in

Kumpulan Cerita Pendek Untuk Anak

Kumpulan Cerita Pendek Untuk Anak – Adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih. Membuat para anak-anak menjadi gemar dan pandai dalam mengoperasikan teknologi. Namun, bagi para orang tua alangkah baiknya membatasi penggunaan teknologi seperti smartphone pada anak. Sebab sesuatu yang berlebihan pada anak itu tidak baik. Dan berpotensi pada perkembangan psikis anak.

Sehingga, para generasi muda banyak yang mencetuskan ide-ide mereka dengan mendirikan perpusatakan mini atau Taman Bacaan. Mereka berinisiatif untuk memberikan edukasi bagi anak-anak usia dini. Dengan tujuan agar anak-anak tersebut dapat menambah pengetahuan dari literatur yang mereka lakukan.Hal ini berdampak positif bagi perkembangan psikis anak.Selain dapat menambah wawasan, hal tersebut dapat mempermudah interaksi dengan anak-anak lainnya.

Kegiatan tersebut mendapatkan dukungan dari para orang tua. Sebab, bagi mereka dengan adanya perpustakaan mini atau taman bacaan bagi anak. Yang dimana hal itu dikarenakan dapat memberikan edukasi kepada anak secara langsung. Tak sedikit dari mereka, yang memberikan sumbangan berupa buku-buku dan alat tulis lainnya. Seperti, cerita pendek anak, buku gambar, pensil, penghapus,penggaris, dan pensil warna atau caryon. Selain membaca, mereka juga dapat menuangkan ide mereka melalui seni menggambar bagi anak-anak.

Namun, mereka lebih ditekankan untuk dapat membaca dan menulis. Agar, pada saat menginjak dunia pendidikan yang sesungguhnya mereka sudah fasih dan lancar dalam membaca. Para generasi yang telah menginjak usia dewasa, berinisiatif untuk mebuat karya sebuah cerita dan lain-lain. Sehingga cara tersebut dapat menghemat biaya dengan cara membuat karya sendiri. Sungguh menarik, kan? Apalagi bagi anak-anak usia dini. Tentu saja hal tersebut nemiliki pengaruh besar.

Cerita pendek anak sangat banyak dan bervariasi.Saat ini dapat kita temukan dimana saja dan sangat mudah.Sebab, mereka yang berkarya sudah memiliki ijin resmi.Dan dari hasil karya mereka sudah siap dipasarkan dan diperjual belikan.Seperti, di gramedia dan book store lainnya yang sudah tersebar di berbagai penjuru. Selain itu, dengan adanya teknologi canggih seperti saat ini.Kita juga dengan mudah dapat mengakses situs buku secara online.

Jadi, bagi kita para generasi muda Indonesia. Tidak memiliki alasan lagi untuk bermalas-malasan. Karena wawasan akan pengetahuan memiliki peran penting. Terutama pada anak, yang dapat membantu dalam perkembangan anak. Dan yang terpenting, para orang tua dapat mengetahui hobi anak secara mendasar. Sebab, anak-anak akan melakukan kegiatan-kegiatan yang mereka gemari. Agar anak-anak tersebut tidak tertekan dengan suatu keadaan yang mereka jalani.

Cerita pendek anak sangat bervariasi.Baik cerita rakyat, cerita pendek, dan cerita yang memberikan insipirasi pada anak. Adapun beberapa cerita pendek anak, antara lain :

  1. Si Kancil
  2. Sang Raja Rimba
  3. Semut Hitam dan Semut Merah
  4. Kupu-kupu Indah yang Sombong
  5. Siput yang Lambat, dan lain-lain.

Dari cerita pendek tersebut, mereka dapat dengan mudah membaca melalui buku-buku di perpustakaan atau taman bacaan. Serta mengakses melalui situs-situs online. Tentunya, saat mengakses secara online, anak-anak tetap berada dibawah pengawasan orang tua. Agar orang tua dapat memantau secara langsung. Sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari beberapa cerita tersebut, tentunya sudah banyak wawasan pengetahuan yang mereka dapatkan. Jika anak-anak tersebut terus-menerus memiliki ketertarikan pada membaca. Nantinya, mereka dapat dengan mudah menerima bahkan menemukan ide-ide inspiratif dalam berimajinasi. Imajinasi pada anak, merupakan hal yang wajar. Yang nantinya akan melahirkan anak-anak yang memiliki kreatifitas tinggi.

Dibawah Ini Beberapa Sedikit Kutipan Dari Cerita Pendek Untuk Anak

 

Baca Juga Rekomendasi Cerita Dongeng Anak Bahasa Indonesia

Si kancil

Menceritakan seekor hewan yang bertubuh kecil namun memiliki tingkat kecerdasan maksimum. Kutipannya :

Pada suatu hari di sebuah hutan yang lebat terdapat seekor kancil yang kehausan.Ia pun hendak pergi ke sungai dekat dengan hutan untuk menghilangkan dahaganya. Sungai di sana dihuni oleh banyak buaya. Seluruh penghuni hutan pun tidak ada yang berani untuk menghampiri sungai tersebut, kecuali Kancil. Kancil beranggapan, bahwa buaya tidak akan kenyang jika memakannya. Sebab, ia sendiri hanya memiliki tubuh yang kecil.

Sang Raja Rimba

Cerita pendek anak selanjutnya yaitu : Diceritakan seekor penguasa hutan yang hebat, kuat, dan pemberani. Ia adalah sang raja rimba yaitu Singa. Singa adalah penguasa hutan yang juga dihormati oleh penghuni hutan.Ia merupakan pelindung dari kejahatan seperti pemburu. Tak segan-segan, Singa pernah menerkam pemburu yang hendak merusak hutan dan memburu hewan di hutan. Tindakannya itu memang harus dimiliki oleh seorang Raja sebagai penguasa hutan.

banner-promo-gramedia

Semut hitam dan semut merah

Cerita tersebut menceritakan mengenai kehidupan para semut yang berbeda ras. Namun, walaupun memiliki perbedaan, kedua belah pihak saling membantu dan tolong menolong. Sebab dengan hidup saling membantu dan bergotong-royong dapat menimbulkan kedamaian. Oleh sebab itu, manusia perlu meniru semut agar dapat hidup rukun dan tentram.Kehidupan seperti inilah yang dapat membawa kita pada kehidupan damai di dunia. Bukankah hidup tentram dan damai adalah keinginan bersama?.Tentu saja.

Ayo ke Dokter Ding Dong: Apa Itu Kuman?

Ayo ke Dokter Ding Dong: Apa Itu Kuman?

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Demam

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Demam

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Tumbuh

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Tumbuh

Ayo ke Dokter Ding Dong Aku Pilek

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Pilek

Kupu-kupu Indah yang Sombong

Selanjutnya, cerita pendek anak berjudul kupu-kupu indah yang sombong.Menceritakan sebuah kisah Kupu-kupu Indah yang Sombong. Sifat sombong yang dimiliki kupu-kupu tersebut menyebabkan ia dibenci oleh beberapa hewan di hutan. Ia selalu mempamerkan keindahannya pada hewan lain. Dengan keindahan yang dimilikinya, kupu-kupu tersebut selalu merendahkan hewan lain. Akibat sifatnya yang sombong, kupu-kupu tersebut dibenci oleh hewan-hewan lainnya. Sifat tersebut tidak boleh dicontoh, ya teman-teman!.

 

Yuk Intip Buku Cerita Dongeng Anak Bergambar Best Seller

 

Siput yang lambat

Menceritakan sebuah kisah seekor siput yang lambat. Pada cerita dalam kisah tersebut, siput merupakan hewan yang selalu dicaci akibat lamban dalam melakukan hal apapun. Tetapi, siput tersebut tidak menggubris mereka yang mencacinya.Karena siput tersebut memiliki sifat yang penyabar. Sifat penyabar yang dimilikinya, mengakibatkan ia di sukai oleh sebagian hewan yang merasa iba padanya. Dan dari sifatnya yang penyabar, perlu kita contoh dan kita terapkan dalam kehidupan kita.Agar anak-anak juga ikut serta dalam menebar kebaikan di masyarakat.

Kutipan diatas merupakan kutipan dari cerita pendek anak. Dapat diketahui, ketika kita membaca sebuah buku atau pun karya lainnya berupa cerita.Kita mampu untuk memahami dari ringkasan cerita tersebut. Agar kita bisa mengetahui makna yang tersirat dalam buku yang kita baca. Dan untuk anak-anak, dapat mengambil sisi positifnya dan meninggalkan sisi buruknya. Serta, dapat belajar dari sebuah kesalahan yang diperbuat.

Nah, itulah beberapa kutipan yang menarik. Sebuah cerita yang layak di baca oleh anak-anak.Sebab, di dalamnya terdapat unsur mengenai kebaikan. Cerita yang telah dibuat menjadi sebuah karya dengan disertai imajinasi dan kreatifitas tinggi dalam menulisnya. Karena menulis cerita tidak hanya sekedar menulis. Tetapi juga menuangkan ide-ide berupa karangan sebuah cerita. Yang nantinya menghasilkan sebuah karya layak jual dengan harga jual yang lumayan tinggi tergantung pada kualitasnya karya tersebut.

Beberapa dari cerita pendek di atas, dapat membantu anak-anak untuk terus menggeluti dunia membaca. Dan mencegah anak-anak agar tidak selalu memainkan smartphone secara terus-menerus. Karena dampak yang di dapat oleh anak ketika terlalu sering menatap layar ponsel. Yang dimana akan mengakibatkan kerusakan pada mata sehat anda tentunya. Sedangkan jika anak-anak gemar membaca, akan mendapatkan sisi positifnya. Yakni wawasan yang luas akan ilmu pengetahuan. Dan pastinya anak-anak menjadi lebih kreatif dan berimajinasi tinggi.

Seperti yang kita ketahui, cerita pendek anak merupakan sebuah cerita yang dibuat khusus untuk anak-anak.Yang ceritanya di ambil dari beberapa kisah maupun kehidupan sehari-hari. Dan juga tak jarang di ambil dari kisah nyata. Namun, sedikit dari kisahnya cerita tersebut di lebih-lebihkan atau sedikit di berikan imajinasi. Imajinasi yang mengganbarkan mengenai sisi kreatifitas yang kita miliki atau bahkan kemampuan dalam berkarya seni

Selain cerita pendek yang dibuat, terdapat juga beberapa cerita yang memberikan inspirasi pada anak. Dari sebuah kisah pada cerita tersebut, bersifat non – fiksi.Atau kisah yang diambil dari kehidupan sehari-hari dan diangkat dari sebuah kisah nyata. Selain ditulis dalam sebuah cerita, terkadang kisah-kisah tersebut juga di mainkan dalam sebuah drama.Yang tak jarang para pemerannya juga dimainkan oleh anak-anak. Dan biasanya anak-anak berperan penting dalam drama tersebut.

Dongeng Pertamaku : Satu, Dua Pake Sepatunya (Level 2)

Dongeng Pertamaku : Satu, Dua Pake Sepatunya (Level 2)

Dongeng Pertamaku : Mengapa Tubuh Zebra Bergaris-garis (Level 2)

Dongeng Pertamaku : Mengapa Tubuh Zebra Bergaris-garis (Level 2)

Dongeng Pertamaku : Manusia Kue Jahe (Level 3)

Dongeng Pertamaku : Manusia Kue Jahe (Level 3)

Kumpulan Dongeng PAUD: Mengenal Keistimewaan Binatang

Kumpulan Dongeng PAUD: Mengenal Keistimewaan Binatang

Rekomendasi Cerita Pendek Untuk Anak yang menginspirasi (non fiksi)

 

banner-promo-gramedia

Kisah  Nabi Muhammad. SAW.

Kisah tersebut menceritakan sebuah kisah nabi kita yang tauladan. Nabi Muhammad SAW, yaitu kehidupan masa kecilnya yang dipenuhi suka dan duka. Dan keluarga nabi berasal dari Quraisy ternama. Dan saat masih dalam kandungan, rasul sudah ditinggalkan ayahnya dan terlahir yatim.Kemudian, saat usianya menginjak 6 tahun.Ibunya wafat. Kisah ini mengajarkan kita untuk terus tabah akan peristiwa yang terjadi. Sebab, yamg perlu anda ketahu bahwa semua terjadi atas kehendak Allah SWT.

Kisah  inspiratif ” Suksesnya seorang anak pemulung”

Cerita pendek anak selanjutnya, yaitu sebuah kisah inspiratif.Kisah tersebut berjudul “Suksesnya seorabg anak pemulung. Kisah ini mengajarkan kita, bahwa jangan pernah berputus asa dan selalu menyalahkan keadaan. Terdapat orang-orang yang lahir di keluarga kaya, dan sisanya harus mencari sumber kebahagiaannya sendiri. Kita yang terlahir di keluarga tidak mampu adalah orang-orang pilihan Tuhan. Bahwa kita bisa sukses dengan berusaha dan disertai doa.

Kisah inspiratif pengusaha yang sukses

Kisah ini menceritakan kisah seorang pengusaha yang sukses. Cerita tersebut mengajarkan arti penting mengenai sebuah kesuksesan. Kesuksesan bisa di dapat hanya dengan usaha dan doa. Seseorang yang mau berusaha adalah seseorang yang tidak takut akan gagal. Sebab, mereka yang gagal adalah orang-orang yang mau mencoba. Jika kita gagal, maka jatah gagal kita sudah berkurang satu. Habiskan jatah gagalmu saat ini, agar nantinya kita bisa menikmati sebuah keberhasilan melaui perjuangan yang besar.

Kisah anak muslim

Selanjutnya, kisah inspiratih dari Cerita pendek anak yang berjudul Kisah anak Muslim. Kisah ini menceritakan seorang anak laki-laki yanhyang beragam islam. Dalam cerita tersebut, Dalam cerita tersebut, terdapat seorang anak yang di ajarkan oleh ibunya mengenai agama islam. Yang mana, dalam ajarannya umat muslim diharapkan dapat membantu sesama manusia dan saling tolong menolong. Seperti kisah nabi yang dapat menjadi tauladan bagi kita semua.

Kisah inspiratif “Kejujuran”

Pada kisah ini pasti sudah banyak orang yang melakukannya. Dan telah dilakukan pada kehidupan sehari hari.Kejujuran, adalah sifat dan perilaku yang wajib dan harus di jalankan oleh seluruh umat. Karena sifat tersebut merupakan sikap yang terpuji. Sikap yang dapat membawakan kedamaian.Dan harus diterapkan di dalam kehidupan sehari hari dan di semua kalangan. Serta kejujuran juga dapat membedakan dan mengungkapkan kebenaran.

Nah, itulah beberapa rekomendasi cerita pendek anak yang menginspirasi. Karya di atas memang cocok dan layak di baca oleh anak-anak. Sebab, di dalamnya terdapat unsur mengenai dampak positif.Hal tersebut baik bagi pertumbuhan anak. Terutama pada pertumbuhan anak usia dini. Cerita inspiratif penuh kebaikan sangat layak bagi anak – anak maupun remaja yang minat untuk membacanya. Karena yang telah diketahui membaca adalah sebuah jembatan untuk mendapatkan ilmu.

Cerita di atas sangat baik bagi anak. Karena kisah di atas merupakan kisah inspiratif.Kisah yang penuh dengan hal- hal baik. Kisah yang menginspirasi adalah kisah yang dapat memberikan semangat akan sebuah perjuangan. Dari cerita tersebut, kita bisa mengetahui bahwa orang-orang yang memberikan inspirasi adalah mereka yang ingin bersama-sama meniknati nikmatnya kesuksesan. Terutama inspirasi bagi anak-anak usia dini. Sebab mereka dapat dengan menerima suatu hal dari apa yang mereka lihat.

Jadi, peran orang tua tetap dan sangat di perlukan. Orang tua harus gentar dalam mengajarkan suatu hal baru pada anak.Anak-anak masih rentan dan labil. Oleh sebab itu, perlunya edukasi dari para orang tua sebelum anak tersebut masuk pada dunia pendidikan. Karena pertumbuhan anak memang sangat di perhatikan. Bagi mereka yang belum menginjak atau masuk sekolah. Orang tua dapat memberikan pelajaran sendiri.Seperti mengajarkan berhitung, menulis, maupun membaca cerita pendek anak. Hal itu untuk mencegah anak agar tidak terus menerus bermain.

Tak banyak yang tahu, anak-anak sering melakukan hal yang mereka sukai. Tanpa sepengetahuan mereka terkadang hal yang mereka buat bisa berbahaya. Baik dalam bermain, maupun melakukan aktivitas apa saja yang di luar nalar. Maka dari itu, orang tua bisa saja memberikan arahan kepada anak untuk melakukan hal-hal yang baik dan memiliki dampak positif.Agar terhindar dari bahaya.

Dari beberapa cerita pendek anak, di atas. Dapat diketahui setiap karya yang di buat memiliki makna tersendiri.Baik cerita fiksi atau pun cerita non fiksi. Kisah fiksi yaitu kisaah yang di ambil berdasarkan imajinasi atau pun khayalan. Sedangkan, non fiksi yang anda ketahui ialah merupakan kisah yang di ambil dari kisah nyata. Dari sinilah dapat diketahui beberapa perbedaan menganai cerita pendek yang di buat khusus anak-anak. Dengan membaca berbagai dongeng tersebut akan tumbuh motivasi dalam diri anak untuk menjadi sosok seperti yang ada didalam dongeng dan membuat anak menjadi lebih baik lagi.

 

Bisa kita simpulkan, dari beberapa cerita pendek anak tersebut yang dimana pastinya memiliki kelebihannya masing-masing. Dari cerita fiksi tadi, dijelaskan beberapa perbuatan baik yang bisa di baca atau bahkan di tiru oleh anak. Sedangkan, dari cerita non fiksi atau cerita pendek yang menginspirasi. Di dalamnya, menceritakan perilaku penuh kebaikan dan menginspirasi anak. Yang mana dari salah satu cerita tersebut, ada beberapa yang memberikan dorongan atau dukungan motivasi. Bahwa kesuksesan dapat diraih jika kita mampu berusaha dan disertai doa.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy