in

4 Contoh Pidato Bahasa Jawa Singkat dalam Berbagai Tema

Soloensis.com

Contoh Pidato Bahasa Jawa Singkat – Pidato merupakan salah satu karya yang biasanya dibacakan di depan umum. Lalu apa sebenarnya pengertian dari pidato? Dan bagaimana cara membuat teks pidato bahasa Indonesia dan bahasa Jawa yang baik dan benar?

Artikel ini akan mengulas contoh pidato bahasa Jawa singkat juga bahasa Indonesia serta struktur dan tujuan pidato. Berikut penjelasan lebih lanjut.

Pidato adalah bentuk komunikasi satu arah yang digunakan untuk mengungkapkan pendapat tentang beberapa hal serta mengajak orang lain untuk melakukan apa yang disampaikan.

Sedangkan menurut Wikipedia, Orasi adalah sebuah pidato formal, atau komunikasi oral formal yang disampaikan kepada khalayak ramai. Antonim dari orasi adalah mencetak (print), menulis (writing).

Orasi bermacam-macam, ceramah merupakan salah satu bagian dari orasi, pidato, kultum, bahkan puisi merupakan bagian dari orasi, tetapi saat ini kata orasi mengalami penyempitan makna dan terkesan bermakna peyorasi, orasi dikenal di kalangan umum sebagai bentuk ungkapan melalui verbal yang disampaikan pada khalayak umum dan memiliki sifat persuasif.

Pidato adalah sebuah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya.

Pada hakikatnya, pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan.

Contoh Pidato Bahasa Jawa

Lawan bicara tentu harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna.

Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan.

Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.

Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan. Pendapat lain dari pidato adalah kegiatan berbicara dihadapan banyak orang untuk tujuan tertentu.

Tak hanya disampaikan dengan bahasa Indonesia, pidato juga bisa diutarakan dengan menggunakan bahasa daerah seperti bahasa Jawa.

Seperti dunia yang modern seperti saat ini, masih ada yang menggunakan bahasa Jawa dalam pidatonya. Kamu mungkin sering mendengar pidato bahasa Jawa pada acara acara besar seperti perpisahan sekolah maupun upacara.

Namun, tak dipungkiri masih banyak orang yang belum paham bagaimana menyusun struktur tulisannya dengan baik. Untuk itu, kali ini akan menghadirkan contoh pidato bahasa Jawa yang baik dan benar untuk dijadikan sebagai inspirasi.

Dalam penyelenggaraan acara acara besar, banyak pembicara yang dihadirkan untuk membacakan pidato kepada audiens.

Pidato bahasa Jawa dapat dibacakan di hadapan berbagai macam pendengar, tua atau muda, kaya atau miskin, berpendidikan atau tidak berpendidikan, maupun berpangkat atau tidak berpangkat.

Oleh sebab itu, orang yang membacakan pidato bahasa Jawa harus menguasai materi yang dibawakan. Tujuannya agar pidato tersebut dapat dipahami dengan baik oleh audiens. Untuk mewujudkan hal tersebut, pembaca pidato bahasa Jawa perlu memperhatikan tingkatan tutur bahasanya.

Menurut buku pelestarian Bahasa Jawa Krama di kota Surakarta karya Sri Marmanto, tingkatan tutur yang digunakan dalam pidato bahasa Jawa adalah krama madya dan Krama inggil.

Mengutip dari buku Baboning Pepak Basa Jawa oleh Budi Anwari, pidato dalam bahasa Jawa disebut sesorah. Pidato bahasa Jawa biasanya disampaikan ketika sebagian besar pendengar atau audiensnya adalah orang Jawa.

Contoh Pidato Bahasa Jawa

Contoh kegiatan yang biasanya menggunakan pidato bahasa Jawa singkat adalah walimatul hamli, walimatul Ursy, aqiqah, halal bi halal, walimatussafar, peringatan tahun baru hijriah dan sebagainya.

Contoh Pidato Bahasa Jawa Singkat

Apakah Grameds ingin mencoba membuat teks pidato bahasa Jawa singkat? Berikut beberapa contoh teks pidato bahasa Jawa singkat yang baik dan benar.

Contoh Pidato Bahasa Jawa
Kemdikbud.go.id

1. Contoh Teks Pidato Perpisahan Bahasa Jawa

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nuwun bapak utawi ibu kepala sekolah ingkang Kula hurmati, undangan bapak utawi ibu guru Saha karyawan ingkang kinurmatan. Rencang kelas ingkang kulo tresnani lan kulo banggaken. Monggo kito panjataken dalemipun Gusti Allah ingkang maha agung.

Awit ing wekdal meniko kito taksih diparingi pinaringan sehat sehingga ing dalem puniko Kito saget makempal kanthi pinaringan sehat wal afiat. Kula minangka wakil saking kelas 7 gunging panuwun tanpa upami kangen bapak lan ibu guru Sedaya.

Ahmad jaya katresnan anggenipun nggulawentah dumateng kulo lan konco konco saengga kulo lan konco konco saged ngrampungake kewajiban ing pawiyatan punika. Kula kalian konco konco naming saget memuji, supados Sedaya amal lan kesaenan bapak lan ibu guru pikantuk piwales saking Gusti Allah ingkang Maha Kuasa.

Saha tansah pinaringan kasarasan kawilujengan lan katentreman saengga saged nggulawentah dhateng adhik adhik Sedaya. Kamu mungkin sering mendengar pidato bahasa Jawa pada acara acara besar seperti perpisahan sekolah maupun upacara.

2. Contoh Teks Pidato Pendidikan Bahasa Jawa

Pidato bahasa Jawa tentang Pendidikan kerap disampaikan di sekolah saat memperingati acara tertentu seperti hari pendidikan nasional. Grameds mungkin sering mendengar pidato bahasa Jawa pada acara-acara besar seperti perpisahan sekolah maupun upacara.

Namun, tak dipungkiri masih banyak orang yang belum paham bagaimana menyusun struktur tulisannya dengan baik. Berikut contoh pidato bahasa Jawa singkat terkait pendidikan.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Para bapak ibu serta secara sedaya ingkang kinurmatan. Ten dalem dinten ingkang dan iki monggo kito sareng-sareng ngaturaken raos syukur dumateng gusti ingkang maha agung. Maringi nikmat lan rahmat sahinggo ing wekdal punika kita sedaya saged kempal ten mriki panggenan perlu ngengeti pendidikan nasional.

Sangat perlu kito sedoyo sumerapi pemerintah kita bangsa indonesia dan dalam kitab ipun undang-undang dasar 1945 sampun wonten program pajak belajar kagem sedoyo wargo milahi umur pitung tahun.

Uga meniko kito sumerap ing dalam agama kita Islam ingkang sampun lami ngantos pinten pinten 4 meniko. Sangat perlu kita sedaya sumerapi pemerintah bangsa indonesia dan dalam kitab ipin UUD 1945 sampun wonten program wajib belajar 9 tahun.

3. Contoh Pidato Bahasa Jawa Singkat tentang Narkoba

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji saha syukur kita panjataken dumateng allah subhanahu wa ta’ala ingkang sampun daya rahmat lan hidayah ipin kagem kita sedaya. sahinggo kita sedaya saged makempal wonten ing papan punika kanthi keadaan sehat wal afiat.

Kenapa sarto salam mugi katetepna dumateng nabi muhammad sholallahu alaihi wassalam, lan sedaya matipun dumugi akhir zaman samangki amin.

Bapak ibu serta kaca-kanca ingkang kinurmatan. Wonten ing mriki kula badhe matur irah-irahan bahaya dipunagem narkoba serta obat-obatan ingkang dipun larang. Kito sedoyo sampun keterangan barito ing pawartos tivi sok sinten ingkang ginakaken narkoba bagi dingin bahayanipun narkoba kolo wau. Sawipun badhe ngrisak badan, kasehatan lan pikiran boten saged dicekek lan sanes-sanesipun gangguan liane.

