in

Beragam Contoh Cerita Inspiratif Singkat 

Contoh Cerita Inspiratif – Cerita inspiratif atau teks inspiratif yang berasal dari kata inspirasi dan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI diartikan sebagai sebuah ilham atau sesuatu yang bisa menggerakkan hati seseorang. Pada berbagai literasi, kata inspirasi juga dapat didefinisikan sebagai percikan ide kreatif yang muncul disebabkan berbagai pengaruh yang ada di lingkungan sekitar.

Berdasarkan pengertian tersebut, cerita inspiratif atau teks inspiratif dapat didefinisikan sebagai sebuah teks dalam bentuk cerita fiksi ataupun pengalaman dari seseorang yang dapat membangkitkan inspirasi serta semangat dari para pembacanya. Melalui cerita inspiratif, para pembaca bisa mendapatkan ajaran moral maupun sosial yang pada akhirnya diharapkan dapat ditanamkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Outstanding Students - Kisah Kisah Inspiratif Siswa Tangguh

Deskripsi Buku:

Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak ke dewasa, masa untuk mulai mencari dan menemukan jati diri. Selayaknya kamu remaja mulai menunjukkan aksi dan prestasi. Buku ini berisi tentang kisah-kisah remaja yang tangguh dan berprestasi. Mereka tidak hanya berprestasi di bidang pelajaran dan perlombaan lainnya, mereka juga menjadi siswa tangguh yang mengalahkan ego dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Cerita inspiratif ini sendiri memiliki tujuan untuk memberikan inspirasi serta motivasi bagi para pembacanya untuk lebih semangat dalam menjalani hidupnya. Melalui sebuah cerita yang disampaikan, terdapat sebuah nilai positif atau kebaikan yang dapat diambil oleh pembacanya.

Untuk dapat lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan cerita inspiratif, dibawah ini terdapat beragam contoh cerita inspiratif atau teks inspiratif, simak informasi berikut!

Kumpulan Cerita Inspiratif Untuk Anak Baik

Deskripsi:

Buku Moli si tikus merasa sedih setiap bertemu dengan tiga sekawan, Tata, Titi, dan Toto. Mereka adalah kodok yang sangat usil dan suka mengejek Moli. Suatu hari Moli punya rencana hebat agar kodok-kodok usil itu berhenti mengejeknya. Kira-kira apa rencana Moli, ya? Apakah rencana itu akan berhasil? Buku ini berisi kumpulan cerita tentang karakter-karakter baik yang dapat diajarkan kepada anak.

Struktur Cerita atau Teks Inspiratif 

Sebelum masuk ke dalam contohnya, terdapat struktur yang harus kamu ketahui terlebih dahulu yang pada umumnya tersusun di dalam cerita inspiratif. Berikut ini 5 unsur yang ada di dalam cerita atau teks inspiratif, sebagai berikut.

  • Orientasi

Unsur pertama yang harus ada pada cerita inspiratif adalah orientasi yang merupakan tahapan pengenalan pada sebuah cerita dan pada umumnya berisi pengenalan tokoh, latar tempat, maupun latar belakang dari sebuah cerita.

  • Perumitan atau rangkaian peristiwa

Unsur kedua yang harus ada pada cerita inspiratif adalah perumitan atau rangkaian peristiwa yang berbentuk paragraf yang menjelaskan awal terjadinya sebuah peristiwa pada sebuah cerita hingga puncak dari sebuah permasalahan yang ada.

  • Komplikasi

Unsur ketiga yang harus ada pada cerita inspiratif adalah komplikasi yang merupakan puncak dari berbagai peristiwa yang sudah dikembangkan pada tahapan perumitan atau rangkaian peristiwa. Pada tahapan komplikasi ini, puncak permasalahan yang ada berusaha ditemukan jalan keluar dan penyelesaian dari masalah tersebut.

  • Resolusi

Unsur keempat yang harus ada pada cerita inspiratif adalah resolusi. Dimana pada tahapan ini permasalahan yang ada pada sebuah cerita diselesaikan dan terpecahkan.

  • Koda

Unsur keima yang harus ada pada cerita inspiratif adalah kota yang menjadi bagian penutup dari sebuah struktur cerita atau teks inspiratif yang ada. Pada bagian koda ini pada umumnya berbentuk sebuah kesimpulan serta pesan moral yang dapat dipetik dari cerita yang ada.

Tiongkok Wise Stories: 96 Cerita Bijak Inspiratif

Deskripsi Buku:

Memuat 96 cerita bijak dari negeri Tiongkok; sarat akan pesan moral dan nilai-nilai hidup yang inspiratif.

Contoh Cerita Inspiratif Pertama – Penebang Kayu

Cerita inspiratif singkat pertama yang memiliki judul penebang kayu yang menceritakan kisah seorang pemuda yang memiliki tekad kuat. Namun, terkadang memiliki tekad kuat saja tidaklah cukup. Simak cerita berikut.

  • Orientasi

Pada suatu hari, dimana terdapat seorang pemuda yang sangatlah kuat sedang mencari pekerjaan, dan pemuda tersebut kemudian datang kepada seorang saudagar kayu dan meminta pekerjaan darinya, yang kemudian ia dapatkan.

Upah yang ditawarkan saudagar tersebut kepadanya sudah sesuai dengan keinginannya dan lokasi pekerjaan yang dekat dengan rumahnya juga membuatnya senang. Oleh sebab itu, pemuda tersebut sangat bertekad untuk mengerjakan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh agar tidak mengecewakan saudagar yang telah memberikan pekerjaannya tersebut.

Pada hari itu, sang saudagar memberikan pemuda tersebut sebuah kapak serta menunjukkan pemuda tersebut area tempat penebangannya. Pada hari pertama, pemuda tersebut berhasil menebang dan membawa batang pohon sebanyak 21.

Melihat hasil kerjanya tersebut, sang saudagar berkata, “Wah, hebat sekali kamu pemuda, dapat membawa batang pohon sebanyak ini hanya dalams atu hari.”

  • Perumitan Peristiwa

Karena dipuji tersebut, sang pemuda semakin termotivasi untuk melakukan pekerjaannya dengan lebih giat lagi di keesokan harinya. Namun, pada hari berikutnya sang pemuda tersebut hanya dapat membawa batang pohon sebanyak 17 saja.

Dan pada hari ketiga, walaupun sang pemuda tersebut sudah berusaha lebih giat lagi, namun ia hanya dapat membawa batang pohon sebanyak 10 saja. Hari demi hari pun terlewati, walaupun sang pemuda telah berusaha sekeras mungkin, hasilnya tetap tidak memuaskan dan hasil batang pohonnya terus berkurang.

  • Komplikasi

Dengan hasilnya yang semakin berkurang tersebut, sang pemuda kemudian mengira bahwa dirinya telah kehilangan kekuatan yang dimilikinya. Kemudian, sang pemuda tersebut menghadap ke saudagar yang menjadi bosnya dan meminta maaf mengenai hasil kerjanya yang semakin berkurang dan mengatakan dirinya juga tidak mengerti mengapa hal tersebut bisa terjadi.

  • Resolusi

Kemudian saudagar tersebut mengajukan pertanyaan, “Kapan terakhir kali kamu mengasah kapak yang kamu gunakan untuk menebang pohon tersebut?”. Sang pemuda kemudian menjawab, “Mengasah kapak? Saya tidak memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut. Saya sangat sibuk berusaha menebang pohon yang ada.”

  • Koda

Berdasarkan cerita diatas, kita dapat melihat bahwa kadang kala bekerja dengan keras saja tidaklah cukup dalam mencapai sebuah kesuksesan. Kita juga harus bisa bekerja dengan cerdas dan beradaptasi dengan keadaan yang ada.

Berdasarkan cerita penebang kayu yang ada, kita dapat melihat bahwa sebenarnya pemuda tersebut memiliki potensi dalam menebang pohon dan memotong kayu. Namun, karena ia tidak memiliki sikap yang cerdas dan hanya bersandar pada usaha dengan keras saja maka hasilnya tidak maksimal.

Oleh sebab itu, untuk mencapai kesuksesan Grameds harus memiliki usaha untuk bekerja dengan keras serta sikap cerdas dalam menghadapi situasi apapun. Dengan begitu segala rintangan yang menghadang dalam kehidupan dapat dilewati dengan lebih mudah.

Stay Strong Kumpulan Cerita Inspiratif Menguatkan Kehidupan

Deskripsi Buku:

Buku ini banyak memuat kisah inspiratif yang sangat menyentuh hati kita, banyak figur yang memberikan contoh hidup, mereka sangat tegar dalam menyikapi hidup yang penuh tantangan dan hambatan.

Contoh Cerita Inspiratif Kedua – Persahabatan

Cerita inspiratif singkat kedua yang memiliki judul persahabatan yang menceritakan kisah dua orang yang telah menjalin hubungan persahabatan sejak lama dan memiliki dua sifat yang saling bertolak belakang antara satu sama lain.

  • Orientasi

Terdapat dua sahabat yang telah berteman sejak lama bernama Jeni dan Risa. Dimana Jeni merupakan seseorang yang pendiam dan selalu berusaha untuk memahami sifat Risa.

Dan kebalikan dari Jeni, Risa merupakan seseorang yang selalu melontarkan pendapatnya atau yang dapat disebut blak-blakan dan seringkali karena sifatnya tersebut menyakiti perasaan orang lain.

  • Perumitan Peristiwa

Walaupun kedua sahabat tersebut sudah berteman sejak masih dibangku sekolah dasar, Jeni seringkali dibuat sakit hati akibat perkataan yang dilontarkan oleh Risa yang membuatnya sering bertanya-tanya, apakah Risa akan merubah sifatnya tersebut dan mulai memikirkan perasaan orang lain.

  • Komplikasi

Hingga pada suatu hari, Jeni mengumpulkan keberanian untuk menegur dan menasehati Risa dengan berkata, “Risa, apakah kamu tidak ada keinginan untuk merubah sifat kamu yang asal berbicara kepada semua orang? Jika ini terus berlanjut, semua orang yang ada di dekat kamu akan menjauhi dirimu, termasuk aku.”

Mendengar perkataan tersebut, Risa berkata, “Kita kan sudah bersahabat sejak kecil, dan kamu juga pasti sudah mengetahui sifatku yang seperti ini dan apapun yang aku katakan tidak memiliki maksud menyakiti hati kamu ataupun orang lain. Jika kamu memang merasa dirugikan, aku tidak masalah jika kamu ingin menjauhi diriku.”

  • Resolusi

Mendengar perkataan tersebut, Jeni pun langsung berpikir, walaupun memang kadang sifat Risa yang blak-blakan tersebut seringkali membuatnya jengkel, namun Risa juga sering berbuat hal baik kepada dirinya dan selalu ada disisinya selama ini.

Mengingat hal tersebut, Jeni berusaha untuk lebih memaklumi sifat Risa tersebut dan tidak pernah lagi meminta Risa untuk berubah, karena ia juga yakin bahwa Risa telah berusaha sekeras mungkin untuk menjadi teman yang lebih baik.

  • Koda

Berdasarkan cerita tentang persahabatan diatas, kita dapat memetik sebuah pesan bahwa memang menegur atau mengingatkan sahabat kita bukanlah sebuah kesalahan.

Namun, sebelum memutuskan hubungan pertemanan yang kamu jalin, pikirkanlah kembali bagaimana kalian telah melewati berbagai permasalahan dan situasi yang membuat ikatan persahabatan tersebut.

Oleh sebab itu, kita harus dapat lebih menghargai sebuah hubungan dan berusaha lebih keras untuk memperbaiki diri sendiri dan menerima segala kekurangan yang dimiliki oleh orang yang kita sayangi.

Menjadi Pribadi Yang Bahagia Dan Inspiratif

Deskripsi Buku:

Sebagian orang menikmati hidup berlimpah dan sempurna yang mereka miliki. Orang-orang ini ibarat magnel; sangat Ipersinar, riang, dan menarik sampai-sampai mereka tak perlu memaksa atau meminta orang lain untuk “membukakan jalan” bagi mereka. Pintu-pintu selalu terbuka lebar dan mengundang mereka untuk memasukinya.

Contoh Cerita Inspiratif Ketiga – Atlet Basket Hebat

Cerita inspiratif singkat ketiga yang memiliki judul atlet basket hebat yang menceritakan kisah Jordan yang menyukai permainan bola basket dan rintangan yang harus ia hadapi hingga pada akhirnya mencapai kesuksesan.

  • Orientasi

Sejak di usia dini, Jordan telah memiliki ketertarikan besar pada bidang olahraga dan secara khusus salah satu yang paling disukainya adalah bola basket, dimana di setiap waktu senggangnya Jordan akan selalu bermain bola basket.

  • Perumitan Peristiwa

Ketika Jordan duduk di bangku sekolah menengah atas atau SMA, ia pernah mengikuti seleksi untuk masuk ke dalam tim basket sekolahnya dan ditolak. Alasannya di tolak dari tim basket tersebut karena tinggi badannya yang tidak memenuhi kriteria yang ditentukan serta Jordan juga dinilai tidak mahir dan tidak memiliki bakat dalam bermain bola basket.

  • Komplikasi

Mendengar perkataan tersebut, Jordan kecewa pada dirinya sendiri. Namun, hal tersebut tidak membuatnya menyerah, dan malah membuatnya semakin giat untuk berlatih bola basket setiap hari di rumahnya.

Tidak hanya melatih berbagai teknik bola basket, untuk membuatnya semakin kuat Jordan juga melatih fisiknya dengan berolahraga dengan sangat keras serta disiplin. Setelah bekerja keras selama dua tahun, Jordan kemudian kembali mengikuti seleksi tim basket yang ada di sekolahnya yang kemudian diterima karena kerja kerasnya tersebut.

  • Resolusi

Pada permainan bola basket pertamanya di kompetisi SMA pada tahun 1981, Jordan mampu menunjukkan hasil dari kerja kerasnya dengan berhasil mencetak score dengan total 40 angka.

Hal tersebut kemudian berlanjut dan membuat Jordan memiliki angka statistik yang sangat mengesankan, dengan rata-rata pada setiap game mencetak score dengan total 25 angka, serta Jordan berhasil membantu sekolahnya mendapatkan kemenangan pada kompetisi Sekolah Menengah Atas di tahun yang sama.

  • Koda

Berkat kerja kerasnya tersebut, hingga saat ini Jordan telah menjadi legenda basket sepanjang masa. Jordan pensiun tepatnya pada tahun 2003 dan berhasil menjadi pemain dengan angka terbesar kedua pada satu musim.

Hingga saat ini Jordan telah menjadi pemilik klub NBA, pemilik bisnis, serta menjadi legenda basket yang diidolakan oleh para calon atlet dan atlet basket.

Berdasarkan cerita diatas, kita dapat memetik sebuah pesan bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Seharusnya, kegagalan yang kita terima dijadikan sebagai acuan untuk bekerja lebih keras lagi dan melampaui ekspektasi orang yang ada di sekitar kita mengenai diri kita.

Dari Biasa Menjadi Luar Biasa - Kisah Inspiratif Membangun Madrasah

Deskripsi Buku:

Hadirnya buku ini dapat menjadi bukti sekaligus inspirasi bagi para pembaca, bahwa kemajuan Madrasah bukanlah sesuatu yang mustahil. Meskipun secara geografis Madrasah tersebut berada di pelosok desa atau kampung yang jauh dari kota. Tetapi berbekal tekad kuat, semangat perjuangan tiada henti serta kesabaran tanpa batas, akhirnya berbuah manis.

Contoh Cerita Inspiratif Keempat – Kupu-kupu

Cerita inspiratif singkat ketiga yang memiliki judul kupu-kupu yang menceritakan kisah seorang pria yang menemukan sebuah kepompong yang belum menetas dan perjalannya menjadi seekor kupu-kupu

  • Orientasi

Pada suatu hari, seorang pria yang sedang berada di halaman rumahnya menemukan kepompong kupu-kupu di salah satu tanamannya. Kepompong tersebut belum menetas dan pria tersebut bertekad untuk melihat prosesnya menjadi seekor kupu-kupu.

Setiap hari pria tersebut melihat ke halaman rumahnya dan memandangi tanaman tempat kepompong tersebut berada dan menunggu adanya pergerakan dari kepompong tersebut.

  • Perumitan Peristiwa

Pada suatu hari, ketika pria tersebut sedang melihat ke halaman rumahnya, kepompong tersebut menunjukkan sebuah kecil. Kemudian, pria tersebut bergegas mendekatinya dan duduk untuk memperhatikan kepompong tersebut dari dekat.

Selama beberapa jam, kupu-kupu yang ada di dalam kepompong tersebut berusaha mengeluarkan tubuhnya melalui celah lubang kecil yang ada tersebut, namun tidak kunjung berhasil.

  • Komplikasi

Hingga pada suatu saat, kupu-kupu tersebut tampak berhenti dan terlihat macet selama beberapa saat. Akhirnya, pria tersebut memutuskan untuk membantu kupu-kupu tersebut keluar dari kepompongnya.

Pria tersebut mengambil gunting dari dalam rumahnya dan mencoba memotong kepompong yang menghalangi kupu-kupu tersebut untuk keluar. Hingga pada akhirnya kupu-kupu tersebut muncul dan keluar dengan mudah. Namun, tubuh kupu-kupu tersebut terlihat bengkak dengn sayap kecil yang nampak lemas.

Pria tersebut belum menyadari apa-apa dan tetap duduk di halaman rumahnya menunggu kupu-kupu tersebut membentangkan sayapnya untuk bisa terbang. Namun, hal tersebut tidaklah terjadi dan membuat kupu-kupu tersebut tidak dapat terbang selama sisa hidupnya dan harus merangkak dengan sayap kecilnya serta tubuh bengkaknya tersebut.

  • Resolusi

Walaupun pria tersebut memiliki maksud yang baik untuk membantu kupu-kupu tersebut keluar dari kepompongnya, ia tidak menyadari bahwa dengan membantu kupu-kupu tersebut ia menghilangkan perjuangan yang dibutuhkan kupu-kupu untuk menembus kepompongnya tersebut.

Dengan berusaha menembus kepompong tersebut, memaksa untuk kupu-kupu mengeluarkan cairan yang ada di dalam tubuhnya ke bagian sayapnya. Dengan begitu dapat mempersiapkan kupu-kupu untuk dapat terbang ketika ia keluar dari kepompongnya.

  • Koda

Melalui cerita kupu-kupu diatas, terdapat sebuah makna yang dapat kita petik. Kadang, perjuangan yang ada di dalam hidup kita seringkali dapat mengembangkan kekuatan yang kita miliki.

Tanpa adanya perjuangan tersebut, kita tidak akan pernah bisa tumbuh dan berkembang untuk menjadi pribadi yang lebih kuat. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk bisa melewati permasalahan pribadi yang kita miliki dengan kekuatan sendiri dan tidak bergantung dengan bantuan orang lain. Pada saat itulah, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dan berkembang.

Nah, itulah beragam struktur dan contoh cerita inspiratif yang dapat membantu Grameds untuk lebih memahami serta memaknai sebuah cerita dengan lebih baik. Melalui cerita yang menarik, Grameds juga diharapkan dapat memetik nilai yang terkandung di dalamnya. Berbagai cerita inspiratif lainnya yang tidak kalah menarik juga tersedia di Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas kamu yang akan selalu siap sedia menyediakan berbagai buku pilihan yang berkualitas serta bermanfaat. Semoga bermanfaat!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Chelsea