in

Contoh Surat Pernyataan Lamaran Kerja, Hutang dan Sehat

Contoh Surat Pernyataan Lamaran Kerja, Hutang dan Bebas Narkoba – Halo Gramedians, apa kabar? Semoga sehat semua ya, semoga aktivitas kalian lancar, dan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, Gramedians, pernahkah kalian membuat surat pernyataan? Atau menulis surat pernyataan? Apa sih pengertian dari surat pernyataan? Bagaimana ya strukturnya? Apa fungsi surat pernyataan? Kemudian, apa sih manfaatnya?

Buat kalian yang belum mengerti apa pengertian, manfaat, dan jenis surat pernyataan, yuk simak penjelasan berikut, siapa tahu, nanti kalian akan membutuhkannya!

Pengertian Surat Pernyataan

Surat Pernyataan adalah surat yang berisi pernyataan diri atau pengakuan seseorang, yang dibuat untuk dapat menyatakan kondisi diri yang sebenar-benarnya sesuai dengan situasi yang terjadi saat surat tersebut dibuat. Surat ini dibuat sendiri oleh yang bersangkutan untuk dapat menyatakan sesuatu yang dibutuhkan berdasar situasi kondisi yang terjadi.

Agar surat tersebut memenuhi syarat legalitas atau mendapat pengakuan hukum, maka surat ini harus dibubuhi tandatangan oleh pembuat pernyataan, di atas materai yang cukup, sehingga pernyataan yang dibuat dianggap dapat dipertanggungjawabkan.

Surat pernyataan ini dibuat, dan berlaku untuk individu,kelompok atau sebuah organisasi. Surat pernyataan ini digunakan untuk mengikat seseorang dengan suatu kesanggupan dan persetujuan tertentu, untuk menerangkan sesuatu atau juga pengakuan terhadap sesuatu.

Pernyataan yang tertulis ini, jika ditandatangani, akan lebih memiliki kekuatan hukum jika dibandingkan dengan pernyataan yang diungkapkan secara lisan. Pembubuhan materai merupakan salah satu bagian dari pernyataan yang dapat lebih memperkuat isi, serta keterangan yang tertuang dalam surat pernyataan tersebut.

Manfaat Surat Pernyataan

Seseorang membuat surat pernyataan bukan tanpa sebab, surat pernyataan memiliki manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dalam pernyataan tersebut. Kira-kira apa ya manfaatnya?

1. Untuk pembuat

Surat pernyataan tertulis yang berfungsi sebagai keterangan yang dapat menjamin atau memperkuat alasan dari si pembuat, yang membuktikan bahwa si pembuat menyatakan dengan sebenar-benarnya mengenai kondisinya, dan benar-benar melakukan sesuatu, sesuai yang tertuang dalam surat tersebut.

Dengan memberikan bukti yang kuat dan benar, maka orang lain bisa percaya dengan apa yang ditulis pembuat surat pernyataan tersebut. Bagi pembuat surat pernyataan, hal ini bisa dikatakan sebagai suatu bentuk komitmen tertulis yang bersifat tidak langsung atas suatu pertanggungjawaban dari pembuat surat pernyataan tersebut.

2. Untuk penerima

Surat pernyataan merupakan bukti pernyataan tertulis yang sah dari seseorang, kelompok, atau organisasi di mata hukum, karena dalam surat tersebut juga dibubuhkan materai, sebagai dokumentasi untuk meminta pertanggungjawaban bila pihak pembuat surat pernyataan tidak menaati dan melanggar apa yang menjadi kesanggupannya seperti yang sudah dituliskan dalam surat pernyataan tersebut. Dan juga, jika apa yang sudah dituliskan tidak sesuai dengan informasi yang sesungguhnya, dengan kata lain, surat pernyataan tersebut palsu.

3. Untuk pihak yang dinyatakan

Untuk pihak yang dinyatakan, surat pernyataan berguna sebagai penguat atau pengukuhan situasi dan kondisi mengenai pihak yang dinyatakan atau diterangkan, dapat bersifat positif maupun negatif bilamana pada surat pernyataan tersebut dapat ditulis oleh orang lain. Surat pernyataan ini juga dapat dipakai untuk naik banding atas permasalah yang tidak sesuai dengan isi surat pernyataan tersebut.

Ciri-ciri surat pernyataan

Kita mengenal banyak sekali jenis surat. Masing-masing surat memiliki ciri, begitu juga dengan surat pernyataan. Jika kita mengetahui ciri surat tersebut, ciri surat pernyataan membantu kita mempermudah penyusunan surat pernyataan. Yuk kita simak ciri dari surat pernyataan berikut ini!

1. Bahasa yang digunakan

Menyusun sebuah surat, penggunaan bahasa merupakan hal yang sangat penting. Bahasa mewakili pribadi seseorang yang menuangkan kalimat dalam sebuah surat.

Surat pernyataan termasuk dalam kategori surat resmi, maka bahasa resmi merupakan bahasa yang mutlak harus digunakan. Selain itu, surat pernyataan juga memiliki ketetapan hukum yang disertai  materai dalam surat pernyataan ini, maka bahasa yang dipakai juga bersifat formal, bukan untuk tujuan pribadi.

banner-promo-gramedia

2. Menggunakan kalimat efektif

Karena bersifat resmi dan formal, kalimat yang digunakan harus berupa kalimat yang efektif. Kalimat efektif selalu ditulis dengan pedoman umum berbahasa Indonesia. Kalimat yang dipakai tidak ambigu, agar informasi dan pernyataan yang tertuang, tidak membuat bingung, hingga susah dipahami.

3. Menyertakan data pendukung

Dalam membuat pernyataan, data pendukung merupakan bagian yang penting. Data merupakan dasar pembuatan surat pernyataan.

Surat pernyataan dapat dinyatakan valid, jika ada data pendukung, dan data tersebut nyata, bukan mengada-ada. Hal yang termasuk bagian dari data, misalnya data diri, seperti nama lengkap, alamat, nomor identitas, biasanya yang menjadi acuan adalah data yang sesuai dengan data yang tertera pada kartu tanda penduduk.

4. Kejelasan isi

Isi surat pernyataan harus berisi paparan yang jelas dan tegas. Isi berfungsi menjadi penjelas dan penegas bagi semua pihak yang terkait dengan surat pernyataan tersebut. Isi surat pernyataan harus singkat, padat dan jelas nampak kredibilitas dari isi surat pernyataan tersebut.

Sangat tidak disarankan menulis dengan kalimat yang bertele-tele. Jika tidak ada kejelasan dalam isi, pembaca tidak akan memahami apa yang tertuang dalam surat pernyataan tersebut.

Fungsi surat pernyataan

Sesuai dengan namanya, pembaca pasti sudah paham, bahwa surat pernyataan, selain sebagai judul, juga berperan sebagai fungsi utama.

Surat pernyataan memiliki fungsi utama, untuk menyatakan suatu hal dan menjadikan pernyataan yang keluar sebagai sebuah pegangan dengan bentuk tanggung jawab yang sangat penting.

Selain fungsi tersebut, surat pernyataan juga memiliki beberapa fungsi yang lain. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa fungsi dari surat pernyataan!

1. Fungsi deklarasi

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, deklarasi memiliki arti sebuah pernyataan yang ringkas dan jelas. Fungsi deklarasi pada surat pernyataan adalah sebuah pernyataan pengakuan dari seseorang. Sebagai contoh, seseorang menyatakan diri dapat melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan sesuai dengan isi yang tertuang dalam surat pernyataan tersebut.

2. Fungsi pengingat

Karena surat ini berbentuk fisik, maka ketika sewaktu-waktu dibutuhkan, akan mudah mengingatnya kembali, jika kita menyimpan dan merawatnya dengan baik. Selain itu, maksud dari pengingat adalah, mengingatkan pihak-pihak terkait, jika lupa, atau ada pengingkaran atas isi atau kesepakatan yang tertuang dalam surat pernyataan tersebut.

3. Fungsi sebagai dokumen pendukung

Untuk kepentingan tertentu, surat pernyataan diperlukan sebagai dokumen pendukung syarat administratif. Misal, ketika seseorang diterima bekerja dalam sebuah instansi, maka diperlukan suatu pernyataan tertulis, sebagai bentuk pernyataan kesanggupan mengikuti, tunduk, patuh dan taat terhadap aturan yang berlaku di instansi yang bersangkutan.

Dokumen ini juga sebagai penunjang syarat penilaian terhadap seorang tenaga kerja. Disini kepribadian seseorang akan terbangun dan terbentuk, sehingga lebih mudah dikenal secara personal.

Tujuan penulisan surat pernyataan

Seseorang, kelompok atau sebuah organisasi menulis surat pernyataan bukan tanpa tujuan. Mereka pasti memiliki tujuan, karena surat pernyataan ini tujuannya tidak sembarangan. Maka dari itu, perlu kita ketahui bersama, seputar tujuan penulisan surat pernyataan.

1. Untuk keperluan sehari-hari

Keperluan sehari-hari di sini, bukan seperti kebutuhan pokok manusia ya Gramedians. Keperluan sehari-hari disini, dapat diartikan sebagai pemenuhan kebutuhan terhadap beberapa hal, termasuk untuk keperluan administratif yang mengharuskan menyertakan lampiran surat pernyataan.

