in

15 Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama Dari Berbagai Bidang Bisnis

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama – Grameds, Bagi para perusahaan yang ingin berkembang lebih cepat, maka tentu mereka tidak bisa berdiri sendiri. Hal ini berarti, sebuah perusahaan harus bekerjasama dan memiliki ikatan dengan perusahaan lain. Ini memang bukan hal baru lagi di dunia bisnis. Dimana setiap perusahaan pasti akan bekerjasama dengan perusahaan lain dengan tujuan agar mendapat keuntungan.

Bentuk kerjasama ini biasanya didasari oleh inisiatif sendiri dengan cara mengirimkan surat permohonan kerjasama pada perusahaan yang dituju. Akan tetapi Anda juga dapat melakukan kerjasama yang ditawarkan oleh perusahaan lain yang ditujukan untuk perusahaan Anda sendiri.

Pengertian Surat Perjanjian Kerjasama

Surat perjanjian kerjasama adalah sebuah surat yang berisi mengenai klausul atau ketentuan khusus dari sebuah perjanjian atau kesepakatan tertulis. Pihak yang berkaitan dalam surat tersebut bisa terdiri dari satu orang atau lebih. Semua pihak yang terlibat harus memahami dengan benar hak dan kewajiban yang harus dilakukan sesuai dengan isi surat tersebut.

Surat perjanjian kerjasama juga sering disebut sebagai MoU atau Memorandum of Understanding. Dimana surat perjanjian harus memiliki sifat mengikat seluruh pihak yang terlibat. Artinya, semua pihak yang bersangkutan dalam surat perjanjian tersebut wajib melakukan hal-hal yang sudah disepakati sebelumnya dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang.

Di dalam dunia bisnis, surat perjanjian kerjasama biasanya dijadikan sebagai dokumen yang memuat penjelasan tentang suatu proyek yang akan dilakukan bersama. Selain itu, surat perjanjian kerjasama juga berisi tentang kontribusi dari setiap perusahaan yang melakukan. Perlu Anda Ketahui bahwa surat perjanjian kerjasama dibagi menjadi dua tipe, yaitu:

1. Surat Perjanjian Kerjasama Otentik

Jenis ini merupakan surat perjanjian yang dibuat, diketahui, serta dihadiri langsung oleh pejabat pemerintahan. Dimana pejabat tersebut berperan sebagai saksi.

2. Surat Perjanjian Kerjasama di Bawah Tangan

Jenis surat yang kedua ini adalah surat perjanjian yang dibuat tanpa adanya saksi dan tanda bukti dari pejabat pemerintahan. Artinya, surat perjanjian jenis ini tidak memiliki tingkat keabsahan yang tinggi seperti jenis yang pertama.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Apabila Anda sudah merasa cocok dan sesuai dengan tawaran kerjasama dari perusahaan lain. Maka Anda dapat membalasnya serta menanyakan terkait kerjasama tersebut secara lebih detail. Akan tetapi, dalam menjalani kerjasama tersebut, perusahaan Anda dan perusahaan yang berkaitan perlu menggunakan surat perjanjian kerjasama.

Membuat surat perjanjian kerjasama tergolong cukup mudah jika Anda sudah memahami strukturnya. Anda hanya perlu mencantumkan kedua belah pihak yang bekerjasama, setelah itu masukkan poin-poin apa saja yang akan menjadi topik kerjasama.

Untuk Anda yang sudah lama bekerja di sebuah perusahaan dan bekerja sebagai staff administrasi, mungkin hal tersebut bukan perkara yang sulit. Namun untuk Anda yang tidak pernah bergelut di dunia administrasi, pasti membuat surat perjanjian kerjasama akan menjadi hal yang sulit dilakukan.

Nah, dibawah ini penulis akan memberikan beberapa contoh surat perjanjian kerjasama dari berbagai bidang bisnis. Grameds bisa gunakan contoh di bawah sebagai referensi loh.

1. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Perdagangan

Surat perjanjian kerjasama jenis ini biasanya sering dilakukan oleh pelaku usaha. Misalnya, seorang penyedia barang yang menempatkan barang hasil produksinya di toko milik orang lain atau minimarket. Nantinya pihak toko tersebut akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan kesepakatan awal. Berikut adalah contoh surat perjanjian kerjasamanya.

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

2. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bidang Modal Dagang

Kerjasama yang satu ini biasanya melibatkan dua pihak yang ingin membangun usaha bersama. Kedua pihak tersebut nantinya akan mengumpulkan modal sesuai dengan yang sudah diatur di surat perjanjian kerjasama. Kemudian masing-masing pihak akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan modal yang mereka berikan.

gramedia back to kampus

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Humam

NIK : 274645449489

Jenis Kelamin : Laki-laki

Agama : Islam

Alamat : Jl. Soekarno No. 3, Pati

Selanjutnya disebut Pihak Pertama.

Nama : Laeli Nura

NIK : 298646354887

novel romantis

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Alamat : Jl. Simpang Lima No. 1, Pati

Selanjutnya disebut Pihak Kedua.

Isi Surat Perjanjian Kerjasama :

Pasal 1 :

Di antara pihak pertama dan pihak kedua sudah menyepakati akan melakukan kerjasama di bidang kuliner dengan modal awal sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah)

Pasal 2 :

Berdasarkan biaya modal yang tertulis di pasal 1, maka masing-masing pihak menanggung modal sebesar Rp. 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah)

Pasal 3 :



Masing-masing pihak memiliki hal untuk mendapatkan keuntungan dari hasil bisnis sebesar 50% hasil keuntungan bisnis yang sudah dijalankan. Keuntungan tersebut dihitung ketika usaha telah berjalan selama tiga bulan. Namun bulan selanjutnya akan dihitung per satu bulan.

Pasal 4 :

Hak-hak yang telah disepakati akan gugur atau tidak sah jika salah satu pihak mengundurkan diri atau melanggar peraturan yang telah dibuat dan disepakati.

Demikian surat ini kami buat di atas materai Rp. 6000,00 dan masing-masing pihak membawa satu surat untuk menjadi pegangan.

Pati, 29 Juli 2021.

Pihak Pertama,

Muhammad Humam.

Pihak Kedua,

Laeli Nura.

3. Contoh Surat Kerjasama Bidang Investasi

Melakukan investasi di perusahaan-perusahaan besar tentu sudah menjadi impian banyak orang bukan? Nah, bagi Grameds yang ingin berinvestasi di perusahaan besar yang memiliki potensi bagus, Anda bisa menawarkan surat perjanjian kerjasama investasi kepada perusahaan tersebut.

CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Humam
Jabatan : Pemilik Usaha Elnoora Skincare (Peminjam Dana)

Disebut pihak Pertama (I)

Nama : Laeli Nura
Jabatan : Pemberi Dana

Disebut pihak Kedua



Antara pihak pertama dan kedua telah sepakat untuk melaksanakan perjanjian kerjasama di bidang Elnoora Skincare, hal-hal yang berkaitan dengan kerjasama akan diatur di dalam pasal-pasal di bawah ini:

Pasal 1

Pihak pertama menerima pinjaman dana dari pihak kedua dengan tujuan untuk meningkatkan skala usaha Elnoora Skincare dalam memenuhi kebutuhan konsumen atau pelanggan.

Pasal 2

Jumlah investasi yang sudah disepakati kedua belah pihak berjumlah Rp. 15.000.000,00,- (lima juta rupiah).

Pasal 3

Pihak pertama wajib menyerahkan laporan keuangan dan rencana anggaran belanja kepada pihak kedua.

Pasal 4

Jika terjadi kerugian dalam proses pelaksanaan peningkatan usaha Elnoora Skincare, maka pihak pertama wajib menanggung semua biaya kerugian dan wajib menyelesaikan pengembalian dan kepada pihak kedua.

Pasal 5

Surat perjanjian kerjasama ini berlaku sejak surat ini ditandatangani. Namun bisa dibatalkan sewaktu-waktu atas persetujuan kedua belah pihak.

Demikian surat perjanjian ini kami buat dengan keadaan yang sadar penuh.

Semarang, 29 Juli 2021

Pihak Pertama,

Muhammad Humam.

Pihak Kedua,

Laeli Nura.

4. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil

Perjanjian ini biasanya dilakukan oleh para pelaku usaha yang mempunyai modal yang kurang dan bekerjasama dengan orang yang tidak memiliki usaha namun memiliki modal yang berlebih. Sebagai pemilik modal yang memberikan uangnya kepada pelaku usaha, maka pemilik modal akan mendapatkan hasil keuntungan dari usaha tersebut.

CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Humam
NIK : 192873774352
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pandanaran, Semarang

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama : Laeli Nura
NIK : 325645489296
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Alamat : Jl. Kenanga No. 4, Semarang

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Pasal 1

Surat perjanjian ini memuat kerjasama antara kedua belah pihak terkait peminjaman uang sejumlah Rp. 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah). Uang tersebut akan dipinjamkan kepada pertama guna keperluan modal usaha pertanian berupa penjualan buah-buahan ke minimarket dan pedagang yang ada di pasar.

Pasal 2

Selanjutnya pihak pertama akan memberikan keuntungan kepada pihak kedua sebesar 2.5% atau sejumlah Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) selama satu bulan.

Pasal 3

Selanjutnya jika pihak pertama tidak bisa mengembalikan keuntungan tersebut, maka komisi yang diperoleh pihak pertama akan diberikan kepada pihak kedua.

Demikian surat perjanjian kerjasama ini dibuat dengan keadaan yang sadar dan tanpa adanya paksaan oleh pihak manapun.

Semarang, 29 Juli 2021

Pihak Pertama,

Muhammad Humam.

Pihak Kedua,

Laeli Nura

5. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bidang Penanaman Modal

Apabila Anda memiliki usaha namun keterbatasan modal untuk mengembangkannya, maka Anda bisa membuat kerjasama dengan perusahaan lain. Dimana kerjasama tersebut akan memberikan perusahaan modal sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Namun nantinya Anda wajib memberikan sebagian dari keuntungan yang Anda hasilkan dari modal tersebut. Jumlah keuntungan yang harus Anda berikan sesuai dengan kesepakatan awal.

PT JAYA SELALU

Gedung Kewirausahaan lt. 3 Jl. Raya Gunungpati-Ungaran Km. 3 Semarang 210555

Telp. 022 877656 Fa. 022 657987 Mobile. 0875674684

Website: www.jayaselalu.com Email: info@jayaselalu@gmail.com

SERAH PERJANJIAN

No. 12/SAA/PSAS/X/12

 

Pada hari ini, Kamis, 29 Juli 2021, sudah dilakukan perjanjian kerjasama dalam bidang penanaman modal di antara:

Nama : Muhammad Humam
Jabatan : Direktur PT. Jaya Selalu
NIK : 763928

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama : Laeli Nura
Jabatan : Direktur PT. Selalu Maju
NIK : 463974

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerjasama usaha dengan beberapa ketentuan yang diatur dalam pasa berikut ini:

  1. Selaku pemilik modal, pihak pertama harus menyerahkan sejumlah uang yaitu Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah) kepada pihak kedua guna untuk dijadikan modal usaha jenis peternakan
  2. Selaku pengelola modal, pihak kedua wajib melakukan pengelolaan modal dengan baik, sebagaimana tercantum pada pasal satu
  3. Modal yang diserahkan pada pihak kedua yaitu berupa uang tunai yang akan diserahkan saat menandatangani surat perjanjian ini
  4. Kedua belah pihak memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan usaha ini

Semarang, 29 Juli 2021.

Pihak Pertama,

Muhammad Humam.

Pihak Kedua,

Laeli Nura

6. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Perusahaan

Surat perjanjian kerjasama jenis ini umumnya digunakan oleh dua perusahaan yang ingin mengadakan kerjasama. Di bawah ini penulis akan memberikan contoh penulisan surat perjanjian yang benar.

Perlu Anda pahami bahwa membuat sebuah surat perjanjian harus menyertakan logo perusahaan serta kop surat. Kemudian Anda juga perlu mencantumkan beberapa aturan, hak, kewajiban, yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak yang terlibat.

Adapun yang paling penting yaitu Anda harus teliti dalam meninjau ulang atau cek kembali beberapa detail yang sudah tercantum dalam surat perjanjian kerjasama tersebut. Apakah sesuai atau tidak. Hal ini bertujuan agar surat perjanjian yang telah dibuat tidak akan merugikan pihak manapun.

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

sumber : JDIHN

7. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Proyek

Berikut ini adalah contoh surat perjanjian kerjasama proyek yang bisa Anda jadikan referensi. Bagi Anda yang ingin melakukan suatu proyek namun masih membutuhkan pihak lain untuk membantu dalam menyelesaikannya. Maka Anda bisa membuat sebuah kerjasama dengan pihak lain.

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

sumber: FH UII

8. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bidang Jasa

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

Berikut ini adalah contoh surat kerjasama bidang jasa yang bisa Anda tiru. Jangan lupa untuk selalu memberikan kolom tanda tangan yang diberi materai sebagai bukti bahwa kerjasama tersebut memang legal dan berlandaskan hukum.

9. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bidang Usaha

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

10. Contoh Surat Perjanjian Penanaman Modal Usaha

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

11. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

12. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Komitmen Fee

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

13. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Kerja

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

14. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Jual Beli Tanah

Contoh Penulisan Surat Perjanjian Kerjasama

15. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bidang Pembukaan Usaha

Surat perjanjian kerjasama tidak hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang telah mempunyai usaha. Tetapi juga bisa dilakukan oleh orang yang belum mempunyai usaha. Nah, apabila Anda ingin membangun sebuah usaha namun masih terkendala oleh jumlah modal. Maka Anda dapat melakukan kerjasama dengan orang lain. Berikut adalah contoh surat perjanjian kerjasama yang bisa Anda jadikan referensi.

CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Pada hari ini, Kamis, 29 Juli 2021, kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama: Muhammad Humam

NIK: 763574826357

Alamat: Jl. Kenanga No. 1, Semarang

Dalam hal tersebut berperan sebagai pengelola Toko Hijab yang dimana juga disebut sebagai pihak pertama.

Nama: Laeli Nura

NIK: 2837746356

Alamat: Jl. Pandaan No. 2, Semarang

Dalam hal tersebut berperan sebagai pemilik modal atau pemegang saham Toko Hijab dimana disebut juga sebagai pihak kedua.

Dengan surat perjanjian kerjasama ini, pihak pertama maupun pihak kedua sepakat untuk melakukan kerjasama dengan beberapa ketentuan di bawah ini.

Pasal 1

Lingkup Kerjasama

  1. Terhitung saat surat ini dibuat, pihak kedua telah memberikan modal kepada pihak pertama sejumlah Rp. ……..
  2. Selanjutnya pihak pertama akan menggunakan modal tersebut untuk mengembangkan usaha Toko Hijab.

Pasal 2

Jenis Usaha

Jenis Usaha yang akan dilakukan oleh pihak pertama yaitu :

  1. ….
  2. ….
  3. ….

Surat perjanjian kerjasama ini ditulis di Semarang, pada hari dan tanggal yang sama dengan yang sudah tertulis di atas, serta disaksikan oleh para saksi dan ditandatangani oleh kedua belah pihak tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Semarang, 29 Juli 2021

Pihak Pertama,

Muhammad Humam.

 

Pihak Kedua,

Laeli Nura.

Itulah beberapa contoh surat perjanjian kerjasama yang bisa Anda jadikan referensi. Bagi Grameds yang ingin membuat surat perjanjian kerjasama namun masih terkendala pengetahuan dalam merancangnya. Penulis akan memberikan rekomendasi buku yang berisi tentang bagaimana cara menulis surat perjanjian kerjasama dari berbagai bidang usaha. Lengkap dengan penjelasan serta tutorialnya. Grameds bisa mendapatkan bukunya di www.gramedia.com

Baca juga artikel terkait “Contoh Surat Perjanjian Kerjasama” :

Penulis: Laeli Nur Azizah

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih