in

Cerita Inspirasi Singkat Beserta Struktur dan Pesan Moralnya

Pixabay.com

Cerita Inspirasi Singkat Beserta Struktur dan Pesan Moralnya – Grameds sedang cari referensi tentang cerita inspirasi? Tepat sekali, bentuk cerita ini memiliki tujuan tersendiri untuk memberi motivasi dan inspirasi bagi pembacanya. Membuat cerita inspirasi singkat beserta struktur dan pesan moralnya tidaklah sulit. Sesuai dengan namanya, cerita inspirasi atau teks inspirasi adalah rangkaian cerita yang berupa cerita dengan kesan yang mendalam.

Cerita ini memiliki nilai positif atau meningkatkan pembaca. Selain itu, kisah inspiratif dapat memotivasi pembaca untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Setelah kamu memahami struktur tulisan cerita inspiratif, tidak sulit untuk menulis cerita inspiratif yang mengharukan.

Jika kamu masih bingung, berikut ini beberapa contoh cerita inspiratif singkat beserta struktur dan pesan moralnya yang bisa dijadikan referensi.

Struktur Cerita Inspirasi Singkat yang Harus Ada

Sebelum masuk contoh cerita inspiratif singkat beserta struktur dan pesan moralnya, kamu perlu memahami terlebih dahulu teori tentang bagaimana struktur cerita inspirasi itu dibuat. Berikut ini struktur cerita inspiratif yang harus ada.

1. Orientasi

Struktur pertama teks cerita inspiratif dan motivasional adalah orientasi. Orientasi adalah bagian yang berperan sebagai pengantar atau awal cerita. Bagian pengantar cerita ini biasanya diawali dengan pengenalan tokoh atau latar belakang tokoh dari cerita inspirasi yang sedang ditulis.

2. Kerumitan Peristiwa

Langkah kedua dalam menulis cerita inspiratif adalah memperumit peristiwa yang menimbulkan konflik dalam cerita. Seperti halnya menulis novel, tentunya terdapat kerumitan dan konflik yang membuat sebuah cerita menjadi lebih berwarna dan menarik. Tanpa kerumitan dan konflik, cerita yang ditulis pasti terasa biasa saja.

3. Komplikasi

Komplikasi merupakan inti cerita dan bagian yang mengandung nilai inspirasi cerita. Selain itu, bagian ketiga ini merinci pada kisah inspiratif yang akan ditulis.

4. Resolusi

Resolusi adalah bagian yang membangkitkan karakter, baik setelah mengalami konflik dan komplikasi masalah yang dihadapi karakter. Oleh karena itu, bagian ini harus memuat ungkapan-ungkapan yang membangkitkan kebaikan para tokoh dalam cerita.

5. Koda

Struktur akhir teks inspiratif adalah koda atau penutup cerita yang berisi bagian kesimpulan dan pesan moral.

Contoh Cerita Inspirasi Singkat Beserta Struktur dan Pesan Moralnya

Cerita Inspirasi Singkat Beserta Struktur dan Pesan Moralnya
Pixabay.com

Berdasarkan struktur cerita inspirasi di atas, Grameds sudah bisa membuat cerita inspiratif dengan banyak pesan moralnya. Kamu bisa simak contoh cerita inspirasi singkat beserta struktur dan pesan moralnya berikut ini sebagai referensi.

1. Cerita Inspirasi Singkat Diri Sendiri

Setiap orang membuat hidupnya unik, jadi tidak ada yang perlu berada di sana dengan hal yang sama. Ini adalah kisah perjalanan tentang seorang pria.

Tapi bukan itu masalahnya, karena menemukan diri sendiri atau bahkan mencintai diri sendiri bukanlah tugas yang mudah. Aku selalu takut menjadi diri sendiri karena Aku tahu betapa buruknya saya.

Seringkali Aku membuat kecewa orang lain yang berharap pada diriku, sementara Aku tidak sanggup mengizinkan mereka masuk dalam duniaku. Setiap kali seseorang mencoba mendekat, maka Aku akan menghapus kehadiranku dari hidupnya pada saat itu.

Tapi tidak di depan orang yang baru saya temui ini. Nyatanya Aku seperti diriku sendiri, tetapi Aku harus tahu bagaimana mengendalikannya.

Jangan takut menjadi diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa melampaui batas dan menjadi lebih baik. Selain itu, seiring waktu kamu akan mengerti bagaimana mencintai diri sendiri.

a. Orientasi

Setiap orang membuat hidupnya unik, jadi tidak ada yang perlu berada di sana dengan hal yang sama. Ini adalah kisah perjalanan tentang seorang pria.

b. Kompleksitas Peristiwa

Tapi bukan itu masalahnya karena menemukan diri sendiri atau bahkan mencintai diri sendiri bukanlah tugas yang mudah. Aku selalu takut menjadi diri sendiri karena Aku tahu betapa buruknya saya.

 c. Komplikasi

Seringkali Aku membuat kecewa orang lain yang berharap pada diriku, sementara Aku tidak sanggup mengizinkan mereka masuk dalam duniaku. Setiap kali seseorang mencoba mendekat, maka Aku akan menghapus kehadiranku dari hidupnya pada saat itu.

d. Resolusi

Tapi tidak di depan orang yang baru saya temui ini. Nyatanya Aku seperti diriku sendiri, tetapi Aku harus tahu bagaimana mengendalikannya.

e. Koda Atau Pesan Moral

Jangan takut menjadi diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa melampaui batas dan menjadi lebih baik. Selain itu, seiring waktu kamu akan mengerti bagaimana mencintai diri sendiri.

2. Cerita Inspirasi Gelandangan Masuk Harvard

a. Orientasi

Ada yang tahu Universitas Harvard? Universitas Amerika yang terkenal ini adalah impian kebanyakan orang untuk bisa belajar di sini. Universitas Harvard adalah salah satu universitas terbaik di dunia. Universitas ini berlokasi di Cambridge, Massachusetts, AS dan didirikan pada tahun 1636.

Selain dikenal dengan akademik yang bagus, universitas ini adalah universitas tertua di Amerika Serikat. Tidak heran jika proses penerimaan di Harvard sangat ketat. Tidak hanya itu, mereka yang lolos ke Ivy League biasanya berasal dari keluarga kaya. Bukan berarti mereka tidak bisa menerima siswa dengan latar belakang yang sederhana.

Seperti remaja bernama Athena Capo Battaglia dari New York, AS. Dia bisa masuk Harvard bahkan dari keluarga non-residen. Tidak ada perumahan atau akomodasi di Athena, tetapi dia dapat belajar dengan baik sampai dia masuk Universitas Harvard.

b. Kompleksitas Peristiwa

Kisah Athena diterbitkan tidak lama sebelumnya oleh Universitas Harvard. Athena berasal dari keluarga miskin, mereka bahkan tidak memiliki rumah. Ibu Athena hanya bisa membayar sewa jika dia perlu tinggal di tempat penampungan darurat. Juga, ibunya meninggal karena kanker payudara dan neneknya yang meninggal. Hal ini memungkinkan Athena untuk belajar keras.

c. Komplikasi

“Aku merasa harus kuliah dengan baik karena tempat ini bukan keinginanku”, kata Athena. Nah, begitulah cara Athena bisa keluar dan mencari pekerjaan yang baik di masa depan. Athena adalah anak yang cerdas bahkan sebelum dia kehilangan rumahnya. Dia juga kapten tim seniman di sekolah seniman terkenal seperti Al Pacino, Jennifer Aniston, dan Ansel Elgort.

d. Resolusi

“Aku menelpon temanku dan berteriak,” Ya Tuhan, Aku diterima oleh Harvard! ” Itu sangat menggembirakan. Aku terbiasa menantang diri sendiri. Aku melakukannya selama sisa hidupku, ” kata Athena, yang mendengar kabar baik saat bepergian dengan kereta api. Selain unggul secara akademis, Athena berpartisipasi dalam program NYPD (Departemen Kepolisian New York) dan dilatih untuk menjaga lingkungan yang aman.

Berkat program ini, ia mendapat kesempatan untuk belajar bela diri, teknik patroli, pertolongan pertama, dan banyak lagi. Gadis berusia 18 tahun itu juga salah satu yang menerima hibah $1.000 dari kantor walikota.

e. Koda atau Pesan Moral

Athena saat ini tinggal di kampus Harvard. Siswa yang ingin belajar ilmu saraf ini berencana untuk belajar dan bekerja pada waktu yang sama. Kemudian, selama liburan, dia mengunjungi tempat penampungan bersama ibunya. Sang ibu juga merupakan sukarelawan Departemen Kepolisian New York. Athena bahkan mempertimbangkan untuk pergi ke polisi setelah lulus.

3. Seorang Penebang Kayu

a. Orientasi

Dahulu kala, ada seorang pemuda yang sangat kuat yang meminta pekerjaan kepada pedagang kayu dan dia mendapatkannya. Gaji yang diberikan sesuai keinginannya dan tempat kerja dekat dengan tempat tinggalnya. Karena itu, pemuda itu memutuskan untuk bekerja dengan serius.

Akhirnya, saudagar itu memberinya kapak dan menunjukkan di mana kayu-kayu itu harus dipotong. Pada hari pertama, si penebang membawa 21 pohon.

“Wow, kamu kuat sekali, kamu bisa membawa pulang kayu sebanyak itu dalam sehari,” kata bosnya yang merupakan seorang pedagang kayu.

b. Kompleksitas Peristiwa

Termotivasi oleh Firman, keesokan harinya pemuda itu menebang pohon dengan usaha yang lebih keras. Tapi hari itu dia hanya bisa membawa 17 batang kayu. Dia bekerja lebih keras pada hari ketiga, tetapi dia hanya bisa membawa 10 dari mereka. Pohon semakin kecil setiap hari.

c. Komplikasi

“Aku pasti kehabisan tenaga,” pikir penebang kayu. Dia menoleh ke pedagang kayu dan meminta maaf karena tidak dapat memahami apa yang terjadi.

d. Resolusi

“Kapan terakhir kali kamu mengasah kapakmu itu?” tanya bos. “Mengasah? Aku tidak punya waktu untuk mengasah kapak. Aku sangat sibuk menebang pohon”, kata penebang.

e. Koda atau Pesan Moral

Kerja keras saja mungkin tidak cukup untuk menjadi sukses. Kita juga harus bekerja dengan bijak. Pemuda itu memiliki potensi besar untuk benar-benar menebang pohon. Sayangnya, dia tidak memiliki sikap yang tepat untuk berhasil dalam pekerjaan khusus ini. Dengan sikap rajin dan bijaksana, tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini.

4. Cerita Inspiratif Tentang Ibu

a. Orientasi

Lapak bunga Pak Tono dibanjiri pesanan. Dia sibuk membawa buket berisi ratusan bunga di atas mobil pick up. Ketika dia sedang sibuk, seorang wanita muda tiba-tiba datang dan berkata, “Permisi, berapa buket kecil?” Park Tono mengabaikannya sebentar dan menjawab, “50.000, Bu.”

“Maaf, apakah ada bunga yang seharga 30.000?” Wanita itu, dia tampaknya masih remaja, mungkin baru mulai sekolah menengah pertama. Ukuran tubuhnya hanya menipu Pak Tono. Penjual bunga kemudian bertanya lagi.

“Mau untuk siapa bunganya? kamu bisa mendapatkan bunga yang itu hanya dengan 30.000,” jawabnya sambil tersenyum.

“Terima kasih Pak, ini untuk ibu.”

b. Kerumitan Peristiwa

“Apakah Ade berjalan ke sini?, pulangnya kemana?”

“Sukamara Pak, “jawab gadis itu.

“Kebetulan aku juga akan ke arah sana. Kalau kamu mau, bisa ikut sekalian.” Gadis itu awalnya tampak curiga, tapi akhirnya menerima tawaran Park Tono.

Pak Tono menemani pulang seorang gadis muda yang membeli sebuah karangan bunganya.

“Nanti bilang saja ya kalau mau berhenti.” “Ya Pak, ini sebentar lagi sampai.”

Tak butuh waktu lama bagi Park Tono untuk melihat kerumunan di gerbang pemakaman umum.

“Inalillahi, sepertinya ada yang dikubur, dek,” kata Park Tono sambil memperlambat laju mobilnya.

c. Komplikasi

Gadis itu mengabaikannya dan malah meminta Park Tono untuk menghentikan mobilnya. “Saya berhenti di depan, Pak.” Mobil Pak Tono diparkir di depan gerbang makam umum yang terlihat dari kejauhan. Kemudian gadis itu turun dan mengucapkan terima kasih kepada Pak Tono dengan senyum di atas air matanya. Park Tono terdiam sesaat saat melihat wanita itu memasuki gerbang pemakaman.

d. Resolusi

Kemudian dia memutar mobil dan menekan gas sekuat mungkin. Dia tidak lagi memperhatikan pesanan bunga yang harus dia berikan. Idenya hanya ada di rumah orang tuanya yang jauh dari kota.

e. Koda atau Pesan Moral

Selama lebih dari dua tahun, Pak Tono tidak sempat pulang dan menjenguk ibunya. Melihat kejadian ini, dia menyadari betapa beruntungnya ibunya masih sehat untuk memasuki usianya saat ini. Bahkan, gadis itu terlihat sangat muda, dan mungkin ibunya meninggal di usia yang jauh lebih muda dari orang tua Pak Tono. Terkadang apa yang kita miliki tidak terasa sampai kejadian pahit itu datang di depan kita.

5. Cerita Inspiratif Tentang Tokoh

a. Orientasi

Dia sudah tertarik dengan olahraga basket, sejak masih kecil. Itu salah satu olahraga yang selalu ingin dia lakukan.

b. Kompleksitas acara

Ketika masih di bangku sekolah menengah, dia ditolak ujian masuk untuk tim bola basket sekolahnya. Pasalnya, tubuhnya terlalu pendek. Tak hanya itu, ia juga dinilai kurang mahir dalam bermain.

c. Komplikasi

Dia sangat sedih mendengar hal itu, tetapi tidak pernah menyerah. Dia selalu berlatih di rumah secara rutin setiap hari. Tidak hanya mengatasi masalah teknis, ia juga berlatih fisik setiap hari dengan disiplin. Dalam beberapa tahun berikutnya, ia kembali ke sekolah untuk mengikuti ujian dan akhirnya diterima.

d. Resolusi

Pada konvensi sekolah menengah tahun 2005, dia akhirnya membuktikan ketekunannya. Dia berhasil mencetak 40 poin di game pertamanya, bahkan dia memiliki rekor impresif. Dia mencetak rata-rata 25 poin per game dan memenangkan turnamen sekolah menengah pada tahun yang sama.

e. Koda atau Pesan Moral

Namun, ia mengundurkan diri pada tahun 2021 dan tercatat sebagai salah satu pemain yang bisa mencetak poin terbanyak kedua musim ini. Dia sekarang adalah pemilik dan pengusaha klub NBA dan salah satu legenda bola basket.

6. Cerita Inspiratif Tentang Sahabat

a. Orientasi

Ada kisah tentang dua sahabat, Ali dan Bana yang sudah lama Aku kenal. Ali adalah pria pendiam yang selalu mengerti seperti apa karakter Bana. Bana, di sisi lain adalah orang yang lugas dan ramah.

b. Kompleksitas Peristiwa

Ikatan persahabatan yang sudah terjalin lama karena sifat terbuka Bana sering menyakiti orang lain. Apakah Ali sering bertanya-tanya mengapa kepribadian sahabatnya tidak berubah di masa lalu?

c. Komplikasi

Suatu hari, Ali menasehati Bana bahwa dia harus mengubah kepribadiannya. “Bana, coba ubah kepribadianmu. Jika tindakan ini terus berlanjut, banyak orang di sekitarmu, termasuk aku, akan menjauh!” Bana menjawabnya: “kamu adalah sahabatku. Begitulah sifatku pasti sudah lama memahaminya. Tetapi jika Anda tidak menyukai karakter saya, tidak apa-apa untuk mengakhiri persahabatan ini. ”

d. Resolusi

Ali memiliki kepribadian yang baik sebagai teman. Dia menyarankan Bana untuk berubah karena dia marah atas kepribadiannya yang terlalu jujur ????dan tidak mengerti situasi. Dia kesal, tetapi jika dia mengingat kebaikan Bana untuk waktu yang lama, kemarahannya mereda.

Selama beberapa hari berikutnya, setelah lulus kuliah, Ali tidak meminta Bana untuk mengubah sikapnya lagi. Dia yakin bahwa Bana akan memperhatikan tanpa bertanya bahwa dia terlalu terbuka dan tidak berpikir orang lain tersinggung.

e. Koda atau Pesan Moral

Dalam sebuah persahabatan, kamu mungkin perlu memberi saran kepada teman-temanmu. Ini untuk dirinya sendiri. Tetapi jika dia ingin memutuskan ikatan persahabatan dengan mudah, pikirkan lagi. Alasannya adalah bahwa teman ini sebenarnya memberi kita sesuatu yang sangat baik. Seiring waktu dan pertumbuhan, sifatnya pasti akan meningkat.

Berdasarkan contoh cerita inspirasi singkat beserta struktur dan pesan moralnya di atas, apakah Grameds sudah bisa membuatnya? Dalam beberapa situasi, cerita inspiratif ini akan sangat berguna untuk menyadarkan kita pada tentang nilai-nilai kehidupan. Grameds bisa membuatnya berdasarkan pengalaman yang pernah dialami atau dari cerita orang yang menurut kamu juga menginspirasi.

Rekomendasi Buku Cerita Inspiratif

Selain referensi contoh cerita inspirasi singkat beserta struktur dan pesan moralnya diatas, Grameds bisa peroleh referensi lebih lengkap dari koleksi buku Gramedia dan buat hidupmu #LebihDenganMembaca. Berikut ini rekomendasi buku tentang cerita inspiratif berbagai tema yang bisa di akses lewat www.gramedia.com: Selamat membaca. #SahabatTabpabatas

Dalam perjalanan hidup ini akan ada banyak sekali hal-hal yang tidak terduga yang di mana hal-hal tersebut selalu memiliki nilai-nilai kehidupan untuk kita. Lewat buku Dijamin Bukan Mimpi: Kumpulan Cerita Satiris & Inspiratif karya Musmarwan Abdullah, pembaca dapat merenungkan setiap hal yang datang tidak terduga karena buku ini ditulis dengan bahasa sastra yang indah dan filosofi.

Cerita Inspirasi Singkat Beserta Struktur dan Pesan Moralnya

Dalam menjalani kehidupan ini, kita perlu memiliki nila-nilai kehidupan yang dapat dijadikan sebagai pedoman. Dengan nilai-nilai kehidupan tersebut, seseorang bisa menjadi seseorang baik dan bijak. Buku dengan judul Tiongkok Wise Stories: 96 Cerita Bijak Inspiratif berisi banyak sekali kisah-kisah inspiratif yang bisa memberikan nilai-nilai positif untuk kita.

Cerita Inspirasi Singkat Beserta Struktur dan Pesan Moralnya

Mendidik anak selain dari memberikan contoh perilaku yang baik, tetapi bisa juga melalui cerita-cerita inspiratif. Buku Kumpulan Cerita Inspiratif Untuk Anak Baik sangat cocok untuk bacaan anak-anak selain bahasa yang asyik dan seru, ilustrasi gambar pada buku ini sangatlah lucu.

Cerita Inspirasi Singkat Beserta Struktur dan Pesan Moralnya

Menjadi anak-anak hebat pasti menjadi harapan bagi setiap orang tua. Salah satu cara untuk mengajarkan anak menjadi anak hebat melalui kisah-kisah inspiratif. Buku Kumpulan Cerita Inspiratif Anak-Anak Hebat sangat pas untuk para orang tua yang ingin menceritakan kisah inspiratif kepada anaknya.

Cerita Inspirasi Singkat Beserta Struktur dan Pesan Moralnya

BACA JUGA:

  1. Kumpulan Contoh Cerpen Motivasi, Anak, Lucu, Kehidupan, Pendidikan, dan Persahabatan
  2. 6 Kisah Inspiratif Singkat yang Bisa Membuat Semangat
  3. Beragam Contoh Cerita Inspiratif Singkat
  4. Kumpulan Cerita Pendek untuk Anak
  5. Cara Membuat Cerpen Mudah bagi Pemula [Lengkap]


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda