in

19 Cara Mengusir Tikus agar Rumah Bersih dan Sehat

unsplash.com

Cara Mengusir Tikus – Kehadiran tikus di rumah tentu saja sangat mengganggu, mengingat tikus merupakan hewan yang jorok. Hewan berbadan fleksibel satu ini bisa merusak barang-barang yang ada di rumah.

Hewan mamalia ini juga memiliki gigi seri besar yang tumbuh dan berakar secara terus menerus, oleh karena itu mereka harus mengasah giginya dengan menggerogoti barang-barang di rumah mulai dari jendela, pintu, bahkan kabel listrik yang kemudian berpotensi menyebabkan korsleting.

Tak heran jika pemilik rumah melakukan berbagai cara mengusir tikus yang berpotensi mencemari air, membawa penyakit, dan mengakibatkan berbagai bau tak sedap. Berikut ini beberapa cara mengusir tikus dari hunian atau tempat tinggal kita.

Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Kehadiran tikus memang membawa banyak dampak negatif bagi penghuni rumah. Namun tidak perlu khawatir, cobalah untuk menerapkan beberapa cara mengusir tikus berikut ini agar rumah Grameds segera terbebas dari tikus.

1. Tutup Lubang dan Celah Pada Hunian

Pertama-tama kita perlu meminimalisasi jalur masuk tikus ke dalam rumah. Alangkah baiknya jika Grameds memeriksa setiap sudut rumah untuk mengetahui celah tikus yang membuatnya dapat masuk ke dalam. Periksa juga bagian saluran air, celah-celah ventilasi, hingga daerah terluar rumah yang menjadi potensi jalur masuk tikus.

Celah-celah ini juga dapat ditutup atau dipasang jebakan seperti pelat logam, wol kawat, semen hingga plester. Cek berkala setiap sudut ini dalam memastikan tempat-tempat tersebut tetap terawat dengan baik oleh pemilik rumah.

2. Bersihkan Seluruh Isi Rumah

Selanjutnya, ketahuilah bahwa tikus menyukai area sempit dan gelap untuk bersembunyi. Karenanya kamu perlu meminimalisasi dan membasmi berbagai tempat yang berpotensi untuk menjadi tempat persembunyiannya. Bersihkan juga seluruh ruang dalam rumah khususnya pada ruangan-ruangan penuh barang. Buanglah juga sampah pada tempat tertutup, tak lupa pastikan pipa saluran pembuangan terawat dengan baik.

3. Menggunakan Bawang Bombay

Langkah mengusir tikus secara alami juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan bawang Bombay, sebab tikus tidak menyukai bau-bau menyengat seperti bawang bombay ini. Caranya adalah dengan mengupas serta mengiris bawang bombay dan letakkan di tempat yang menjadi sarang tikus. Kamu juga dapat menggantinya setelah bawang kemudian sudah busuk.

Cara Mengusir Tikus
unsplash.com

4. Sediakan Irisan Bawang Merah

Sama halnya dengan bawang bombay, tikus tidak menyukai mencium bau-bau menyengat seperti bawang merah. Menurutnya, bau-bau dari bawang dianggap sangat menyengat. Hampir sama dengan bawang bombay, cukup iris bawang merah dan letakkan di sekitar tempat yang bersembunyi atau tempat yang sering dikunjungi oleh tikus pada hunian.

5. Gunakan Lada Hitam

Kandungan piperin yang terdapat dalam lada hitam memiliki kandungan kimia beracun yang mampu mengusir keberadaan tikus. Lada hitam juga akan membuat tikus merasa tidak nyaman serta menyebabkan iritasi pada bagian saluran hidungnya. Mengusir tikus dengan menggunakan lada hitam dapat dilakukan dengan menggiling lada secara kasar dan menebarkannya pada area-area persinggahan tikus di rumah. Jika kamu tidak memiliki lada hitam, kamu juga dapat menggunakan lada putih biasa.

6. Memanfaatkan Adonan Soda Kue

Soda kue umumnya dapat menyebabkan efek berbahaya pada tikus. Ketika mengonsumsi soda kue, kemudian akan muncul adanya reaksi gas pada lambung. Karena tikus tidak dapat membuang angin, gas ini kemudian akan menyebabkan tekanan internal serta akhirnya membunuh keberadaan tikus.

Langkah-langkah ini dapat digunakan dalam membuat adonan racun tikus dengan menggunakan soda kue, sebelumnya pastikan kamu menggunakan sarung tangan agar tidak menyentuh berbagai bahan-bahan kimia secara langsung, tak lupa masukkan juga satu cangkir soda kue pada wadah tersebut dan tambahkan coklat dan gula sebanyak satu cangkir kemudian aduk hingga merata. Jika sudah siap, letakkan adonan di sarang tikus.

Langkah lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencampurkan soda kue dengan gula atau cokelat yang kemudian akan menarik perhatian tikus agar mendekati adonan tersebut. Setelahnya kandungan soda kue yang ada dalam adonan ini akan membunuh tikus.

7. Menggunakan Ampas Teh

Jika kamu sering minum teh, manfaatkan kantong ampas teh ini untuk mengusir tikus di rumah. Ampas kantung teh dapat merusak pernapasan tikus saat hewan mamalia ini memakan dan menghirupnya. Kamu juga dapat meletakkan bekas kantong teh di tempat-tempat persembunyian tikus berada. Cara ini kemudian akan membuat indera penciuman tikus menjadi rusak sehingga tikus-tikus tidak akan betah dan pergi dari rumah.

8. Memanfaatkan Kulit Durian

Setelah menyantap buah durian, jangan lekas membuang kulitnya! Sebab tahukah kamu ternyata, kulit durian dapat digunakan untuk mengusir tikus bandel, lho. Caranya mudah saja, hanya dengan memotong kulit buah durian kemudian meletakkannya di tempat yang sering dikunjungi oleh tikus.

Wangi dari kulit durian ini akan mampu mengusir tikus-tikus yang ada di rumah. Apalagi dengan keberadaan kulitnya yang tajam ini akan membuat tikus ketakutan kemudian pergi dari rumah.

9. Semprot Minyak Kayu Putih

Tahukah kamu aroma kuat yang dikeluarkan oleh minyak putih ternyata mampu mengusir keberadaan tikus-tikus yang bersarang di rumah? Cara mengusir tikus dengan kayu putih sangatlah mudah, hanya dengan menyemprotkan larutan kayu putih pada tempat-tempat di mana tikus bersarang. Disarankan juga untuk menggunakan larutan kayu putih yang memiliki konsentrasi hingga 5% di dalamnya.

10. Semprot Cairan Pemutih

Cairan pemutih yang umumnya digunakan untuk membersihkan rumah juga ampuh dalam mengusir keberadaan tikus, lho. Selain itu, carian ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir tikus.

Caranya mudah saja, hanya dengan mengencerkan pemutih dan air agar kemudian tidak menimbulkan bau menyengat, setelahnya semprotkan pada area yang menjadi tempat tinggal tikus. Cairan pemutih ini juga sekaligus dapat dijadikan sebagai disinfektan yang mampu membersihkan area yang tercemar darah atau urin dari tikus.

11. Manfaatkan Rambut

Jika kamu berencana menggunting rambut atau memiliki rambut rontok, cobalah untuk menggunakan sisa-sisa rambut ini untuk mengusir tikus yang bersarang dalam rumah. Pasalnya, ketika rambut ini termakan dapat menyebabkan kematian pada tikus.

Kamu hanya perlu menggabungkan sisa-sisa rambut kemudian meletakkannya di tempat-tempat yang sering dilewati oleh tikus. Tikus kemudian akan tertarik melihat rambut tersebut dan mencoba memakannya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

12. Perangkap Tikus

Salah satu cara efektif yang kemudian mampu mengusir tikus dengan efektif adalah menggunakan perangkap tikus. Jika tidak tega, kamu bisa menggunakan perangkap yang bisa membuat tikus tetap hidup, sehingga kamu dapat melepaskannya kembali di tempat yang jauh dari hunian.

Terdapat banyak sekali jenis perangkap tikus yang telah tersedia dan dijual di pasaran. Kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhanmu. Sebaiknya pilih perangkap tikus yang kemudian hanya menangkap tanpa membunuh tikus, lalu letakkan juga umpan makanan yang akan memikat perhatian tikus di tempat ia biasa melintas. Periksa keberadaan tikus di perangkap ini setiap pagi, sebab tikus biasanya mencari makanan di malam hari.

Gunakan juga pancingan yang dapat menarik perhatian tikus termasuk selai kacang, popcorn mentega dan keju. Setelah tikus akhirnya terjebak pastikan untuk melepaskannya setidaknya 1,6 km jauhnya dari rumahmu, juga sebaiknya tidak di daerah yang berpenghuni. Hindari juga menyentuh tikus secara langsung untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya yang mungkin dibawanya.

Cara Mengusir Tikus
kompas.com

13. Mengusir Tikus dengan Bedak Bayi

Grameds juga dapat memanfaatkan bedak bayi untuk mengusir keberadaan tikus dari rumah. Bubuk-bubuk halus pada bedak dipercaya mampu mengganggu fungsi tubuh tikus Ketika akhirnya mereka memakannya.

Caranya juga terbilang sangat mudah. Taburkan saja bedak bayi ini di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh tikus dan biarkan selama semalam suntuk. Lakukan hal ini secara berulang untuk kemudian memancing tikus memakannya hingga hewan mengganggu ini kemudian pergi dari rumah.

14. Minyak Peppermint

Minyak peppermint juga dapat digunakan untuk mengusir keberadaan tikus karena hewan kecil ini tidak terhadap keberadaan bau yang menyengat di hunian. Cara mengusir tikus dengan minyak peppermint adalah dengan mencelupkan beberapa bola kapas ke dalam minyak peppermint kemudian menempatkannya pada daerah-daerah yang rawan keberadaan tikus. Kamu juga dapat menggunakan minyak jarak atau serai sebagai alternatif.

15. Gunakan Kulit Telur

Selain dengan memanfaatkan racun tikus, cara mengusir tikus di rumah lainnya adalah dengan menggunakan sisa kulit telur. Caranya mudah saja, hanya dengan menghaluskan kulit telur hingga menjadi bubuk. Kemudian taburkan bubuk kulit telur tersebut pada tempat-tempat yang sering dilewati tikus.

16. Baking Soda

Baking soda dapat menjadi cara mengusir tikus alami. Cara mengusir tikus dengan baking soda yaitu mencampurkan baking soda ke dalam makanan yang kerap diincar oleh tikus. Dengan melahap makanan yang sudah diberikan soda kemudian akan menyebabkan badan tikus akan menggembung karena tubuhnya tidak dapat mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus juga tidak akan langsung mati karena mereka akan lari ke ruang terbuka sebelum akhirnya mati karena menahan gas tersebut.

17. Daun Mint

Langkah mengusir tikus secara aman dan alami lainnya adalah dengan menggunakan daun mint. Tikus akan tidak tahan dengan aroma mint yang sangat tajam, sehingga membuatnya mabuk dan terkulai. Cara mengusir tikus dengan mint mudah saja, hanya dengan menyiapkan seikat daun mint setelahnya ambil sarinya dan larutkan ke dalam air. Setelah larut, semprotkan cairan mint ini ke area-area yang sering dilalui oleh tikus.

18. Buah Mengkudu

Buah mengkudu juga sangat bermanfaat sebagai cara mengusir tikus. Caranya terbilang sangat mudah yaitu dengan menghancurkan buah mengkudu untuk kemudian larutkan pada air. Semprotkan larutan tersebut pada area yang sering dilalui oleh tikus atau semprotkan pada lubang tikus. Cara ini akan membuat tikus kabur dari rumah dan tidak berani datang lagi.

19. Kapur Barus

Kapur barus terkenal memiliki banyak sekali manfaat, termasuk di antaranya untuk mengusir tikus di rumah. Bau dan aroma kapur barus dipercaya mampu mengusir keberadaan tikus. Letakkan beberapa buah kapur barus di tempat tikus biasa bersarang atau sering ia lintasi.

Jangan lupa, gunakan sarung tangan untuk menghindari terjadinya reaksi alergi. Tak hanya itu, kamu juga harus menjauhkan benda ini dari jangkauan anak-anak. Karena berbahaya jika tak sengaja dimasukkan ke dalam mulut Si Kecil. Terakhir, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah memegang kapur barus.

Demikian cara-cara yang dapat kamu gunakan untuk mengusir keberadaan tikus dari hunian. Terapkan saja salah satu cara di atas yang kamu anggap paling efektif untuk mengusir tikus di rumah. Tak lupa selalu perhatikan kebersihan rumah agar tikus kemudian tidak lagi masuk ke dalam rumah. Selamat mencoba.

Buku-Buku Terkait Rumah yang Bersih dan Sehat

1. Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan

Cara Mengusir Tikus

Memiliki rumah yang sehat adalah dambaan setiap orang. Apalagi kesibukan di luar rumah membuat saat-saat di rumah menjadi sangat berharga. Terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga, kebutuhan shelter yang nyaman, aman, dan sehat tidak dapat dihindari lagi.

Namun, kondisi lingkungan yang tidak sehat sering dialami oleh penduduk di perkotaan. Lahan yang sempit, permukaan tanah tertutup, drainase yang macet, dan sebagainya. Apalagi iklim semakin tidak bersahabat. Belum lagi berbagai polusi yang mencemari, menambah masalah bagi penciptaan hunian yang sehat. Lalu, bagaimana solusinya?

Buku ini menawarkan inspirasi untuk membangun rumah yang sehat berdasarkan kaidah-kaidah arsitektur yang mudah diaplikasikan. Membaca buku ini bisa membantu Grameds yang akan dan sedang membangun rumah untuk mewujudkan rumah impianmu.

Juga bagi kamu yang merencanakan renovasi rumah, pengetahuan di dalam buku ini akan memberi masukan berharga dalam proses renovasi. Grameds akan memperoleh inspirasi beragam desain rumah dari rumah tradisional hingga modern, kaidah-kaidah dan konsep rumah sehat, alternatif denah rumah sehat berbagai tipe, serta tips dan trik menyiasati masalah dan merawat rumah.

2. Tanaman Indoor Anti Polutan, Rumah Cantik Dan Sehat Dengan Tanaman Indoor

Cara Mengusir Tikus

Buku ini membahas beragam hal terkait tanaman yang mampu menurumkan polusi, termasuk di dalamnya memuat daftar polutan, jenis tanaman, peralatan, media, perawatan dan pemeliharaan tanaman, ornamen serta desain yang dapat digunakan sebagai blue print dan acuan dalam memelihara tanaman indoor.

Buku ini sangat berguna untuk banyak pihak, terutama para pecinta tanaman hias dan desainer interior yang menggunakan tanaman sebagai objek dengan nilai tambah karena tanaman adalah bagian dari kehidupan.

3. Pilih Rumah Kejar Hoki

Cara Mengusir Tikus

Manusia yang perjalanan hidupnya mulus mungkin tidak tertarik untuk mengetahui Feng Shui. Orang yang tubuhnya sehat mungkin tidak tertarik untuk berhubungan dengan dokter atau paramedis. Akan tetapi, begitu juga seseorang bermasalah dengan kesehatannya, ia akan mencari dokter atau paramedis untuk mengatasi permasalahannya itu. Buku ini bertujuan mengupas pengaruh waktu terhadap Feng Shui. Jika Garmeds tertarik meningkatkan keberuntungan melalui Feng Shui rumah, Buku ini cocok untuk kamu!

4. Seri Rumah Ide: Bambu untuk Rumah Modern

Cara Mengusir Tikus

Dari 1500 jenis bambu di dunia, 170 di antaranya berasal dari Indonesia. Bayangkan betapa banyak varietas bambu di negeri kita ini! Sejak dulu, bambu sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, baik sebagai bahan membuat perangkat rumah tangga maupun bahan bangunan. Sebagai bahan bangunan, bambu sempat menjadi material primadona untuk rumah tinggal, khususnya di Jawa Barat.

Namun ketika semen dan bata banyak dipakai orang, masyarakat mulai berpaling dari bambu. Kala itu muncul pandangan bahwa rumah bata bisa menaikkan status sosial-ekonomi pemiliknya, sementara rumah bambu identik dengan “murahan” atau “gampangan”. Anggapan ini berakibat buruk, yaitu redupnya kepopuleran bambu.

Tetapi, belakangan ini bambu kembali dilirik. Bangunan dari bambu kembali bermunculan, kali ini dengan wajah modern yang berpadu dengan teknologi terkini, meski yang berciri tradisional tetap dicintai.

Karena inilah Seri Rumah Ide sengaja mengupas tentang material bambu, khususnya yang digunakan untuk bangunan modern. Dalam edisi ini Grameds bisa melihat contoh-contoh bambu yang berpadu dengan teknologi terbaru sehingga bisa menghasilkan penutup lantai, dinding, plafon, penutup jendela, juga pagar unik untuk rumah modern minimalis. Hasilnya sangat menarik, memikat, dan bernilai seni tinggi! Simak juga penanganan dan perawatan bambu yang tepat agar tampilan dan daya tahannya maksimal.

Itulah beberapa cara mengusir tikus dari rumah dan beberapa rekomendasi buku yang bisa memberi insiprasi agar rumah Grameds bersih dan sehat. Buku-buku terkait rumah bersih dan sehat ini bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan selalu memberikan produk-produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

  1. [Ampuh] Cara Mudah Mengusir Tikus dari Rumah
  2. 20 Tips Pola Hidup Bersih dan Sehat Beserta Manfaatnya 
  3. Hidup Berkualitas Dimulai dari Rumah
  4. Mengenal Ciri-Ciri Air Bersih Menurut WHO yang Aman Digunakan 
  5. Penyebab Pencemaran Air dan Cara Menanggulanginya
  6. Tips Menjaga Kesehatan Selama Belajar di Rumah 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda