in

Cara Menyambungkan HP ke TV Untuk Android dan Ios

unsplash.com

Cara Menyambungkan HP ke TV – Perkembangan teknologi merupakan berkah bagi umat manusia. Bagaimana tidak, dengan kemajuan teknologi yang saat ini kita miliki, kita bisa melakukan berbagai macam hal yang dulu tidak mungkin bisa dibayangkan. Satu gadget bisa dipakai untuk melakukan sejumlah kegiatan.

Seperti handphone (HP) kita misalnya, yang bisa dipakai untuk menulis dokumen, membalas email, hingga melakukan meeting. Perkembangan televisi (TV) juga amat pesat. TV yang dulu hanya digunakan untuk menonton acara stasiun TV, sekarang bisa digunakan untuk bermain internet hingga bahkan bermain game.

Cara Menyambungkan HP ke TV

Grameds mungkin pernah mendengar atau melihat teman maupun kerabat yang menyambungkan HP ke TV. Dengan kecanggihan HP dan TV masa kini, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Dengan HP yang dimiliki saat ini, Grameds bisa mencoba untuk mengkoneksikan smartphone dengan televisi.

Terdapat berbagai macam cara menyambungkan HP ke TV. Ini semua juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari merk HP dan TV yang dimiliki, aplikasi pendukung untuk menyambungkan HP ke TV, hingga alat-alat lain yang dianggap bisa membantu agar HP bisa tersambung ke TV.

Umumnya, TV yang bisa dikoneksikan ke HP adalah TV berjenis Smart TV. Smart TV adalah TV yang sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk terhubung dengan berbagai perangkat lain, dan sudah bisa tersambung dengan internet. Jenis TV ini nyaman dan mudah digunakan, sehingga Grameds tidak akan kesulitan untuk menyambungkan HP ke TV.

Meskipun demikian, Grameds yang memiliki TV jenis lama juga bisa menyambungkan HP ke TV. Di bawah ini, akan dijelaskan cara-cara apa saja yang bisa dipakai untuk menghubungkan HP kalian ke TV, mulai dari HP dengan sistem Android, HP dengan sistem iOS, serta menggunakan TV jenis lama.

Cara Menyambungkan HP Android ke TV

HP dengan sistem Android adalah jenis HP yang cukup mudah untuk disambungkan ke TV. Selain karena jenisnya banyak, ini semakin didukung oleh merk-merk Smart TV yang umumnya juga sama dengan merk HP di pasaran, sehingga semakin mempermudah koneksi HP ke TV.

Setidaknya, terdapat 4 cara yang bisa Grameds terapkan untuk menyambungkan HP ke TV. Cara-cara ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam, dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Grameds hanya perlu menyesuaikan dengan gadget yang kalian miliki.

Cara-cara yang akan dijelaskan akan banyak melibatkan aplikasi serta alat-alat dari Google. Ini dikarenakan sistem Android diluncurkan dan dikembangkan oleh Google, sehingga keterlibatan mereka juga cukup berpengaruh dalam perkembangan Smart TV yang ada saat ini.

a. Menyambungkan Lewat Chromecast

Cara Menyambungkan HP ke TV
sumber: pcmag.com

Chromecast adalah sebuah alat berbentuk USB yang bisa digunakan untuk pengguna Google serta pengguna sistem Android untuk menyambungkan gadget seperti HP, tablet, maupun laptop, ke peralatan lain macam TV dan speaker.

Smart TV yang beredar di pasaran saat ini biasanya memiliki port HDMI yang bisa menghubungkan Chromecast ke TV mereka. Port HDMI ini bisa ditemukan di bagian samping TV, atau terletak di bagian belakang TV.

Setelah menemukan bagian ini, Grameds perlu memastikan kalau rumah kalian memiliki sinyal WiFi yang baik agar bisa menyambungkan HP ke TV. Lalu, akan ada notifikasi untuk memastikan perangkat mana yang akan tersambung ke TV. Jika semua sudah dilakukan, maka Grameds bisa menikmati hiburan dari HP di layar TV.

Dengan menggunakan Chromecast, Grameds bisa streaming tontonan dari Netflix, Amazon Prime, Disney+, hingga Hulu. Kalian juga bisa mendengarkan musik dari Spotify atau YouTube Music. Terdapat juga sejumlah permainan sederhana yang bisa dimainkan seperti Monopoly, Ludo, hingga Catur.

b. Menyambungkan Lewat Android Screen Mirroring

Android Screen Mirroring juga merupakan alternatif untuk menyambungkan HP ke TV. Cara ini biasanya dipakai oleh pengguna Android untuk membuka aplikasi HP yang tidak memiliki konten terproteksi. Untuk mempermudah koneksi, pengguna bisa menggunakan Chromecast untuk mengkoneksikan HP ke TV.

Selain itu, pengguna juga perlu download aplikasi Google Home dan menambahkan perangkat pengguna ke aplikasi tersebut. Lalu, akan ditemukan tulisan “Cast my screen” untuk menyambungkan HP ke TV. Jika sudah selesai melakukan kegiatan, tinggal memencet bagian bertuliskan “Stop mirroring”.

Jika tidak memiliki Chromecast, Grameds tidak perlu khawatir, karena mayoritas HP Android saat ini sudah memiliki aplikasi bawaan yang bisa menyambungkan HP ke TV. Meskipun begitu, Grameds tetap memerlukan Smart TV dan tentunya internet untuk bisa melakukan hal ini.

Biasanya di bagian home screen, Grameds hanya perlu menarik ke bawah layar HP dan mencari aplikasi untuk menyambungkan HP ke TV. Grameds juga bisa melakukan ini dengan mencari aplikasi tersebut secara manual, dan mengikuti panduan yang ada.

c. Menyambungkan Lewat Kabel atau Adapter

Menyambungkan HP ke TV menggunakan kabel maupun adapter merupakan cara yang juga biasa dilakukan oleh pengguna Android, jika mereka tidak memiliki Chromecast, namun memiliki kabel atau adapter.

Caranya sederhana, yakni menyambungkan port HDMI di TV dengan lubang charging HP yang kalian punya menggunakan kabel atau adapter. Jika Grameds memiliki HP dengan lubang charging tipe C, Grameds bisa menyambungkan kabel atau adapter tersebut ke konektor yang bisa menghubungkan ke HDMI.

Sisi lainnya, Grameds perlu terus menerus menyambungkan HP ke TV, sehingga HP berpotensi melakukan charging. Jika HP belum memiliki fitur yang belum bisa menghentikan proses charging ketika dihubungkan ke TV, baterai HP berpotensi untuk rusak karena melakukan charging yang bukan berasal dari sumber aslinya, atau karena charging di saat baterai masih penuh.

Meskipun begitu, saat ini sudah banyak HP Android yang menyediakan fitur untuk tetap bisa terhubung ke HDMI TV tanpa khawatir HP harus melakukan proses charging ketika proses koneksi berlangsung.

d. Menyambungkan Lewat Aplikasi

Langkah terakhir yang bisa dilakukan oleh Grameds yaitu dengan mengunduh aplikasi untuk menyambungkan HP ke TV. Saat ini, terdapat banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store untuk menghubungkan HP ke TV, seperti LocalCast, AllCast, dan Plex.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Grameds hanya perlu mencari aplikasi tersebut di Google Play Store, mengunduhnya, dan mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan oleh aplikasi tersebut untuk menyambungkan HP ke TV.

Tetap, beberapa aplikasi akan dibatasi aksesnya jika Grameds memakai aplikasi di atas untuk menyambungkan HP ke TV. Selain itu, terkadang Grameds juga harus membayar penggunaan aplikasi jika ingin menghilangkan iklan-iklan yang ada. Terakhir, koneksi internet yang baik juga semakin diperlukan, agar sambungan tidak terputus di tengah kegiatan.

Dengan kemampuan HP Android saat ini, tidak sulit bukan untuk menghubungkan HP ke TV? Saat ini, bahkan HP Android juga saat ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi. Buku “Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding” bisa membantu kalian untuk membuat aplikasi HP tanpa harus melakukan coding.

Cara Menyambungkan HP ke TV

Cara Menyambungkan HP iOS ke TV

Selain HP dengan sistem Android, sistem HP lain yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah HP iOS buatan Apple. Dan Grameds mungkin sudah tahu, kalau HP iOS juga tidak kalah canggih dengan HP Android saat ini, sehingga menyambungkan HP iOS ke TV juga tidak mustahil.

Meskipun begitu, dikarenakan sistem iOS berbeda dengan Android, HP iOS akan lebih mudah dikoneksikan ke Smart TV buatan Apple bernama Apple TV. Tentu saja, Grameds bisa menyambungkan HP iOS ke Smart TV jenis lain, hanya saja memerlukan sedikit usaha lebih karena perbedaan sistem.

Ada 3 cara yang bisa pengguna HP iOS coba di rumah untuk menyambungkan HP mereka ke TV. Seperti penjelasan penyambungan HP Android ke TV, cara-cara ini juga memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, dan bisa disesuaikan dengan keadaan perangkat dan aplikasi yang Grameds miliki saat ini.

a. Menyambungkan Lewat Airplay atau Control Center

Cara Menyambungkan HP ke TV
sumber: lifewire.com

Airplay adalah aplikasi yang dimiliki HP iOS untuk menyambungkan HP mereka ke TV, dan digunakan untuk menonton video. Biasanya, pengguna dapat menghubungkan HP mereka ke Apple TV, dan menikmati video yang ingin mereka tonton. Namun, beberapa Smart TV juga bisa disambungkan dengan Airplay.

Caranya cukup simpel. Pengguna HP iOS hanya perlu memastikan TV serta HP terhubung dengan WiFi, mencari video yang ingin mereka tonton, membuka aplikasi Airplay, dan memilih Smart TV untuk dihubungkan ke Airplay. Dengan ini, pengguna bisa menonton video di layar TV yang lebih besar.

Pengguna juga dapat menggunakan control center di HP iOS mereka untuk melakukan screen mirroring dari HP ke TV. Berbeda dengan Airplay, kali ini pengguna juga bisa melakukan kegiatan selain menonton video, seperti bermain game dan mendengarkan musik.

Menghubungkan HP iOS ke TV melalui control center juga tidak sulit. Grameds menyambungkan HP dan TV ke WiFi yang sama, membuka control center di HP, memencet tombol screen mirroring, dan memilih Smart TV yang akan digunakan untuk disambungkan.

b. Menyambungkan Lewat Aplikasi Lain

Tidak semua orang memiliki Apple TV untuk menyambungkan HP iOS mereka. Selain itu, beberapa Smart TV juga tidak kompatibel dengan perangkat iOS, sehingga pengguna tidak bisa memakai aplikasi Airplay maupun control center mereka.

Tetapi, masih ada cara-cara lain yang bisa dipakai untuk menyambungkan HP iOS ke TV mereka. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di Apple Store. Tidak sedikit aplikasi yang bisa membuat HP iOS tersambung ke TV.

Beberapa aplikasi seperti Nero Streaming Player, Mirror For Roku, dan Playerxtreme Media Player, memperbolehkan pengguna HP iOS untuk menyambungkan HP ke TV. Jika memiliki Chromecast, pengguna bahkan juga bisa mengunduh aplikasi Google Home dan menggunakannya untuk dihubungkan ke Chromecast.

Yang perlu Grameds lakukan hanya mengikuti instruksi yang sudah disediakan oleh pembuat aplikasi. Umumnya, cara yang harus dilakukan tidak jauh berbeda dari satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Cukup menghubungkan HP dan TV ke WiFi yang sama, membuka aplikasi, lalu menghubungkan HP ke TV melalui aplikasi tersebut.

c. Menyambungkan Lewat Kabel atau Adapter

Jika cara-cara sebelumnya tidak bisa dilakukan karena terkendala berbagai macam hal, cara terakhir yang bisa digunakan pengguna untuk menyambungkan HP iOS ke TV adalah dengan menggunakan kabel atau adapter ke port HDMI TV.

Cara yang akan dipakai serupa dengan cara menyambungkan HP Android ke TV. Grameds menggunakan kabel atau adapter untuk menyambungkan port HDMI TV ke dalam lubang charging HP. Jika lubang charging HP iOS yang dimiliki tidak sesuai, kabel atau adapter bisa disambungkan ke konektor terlebih dulu.

HP iOS ini akan terus tersambung ke TV selama pengguna menggunakan HP, sehingga masih akan ada kemungkinan HP melakukan charging terus menerus dan berpotensi merusak HP. Namun, sekarang sudah banyak sistem iOS yang bisa membuat HP tidak mengisi baterai ketika sedang disambungkan ke perangkat lain.

Sistem HP iOS terkadang membuat beberapa penggunanya kebingungan karena keterbatasan penggunaannya. Buku “iPhone 5 dan iOS 6 Plus Jailbreak” dapat membantu Grameds yang memiliki HP iPhone 5 dan iPhone 6 untuk melakukan modifikasi dengan jailbreak dan semakin leluasa dalam memakai HP sistem iOS.

Cara Menyambungkan HP ke TV

Cara Menyambungkan HP ke TV Jenis Lama

TV jenis lama adalah TV konvensional yang biasanya hanya digunakan untuk menonton acara di saluran TV. Meskipun begitu, beberapa TV sudah memiliki kemampuan untuk terhubung dengan perangkat lain, seperti konsol game macam PlayStation maupun XBox, dan pemutar VCD atau DVD.

Beberapa TV jenis lama juga bisa disambungkan ke HP. Proses ini tidak melibatkan penggunaan koneksi internet, karena mayoritas dari TV ini tidak memiliki kemampuan untuk menyambungkan diri mereka dengan internet. Tetapi, cara yang dapat Grameds gunakan yaitu dengan menggunakan kabel atau adapter.

Sejumlah TV jenis lama sudah dilengkapi dengan port HDMI, yang memungkinkan Grameds untuk menyambungkan HP ke TV. Grameds bisa mengecek bagian samping atau belakang TV, untuk menggunakan perantara kabel atau adapter.

Seperti yang sudah dijelaskan, Grameds harus berhati-hati mengenai resiko menyambungkan HP ke TV melalui kabel atau adapter, yaitu adanya kemungkinan proses charging yang dilakukan HP selama tersambung ke TV, dan bisa memperburuk kualitas baterai.

Kesimpulan

Menggunakan HP untuk disambungkan ke TV adalah sesuatu yang cukup menarik untuk dilakukan. Melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di HP seperti menonton video, bermain game, dan mendengarkan musik, lalu berpindah ke layar lebih besar bisa menjadi pengalaman baru bagi sejumlah orang.

Meskipun terlihat rumit, kenyataannya banyak dari HP kita yang sudah memiliki kemampuan untuk mendukung penyambungan HP ke TV. Mulai dari aplikasi bawaan, adanya aplikasi di Store, serta alat-alat lain, membuat kita semakin mudah untuk melakukan kegiatan tersebut.

Namun, jika Grameds masih memiliki banyak keterbatasan dalam perangkat, aplikasi, atau faktor lainnya, Grameds juga bisa menikmati penggunaan HP tanpa perlu menyambungkannya ke televisi. Selain itu, masih ada juga sejumlah program televisi yang layak ditonton di kala senggang.

Bagi Grameds yang tertarik dengan dunia pertelevisian, kalian juga bisa lho mempelajari lebih lanjut produksi di balik layar televisi. Buku “Management Produksi Program Acara TV – Format Acara Drama” adalah salah satu buku yang bisa Grameds baca untuk memperdalam pengetahuan Grameds mengenai pembuatan drama layar TV.

Cara Menyambungkan HP ke TV

Selain buku tersebut, masih banyak lagi buku-buku yang Gramedia, #SahabatTanpaBatas, sediakan di situs www.gramedia.com untuk Grameds, agar Grameds senantiasa mendapatkan informasi dan wawasan baru mengenai berbagai hal yang Grameds ingin pelajari dan ketahui.

Penulis: Mohammad Adrianto Sukarso

BACA JUGA:

  1. 6 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Segala Kondisi 
  2. Cara Menghapus Akun Google dari Laptop dan Ponsel Tanpa Ribet 
  3. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer dan Handphone 
  4. 6 Cara Mengatasi Lupa Password di Laptop 
  5. Penemu Handphone dan Sejarah Perkembangan Handphone 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda