in

Ciri-Ciri Poster: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Ciri-Ciri Poster – Poster merupakan sebuah media yang menggunakan tulisan, gambar, serta warna yang dikombinasikan hingga membentuk suatu informasi yang ditujukan untuk dibaca oleh masyarakat umum. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sebuah plakat yang dipasang di tempat umum dapat berupa iklan maupun pengumuman.

Dalam pemasangannya, biasanya poster dipasang di tempat yang ramai oleh masyarakat. hal ini tentu karena sifat dari poster adalah mengajak masyarakat, jika tempatnya strategis maka akan banyak masyarakat yang tertarik dengan poster yang kita buat.

Penggunaan poster ini biasanya ditujukan untuk berbisnis, informasi publik, sebuah acara komersial, media edukatif, dan juga tujuan kemanusiaan lainnya. Sasaran poster ini tergantung apa isi poster tersebut. Semuanya memiliki sasarannya masing-masing karena poster sifatnya mengajak seseorang untuk berpartisipasi di dalam sebuah acara, bisnis, maupun hanya edukasi.

Tidak hanya dipasang di beberapa tempat di jalanan. Namun, pada masa sekarang banyak juga poster yang diunggah di berbagai media, lebih banyaknya di media sosial. Pada masa ini banyak orang yang menggunakan media sosial maka dari itu jika kalian membuat poster lebih efektif bila mengunggahnya di media sosial. Tentu juga kalian harus membuat poster semenarik mungkin agar masyarakat melirik poster kalian.

beli sekarang

Desain poster iklan atau pengumuman dapat dibuat dengan mudah menggunakan CorelDRAW dan Adobe Photoshop. Beragam fitur untuk mengolah gambar yang disediakan kedua program tersebut cukup lengkap. Jika memiliki minat di bidang desain poster, ebook ini dapat menjadi acuan untuk menekuni dunia desain poster.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu ciri-ciri poster, pengertiannya, jenis, dan fungsi dari poster. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut.

Pengertian Poster Menurut Ahli

Para ahli memiliki pendapatnya sendiri mengenai “apa itu poster”. Tentunya beberapa ahli juga bergerak di bidang seni  dan komunikasi di mana mereka mengerti bagaimana mengajak seseorang untuk terpengaruh dengan poster yang dibuat. Berikut adalah beberapa pengertian poster menurut ahli.

1. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Menurut mereka, poster merupakan kombinasi yang ditampilkan secara visual yang di dalamnya terdapat unsur desain yang kuat serta dilengkapi dengan warna-warna dan pesan. Hal tersebut bertujuan untuk mendapat perhatian dari masyarakat serta menanamkan ide yang memiliki arti dalam ingatan.

2. Azhar Arsyad

Menurut Azhar Arsyad, poster adalah sebuah media dengan bentuk dua dimensi visual yang berisi gambar dan pesan singkat yang ditulis untuk menyampaikan suatu hal khusus, dan dapat memengaruhi orang-orang yang melihatnya.

3. Sri Anitah

Menurut Sri Anitah, Poster merupakan gabungan dari beberapa unsur visual seperti garis, tulisan, dan gambar yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian serta menyampaikan pesan singkat di dalam sebuah poster.

Ciri-Ciri Poster

Secara visual, poster memiliki beberapa ciri-cici poster yang baik untuk dipajang. Berikut adalah beberapa ciri dari poster.

1. Dicetak di Atas Kertas atau Kain

Biasanya poster yang baik dicetak dalam bentuk kertas atau kain yang siap dipajang di beberapa sudut tempat yang strategis. Beberapa ukuran juga menentukan poster dapat dilihat dengan mudah oleh beberapa orang. Berikut beberapa ukuran poster yang biasa digunakan.

  • A2: 42 cm x 59,4 cm
  • A3: 29,7 cm x 42 cm
  • A4: 21 cm x 29,7 cm

2. Menggunakan Bahasa yang Jelas dan Santun

Poster yang baik seharusnya menggunakan bahasa yang padat, jelas, dan singkat. Kejelasan ini tentunya agar para pembaca dapat mengerti makna dari poster tersebut. Bahasa yang santun juga harus diperhatikan, karena poster dapat dilihat oleh siapa saja termasuk anak-anak. Poster dengan bahasa yang santun juga akan membuat pembaca menjadi nyaman dengan kata-kata yang ditulis.

3. Menggunakan Kalimat Persuasif

Tujuan dari membuat poster adalah membuat pembaca poster menjadi ingin ikut berpastisipasi sesuai yang ditulis pada poster. Maka dari itu kalimat yang ditulis dalam poster adalah kalimat yang berisi ajakan atau kalimat persuasif agar pembaca dapat mengambil tindakan untuk mengikuti apa yang dituliskan dalam poster.

4. Tulisan yang Berkesan

Tulisan di dalam poster pasti memiliki makna yang dalam dan berkesan oleh pembacanya. Bahkan hanya dibaca secara cepat pun akan selalu diingat karena kalimat di dalam poster mudah dihafal dan memiliki kesan yang baik. Bagi kalian yang membuat poster buat lah kata-kata yang menarik sehingga seseorang yang membaca sambil berlalu mudah mengingatnya.

5. Kombinasi Simbol, Huruf, Angka, dan Gambar

Poster-poster yang dipajang di beberapa tempat pastinya memiliki keunikannya tersendiri dengan mengombinasikan simbol, huruf, angka, dan juga gambar. Hal ini juga digunakan untuk menarik perhartian masyarakat sekitar. Masyarakat akan mudah mengingat poster kita jika kombinasinya unik. Bahkan jika berhasil mereka akan semakin penasaran dan bisa tergerak untuk mengikuti hal yang disampaikan dari poster.

6. Menarik Perhatian

Poster yang baik tentu juga harus dapat menarik perhatian masyarakat sekitar. Cara menariknya kalian bisa menggunakan desain dengan warna yang mencolok, namun jangan berlebihan agar tidak menjadi norak. Kalian juga bisa padukan antara warna tulisan dan latar belakang, hal ini bertujuan agar tulisan terlihat dengan jelas dan mudah di baca. Selain itu kalian juga bisa menambahkan gambar atau foto yang menarik.

7. Menempatkan Poster di Lokasi yang Tepat

Selain dengan membuat poster terlihat menarik, pemilihan lokasi yang tepat juga berpengaruh pada perhatian masyarakat. Jika kamu memajang poster di tempat yang sedikit dilewati atau dikunjungi orang maka poster yang kamu buat juga akan jarang dilihat. Namun, jika kamu menempatkan postermu di tempat strategis dengan penuh keramaian pasti postermu dapat dilihat oleh orang banyak.

Tidak hanya lokasi di mana terdapat banyak orang, namun tembok untuk memajang poster juga harus disesuaikan dengan warna dasar dari poster yang kamu buat. Jangan sampai warna tembok untuk memajang poster membuat poster itu sendiri menjadi sulit untuk dilihat. Jika poster berwarna cerah maka cari tembok dengan warna gelap, begitu juga sebaliknya.

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Isi

Jenis-jenis poster juga terbagi ke dalam jenis berdasarkan isi. Berikut adalah jenis poster berdasarkan isi.

1. Poster Niaga

Poster niaga merupakan poster yang digunakan untuk urusan perniagaan atau tawaran suatu barang atau jasa. Isi poster ini tentunya sebuah produk yang sedang ditawarkan kepada masyarakat melalui poster ini. Poster seperti ini telah banyak digunakan oleh para produsen untuk memperkenalkan produk barunya kepada masyarakat. Mereka berharap jika produk ini semakin dikenal oleh masyarakat maka produk ini bisa memiliki peluang terjual laris di pasaran.

Biasanya poster niaga berada di tempat-tempat tertentu tergantung apa yang sedang ditawarkan. Jika produknya berupa makanan biasanya berada di tempat-tempat makan, lalu jika produk berupa pakaian bisa kalian jumpai di area perdagangan pakaian. Selain itu poster niaga juga biasa kita temukan di sosial media yang kita gunakan. Kalian bisa menemuinya di platform digital seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan lain-lain.

2. Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat merupakan poster yang berisi informasi mengenai layanan-layanan kepada masyarakat., seperti layanan kesehatan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. Contohnya, poster program KB, poster vaksin COVID-19, dan poster pencegahan COVID melalui 5M.

3. Poster Kegiatan

Poster kegiatan merupakan poster yang berisi sebuah informasi mengenai kegiatan yang akan terlaksana di suatu tempat. Poster tersebut dipajang agar masyarakat mengetahuinya dan berkeinginan untuk menghadiri kegiatan tersebut. Tentu poster ini sangat terbuka untuk umum. Biasanya poster kegiatan didesain dengan gambar yang menarik dengan foto-foto tertentu agar seseorang yang melihat bisa tertarik. Contohnya seperti poster konser musik.

4. Poster Pendidikan

Poster pendidikan merupakan poster yang berisi mengenai arahan atau motivasi mengenai pendidikan. Tentunya tujuan dari adanya poster ini adalah untuk memotivasi masyarakat agar dapat mengedepankan pendidikannya, karena pendidikan sangat berguna untuk masa depan. Contohnya seperti poster yang memiliki tulisan “Ilmu pengetahuan adalah jendela dunia.”

5. Poster Karya Seni

Poster karya seni merupakan poster yang berisi sebuah karya seni seseorang. Mungkin poster ini menjadi salah satu poster yang tidak semua orang dapat menangkap makna yang ada di dalam poster. Hal ini karena poster ini memiliki sifat yang ekspresif di mana setiap orang dapat memaknainya dengan makna yang berbeda-beda. Pembuat karya seni pun berharap juga setiap orang dapat memaknai posternya dengan masing-masing perspektif setiap orang.

beli sekarang

Ebook PAS Adobe Flash CS6 untuk membuat desain Iklan Layanan Masyarakat menjelaskan tentang teknik membuat dan menganimasikan iklan layanan masyarakat dengan Adobe Flash CS6. Agar Mudah memahami materi yang disajikan, buku ini mengupas berbagai iklan layanan masyarakat yang meliputi.; Animasi Iklan Layanan berlalu Lintas, Animasi Iklan Menjaga Lingkungan, Animasi Iklan Layanan Pemberantasan Korupsi, Animasi Iklan Layanan Bahaya Narkoba, Animasi Iklan Bahaya Nyamuk, Animasi iklan layanan Hemat Listrik, Animasi Ilan Layanan Budaya, Animasi Iklan Layanan Pendidikan.

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Poster yang dipasang di beberapa sudut kota juga bisa digolongkan sebagai jenis poster yang pemasangannya memiliki tujuan tertentu. Untuk mengetahui apa saja jenisnya, berikut adalah jenis – jenis poster berdasarkan tujuan.

1. Poster Propaganda

Poster propaganda memiliki tujuan untuk membuat seseorang mengikuti pemahaman dari penulis poster. Biasanya poster-poster tersebut berisikan kalimat-kalimat yang berupa arahan yang meyakinkan bahwa sesuatu yang ditulis pada poster adalah suatu hal baru yang menarik. Poster ini dapat dikatakan memiliki tujuan untuk memengaruhi orang lain.

2. Poster Kampanye

Poster kampanye tentu memiliki tujuan agar seseorang yang sedang mencalonkan diri menjadi pemimpin dapat menarik simpati masyarakat dan berharap masyarakat akan memilihnya pada masa pemilihan. Poster ini biasanya ramai ditemukan di jalanan pada saat masa-masa pemilu, pilkada, dan pemilihan lainnya. Dalam pemasangan poster ini pun memiliki aturannya sendiri karena tidak bisa sembarangan memasang poster kampanye.

3. Poster Afirmasi

Poster afirmasi merupakan poster yang memiliki tujuan menuliskan kalimat-kalimat positif agar orang-orang yang membacanya termotivasi oleh kalimat yang ada pada poster tersebut. Pembuat poster berharap pembaca akan terpengaruhi oleh kalmat positif yang dituliskan.

4. Poster Film

Poster film tentu memiliki tujuan untuk mempromosikan sebuah film baru yang akan tayang di beberapa bioskop di suatu daerah atau negara. Poster ini dibuat juga untuk menarik masyarakat untuk menonton film-film yang dipromosikan tersebut.

5. Poster Komersial

Poster ini mirip dengan poster niaga dan juga poster film, di mana penmbuat poster memiliki tujuan yang ia tulis dan gambar di sebuah poster dapat menarik masyarakat membeli produk yang sedang dipromosikan lewat poster.

6. Poster “Dicari”

Poster ini memiliki tujuan untuk mencari benda, orang, atau pun hewan yang hilang dari pemiliknya. Bahkan poster dicari juga bisa digunakan oleh perusahaan yang sedang mencari pekerja. Lebih jelasnya, jenis poster ini bertujuan mencari sesuatu yang ingin ditemukan oleh pembuat poster.

7. Poster “Cheesecake”

Poster cheesecake ini memiliki tujuan untuk menarik minat masyarakat akan suatu hal. Poster ini biasanya berisikan foto-foto orang terkenal seperti, selebriti, penyanyi, aktor film dan beberapa hal lain yang membuat orang-orang memperhatikan poster ini.

Fungsi Poster

Poster dipajang tentu memiliki fungsinya tersendiri. Bagi para pekerja di dunia periklanan maupun penggerak acara-acara tertentu mungkin tidak asing lagi dengan fungsi poster. Pada dasarnya poster merupakan sebuah media informasi bagi masyarakat. Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang fungsi poster, berikut adalah beberapa fungsi poster.

1. Sebagai Sarana Menyampaikan Pesan

Fungsi poster yang utama adalah untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi kepada masyarakat luas. Poster pada dasarnya juga sebagai media komunikasi untuk dapat berbagi informasi mengenai hal-hal yang ada di sekitar. Contohnya seperti informasi orang hilang, kalian bisa menggunakan poster untuk membantu kalian mencari orang atau hewan milik kalian yang hilang.

2. Sebagai Ilustrasi

Poster memiliki fungsi sebagai sebuah ilustrasi berbagai hal. Jika kalian memiliki sebuah bisnis, atau memiliki sebuah acara maka ilustrasi dalam poster sangat berguna untuk memperkenalkan produk kalian kepada masyarakat luas. Poster tidak hanya berisi pesan, melainkan dapat berupa gambar, lukisan, corak, dan lain-lain untuk menyampaikan informasi.

3. Sebagai Penarik Perhatian

Poster juga memiliki fungsi sebagai penarik perhatian masyarakat. Meski tetap pada fungsi utama yaitu menyampaikan informasi, namun konten yang ditampilkan pada poster juga harus dapat menarik perhatian masyarakat. Seseorang yang membuat poster tentu ingin posternya dilirik oleh masyarakat.

Contohnya ada seseorang yang sedang ingin menonton konser, lalu terpampang poster mengenai konser musik dengan berbagai musisi ternama. Dengan adanya poster tersebut selain memberikan informasi juga memberikan daya tarik bagi masyarakat yang sedang menginginkan hal tersebut.

Baca Juga:

Grameds, demikianlah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri poster, pengertian poster, jenis-jenis poster, dan juga fungsinya untuk masyarakat luas. Jika kalian tertarik dengan hal-hal berbau kesenian, komunikasi, informasi, dan hal-hal lainnya yang ada pada poster kalian bisa mempelajarinya dengan membaca buku yang ada di Gramedia.

Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku yang dapat membantu kalian mendapatkan ilmu baru. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Sesuai temanya “Creative Poster Product”, buku ini akan membahas tentang bagaimana melakukan manipulasi sebuah foto-foto produk secara digital menjadi sebuah Poster produk yang sangat menarik. Dengan buku ini, sebuah foto produk akan diolah layaknya sebuah poster yang profesional menggunakan langkah-langkah yang kreatif. Anda pun akan dibuat takjub, bahwa sebuah poster produk hebat akan tercipta dari karya tangan Anda sendiri.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq