in

Doa Pembuka dan Doa Penutup Acara Singkat yang Perlu Kamu Tahu

pixabay.com

Doa Penutup Acara Singkat – Sebagai umat muslim kita telah diperintahkan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara beribadah dan juga dengan cara berdoa. Berdoa sendiri bukan hanya dilakukan saat kita sholat saja, tetapi sangat dianjurkan untuk berdoa di banyak di manapun dan kapan pun.
Salah satu kegiatan yang perlu dianjurkan untuk berdoa adalah ketika sedang mengadakan acara, seperti acara singkat. Doa acara singkat ini dibagi menjadi dua, ada doa penutup dan ada juga doa pembuka.

Untuk mengetahui doa acara pembuka dan penutup acara singkat, kamu bisa simak ulasan berikut ini, Grameds.

Doa Pembuka Acara

Doa Penutup Acara Singkat
pexels.com

Membaca doa pembukaan acara serta kegiatan sudah menjadi sebuah keharusan agar acara yang diselenggarakan dilancarkan serta diberkahi Allah Swt. Umat Islam kemudian sangat dianjurkan untuk membaca doa setiap akan serta setelah melakukan sesuatu, tak terkecuali saat ia menyelenggarakan acara atau majelis.

Oleh karenanya, menghafal doa pembuka serta penutup acara sudah sewajarnya menjadi kewajiban. Berikut di bawah ini adalah doa pembukaan acara kegiatan yang mudah dihafalkan:

Doa Pembuka Majelis I

Doa dalam Latin:

Alhamdulillahi rabbil aalamiin, wash-solatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya i walmursaliin, waala alihi washohbihii ajmain ammaba’adu.

Artinya:

Segala puji bagi Allah Tuhan Seluruh Alam. Semoga shalawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Doa Pembuka Majelis II

Dalam Latinnya:

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Artinya:

Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Doa Pembuka Majelis III

Dalam Latinnya:

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Shalawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw beserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya Lafal Doa Dimudahkan Segala Urusan Doa Nabi Musa Doa Setelah Adzan.

Doa Pembuka Majelis IV

Bahasa Latin:

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Artinya:

Puji syukur kepada Allah, doa shalawat serta keselamatan semoga selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.

Setelah membaca doa pembuka majelis, kemudian acara dapat dilanjutkan dengan membacakan susunan acara. Sebagai contoh, susunan acara bagi majelis taklim, keagamaan, serta berbagai acara resmi, yang dapat digunakan susunan berikut:

  1. Pembukaan Pembacaan ayat suci al-qur’an
  2. Tausyiah, pidato, serta sambutan-sambutan atau diskusi
  3. Penutup

Doa Penutup Acara

Doa Penutup Acara Singkat
pexels.com

Sebuah acara kemudian biasanya akan diakhiri dengan permohonan maaf serta dilanjutkan dengan berdoa lalu dan salam penutup. Doa di akhir acara ini kemudian ditujukan untuk bersyukur atas acara yang berjalan lancar serta memohon ampunan jika kemudian melakukan dosa pada saat berjalannya acara serta berharap agar apa yang didapatkan dalam acara kemudian dapat bermanfaat dan membawa berkah. Dibawah ini terdapat doa untuk penutup acara:

Doa Penutup Acara I

Doa Penutup Acara Singkat

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika.

Artinya:

“Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu.”

Doa Penutup Acara II

Doa Penutup Acara Singkat

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, hanya rahmat dan kasih sayang-Mu lah sehingga segala aktivitas kami dalam acara ini berjalan dengan lancar walaupun menguras waktu, tenaga dan pikiran Dan hari ini Ya Allah kami berkumpul ditempat ini memanjatkan puji syukur kepada-Mu sekaligus menutup kegiatan kami. Ya Allah berkahilah segala aktivitas kami selama dalam mengikuti rangkaian acara kami, dan jadikanlah sebagai amal ibadah di sisi-Mu. Untuk itu Ya Allah tetapkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada kami dan jadikanlah pertemuan ini sebagai pertemuan yang Engkau ridhoi.”

Doa Penutup Acara Singkat

Artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kami. Karena tidak ada yang mudah kecuali Engkau jadikan mudah.”

Doa Penutup Acara Singkat

Artinya:

“Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu kebajikan, pintu berkah, pintu rahmat, pintu kekuatan, pintu rezeki, pintu kesehatan, pintu keselamatan. Karena hanya Engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”

Doa Penutup Acara Singkat

Artinya:

“Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari keragu-raguan hati dan duka cita. Dan kami berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas.”

Doa Penutup Acara Singkat

Artinya:

“Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan kerumah masing – masing. Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.”

Doa Penutup Acara III

Doa Penutup Acara Singkat

Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo ’atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiin maa tuhawaiki ‘alaynaa mashooibad dunya. Allahumma matti’na bi asmaa’inaa wa abshorina, wa quwwatin aa maa ogyatanaa, waj’alna waaris minnaa, waj’al tsa rona ‘ala man zholamanaa, wan-shurna ‘alaa man ‘adaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa tajal dunya akbara hammina, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa.

Artinya:

“Ya Allah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada-Mu, yang dapat menghalangi antara kami dan perbuatan maksiat kepada-Mu, dan (anugerahkanlah kepada kami) ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan Kami ke surga-Mu dan (anugerahkanlah pula) keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami segala musibah dunia ini.

Adab Saat Berdoa

Dikarenakan berdoa adalah salah satu cara umat muslim berkomunikasi dengan Allah SWT, maka ada beberapa adab yang haruslah diperhatikan saat kita sedang berdoa kepada Allah SWT, antata lain :

  1. Kita haruslah khusyu’ dalam berdoa serta bersungguh–sungguh seraya mengharap agar doa-doa kita segera dikabulkan oleh Allah SWT.
  2. Saat mengucapkan doa juga harus diresapi dan dimaknai serta memantapkan hati. Karena di dalam doa penutup acara kemudian terdapat banyak sekali maknanya.
  3. Mengangkat kedua tangan dengan telapak tangan terbuka di depan dada ataupun di pertengahan dada.
  4. Berdoa dengan menghadap ke arah kiblat (jika memungkinkan).
  5. Jangan tergesa–gesa dalam membacakan doa, melainkan kamu harus berada dalam keadaan tenang.

Keutamaan Berdoa di Akhir Acara

Doa Penutup Acara Singkat
pexels.com

Bukan hanya sekadar mengamalkan perintah Allah SWT dan juga merupakan sunah Rasul namun membaca doa pada akhir acara memiliki beberapa keutamaan, diantaranya:

  1. Berdoa di akhir acara kemudian dapat menghapuskan dosa–dosa yang telah kita perbuat baik itu secara di sengaja ataupun tidak di sengaja.
  2. Dengan berdoa di akhir acara maka diharapkan juga ilmu dan pengetahuan dari pertemuan atau acara tersebut dapat kita amalkan serta bermanfaat untuk kedepannya.
  3. Allah SWT kemudian akan memudahkan kita menuju surga-Nya serta Allah SWT tidak murka terhadap hamba-Nya termasuk kita.
  4. Dalam berdoa kita pasti akan diberikan kebaikan di dalamnya.
  5. Dengan berdoa Dapat menguatkan keimanan.
  6. Dengan berdoa Dapat membuat jiwa menjadi lebih tenang.

Hadist Membaca Doa Pembuka dan Penutup

Acara bukan hanya terdapat di dalam Al-Qur’an, tetapi terdapat pula beberapa hadits mengenai pentingnya doa penutup acara, antara lain Rasulullah SAW bersabda:

Doa Penutup Acara Singkat

Artinya:

“Siapapun yang sedang berada pada suatu majelis, kemudian pada majelis tersebut terdapat banyak perkataan yang tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majelis, mengucapkan hal doa ini

“subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika”.

Artinya:

“Maha Suci Engkau Ya Allah, dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Aku memohon ampun pada-Mu, dan aku taubat pada-Mu, kecuali telah diampuni bagi orang tersebut’ sesuatu yang ada dalam majelis tersebut.” (HR Tirmidzi)

Rasulullah SAW saat hendak berdiri untuk kemudian meninggalkan majelis kerap berdoa:

Artinya:

“Maha Suci Engkau Ya Allah dan segala puji bagi-Mu, Aku bersaksi tiada Tuhan kecuali Engkau, aku mohon ampun dan taubat kepada-Mu.”

Rasulullah SAW bersabda:

Artinya:

“Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka akan Allah SWT mudahkan jalannya menuju ke surga.” (HR Muslim).

Demikian pembahasan tentang doa penutup acara singkat. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk Grameds.

Buku-Buku Terkait Doa Penutup Acara Singkat

1. Doa-Doa Rasulullah SAW

Dalam beribadah, doa adalah salah satu amalan yang sangat penting. Karena begitu penting doa, dalam Al-Qur’an bertebaranlah doa dari para nabi dan rasul. Bahkan, dalam kumpulan hadits, banyak tercantum doa-doa Rasulullah SAW yang beliau ajarkan kepada para sahabat dan keluarga. Buku ini merupakan karya Hamka yang berisi kumpulan doa yang bisa menjadi teman keseharian untuk terus dibasa dan dipraktikan.

Selain kumpulan doa ada, ada pula pembahasan mengenai hakikat dan pemaknaan doa. Persembahan terbaik dari Hamka untuk umat Islam. Keunggulan buku Doa-Doa Rasulullah – Memuat kumpulan doa yang bisa dibaca dan dipraktikkan dalam ibadah dan aktivitas sehari-hari. – Buku dikemas dua warna (desain menarik), khat Arab doa diberi highlight, dan ada halaman quote. – Bonus buku berupa lampiran halaman jurnal doa pribadi.

2. Doa Andalan Para Nabi

Kualitas doa ditentukan oleh banyak hal, seperti kondisi batin pendoa, situasi di luar dirinya, dan kesesuaian makna doa yang dipanjatkan dengan logika alamiah yang diharapkan. Kondisi batin menjadi faktor terpenting yang menentukan kualitas doa, hingga apa pun yang diinginkan pendoa dapat terwujud. Buku ini memuat doa-doa para nabi Allah.

Karena orang-orang pilihan, kualitas doa mereka tidak diragukan. Doa-doa itu dapat dipilih oleh siapa pun untuk memenuhi apa yang diinginkan dalam hidup ini. Yang lebih memikat, buku ini juga menceritakan kisah di balik doa yang dipanjatkan oleh Nabi Adam a.s. hingga Nabi Muhammad saw. Kisah-kisah itu layak dijadikan renungan untuk membantu kita agar berdoa lebih khusyuk dan berkesan dalam. Bukankah kekhusyukanlah yang menentukan kualitas doa?

3. Sudah Sesuaikah Doaku dengan Kehendak Allah?

Salah satu ibadah yang tidak pernah lepas dari kita adalah doa. Doa merupakan sarana penyelesaian masalah maupun pemenuhan hajat yang datang silih berganti dalam kehidupan kita.Dalam doa, kita tentu punya pengharapan akan terpenuhinya doa-doa tersebut. Namun, kadangkala Allah mengabulkan doa kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan atau bahkan tidak terkabulnya doa kita.

Bisa jadi saat kita berdoa, kita kurang berpasrah kepada-Nya, sehingga tidak semua doa kita dikabulkan. Kita perlu mengevaluasi doa yang sudah kita panjatkan sekarang ini, agar kedepannya bisa dikabulkan oleh-Nya. Karena Allah akan senantiasa menjawab setiap doa yang dihaturkan kepada-Nya.

4. Rahasia Kekuatan Doa

“Rahasia Kekuatan Doa Mengungkap Bagaimana Doa Bekerja Drs. Moehari Kardjono “Allah akan memberikan apa yang diperlukan, bukan apa yang diminta, oleh hamba-Nya.” Laksana senjata, doa memiliki kekuatan yang sangat efektif dalam kehidupan manusia. Namun, kekuatan itu sangat bergantung kepada orang yang menggunakannya.

Jika senjata itu baik dan orang yang menggunakannya juga ahli dan memahami seluk-beluknya maka dapat dipastikan senjata itu akan menjadi sangat ampuh. Rasulullah s.a.w. sendiri sudah bersabda, “Doa adalah senjata orang mukmin dan tiang agama serta cahaya langit dan bumi.” Dari sisi psikologis, doa akan menumbuhkan optimisme yang tinggi pada diri manusia dalam mewujudkan impian dan keinginannya.

Rasa optimis inilah yang menggerakkan “mekanisme alam” (sunnatullâh) di dalam pikiran bawah sadar manusia, yang akan bekerja secara otomatis untuk mewujudkan impian dan cita-citanya. Buku ini mengungkapkan bagaimana doa bekerja dalam diri manusia dalam meraih harapan, keinginan, cita-cita, dan bahkan obsesinya. Ia menunjukkan bahwa di samping harus memenuhi syarat dan adab berdoa, seseorang juga harus menciptakan sendiri kondisi mental dan psikologis dalam dirinya yang akan membuat doanya dikabulkan.

Jika kamu ingin mencari buku tentang pernikahan Islami, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Buku Shalawat, Doa, & Dzikir Best Seller
  2. Kumpulan Buku Dzikir Pagi dan Petang Best Seller 
  3. Best Seller Buku Yasin Oktober 2022 
  4. Kumpulan Doa Sehari-Hari untuk Memudahkan Aktivitas 
  5. 8 Doa di Pagi Hari dalam Islam yang Perlu Diketahui 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda