in ,

10 Kartun Korea Sebagai Tontonan Asyik sambil Belajar Bahasa Korea

Netflix

Kartun Korea – Siapa di antara Grameds yang gemar menonton kartun untuk melepas penat atau bahkan untuk menghibur anak-anak di rumah? Khususnya bagi kita yang menggemari budaya Korea, bukankah akan menyenangkan menyajikan konten berbahasa Korea untuk bersantai di rumah bersama anak-anak, sekaligus membiarkan mereka belajar bahasa Korea dengan animasi yang menyenangkan?

Di televisi Indonesia sendiri bahkan di saluran YouTube sudah sangat banyak konten kartun korea yang tersedia untuk anak-anak. Animasi populer seperti Tobot, Pororo, Super Wings, dan sebagainya pun sudah mulai dinantikan anak-anak di rumah untuk ditonton di waktu luang, menyelingi kegiatan belajar sehari-hari.

Grameds, bagaimana jika kita mengenal lebih dalam kartun-kartun Korea untuk variasi tontonan di rumah? Mari simak melalui artikel ini!

Budaya Korea dan Pengaruhnya

Budaya Korea Selatan sudah banyak mempengaruhi dunia di masa ini. Mulai dari K-Pop, drama, film, hingga makanannya telah diserbu banyak orang. Contohnya saja, drama Korea“Squid Game” yang digarap Netflix ataupun film “Parasite” yang berhasil membawa pulang Oscar untuk film terbaik pertama dengan bahasa non-Inggris, keduanya memiliki popularitas super.

Belum lagi bintang K-Pop ternama BTS dan banyak grup lainnya yang turut membawa negara satu ini melambung. Makanan seperti kimchi, ramyeon, tteokpokki, dan sebagainya sudah tak asing di telinga, bahkan jika kita tak begitu menyukainya.

Paling menarik, Korea Selatan telah membentuk kesan sedemikian rupa dalam beberapa tahun hingga 26 kata Korea ditambahkan ke Oxford English Dictionary, misalnya kara “hallyu” yang diterjemahkan sebagai “Korean Wave” alias gelombang Korea. Hal ini tentu saja dapat terjadi sebagai gambaran minat masyarakat global tentang negara satu ini.

Kekuatan ini tak mungkin terbentuk dalam semalam. Faktanya, sudah puluhan tahun sejak Korea menguatkan budaya mereka. Mengutip Marketplace.org, Dal Yong-jin, penulis buku transnasional hallyu menyebut bahwa pemerintah Korea telah berupaya membawa industri budaya sebagai bagian dari perekonomian nasional.

Kartun Korea sebagai Sarana Belajar Bahasa

Salah satu konten terkait Korea yang digemari kalangan umum selain K-Pop dan drama, adalah kartun. Tak heran, sebab kini pun banyak program kartun asal Korea Selatan yang turut tayang di televisi Indonesia.

Terlebih, tak cuma sebagai konsumsi hiburan semata, menonton kartun berbahasa Korea pun memiliki berbagai manfaat, salah satunya mempercepat proses belajar bahasa dan memahami kehidupan sehari-hari di Korsel.

Pasalnya, mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea bukanlah hal mudah, terutama untuk orang dewasa. Namun, mempelajari suatu hal selalu lebih mudah saat masih anak-anak. Apalagi, jika kita mempelajari bahasa dengan cara yang menyenangkan, seperti menonton kartun berbahasa aslinya.

Rekomendasi Kartun Korea

Kartun Korea
FluentU

Untungnya, ada banyak sekali kartun Korea di luar sana untuk dinikmati anak-anak. Meskipun hanya menonton kartun ini tidak akan membuat anak-anak fasih berbahasa Korea, itu adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan dan memperkuat kosa kata baru bagi anak yang belajar bahasa tersebut.

Grameds, inilah daftar rekomendasi kartun dan animasi asal Korea terbaik untuk anak-anak. Terdapat juga kartun populer Korea yang diterjemahkan dari bahasa lain. Mari simak bersama!

1. Pororo the Little Penguin

Kartun Korea
Vidio

Salah satu kartun paling populer di Korea Selatan adalah Pororo the Little Penguin atau Pororo si Penguin Kecil. Meskipun acara ini ditujukan untuk anak-anak usia 4-7 tahun, remaja atau mereka yang lebih tua pun sering terlihat dengan merchandise Pororo.

Acara ini mengisahkan tentang Pororo, seekor penguin, dan teman-temannya. Mereka semua hidup dan memecahkan tantangan bersama di Hutan Porong Porong di sebuah pulau bersalju. Untuk menonton kartun ini, Grameds bisa mencoba saluran YouTube yang menyediakan banyak episodenya.

2. Tayo the Little Bus

Kartun Korea
Netflix

Siapa yang tak mengenal Tayo? Dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa yang sudah sibuk pun kemungkinan besar akan mengenal animasi bis biru yang lucu dan sedikit nakal ini. Serial Tayo mulai ditayangkan di Korea Selatan di EBS pada tahun 2010. Versi bahasa Inggrisnya mulai ditayangkan oleh Disney Junior (Asia) pada tahun 2012, dengan Disney Junior (Australia dan Selandia Baru) menyusul pada tahun 2013.

Di Amerika Serikat dan Kanada, Hulu adalah distributor eksklusif kartun ini. Meski begitu, musim ketiga dan keempatnya ada di Netflix . Di Indonesia, serial ini didistribusikan oleh RTV. Kartun ini menceritakan Tayo, bus nomor 120 berwarna biru yang ramah, suka main-main, dan terkadang nakal. Ada juga karakter kendaraan lain seperti Rogi, Lani, Gani, Peanut, Trammy, dan Sky!

3. Tobot

Kartun Korea
Fandom

Serial kartun Korea Selatan lainnya adalah Tobot, yaitu tentang mobil yang bisa berubah menjadi robot. Seri ini mirip dengan franchise Transformers yang terkenal di Amerika Serikat. Di Tobot, seorang penemu menciptakan Tobots, yang merupakan robot hidup yang dapat menyamar sebagai mobil.

Putra kembar dari penemu pun diberi dua Tobot dan bersama-sama, mereka melindungi lingkungan mereka dengan memerangi kejahatan. Tobot dapat ditemukan dan ditonton di YouTube.

4. Super Wings

Kartun Korea
Prime Video

Dalam kartun Korea Selatan yang satu ini, tokoh utamanya Jett adalah pesawat jet yang misinya mengantarkan paket ke anak-anak di seluruh dunia. Teman-temannya, ‘Super Wings’, membantunya setiap kali masalah muncul. Bersama-sama, mereka menjadi tim yang hebat.

Seri ini menyenangkan untuk anak-anak dan pasti akan membantu mereka meningkatkan kemampuan berbahasa Korea. Cobalah menonton Super Wings secara online di Channel YouTube.

5. Robocar Poli

Kartun Korea
Robocar Poli

Robocar Poli adalah kartun asal Korea Selatan lainnya yang berpusat pada tim penyelamat di Kota Brooms yang dipimpin oleh Poli, sebuah mobil polisi robot. Ada mobil robot lain di dalam tim, seperti Amber si ambulans, dan Roy, si truk pemadam kebakaran.

Bahkan, ada helikopter dan satu anggota manusia. Tim penyelamat ini menggunakan kekuatan individu mereka untuk membantu orang-orang yang bermasalah di kota. Grameds dapat menonton video Robocar Poli di YouTube.

6. Larva

Kartun Korea
Youtube

Kartun Larva sangat unik dan mudah kita ingat karena ciri khasnya yang tak bicara. Dibuat oleh TUBA Entertainment di Seoul, Korea Selatan, seri kartun ini menceritakan dua larva sebagai karakter utamanya. Larva bercerita tentang Yellow, berwarna kuning yang bodoh dan berbahagia, serta Red, berwarna merah yang pemarah dan serakah.

Keduanya sering dianggap saudara atau teman. Uniknya, tidak ada dialog dalam kartun ini: karakternya tidak berbicara, kecuali Chuck, Grace, dan karakter manusia lainnya.

7. Bernard Bear

Kartun Korea
Youtube

Grameds, kita pastinya mengenal kartun Bernard Bear yang sudah tayang sejak lama ini. Namun, tahukah kamu bahwa kartun yang satu ini berasal dari Korea Selatan? Dikenal sebagai Backkom di negara asalnya dan Berni di Spanyol, Bernard Bear adalah seri kartun televisi komputer yang diproduksi oleh RG Animation Studios.

Gaya animasinya adalah kombinasi antara animasi yang dihasilkan komputer dan animasi seluler. Kartun ini pun berpusat pada seekor beruang kutub yang penasaran bernama Bernard, yang kejenakaan dan kecanggungannya luar biasa sampai bisa mengakibatkan dirinya sendiri pingsan atau terluka parah pada akhir episode.

Bernard hampir tidak berbicara, tetapi dia berkomunikasi melalui suara yang parau. Grameds pasti terbayang suaranya, bukan? Bernard ditemani oleh beberapa karakter lain seperti Lloyd dan Eva si penguin, Zack si kadal, dan Goliath si chihuahua.

8. Peppa Pig

Kartun Korea
Youtube

Serial animasi yang sangat populer di banyak negara, Peppa Pig adalah kartun yang bagus untuk digunakan untuk membangun kosakata bahasa Korea. Acara ini berfokus pada Peppa dan keluarganya serta kehidupan mereka sehari-hari.

Sebenarnya, tidak ada petualangan atau pemecahan masalah, jadi ini adalah pertunjukan yang bagus untuk memperkenalkan kata-kata sehari-hari dalam bahasa Korea. Untuk menonton Peppa Pig, cukup buka channel YouTube-nya.

9. Dooly

Kartun Korea
The Movie Database

Dooly adalah warga negara resmi Korea Selatan, seekor bayi dinosaurus dengan kekuatan khusus dari eksperimen yang dilakukan padanya ketika dia diculik oleh alien. Dia ditemukan oleh keluarga Korea dan menghabiskan waktunya bersama kedua anak itu sambil menghindari ayah yang membencinya.

Ini adalah kartun Korea yang cukup lawas, tetapi tetap klasik sehingga akan menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan kata-kata Korea kepada anak-anak.

Sayangnya, sulit untuk menemukan akun YouTube resmi yang mempublikasikan episode dari Dooly. Namun, cukup ketik ‘Dooly Korean’ di YouTube dan Grameds akan dapat menemukan beberapa episode.

10. Canimals

Kartun Korea
Radio Times

Jika Grameds adalah seorang penyayang binatang yang mencari kartun yang akan membawa kita ke dunia yang penuh fantasi, kepolosan, dan imajinasi, Canimals akan menjadi kartun favorit Grameds! Kartun ini dikembangkan oleh VOOZ, yang juga berada di belakang “Pucca,” animasi Korea populer lainnya yang menjadi hit di luar negeri.

Serial ini tentang sekelompok makhluk kecil yang ramah dan halus yang berbentuk seperti kaleng. Karena itulah mereka disebut Canimals. Masing-masing dari mereka memiliki kepribadian yang berbeda, tetapi semuanya sama-sama punya karakter ingin tahu. Ato, sang pahlawan, adalah Beagle yang ceria.

Oz, temannya, adalah kucing nakal dengan rasa petualangan yang kuat. Mimi adalah anjing kecil yang suka memerintah. Bersama dan dengan semua teman yang ada, mereka belajar tentang dunia dan mengekspresikan pengamatan mereka melalui sudut pandang yang berbeda.

Ini adalah seri kartun yang sempurna untuk mempelajari cara mengungkapkan pendapat. Kita juga akan memperoleh kosakata untuk berbagai macam emosi bersama dengan banyak kata sifat deskriptif. Untuk menontonya, kita bisa mengunjungi Channel YouTube-nya.

Tips Lain Belajar Bahasa Korea

Terlepas dari apa yang kita ataupun anak-anak di sekitar kita tonton, kartun Korea adalah cara yang baik untuk meningkatkan pembelajaran bahasa asing bagi mereka. Lantas, adakah tips selain menonton kartun untuk mempelajari bahasa Korea? Tentulah ada.

Berikut Gramedia tampilkan beberapa tips lain untuk bisa mempelajari bahasa Korea.

1. Kuasai Hangul

Hangul adalah alfabet Korea. Huruf semacam ini telah digunakan sejak Dinasti Joseon pada abad ke-15 M. Terdiri dari 14 konsonan dan 10 vokal, hangul disebut-sebut sebagai alfabet paling ilmiah di dunia karena meniru hampir setiap suara manusia dengan sangat tepat sehingga sangat mudah dipelajari.

Mengetahui hangul tentunya adalah dasar untuk membaca bahasa Korea. Pada awalnya, kita mungkin merasa lebih mudah menggunakan alfabet Romawi untuk mengucapkan kata-kata Korea, tetapi seiring waktu kita akan segera menyadari bahwa semakin cepat mempelajari alfabet Korea, semakin nyaman dan efektif pengalaman belajar kita.

Selain itu, kita akan melihat bahwa alfabet Romawi memiliki beberapa batasan serius dalam bahasa Korea, terutama mengingat alfabet tersebut memiliki beberapa suara yang sangat berbeda. Bahkan, beberapa konsonan memiliki tiga perbedaan.

2. Siapkan Sistem Pembelajaran yang Baik

Memiliki sistem yang tepat adalah penting dalam perjalanan kita belajar bahasa Korea sendiri. Sistem ini membantu proses belajar secara progresif dan tetap teratur.

Metode belajar bahasa yang baik harus memiliki kurikulum yang dirancang dengan cermat dan secara bertahap memperkenalkan kata-kata, struktur, dan idiom baru berdasarkan urutan kerumitan. Tujuannya adalah memungkinkan kita meluangkan waktu untuk mengasimilasi konten baru dan menyiapkan pondasi yang tepat untuk belajar di masa depan.

Grameds juga bisa mempelajari bahasa Korea dengan membaca buku-buku yang bisa dimulai dari buku untuk pemula dan berbahasa Korea sehari-hari. Dengan terbiasa melihat dan membaca kosakata dalam buku, Grameds akan lebih cepat mempelajari bahasa Korea.

3. Dengarkan Artis K-Pop Favorit

K-Pop (Korean Pop) lebih dari sekadar tren musik global dengan beberapa nama dan superstar terbesar di planet ini. Ini juga bisa menjadi kunci untuk kelancaran bahasa Korea! Sebab, dengan mendengarkan K-Pop, kita menempatkan diri tepat di jantung budaya Korea kontemporer. Misalnya, sebelum menyadarinya, kita akan menari, bernyanyi, dan meniru lagu BTS favorit!

Dengan cara ini, kita belajar secara mendalam sambil tetap mengikuti tren terbaru yang muncul dari fenomena musik yang benar-benar internasional ini. Pendekatan ini memberi kita banyak kosakata informal dan membuat kita tetap up to date dengan budaya pop Korea. Paling menguntungkan, kita dapat berdiskusi melalui program pertukaran bahasa Korea tentang lagu favorit.

4. Tonton Banyak Drama Korea

Selain melalui K-Pop, drama Korea juga adalah cara yang menyenangkan dan menghibur untuk belajar bahasa Korea dan mulai benar-benar memahami budaya Korea! Tentu saja dengan tidak terlalu berlebihan. Kehidupan Korea tidak selalu seperti yang terlihat di drama, bukan?

Menonton drama adalah metode yang menyenangkan untuk merangsang keterampilan mendengarkan bahasa Korea dan membiasakan diri dengan pengucapan bahasa Korea. Grameds juga akan mendapatkan isyarat visual seperti ekspresi, gerak tubuh, dan pemandangan untuk membantu memahami maknanya.

Drama yang akrab disebut drakor ini memberikan banyak bantuan pembelajaran jika kita menggunakannya secara aktif untuk belajar. Meski begitu, kita juga tetap dapat menggunakannya untuk belajar lebih pasif dan santai. Cara ini sangat menyenangkan sehingga bisa mengganti kecanduan kita akan hal lain yang kurang bermanfaat dengan konten Korea.

Kita akan dengan cepat mengembangkan kemampuan berbicara yang spontan dan intuitif hanya dengan begitu banyak mendengar bahasa Korea, selama melakukannya dengan cara yang cerdas. Sangat mudah untuk melihat bagaimana menonton drama menghilangkan kesulitan belajar bahasa dengan membuatnya lebih mudah diakses dan menyenangkan.

Itulah tips-tips lain untuk belajar bahasa Korea dengan lebih asyik dan santai. Bukankah tips tersebut tampak sangat mudah untuk diaplikasikan di samping menonton kartun Korea, Grameds?

Rekomendasi Buku untuk Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

1. Simple & Easy Cepat Kuasai Bahasa Korea

2. 5 Days in Korea with BTS

3. Bahasa Korea Untuk Pemula : Let`s Talk And Practice

Budaya Korea Selatan saat ini benar-benar banyak digemari, ya, Grameds. Bahkan, kita dapat menemukan berbagai cara untuk mempelajari bahasanya, termasuk sejak kanak-kanak dengan cara menonton kartun berbahasa Korea. Tak cuma itu, kita juga bisa mempelajari bahasa yang satu ini melalui berbagai metode berbeda. Sangat mengasyikkan dan trendi!

Dengan menonton kartun Korea dan membaca buku-buku rekomendasi dari Gramedia dapat menjadi pijakan pertama Grameds mempelajari bahasa Korea dengan baik. Gramedia selalu berkomitmen menyediakan buku berkualitas untuk #SahabatTanpaBatas agar bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. 20 Rekomendasi Drama Korea Terpopuler
  2. 15 Drama dan Film Korea Sedih Terpopuler
  3. Buku Belajar Bahasa Korea Best Seller
  4. Daftar Buku Kamus Bahasa Korea Best Seller 2022 di Gramedia
  5. Rekomendasi Novel Romantis Korea yang Wajib Dibaca

Written by Ananda