in

Kemampuan Sanji One Piece dan 15 Fakta Karakternya!

MyAnimeList.net

Kemampuan Sanji One Piece – Sanji adalah karakter yang kurang begitu mendapat sorotan atau underrated bila membandingkannya dengan rekannya yang lain dalam kru bajak laut Topi Jerami, seperti Monkey D. Luffy dan Roronoa Zoro.

Kemampuan Sanji One Piece
https://www.greenscene.co.id/

Memang, dari segi kekuatan serta kemampuan, Sanji masih berada di bawah mereka berdua, meski tak terlalu jauh jaraknya dengan Zoro. Meskipun begitu, kemampuan Sanji juga sebenarnya tak kalah sakti dalam serial One Piece.

Selain dari segi kekuatan, Sanji juga merupakan karakter yang kurang populer sebagai wakil kapten karena “tertutup” oleh popularitas Zoro. Padahal, Sanji sebenarnya memiliki berbagai faktor yang pas untuk dijadikan sebagai wakil kapten.

Meski demikian, sepertinya Sanji sudah cukup puas menjalani perannya sebagai koki serta menjadi si nomor 3 dalam kru tersebut, selama dia bersama dengan teman-temannya.

Kemampuan Sanji One Piece Si Koki Mesum

kemampuan sanji
https://usopps-froggy-hat.tumblr.com/

Perihal kemampuan Sanji, keahlian tersebut tidak terlepas dari masa lalunya. Selama ini, kita tidak pernah mengerti mengenai asal-usulnya. Informasi yang diketahui tentang Sanji ialah dia ditemukan oleh Zeff, kemudian dirawat, dan diangkat menjadi anak. Baru pada arc Whole Cake Island, diceritakan mengenai masa lalu serta keluarga Sanji yang cukup mengharukan.

Dalam arc tersebut diceritakan bahwa Sanji bersama dengan saudara-saudaranya yang lain dimodifikasi secara genetik oleh ayah mereka, Vinsmoke Judge.

Tujuannya ialah untuk menjadikan semua anaknya sebagai tentara super yang hebat, tangguh, dan tidak memiliki emosi sama sekali. Sejak kecil, mereka telah dilatih secara disiplin dan keras. Akan tetapi, sepertinya hal tersebut tak berpengaruh banyak terhadap Sanji.

Kemampuan Sanji One Piece

Sanji mempunyai kemampuan memasak yang bisa diandalkan. Motto Sanji, yaitu tidak boleh membiarkan orang lain kelaparan. Karena kegemarannya terhadap memasak. ia tak pernah menggunakan tangannya untuk bertarung. Ia hanya mengandalkan kakinya. Oleh sebab itu, ia dijuluki sebagai Sanji si Kaki Hitam (Black Leg).

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Sumber Kemampuan Sanji

kemampuan sanji
https://onepiece.fandom.com/

Sanji selama ini terkenal sebagai sosok kru bajak laut Topi Jerami terkuat nomor 3 setelah Luffy dan Zoro. Ia memiliki kamempuan untuk melakukan tendangan api, memperkuat tendangannya, dan berbagai jurus lain yang berhubungan dengan kaki. Latihan yang ia jalani hingga bertahun-tahun memang menjadi alasan mengapa ia bisa menjadi sekuat itu.

Akan tetapi, ada kemungkinan alasan lainnya mengapa ia bisa menjadi sosok yang kuat. Kekuatan sebenarnya yang dimiliki oleh Sanji berasal dari ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, berbagai rekayasa genetik yang pernah dilakukan Judge (Ayah Sanji) kepada anak-anaknya, termasuk Sanji, sebenarnya berhasil.

Meski begitu, khusus bagi Sanji ada pengecualian. Obat yang dikonsumsi Sora (Ibu Sanji) sepertinya berhasil memberhentikan perkembangan rekayasa genetik tersebut hingga kemudian ia memakai Raid Suit.

Teknologi Germa berhasil mengaktifkan kekuatan terbesar yang berada di dalam tubuh Sanji yang berasal dari rekayasa genetiknya dulu. Hal tersebut dapat Grameds lihat dalam pertarungan Sanji melawan Queen. Grameds dapat melihat bagaimana tubuh Sanji tidak mempan dengan serangan pedang Queen atau mampu beregerasi dengan sangat baik. Hal yang paling epik adalah bagaimana Sanji bisa menghilang dengan kecepatan tinggi.

Menurut Oda (Pembuat manga One Piece), Sanji dapat bertambah kuat seperti saat ini karena kekuatan ilmu pengetahuan yang ada di dalam tubuhnya. Sanji juga memperoleh kemampuan untuk menghilang karena ia memiliki kecepatan yang luar biasa.

Pakaian Sanji

kemampuan sanji
https://sanjiafsincedayone.tumblr.com/

Sanji merupakan salah satu karakter yang paling modis dan sering bergonta-ganti pakaian. Walaupun tampak ia hanya memakai setelan jas, tetapi sebenarnya jas yang ia kenakan kerap berganti-ganti baik aksesoris maupun warnanya.

Setelah timeskip selama dua tahun, Sanji sekarang menutup mata kanannya dan rambutnya menjadi sedikit lebih panjang. Ia juga memiliki jenggot gelap dan menggigit jerami di bibir atasnya. Kedua alisnya melengkung ke kanan.

Leher Sanji sudah menjadi lebih tebal juga, sama seperti milik Zoro dan Luffy. Sanji telah tumbuh lebih tinggi, dan tinggi badanya hampir sama persis seperti Zoro. Dia mengenakan 3 potong jas hitam dan kuning. Di Punk Hazard, Sanji menggunakan tiga potong jas hitam lengkap.

Sementara di Punk Hazard, Sanji mengenakan mantel double-breasted untuk musim dingin, hal tersebut dikarenakan ia terjebak dalam tubuh Nami akibat Trafalgar Law. Selama Dressrosa Arc, Sanji pertama kali memakai kemeja gaun putih untucked, dengan dasi hitam, celana hitam, dan rompi hitambergaris-garis.

Setelah melakukan penyamaran di Acacia, Sanji memakai jas hitam breasted ganda, dengan kemeja putih dengan tombol atas dibatalkan. Dalam anime, dia juga memakai dasi biru, kacamata hitam, kumis, dan janggut putih palsu.

Setelah terluka akibat pertarungannya dengan Doflamingo, Sanji memasang perban di sekitar dada dan memakai kemeja dan jas jaket terkancing dan bahunya. Setelah Dressrosa, di pulau lain, Saji menggunakan kacamata hitam (dengan rambut masih menutupi salah satu mata), jaket kulit hitam, dan ransel kecil.

Fakta Menarik Sanji

Sanji merupakan koki paling ikonik di dunia anime. Selain menjadi koki, banyak fakta menarik lainnya yang seru untuk diketahui. Berikut, berbagai fakta dari Sanji, mulai dari yang berkaitan dengan dirinya di anime, manga, maupun yang Oda buat secara spesial dan tidak hadir secara resmi di manga maupun animenya. Simak tiga belas faktanya berikut ini!

1. Fakta Dasar

Fakta Sanji dari yang paling dasar, yakni umur dan tanggal lahirnya. Sanji lahir pada tanggal 2 Maret. Hal tersebut menjadikan Sanji sebagai orang yang memiliki zodiak Pisces.

Untuk umurnya, sebelum time skip Sanji berumur 19 dan dua tahun kemudian ia berumur 21, sama seperti rivalnya, yakni Zoro. Akan tetapi, Sanji lebih tua beberapa bulan.

Sanji lahir dari pasangan Vinsmoke Sora dan Vinsmoke Judge. Ia sempat menjadi koki di sebuah kapal orang normal, kemudian Sanji sempat beralih profesi menjadi koki Baratie setelah dia dan Zeff selamat, dan sekarang jadi koki di kru bajak laut Topi Jerami.

2. Kambing Hitam Keluarga Vinsmoke

Sanji terlahir dari keluarga Vinsmoke. Meski begitu, karena intervensi ibunya, Sanji menjadi satu-satunya anak yang tidak lahir dengan tubuh super. Sebagai gantinya, Sanji mempunya empati. Tidak seperti saudaranya yang lain, yakni Ichiji, Niji, Yonji, dan Reiju.

Hal tersebut sempat membuat Sanji menderita di masa kecilnya, hingga akhirnya dia berhasil kabur. Itu pun sebenarnya Vinsmoke Judge membiarkan Sanji kabur dengan begitu saja. Bahkan setelah ditolong oleh Sanji di Whole Cake Island, Vinsmoke Judge masih merasa bahwa empati Sanji merupakan sebuah kelemahan.

Di sisi lain, Sanji pun tidak senang keluarga Vinsmoke. Dia bahkan sempat tak ingin menerima Raid Suit. Walau demikian, ia tidak masalah menggunakan teknologi tersebut untuk membantu teman-temannya.

3. Masa Lalunya Benar-Benar Sulit

Biasanya, karakter utama dalam One Piece memiliki satu tragedi besar di masa lalu mereka. Seperti Zoro dengan kematian Kuina, Usopp dengan kematian ibunya, dan Nami dengan kematian Belle-mere.

Sanji, bahkan memiliki hingga dua tragedi besar:

  1. Ketika ia ditindas dan dia sanggat tidak dianggap dalam keluarga sehingga dibiarkan kabur begitu saja oleh ayahnya sendiri.
  2. Kemudian, saat dia menjadi koki dan terjebak dalam insiden yang berujung Zeff menyerahkan seluruh makanannya ke Sanji sedangkan Zeff memakan kakinya sendiri.

4. Ada Saja Alasan Dia Tidak Puas Dengan Poster Buruannya

Sejauh ini, Sanji selalu memiliki keluhan atas nilai buruannya. Mulai dari gambar ilustrasinya yang jadi lebih mirip Duval daripada mukanya sendiri, hingga yang terbaru ialah namanya di poster ditulis sebagai Vinsmoke Sanji. Padahal Sanji benar-benar masih sangat membenci keluarganya tersebut

Setidaknya, untuk poster yang terbaru ini, Sanji masih merasa senang karena nilai buruannya berjumlah lebih banyak dari Zoro.

5. Seharusnya Dia Dinamai Naruto

Sanji pada mulanya tidak diberikan nama “Sanji” oleh Oda, melainkan nama yang berbeda. Tadinya Sanji hendak diberikan nama “Naruto”, karena bentuk alisnya yang melengkung.

Akan tetapi, karena sudah ada tokoh Shonen Jump lain dengan nama yang sama, bahkan menjadi tokoh utama, maka dari itu, Oda memutuskan unruk menggantinya menjadi Sanji.

6. Terinspirasi dari Steve Buscemi

Kemampuan Sanji
https://malerfique.tumblr.com/

Oda memang kerap membuat karakternya berdasarkan pada tokoh  didunia nyata yang memang sudah terkenal, bagaimana dengan Sanji?

Banyak fans yang salah mengira dan berpikir bahwa Oda membuat Sanji berdasarkan pada sosok Leonardo DiCaprio. Padahal, menurut Oda, Sanji bukanlah DiCaprio, tetapi aktor Steve Buscemi, terlebih ketika ia berperan dalam film Reservoir Dogs.

7. Satu-Satunya Anak Judge Yang Punya Rambut Pirang Seperti Ayah Dan Ibunya

Dari 5 bersaudara Vinsmoke, Sanji hanya satu-satunya anak yang memiliki warna rambut sama dengan orang tuanya. Kenapa yang lain malah justru mempunyai warna rambut yang beragam?

Menurut Oda, mengapa saudaranya Sanji memiliki warna rambut yang berbeda karena perubahan genetik dari percobaan tersebut, sehingga warna rambut asli mereka berubah.

8. Arti Istilah Favorit Sanji

Sanji kerap mengucapkan “Mellorine” saat ia berbicara dengan seorang gadis. Terkadang, dia memanggil gadis-gadis dengan kata tersebut, memangnya apa sih artinya?

“Mellorine” merupakan sebuah es krim yang sebenarnya bukan es krim murni karena dapat dibuat dengan bahan lemak hewani maupun lemak nabati. Versi dubbing Amerika masih memakai ucapan ini, selain tersebut, kata “Nami-swan” juga dipakai dalam versi dubbing Amerikanya, mungkin kata swan tersebut diambil dari swan untuk angsa, bukan swan dari -san.

9. Daya Tahan Tubuhnya Terhadap Penyakit Tinggi

Dalam manga One Piece bab 130, ada fakta unik yang terungkap mengenai Sanji.

Luffy, Sanji, dan Usopp berkata bahwa mereka tidak pernah terserang penyakit selama hidup mereka hingga saat ini, dalam artian sakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, bukan karena disakiti. Mereka bertiga bahkan juga mengatakan bahwa mereka tak pernah mengerti bagaimana rasa sakit itu.

10. Sanji Tidak Mau Menyakiti Wanita. Ia Bahkan Tidak Mau Menyakiti Wanita Di Game Sekalipun

Sanji pernah berkata bahwa ia tak akan pernah menghajar wanita, baik itu memukul maupun menendangnya dan dia benar-benar memegang teguh perkataannya tersebut.

Jangankan di manga atau anime, di dalam game saja yang memang harusnya semua pemain bisa mengontrol Sanji untuk menghajar lawannya, Sanji tetap tak akan mau menghajar karakter wanita!

Contohnya dalam game Pirate Warriors, bila Grameds memilih karakter Sanji dan di dalam area tersebut terdapat musuh wanita, maka akan muncul peringatan bahwa Sanji tak dapan menghajar wanita, kemudian diberikan pilihan untuk mengganti karakter.

Seandainya ada musuh wanita, bagaimana cara mengatasinya? Grameds dapat menghindari musuh wanita tersebut, tetapi bila tidak bisa (misalnya boss atau kapten), maka Grameds dapat memakai bantuan dari side karakter lain.

11. Prioritas Sanji

Setiap orang pasti memiliki urutan pemikiran prioritas di hatinya, misalkan Grsmeds mengurutkannya seperti makan, mandi, berangkat, bermain, istirahat, dan tidur. Sanji juga memiliki urutan prioritasnya, tetapi urutannya sangat unik. Hal tersebut diungkapkan oleh Oda di kolom SBS.

Apa yang diprioritaskan oleh Sanji? Ini merupakan urutannya berdasarkan dari yang paling terpenting, yakni wanita, memasak, memasak, Nami-swan, Robin-chwan, dan pertemanan. Ia bahkan menggunakan masak dua kali.

Itulah pembahasan kita tentang Kemampuan Sanji One Piece dan juga beberapa fakta menariknya. Dari semua pembahasan di atas, bisa dikatakan kalau kekuatan Sanji tidak boleh diremehkan, ya.

Membaca komik One Piece, pastinya akan sangat seru dan asik, dan kamu bisa mendapatkan koleksi lengkap dari komik One Piece di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Baca juga terkait Kemampuan Sanji One Piece:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.