Ketika seseorang ingin melamar sebuah pekerjaan atau diterima bekerja di sebuah instansi, maka akan diminta untuk membuat surat pernyataan sebagai pelengkap. Maka, surat pernyataan memiliki fungsi yang penting, agar lamaran menjadi lebih lengkap dan mudah untuk diverifikasi.

2. Untuk keperluan dinas

Untuk keperluan dinas, sebuah instansi juga memerlukan adanya surat pernyataan. Hal ini berkaitan dengan tugas yang akan dikerjakan.

Dengan adanya surat pernyataan dari sebuah instansi, maka hal yang terkait dengan tugas-tugas kedinasan akan menjadi relatif lancar.

Dan penerima mandat dari surat pernyataan tersebut tidak dianggap sedang melakukan tugas ilegal atau fiktif. Selain itu, mungkin surat pernyataan itu juga berisi tentang pernyataan kesanggupan perjanjian yang dilakukan oleh perusahaan.

3. Untuk keperluan lembaga

Sama halnya dengan tujuan pada instansi atau perusahaan. Surat pernyataan dibutuhkan sebagai persyaratan bagi seseorang yang akan bergabung pada suatu lembaga tertentu.

Pada lembaga tertentu, seorang calon anggota yang akan bergabung, akan diminta untuk membuat surat pernyataan terkait dengan ketentuan atau peraturan dalam kelembagaan.

banner-promo-gramedia

Misalnya, seseorang diminta untuk membuat pernyataan, bahwa yang bersangkutan tidak menggunakan narkoba. Atau yang bersangkutan tidak pernah tersangkut kasus hukum.

Baca juga : Kumpulan Contoh Cerpen Motivasi, Anak, Lucu dan Kehidupan

Jenis surat pernyataan

Ada banyak jenis surat pernyataan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dibuatnya suatu surat pernyataan. Jenis surat pernyataan ini akan membantu Gramedians memilih jenis surat pernyataan yang akan digunakan sesuai dengan tujuan masing-masing.

Berikut adalah jenis-jenis surat pernyataan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari pembuat surat pernyataan.

1. Surat Pernyataan Diri

Surat pernyataan diri, merupakan salah satu jenis surat pernyataan yang paling banyak dibuat. Surat pernyataan diri, berisi tentang pernyataan seseorang yang berisi penjelasan mengenai kondisi pribadi atau hal yang harus disampaikan terkait kesepakatan-kesepakatan yang harus dituangkan dalam surat pernyataan tersebut, agar dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pihak penerima, baik sesama pribadi, kelompok, maupun organisasi.

2. Surat Pernyataan Hutang

Surat pernyataan hutang banyak dibuat, karena urusan mengenai keuangan merupakan hal yang sensitif. Surat pernyataan ini biasanya ditujukan kepada perseorangan, maupun suatu lembaga keuangan, berisi besaran hutang, jangka waktu pelunasan, besaran cicilan, serta pernyataan lain sesuai dengan kesepakatan. Surat pernyataan hutang ini memiliki ketetapan hukum yang kuat.

3. Surat Pernyataan Kesanggupan

Sanggup artinya bersedia atau mau menunaikan suatu tugas dan pekerjaan. Surat pernyataan kesanggupan merupakan sebuah pernyataan kesanggupan diri seseorang untuk melakukan tugas tertentu atau mau menaati kesepakatan dan ketentuan yang berlaku. Misal, kesanggupan seseorang untuk memenuhi target tugas sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

4. Surat Pernyataan Kerja

Surat ini berisi sebuah pernyataan yang menerangkan status diri seseorang yang menjadi bagian dari suatu perusahaan atau instansi, dengan tujuan untuk persyaratan kebutuhan tertentu, misal yang bersangkutan mendapat penugasan keluar kantor atau perusahaan.

5.  Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Surat pernyataan ini menjadi bagian penting dalam memenuhi persyaratan apapun, terutama yang terkait dengan pendaftaran masuk ke perguruan tinggi, melamar pekerjaan, dan kegiatan kerelawanan. Narkoba merupakan sesuatu yang dianggap terlarang untuk dikonsumsi, jadi surat pernyataan ini diperlukan sebagai pernyataan bahwa yang bersangkutan bersih dari penggunaan narkoba.

Susunan Surat Pernyataan

Membuat surat pernyataan, harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan. Menulis surat pernyataan,  harus mengikuti aturan penulisan yang baku, dan memperhatikan aturan susunan yang terdapat dalam surat pernyataan tersebut. Untuk lebih jelas, kita perhatikan susunan surat pernyataan berikut.

  • Judul atau nama surat, agar pembaca paham jenis surat pernyataan yang dibuat, maka judul dan nama surat harus ditulis dengan jelas, dicetak tebal dan berada di tengah.
  • Isi surat pernyataan, isi surat pernyataan harus nyambung dengan judul yang tertuli bagian ini berisi identitas pihak pembuat surat pernyataan, dan pengakuan atau kesanggupan yang sesuai dengan kenyataan, fakta dan kondisi.
  • Penutup surat pernyataan tertulis tempat dan tanggal pembuatan surat, identitas pembuat surat, yaitu nama terang, tanda tangan, dan keterangan tambahan (NIP, NIM, NRP dan lainnya), boleh ditambahkan materai, boleh juga tidak.

Contoh Surat Pernyataan

Agar lebih jelas dan tidak bingung, yuk kita lihat beberapa contoh surat pernyataan berdasar jenisnya!

1. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Kerja

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

No. 007/SPK/II/2015

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :



Nama                            : Ilham Dhani
Jenis Kelamin               : Laki-laki
Tempat / Tanggal lahir : Pekanbaru, 19 Agustus 1992
No. KTP                         : 0000 xxxx 7813 xxxx
Alamat                             : Jl. Jend Sudirman no.26 Pekanbaru

Dengan ini menyatakan sanggup untuk bekerja sebagai asisten produksi PT. Antargata dan sanggup untuk melepaskan jabatan sebelumnya, yakni sebagai staff promosi.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan kesungguhan secara sadar, berdasar kemauan sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Pekanbaru, 20 Juli 2017

Pembuat pernyataan
Tanda tangan, Materai

(Ilham Dhani)


2. Contoh Surat Pernyataan Hutang

Surat Pernyataan Hutang

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama    : Adi Pratama
No. KTP : 7654xxxx7277xxxx
Alamat      Jalan Intan No 22, Batang

Dengan ini menyatakan:

  1. Bahwa, pada tanggal 2 April 2019 saya telah meminjam uang kepada saudara Wasdi Encep sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal 1 Juni 2019.
  2. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut saya belum dapat mengembalikan pinjaman saya kepada saudara Wasdi Encep.
  3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara Wasdi Encep agar diberi perpanjangan waktu untuk melunasi pinjaman hutang saya untuk 60 (enam puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal 31 Juli 2019.
  4. Bahwa, jika saya tidak dapat melunasi pinjaman tersebut sebagaimana tertera pada surat kesanggupan, sesuai dengan tanggal perpanjangan waktu untuk pelunasan hutang, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan pinjaman tersebut secara hukum.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan kesungguhan, secara sadar, tanpa adanya paksaan maupun tekanan dari pihak manapun.

Batang, 1 Juni 2019

Ttd dan materai

Adi Pratama


3. Contoh Surat Pernyataan Diri Sehat Jasmani

Surat Pernyataan Diri

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama      : _______________________
Alamat    : ______________________
No KTP  : _____________________
dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Tidak pernah menggunakan narkotika, psikotropika, atau zat adiktif lain.
  2. Tidak pernah terlibat dalam usaha untuk menggunakan, memasarkan atau menyebarluaskan narkotika,  psikotropika, atau zat adiktif lain.
  3. Tidak pernah secara tidak terhormat diberhentikan dengan tidak hormat atau mendapat pemutusan hubungan kerja dari status sebagai pegawai di instansi saya bekerja sebelumnya.
  4. Tidak terlibat dalam aktivitas partai politik baik sebagai anggota maupun sebagai pengurus.

Demikian surat pernyataan ini saya sebenar-benarnya sebagai persyaratan untuk ___________. Saya bersedia menerima konsekuensi hukum dan pemberhantian dengan tidak hormat apabila pernyataan diri ini di kemudian hari terbukti tidak benar.

Yogyakarta, 26 Oktober 2018

Nama Terang (bermaterai)


Nah itulah Gramedians, sedikit ulasan mengenai contoh surat pernyataan, semoga dapat membantu kalian yang akan membuat surat pernyataan, jika ada yang belum jelas, boleh ditanyakan lho.

Baca juga artikel lain terkait “Contoh Surat Pernyataan” berikut ini :

Buku Terkait “Contoh Surat Pernyataan”

1. 99+ Tips Jobs Interview

99+ Tips Jobs Interview

tombol beli buku

2. SUKSES INTERVIEW

SUKSES INTERVIEW

tombol beli buku

3. Kerja Kerja Kaya

Beli Sekarang

4. Rahasia Sukses Seleksi Wawancara (Cover Baru)

Beli Sekarang

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad