in

Mengenal Beragam Tanda dan Firasat Hamil Anak Laki-Laki, Apa Saja?

pexels.com

Firasat Hamil Anak Laki-Laki – Sebagian orang percaya bahwa ada tanda serta firasat ketika hamil anak laki-laki maupun perempuan. Apabila merasakan ada perbedaan, hal ini termasuk dalam firasat yang dipercayai sebelum akhirnya dapat melihat calon janin dengan cara USG. Tanda dan firasat hamil anak laki-laki ini telah dipercayai sejak sebelum adanya alat USG untuk melihat jenis kelamin janin.

Biasanya, ibu yang hamil anak kedua akan lebih mudah merasakan perbedaan, tanda dan ciri hamil anak laki-laki. Bagi Grameds yang baru hamil anak pertama dan penasaran dengan firasat hamil anak laki-laki serta tandanya, simak selengkapnya pada artikel satu ini.

Tanda Hamil Anak Laki-Laki Menurut Sains

Firasat Hamil Anak Laki-Laki
pexels.com

Selain firasat hamil anak laki-laki menurut mitos, secara sains atau ilmiah ada pula tanda dan ciri hamil anak laki-laki. Namun sebagai catatan, dirasat atau ciri-ciri ini tidak 100% akurat, sehingga Grameds masih harus melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahuinya lebih pasti dan tidak ragu. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

1. Cenderung mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi ketika pembuahan

Ciri pertama hamil anak laki-laki adalah ibu lebih sering mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi ketika pembuahan. Menurut salah satu studi, ditemukan bahwa makan makanan berkalori tinggi ketika pembuahan serta sarapan dapat secara teratur meningkatkan kemungkinan bahwa Grameds akan hamil dengan anak laki-laki.

Para peneliti menemukan bahwa sekitar 56% perempuan dengan asupan kalori tertinggi ketika masa-masa pembuahan akan memiliki anak laki-laki, dibandingkan dengan 45% di antara perempuan yang mengkonsumsi makanan dengan asupan kalori rendah.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa anak laki-laki umumnya membutuhkan lebih banyak nutrisi yaitu lebih banyak kalori dibandingkan anak perempuan. Oleh sebab itu, diet dengan kalori tinggi dapat menghasilkan calon bayi laki-laki.

2. Mengonsumsi lebih banyak makanan selama kehamilan

Nafsu makan ibu hamil biasanya akan memberikan ciri-ciri tentang jenis kelamin anak. Salah satu studi berusaha mencari tahu diet dari calon ibu serta berhasil menemukan bahwa perempuan yang hamil dengan anak laki-laki makan sekitar 10% lebih banyak kalori dibandingkan ibu yang hamil dengan anak perempuan.

Kenapa ibu dengan janin anak laki-laki cenderung makan lebih banyak? Para peneliti berasumsi bahwa testosteron yang dikeluarkan oleh janin laki-laki dapat mengirimkan sinyal pada ibu untuk mengonsumsi makanan lebih banyak dan hal tersebut dapat menjelaskan, kenapa bayi laki-laki cenderung lebih besar ketika lahir dibandingkan bayi perempuan.

Firasat Hamil Anak Laki-Laki

3. Tidak lagi menyukai makanan favorit

Ketika hamil anak laki-laki, biasanya ibu akan memiliki keengganan akan makanan terutama makanan favoritnya sebelum hamil. Para peneliti mengungkapkan bahwa ibu hamil anak laki-laki umumnya akan semakin jijik pada makanan yang ia rasakan dan rasa jijik tersebut akan semakin besar ketika ia hamil anak laki-laki.

Alasannya dikarenakan ketidaksukaan tersebut berkaitan dengan sistem kekebalan perempuan yang fungsinya adalah untuk melindungi janin yang sedang tumbuh.

Rasa mual, menurut para peneliti dirancang agar dapat melindungi janin laki-laki yang tentu saja sangat rentang dengan menyebabkan ibu hamil menjauhi segala macam zat yang memiliki potensi samar.

The Architecture of Love | Di balik Pena

4. Mengalami diabetes gestasional

Menurut beberapa penelitian, telah ditemukan bahwa ibu hamil dengan anak laki-laki umumnya lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes gestasional maupun kondisi kehamilan yang ditandai dengan glukosa darah yang lebih tinggi dari umumnya dibandingkan ibu hamil dengan anak perempuan.

Akan tetapi, para peneliti masih belum yakin kenapa janin anak laki-laki dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang berkaitan dengan kehamilan lebih besar dibandingkan pada janin perempuan.

Tentang Firasat Hamil Anak Laki-Laki

Firasat Hamil Anak Laki-Laki
pexels.com

Perbedaan firasat dan tanda hamil anak laki-laki ini biasanya akan lebih dirasakan oleh ibu yang hamil dengan anak kedua. Apabila ada beberapa perbedaan, hal ini termasuk dalam firasat yang dipercayai sebelum akhirnya orang tua melihat janin dengan cara USG.

Menurut Journal of Patient Centered Research and Review, dijelaskan bahwa menebak jenis kelamin rupanya adalah suatu hal yang menyenangkan terutama bagi orang tua yang mengharapkan jenis kelamin tertentu.

Ibu hamil pada umumnya mengaku secara intuitif untuk mengetahui jenis kelamin janin mereka sebelum mereka lahir. Penelitian ini secara objektif membandingkan persepsi dari ibu hamil mengenai jenis kelamin janin dengan penentuan jenis kelamin yang terbukti secara sonografi.

Firasat hamil anak laki-laki maupun perempuan pada umumnya diyakini oleh hampir dari setengah dari ibu hamil. Dalam sebuah penelitian, meskipun saat ini ada cara mengetahui jenis kelamin janin dengan cara yang lebih akurat.

Pada umumnya, intuisi akan menuntun pada firasat hamil anak laki-laki maupun perempuan. Ini akan terasa ketika ibu sedang mengandung anak laki-laki beberapa saat usai mengetahui kehamilannya.

Menurut Scary Mommy, Laura Day menceritakan tentang bagaimana membedakan antara pemikiran intuitif yang sebenarnya dengan manifestasi kecemasan serta bagaimana memanfaatkannya.

Intuisi didefinisikan sebagai kekuatan maupun kemampuan guna mencapai pengetahuan maupun kognisi langsung tanpa pemikiran serta kesimpulan rasional yang jelas.

Maka artinya, intuisi merupakan kemampuan untuk mengetahui maupun memahami suatu hal tanpa penalaran sadar. Menurut Laura, ada cara yang paling jelas untuk memahami perbedaan antara intuisi serta kecemasan.

Perbedaan tersebut adalah memahami bahwa kecemara memiliki orientasi pada masa depan serta pencarian. Sementara itu, intuisi tentang serta aktif dan seringkali datang dengan arahan. Dengan intuisi, maka munculah solusi.

Hal ini juga berlaku ketika merasakan firasat hamil anak laki-laki. Intuisi muncul sebagai sebagai suatu kesadaran bahwa ada hal yang perlu dilakukan serta apa yang harus dilakukan. Intuisi biasanya jarang membanngkitkan rasa takut, dikarenakan intuisi tersebut datang seiring dengan solusi.

Perasaan maupun intuisi merupakan ide yang berguna untuk membuat keputusan tanpa alasan analitis. Para ahli mengungkapkan, firasat merupakan sinyal dari otak ke saluran gastrointestinal (GI) serta sebaliknya.

Seorang ahli saraf serta profesor di University of Southern California bernama Antonio Damasio mengungkapkan bahwa emosi memainkan peran kunci dalam pengambilan keputusan, mengacu kepada insting serta sebagai penanda somatik.

Namun, tidak semua ahli yakin bahwa ibu memiliki intuisi khusus, tetapi kebanyakan dari para ahli setuju bahwa ibu dapat lebih sensitif maupun rentan pada isyarat tertentu. Hal pertama yang harus dilakukan sebagai orang tua ialah mengakui, apakah yang dirasakan tersebut nyata atau hanya dipicu oleh kecemasan saja.

Cara paling baik untuk melakukannya ialah dengan belajar meredakan kecemasan dan terkadang, memahami perbedaan di antara intuisi dengan kecemasan tidak dapat dilakukan sendiri.

Firasat Hamil Anak Laki-Laki

Firasat Hamil Anak Laki-Laki

Firasat Hamil Anak Laki-Laki
pexels.com

Grameds tentu tidak asing beberapa ibu hamil mengklaim bahwa mereka hamil dengan anak laki-laki meskipun belum pernah melakukan cek dengan USG karena perbedaan pada bentuk perut hingga payudara.

Kepercayaan dan firasat ini masih terus digunakan dan dipercayai di Indonesia. Nah, apa saja sih firasat hamil anak laki-laki? Simak penjelasannya di sini.

1. Tidak mengalami morning sickness

Firasat dan tanda hamil anak laki-laki yang pertama adalah ibu tidak akan mengalami morning sickness selama masa kehamilan. Morning sickness umumnya dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama, tetapi jika ibu hamil tidak merasakan hal ini, maka bisa jadi salah satu tanda bahwa ibu hamil anak laki-laki.

Menurut dr. Suririnah dalam Buku Pintar Kehamilan dan Persalinan, dijelaskan bahwa hampir 50% perempuan hamil mengalami morning sickness yang dimulai sejak masa-masa awal kehamilan.

Rasa mual pada umumnya akan berakhir pada 14 minggu kehamilan dan dalam beberapa kasus tertentu, rasa mual tersebut dapat terus berlanjut hingga trimester kedua maupun ketiga.

Penyebab dari morning sickness di masa-masa awal kehamilan adalah karena adanya peningkatan hormon serta penyesuaian tubuh pada perubahan hormon tubuh dan hal ini merupakan hal yang wajar dialami oleh ibu hamil.

Setiap perempuan, memiliki tingkat mual yang berbeda-beda. Menurut kepercayaan, ketika ibu lebih sedikit dan jarang mengalami morning sickness, maka bisa menjadi salah satu firasat hamil anak laki-laki.

2. Perubahan kulit ibu hamil menjadi lebih kering atau terlihat glowing

Perubahan kulit memang umum terjadi pada ibu hamil di masa-masa awal kehamilan. Ada beberapa ibu yang kulitnya berubah menjadi kusam, kering, berjerawat dan bahkan ada pula yang berubah menjadi lebih cerah dan glowing.

Pada ibu hamil anak laki-laki, pada umumnya ibu akan mengalami perubahan kulit menjadi lebih kering atau bahkan menjadi lebih glowing. Meskipun begitu, perubahan kulit ini hanya sekadar firasat saja!

Hingga saat ini, masih belum ada penelitian yang mendukung mengenai klaim soal perubahan kulit serta ciri hamil anak laki-laki. Meskipun begitu, menurut dokter obgyn Brandye Wilson, menjelaskan bahwa kulit ibu hamil memang dapat berubah menjadi lebih glowing dan bercahaya selama masa kehamilan.

Perubahan kulit menjadi lebih glowing ini dikarenakan adanya peningkatan aliran darah ke kulit, sehingga memberi kesan glowing serta membuat wajah tampak sedikit lebih berisi. Selain itu, penyebab lain dari kulit berubah menjadi glowing adalah karena pergantian sel kulit baru yang mengganti sel kulit lama.

3. Lebih sering mengalami sakit kepala

Firasat selanjutnya dari hamil anak laki-laki adalah ibu hamil lebih sering mengalami sakit kepala. Pada umumnya, sakit kepala terjadi lebih sering karena disebabkan oleh faktor emosional maupun fisik.

Selain itu, sakit kepala juga bisa disebabkan karena rasa lapar, mual, kelelahan hingga tekanan darah rendah. Meskipun firasat satu ini banyak dipercayai, tetapi tanda satu ini tidak bisa dijadikan patokan.

Jadi, jika Grameds merasa mulai sakit kepala secara berlebihan dan berat, maka Grameds harus segera memeriksakan diri ke dokter. Pada masa kehamilan selanjutnya, sakit kepala dapat menjadi tanda dari pre eklampsia dan disertai dengan tekanan darah tinggi serta kaki tangan bengkak.

4. Kaki terasa selalu dingin

Perubahan suhu pada tubuh di titik-titik tertentu sering kali dikaitkan dengan jenis kelamin bayi yang dikandung. Menurut kepercayaan beberapa orang, kaki ibu hamil yang terasa selalu dingin merupakan tanda hamil anak laki-laki.

Perlu diketahui bahwa perubahan suhu tubuh selama hamil, pada umumnya disebabkan oleh fluktuasi hormon. Kondisi satu ini dapat dikatakan normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Menurut seorang obgyn di Calla Women’s Health di New York bernama Kameelah Phillips, dijelaskan bahwa wanita hamil biasanya mengeluh tentang suhu tubuh yang terlalu panas maupun dingin pada titik tertentu selama masa-masa kehamilan. Oleh karena itu, hal ini tidak menjadi penentu jenis kelamin bayi yang dapat diandalkan.

5. Warna urin berubah menjadi kuning

Selama masa-masa kehamilan, perubahan warna urin berkisar dari warna kuning cerah hingga berubah menjadi warna gelap. Warna urin yang cenderung kuning terang, sering kali dikaitkan dengan firasat hamil anak laki-laki.

Namun sebenarnya, warna urin dapat berubah dikarenakan adanya pigmen urokrom maupun urobilin. Urobilin merupakan pigmen yang dibuat ketika tubuh memecah hemoglobin dari sel darah merah. Munculnya pigmen tersebut akan bergantung pada konsistensi urin ibu hamil.

Selama masa kehamilan, perubahan dari warna urin dapat dipengaruhi oleh adanya beberapa faktor. Contohnya seperti kekurangan cairan, mengkonsumsi vitamin maupun obat-obatan maupun mengkonsumsi makanan tertentu.

Pada kondisi yang cukup serius, warna urin dapat berubah dikarenakan infeksi saluran kemih atau ISK. warna, bau maupun volume urin dapat bervarian sepanjang hari, dikarenakan konsumsi cairan maupun pola makan.

6. Sering mengidam makan-makanan asin

Ngidam biasa dirasakan oleh ibu hamil pada trimester satu dan kemudian perlahan-lahan berakhir ketika memasuki trimester selanjutnya. Akan tetapi, keinginan dari ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan asin dapat meningkat seiring dengan perkembangan janin.

Terkadang, hal ini juga dikaitkan dengan ciri serta firasat hamil anak laki-laki. Akan tetapi, hingga saat ini masih belum ada penelitian terkait yang dapat membuktikan hal ini dengan hamil anak laki-laki.

Ngidam makanan asin atau bahkan garam di masa awal-awal kehamilan, pada umumnya disebabkan dikarenakan adanya peningkatan kadar progesteron yang membuat ibu menjadi kehilangan banyak kadar natrium dalam urin.

Selain itu, morning sickness yang biasa dirasakan oleh ibu hamil pun dapat menguras kadar natrium pada tubuh. Oleh karenanya, ibu akan mulai merasakan keinginan untuk mengonsumsi makanan asin guna menggantikan natrium yang hilang.

7. Rambut ibu tumbuh dengan lebat serta tampak lebih berkilau

Firasat lainnya dari hamil anak laki-laki adalah rambut ibu yang mulai tumbuh dengan lebat serta tampak lebih sehat dan berkilau. Selama masa kehamilan, banyak ibu mengalami perubahan tekstur serta pertumbuhan rambut pada masa kehamilan.

Penyebab utama dari hal ini ialah perubahan hormon ditambah dengan peningkatan sirkulasi darah serta metabolisme yang membawa nutrisi pada rambut. Akan tetapi, secara ilmiah perubahan satu ini tidak bisa dijadikan sebagai dasar hamil anak laki-laki.

Rambut ibu akan mulai tumbuh dengan lebat pada trimester 1, tetapi mulai terlihat tebal serta bersinar pada trimester kedua. Seperti kebanyak dari ciri hamil lainnya, perubahan dari volume rambut ini hanya bersifat sementara serta tidak akan berlanjut ketika ibu telah melahirkan.

8. Bentuk perut turun

Firasat lainnya adalah bentuk perut turun yang menjadi penanda ibu hamil anak laki-laki. Namun faktanya, bentuk perut yang turun mungkin menjadi salah satu pertanda adanya gangguan pencernaan yang terjadi ketika hamil.

Bentuk dari perut yang turun maupun naik juga dapat terjadi karena posisi bayi yang ada dalam perut.

Itulah beberapa penjelasan terkait firasat hamil anak laki-laki dan tanda-tanda hamil anak laki-laki menurut sains. Bagi Grameds yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang kehamilan, maka Grameds dapat membaca buku yang tersedia di Gramedia dengan topik terkait.

Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Cara Cepat Hamil Secara Aman dan Alami
  2. 7 Larangan Hamil 8 Bulan atau Ketika Memasuki Trisemester Ketiga
  3. Kenali Ciri-Ciri Hamil Muda yang Umum dan Kurang Umum
  4. Ragam Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil: Moms, Hati-Hati
  5. Rekomendasi Buku untuk Ibu Hamil Terbaru Best Seller


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda