta. Tak hanya itu, ulang tahun Usopp juga bertepatan dengan April Mop alias Hari Kebohongan Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 April.

8. Counter Buah Iblis Perona

Usopp adalah satu-satunya yang bisa melawan kemampuan Buah Iblis Perona, yang tidak bisa dilakukan oleh Sanji dan Zoro.

Ada penjelasan mengapa Usopp tidak terpengaruh oleh kekuatan Buah Iblis Perona. Perona dapat menciptakan sejenis hantu yang jika dilewati seseorang akan menyebabkan orang tersebut memiliki aura negatif dan menjadi putus asa. Nah, Usopp sendiri tidak terpengaruh dengan fakta bahwa Usopp sendiri sudah negatif.

9. Jika Topi Jerami adalah Sebuah Keluarga, Usopp akan Menjadi Anak Ketiga

Jika Topi Jerami adalah sebuah keluarga, di manakah Usopp? Oda pernah membuat daftar anggota Topi Jerami jika mereka satu keluarga dan Usopp adalah anak ketiga. Artinya Usopp adalah anak tengah yang bisa bersikap dewasa dan kekanak-kanakan.

10. Hidung Usopp Sedikit Lebih Panjang dari Kaku

CP9 yang bernama Kaku dan Usopp sama-sama berhidung panjang, bedanya Usopp berbentuk bulat sedangkan Kaku berbentuk persegi. Zoro pernah bingung antara Kaku dengan Usopp saat Kaku menginspeksi kapal Topi Jerami. Menurut Oda, hidung Usopp sedikit lebih panjang dari Kaku.

11. Berasal dari Afrika Jika ada di Dunia Nyata

Oda menciptakan kampung halaman anggota Topi Jerami jika memang ada di dunia nyata. Jadi kalau Usopp, dari negara mana dia berasal? Menurut Oda, Usopp akan berasal dari Afrika jika dia berada di dunia nyata.

12. Cameo dalam Dua Poster Buronan

Ternyata Usopp tidak sengaja mengambil gambar di dua poster buronan anggota Topi Jerami lainnya. Yang pertama ada di poster buronan Luffy, dimana Usopp terlihat dari belakang. Yang kedua ada di poster buronan Zoro, di belakangnya Usopp jarang muncul, hanya hidungnya saja yang dominan.

Masa Lalu Usopp

Di Desa Syrup, Usopp menyebut dirinya sebagai Kapten Usopp beserta ketiga anak yang masih kecil Piman, Ninjin dan Tamanengi membentuk kelompok “bajak laut” Usopp.

Usopp adalah putra Yasopp, penembak jitu dari Bajak Laut Shanks. Yasopp sudah lama pergi dari desa. Saat itu, ibu Usopp sakit parah dan Usopp menghiburnya dengan mengatakan bahwa “bajak laut datang, ayah sudah pulang” untuk menjaga agar ibunya tetap hidup.

Setelah ibunya meninggal, Usopp terus meneriakkannya ke seluruh desa. Penduduk desa meninggalkannya karena mereka percaya ada mimpi dan harapan di dalamnya. Terkadang mereka marah dan menyuruh Usopp pergi. Penduduk desa juga menganggap tangisan sehari-hari itu sebagai alarm mereka untuk pergi bekerja.

Kemampuan Usopp

Mungkin karena mengenang ibunya yang meninggal karena sakit, Usopp selalu menghibur Kaya, seorang gadis yang sedang sakit karena kematian orang tuanya. Usopp selalu berbohong untuk membantu Kaya menjadi lebih baik.

Menyusul kedatangan Luffy, Nami, dan Roronoa Zoro serta kedatangan Bajak Laut Kuroneko, Usopp (dan Bajak Laut Usopp) melawan mereka secara langsung untuk melindungi desa dan Kaya. Pemimpin mereka, Kapten Kuro adalah orang yang menyamar sebagai pelayan pribadi Kaya selama 3 tahun untuk mendapatkan uang.

Penutup

Demikian ulasan informasi mengenai kemampuan yang dimiliki Usopp di serial One Piece. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi One Piece lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

BACA JUGA:

Kemampuan Zoro dan 15 Fakta Karakternya Dalam Serial One Piece

Daftar Nama Buah Iblis One Piece

15 Fakta One Piece Ini Wajib Kamu Ketahui

Biografi Lengkap Eiichiro Oda, Sang Pencipta One Piece

20 Rekomendasi Anime Cowo Ganteng yang akan Membuatmu Jatuh Cinta



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.