Tiyang ingkang nggadahi karemenan ngisap narkoba menawi dipun tingali saking kesehatan banget meruhi aken dumateng badan kita sedaya. Amargi tiyang ingkang nggadahi karemenan ngisap narkoba menika gampil kenging penyakit.

Awit meniko kulo ngajak dumateng para warga masyarakat supados ojo pisan-pisan nggunakake narkoba lan obat-obatan terlarang meningkat. Monggo kita sedaya gunakaken wekdal sae kagem hal-hal ingkang positif inggih punika maca buku, olah raga sepak bola lan sak panunggalane.

Bapak lan ibu kanca-kanca ingkang kinurmatan kanti pangertosan ingkang sampun kulo aturaken menika

Kulo ngajak monggo kito tansah njaga badan kito ampun ngantos ngginakaken barang ingkang dipun larang agama lan pemerintah. Mugo-mugo kito sedoyo dados umat ipun ingkang becik.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Bahasa Jawa Singkat tentang Kesehatan

Tiyang ingkang nggadahi karemenan ngisap narkoba menawi dipun tingali saking kesehatan banget meruhi aken dumateng badan kita sedaya. Amargi tiyang ingkang nggadahi karemenan ngisap narkoba menika gampil kenging penyakit.

Awit meniko kulo ngajak dumateng para warga masyarakat supados ojo pisan-pisan nggunakake narkoba lan obat-obatan terlarang meningkat. Monggo kita sedaya gunakaken wekdal sae kagem hal-hal ingkang positif inggih punika maca buku, olah raga sepak bola lan sak panunggalane.

Bapak lan ibu kanca-kanca ingkang kinurmatan kanti pangertosan ingkang sampun kulo aturaken menika

Kulo ngajak monggo kito tansah njaga badan kito ampun ngantos ngginakaken barang ingkang dipun larang agama lan pemerintah. Mugo-mugo kito sedoyo dados umat ipun ingkang becik.

Struktur Teks Pidato Bahasa Jawa

Struktur teks pidato bahasa Jawa, mengutip dari buku Gladhi Basa Jawa Kelas VI untuk SD/MI tulisan Dhita Puspitasari Sukendro dan Triana Wahyu Susanti, struktur teks pidato bahasa Jawa secara umum terdiri dari berikut ini.

1. Surasa Basa

Ini merupakan isi dari pidato. Jika pidato membahas tentang pentingnya menjaga kebersihan, isi pidato bisa meliputi apa saja manfaat yang diperoleh jika kebersihan selalu terjaga.

2. Wigatine

Wigatine adalah kesimpulan pidato yang mengandung ringkasan materi terkait. Wigatine juga dapat berupa motivasi kepada para hadirin yang masih berkaitan dengan topik pidato.

3. Pengarep-arep

Pengarep-arep merupakan harapan yang disampaikan kepada para audiens. Misalnya, menyampaikan harapan agar masyarakat lebih peduli dengan kebersihan lingkungan dan sadar diri untuk merawatnya.

Contoh Teks Pidato Bahasa Indonesia

Contoh Pidato Bahasa Jawa
Kompas,com

1. Contoh Pidato Bahasa Indonesia tentang Kebersihan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi/siang/malam, semuanya, semoga kita semua berada dalam lindungan Tuhan.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmatnya sehingga kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan kelas.

Rasulullah SAW bersabda, “Annadhofatu minal iman,” yang artinya kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi, yang namanya iman bukan hanya beribadah saja, tetapi juga menjaga kebersihan, karena jika kita kotor, maka ibadah kita tidak akan diterima.

Beralih ke kelas, karena kurangnya kesadaran teman-teman untuk melakukan tugas piket, kelas kita menjadi sangat kotor. Apakah kondisi ini membuat kalian nyaman belajar di dalam kelas? Jika tidak, maka tunggu apa lagi? Mari kita segera bersihkan kelas.

Ada baiknya jika kawan-kawan bisa bekerja sama dan saling bergotong-royong saat piket, sehingga kelas selalu bersih dan nyaman.

Demikian pidato dari saya. Kalau ada kata-kata yang kurang enak, mohon dimaklumi dan dimaafkan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Contoh Teks Pidato Covid-19 Bahasa Indonesia

Selamat pagi, rekan-rekan semuanya.

Puji syukur ke hadirat Tuhan, saya masih bisa berada di sini bersama teman-teman dalam keadaan sehat.

Seperti yang kita tahu bahwa pandemi Covid-19 masih menjangkiti Indonesia. Angka korban positif dan kematian semakin meningkat setiap harinya. Saya di sini tidak bosan untuk mengajak teman-teman sekalian untuk selalu menaati protokol kesehatan yang disarankan para ahli medis.

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud adalah menjaga jarak, memakai masker, dan selalu mencuci tangan. Protokol kesehatan ini penting untuk selalu dilakukan demi meminimalkan penyebaran virus corona yang mematikan.

Selain itu, saya juga ingin mengajak teman-teman untuk mendoakan saudara dan saudari kita yang terjangkit Covid-19, serta mereka yang sudah meninggalkan kita.

Semoga yang sakit cepat sembuh dan mereka yang wafat ditempatkan di sisi-Nya. Sekian yang ingin saya sampaikan. Biarlah ini menjadi perhatian untuk saudara-saudari.

3. Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah Bahasa Indonesia

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangat berarti dan akan terus kami kenang.

Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan penuh kasih sayang membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Dimana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini.

Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Struktur Teks Pidato Bahasa Indonesia

Secara garis besar struktur dari sebuah pidato terdiri dari beberapa poin. Berikut struktur sebuah teks pidato bahasa Indonesia, seperti:

  1. Judul, tema yang diangkat harus menimbulkan hasrat ingin tahu dari pendengar.
  2. Pembukaan, bagian pembukaan pidato memuat salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.
  3. Isi, bagian isi pidato memuat materi yang akan dijelaskan secara rinci dari pembicara yang disampaikan ke hadirin.
  4. Penutup, merupakan simpulan dan harapan atas apa yang disampaikan oleh pembicara. Bagian penutup pidato merupakan bagian yang sangat penting. Karena setelah penutup tidak ada lagi tambahan cerita atau fakta untuk didengarkan lagi.
    Para audien akan memberikan perhatian pada bagian akhir pidato yang berisi saran atau kesimpulan terkait dengan tema keseluruhan pidato.
    Nah, untuk membuat bagian akhir pidato bermakna untuk diingat audien, kita harus mengutarakan sesuatu yang berkesan. Penutup terdiri dari dua bagian, yakni ulasan dan pernyataan yang berkesan.
    Kedua bagian itu dimaksudkan untuk menekankan atau menegaskan poin-poin dari pidato, mengarahkan pidato untuk mencapai klimaks, dan membantu audien mengingat pidato yang telah disampaikan.
  5. Salam penutup adalah bagian terakhir dari suatu pidato yang berisi salam keagamaan dan ucapan terimakasih sekaligus sebagai tanda bahwa pembicara telah mengakhiri pidato.

Tujuan Pidato

  1. Pidato disampaikan untuk memberikan pemahaman atau informasi penting yang harus diketahui oleh khalayak.
  2. Pidato disampaikan untuk meyakinkan pendengar dengan cara bahasa yang argumentatif.
  3. Pidato disampaikan agar orang lain merasa senang dengan bahasan yang menghibur atau rekreatif.
  4. Pidato bisa memberikan pengaruh pada orang lain agar bersedia untuk mengikuti kemauan yang diinginkan oleh orator secara sukarela atau persuasif.

Contoh Pidato Bahasa Jawa

Demikian contoh pidato bahasa Jawa singkat yang bisa kamu pelajari. Membuat teks pidato memang terkesan susah-susah gampang. Untuk memudahkannya, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 7 Contoh Naskah Pidato Singkat
  2. Contoh Pidato Persuasif Singkat, Pengertian, Fungsi, dan Metode Pidato
  3. Pengertian, Ciri, dan Contoh Pidato Persuasif
  4. Pidato: Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis, dan Struktir Teks Pidato
  5. Mengenal Apa Itu Public Speaking dan Dasar-Dasarnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda