in

15 Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

unsplash.com

Cara Menghilangkan Rasa Malas – Rasa malas bisa saja menghambat aktivitas yang kamu lakukan. Kondisi ini juga kemudian dapat memicu kebiasaan malas bergerak yang dapat berdampak pada berbagai masalah kesehatan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa malas ini?

Pada umumnya, orang malas kemudian dapat diartikan juga dengan kebiasaan tidak melakukan kegiatan yang sebenarnya bisa dia lakukan. Rasa malas dapat terjadi juta akibat sejumlah alasan, misalnya saja target yang tidak realistis, keinginan mendapatkan hasil yang sempurna, juga tidak menyusun rencana.

Beberapa peneliti dari University of Oxford sendiri mengatakan rasa malas ternyata banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor biologis, tak hanya dari faktor psikologis saja. Untuk dapat mengetahui hal ini, peneliti kemudian melakukan berbagai pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) serta meneliti aktivitas otak yang mempengaruhi motivasi dan rasa malas pada diri seseorang.

Saat seseorang memutuskan untuk melakukan sesuatu, bagian korteks premotorik otak kemudian cenderung menyala sebelum titik lain pada otak yang mengendalikan gerakannya menjadi aktif. Sebaliknya, pada orang yang malas, korteks premotorik ini kemudian tidak menyala akibat koneksinya yang terputus. Para peneliti sendiri menduga bahwa koneksi otak yang menghubungkan “keputusan dalam melakukan sesuatu” menjadi tindakan nyata yang kurang efektif pada orang yang pemalas.

Otak pada orang malas harus bekerja lebih keras agar dapat mengubah keputusan yang diambil menjadi tindakan-tindakan nyata. Hal ini jelas membutuhkan lebih banyak energi. Tim peneliti dari neurologi Masud Husain dari University of Oxford Sebuah studi terpisah dalam jurnal Cerebral Cortex (2015) kemudian menemukan bahwa kadar dopamin pada otak seseorang akan berdampak kepada motivasinya dalam melakukan sesuatu.

Pekerja keras sendiri umumnya memiliki tingkat dopamin yang tinggi. Sementara kadar hormon yang rendah akan langsung mengalami penurunan motivasi yang dimiliki. Berikut ini merupakan berbagai cara menghilangkan rasa malas yang bisa dicoba untuk meningkatkan produktivitas dalam diri seseorang.

[algolia_carousel]

Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Menunda Pekerjaan

Cara Menghilangkan Rasa Malas
unsplash.com

1. Tentukan Dahulu Target yang Ingin Dicapai

Rasa malas umumnya disebabkan oleh kurangnya motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. Hal ini dapat diatasi dengan lebih dahulu menetapkan tujuan dan target. Meski demikian, target yang tidak realistis biasanya juga malah akan membuatmu kewalahan.

Hal ini kemudian akan memadamkan semangat serta keinginan dalam menyelesaikan aktivitas tersebut. Karenanya usahakan untuk selalu menetapkan target yang lebih kecil dari yang dapat dicapai sesuai kemampuanmu. Hal ini sendiri dipercaya dapat menjadi salah satu cara dalam melawan rasa malas.

2. Hindari Sikap Perfeksionis

Sebuah analisis Psychological Bulletin mengungkapkan bahwa seorang yang mengalami peningkatan perfeksionisme dalam kurun waktu yang lama. Lingkungan kerja yang menuntut kesempurnaan juga menjadikan anak muda lebih kompetitif. Hal ini juga menjadi penyebab mereka menjadi lebih kritis terhadap dirinya sendiri.

Bahkan, tidak jarang sikap perfeksionisme ini yang akan menyebabkan rasa malas dan depresi tingkat tinggi. Karenanya berhentilah berekspektasi terlalu tinggi selama menjalani aktivitas. Hindari mengincar kesempurnaan karena akan memadamkan semangat saat menemui masalah yang tak kunjung usai.

3. Susun Kegiatan yang Dilakukan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan menyusun rencana. Dalam mencapai target, rencana tidak kalah penting dari semangat dan niat. Dengan bersikap realistis seseorang kemudian akan melihat kemampuan dan waktu yang yang mereka miliki sangat penting dalam mencapai target. Menyusun rencana juga akan memberikan arahan serta meningkatkan kepercayaan diri, terutama dalam menghadapi rintangan dalam prosesnya.

4. Hargai Proses

Jika telah berhasil mencapai target-target kecil dalam mewujudkan rencana, hargailah usaha dengan merayakannya. Cara-cara ini juga dapat membantu meningkatkan motivasi seseorang serta mampu melawan rasa malas dan mewujudkan rencana dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, ketika kamu mencapai nilai ujian yang memuaskan, bahagiakan diri dengan hal-hal positif, seperti dengan menyantap makanan yang enak. Hal ini juga akan membuatmu bersemangat dalam mencapai tujuan yang lebih besar lagi.

5. Minta Bantuan Orang Lain

Cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan meminta bantuan. Dengan meminta bantuan bukan berarti kamu lemah, melainkan sebagai upaya dalam mencapai berbagai keberhasilan serta menerima masukan dari orang lain.

Sebagai contoh, dengan meminta bantuan kepada rekan kerja bisa jadi sebenarnya hal ini penting dalam membangun hubungan serta meningkatkan motivasi. Selain itu, dengan melihat hasil dari sudut pandang orang lain juga akan meningkatkan kinerja.

6. Penuhi Asupan Makanan

Penuhi asupan makanan atau sumber energi. Perbaikan gaya hidupmu juga akan sangat berpengaruh dalam memerangi kemalasan. Kamu dapat memulainya dengan memilih asupan makanan kaya energi dan bergizi. Konsumsi makanan yang tinggi protein sendiri kemudian dapat meningkatkan energi serta menjaga kadar gula darah dalam keadaan yang stabil.

Hal ini juga sekaligus akan membuatmu semangat dalam beraktivitas setiap hari. Beberapa asupan ini diantaranya dada ayam, daging sapi, telur, susu, keju, tahu, yoghurt, pisang dan tempe. Selain itu hindari juga berbagai asupan makanan tinggi lemak dan gula, sebab jenis-jenis makanan ini lebih lama dicerna serta dapat memicu meningkatnya kandungan gula dalam darah.

7. Olahraga

Berjalan kaki akan membantumu dalam menurunkan berat badan tanpa disadari dengan berolahraga secara rutin juga dapat menjadi cara efektif dalam menghilangkan rasa malas. Hal ini sangat bermanfaat dalam memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi, mengurangi stres, depresi, dan kecemasan.

Cobalah juga untuk menyempatkan beberapa menit dalam satu hari untuk berolahraga, misalnya saja bersepeda atau berjalan kaki untuk melawan kemalasan tersebut. Untuk dapat menghilangkan kemalasan sendiri harus berasal dari dalam diri. Jika kamu kekurangan motivasi serta tidak berusaha, tentu saja pekerjaan apapun tak akan selesai dengan baik. Karenanya berupayalah menjaga semangat agar tetap fokus dan semangat tidak turun dalam menjalani setiap prosesnya.

8. Cari Tahu Penyebabnya

Rasa malas seringkali datang dan sulit dibendung. Jika mengalaminya sebaiknya cari tahu segera apa penyebabnya. Luangkan waktumu untuk introspeksi diri agar kamu memahami dengan baik factor-faktor apa saja yang memicu rasa malasmu. Rasa kewalahan, lelah, serta takut mungkin saja menjadi penyebab di balik rendahnya motivasi kamu untuk beraktivitas. Kamu juga dapat memulai proses ini dengan mencatat aktivitas harian yang sering kamu lakukan, setidaknya dalam 1 minggu.

Aktivitas ini juga akan membuatmu lebih mudah mendeteksi berbagai kegiatan dan menemukan pola yang mungkin menjadi celah kemalasanmu. Jika rasa malas muncul karena Lelah maka beristirahatlah sejenak kemudian fokuskan diri untuk lebih rileks. Jika penyebab kewalahan ini disebabkan banyaknya tugas, sebaiknya mundurlah sesaat dan atur ulang prioritasmu kemudian selesaikan satu per satu.

9. Kerjakan Mulai dari yang Termudah

Buatlah daftar pekerjaan dimulai dari yang termudah untuk dilakukan saat baru mulai bekerja. Mengerjakan pekerjaan dimulai dari yang tersulit tentunya akan memakan banyak waktu dan pikiran yang lebih lama. Hal ini kemudian akan membuatmu merasa kelelahan setelah selesai mengerjakannya.

Dengan mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu kemudian kamu akan dapat mengontrol mood untuk tetap dapat bekerja secara konsisten. Tugas yang telah kamu selesaikan sebelumnya akan meningkatkan motivasi agar dapat menyelesaikan seluruh to-do-list. Hal ini kemudian dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malas dalam mengerjakan sesuatu.

10. Berpikiran Positif

Pikiran negatif adalah musuh besar yang harus dibasmi. Kemalasan sendiri tak jarang berujung kepada datangnya rasa bersalah dan pesimis karena kemudian seseorang dapat merasa gagal serta tidak menghasilkan apapun.

Oleh karena itu, cari tahu cara menghilangkan pikiran negatif kemudian mulailah berpikir positif dengan cara menyemangati diri bahwa kamu dapat menyelesaikan suatu pekerjaan hari ini juga. Hindari menunda-nunda pekerjaan yang dapat kamu kerjakan dari sekarang.

11. Atur Jadwal

Dengan mengatur jadwal, akan menghilangkan celah bermalas-malasan, atur rutinitas harian. Biasakan membuat berbagai catatan agar kamu dapat lebih disiplin serta terorganisir.

Jika perlu, berikanlah batas waktu serta deadline kepada diri sendiri dalam menyelesaikan suatu kegiatan atau pekerjaan. Tak hanya terbatas pada rutinitas di kantor saja, tapi juga pada berbagai aktivitas pribadi. Contohnya pada waktu yang kamu habiskan untuk menelusuri sosial media atau marathon film di Netflix.

12. Susun Skala Prioritas

Jika harus menyelesaikan banyak tugas, sebaiknya kamu segera Menyusun skala prioritas untuk kemudian membagi waktu dengan sebaik-baiknya. Buatlah daftar tugas-tugas yang perlu kamu kerjakan, kemudian perkirakan juga waktu yang akan kamu habiskan di masing-masing tugas tersebut.

Kamu juga dapat mengerjakan tugas yang ringan dengan waktu sesingkat-singkatnya, sebelum akhirnya beralih ke pekerjaan lebih berat dengan waktu penyelesaian yang lebih lama. Jika tugas-tugas ini kemudian dirasa terlalu berat, bagilah tugas ke beberapa bagian. Setelahnya kamu dapat menyelesaikannya secara bertahap sehingga tidak kewalahan dan waktumu terpakai secara efektif.

[algolia_carousel page=2]

Selain akan membuatmu lebih efisien, dengan menyelesaikan tugas-tugas juga dapat memberimu kepuasan tersendiri. Kamu juga akan lebih termotivasi karena berhasil mencapai berbagai tujuan yang kamu ciptakan sendiri.

13. Hindari Terlalu Banyak Mengeluh

Sebagian besar orang akan merasa pekerjaannya kurang cocok dengannya atau bahkan bukanlah bagian dari profesi impiannya. Anggapan ini tak jarang juga akan mengikis semangat serta menjadi sumber kemalasan. Jika pengalaman tersebut kemudian menderamu, hindari mengeluh berkepanjangan tentang hal-hal menyebalkan di pekerjaanmu dan belajarlah untuk lebih bersyukur. Kamu juga dapat memulainya dengan mencatat keuntungan yang kamu dapatkan dari pekerjaan atau perusahaan atau bagian dari pekerjaanmu yang sangat kamu nikmati.

14. Beri Penghargaan Atas Berbagai Pencapaian Diri

Salah satu cara menghilangkan rasa malas di antaranya dengan memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Sebab, saat menantikan sesuatu kamu kemudian dapat menghentikan rasa malas dari awal. Secara tidak langsung hal ini juga akan memotivasi diri untuk fokus pada apa yang kamu lakukan demi reward.

Terdapat banyak cara untuk menunjukan penghargaan diri terhadap berbagai pekerjaan yang kamu lakukan dengan baik. Tentukan juga tujuan dan tetapkan penghargaan yang sesuai. Misalnya saja dengan memberi hari untuk istirahat serta berlibur setiap proyek besar berhasil kamu selesaikan.

Mengatasi rasa malas tentu tidak mudah. Namun dibutuhkan disiplin serta proses atau usaha kontinyu agar kamu dapat senantiasa mengusirnya. Ingat juga cara menghilangkan rasa malas bekerja haruslah dimulai dari diri sendiri!

15. Pasang Alarm 10 Menit

Salah satu cara menghilangkan rasa malas diantaranya dengan menentukan jangka waktu yang pendek dalam mengerjakan sesuatu. Caranya adalah dengan memasang alarm selama 10 menit untuk kemudian melihat seberapa banyak yang dapat kamu selesaikan dalam kurun waktu tersebut.

Dengan memasang alarm ini akan membuatmu termotivasi untuk terus melanjutkan apa yang kamu kerjakan setelah timer berbunyi. Buatlah kesepakatan dengan diri sendiri bahwa meski tidak menyukai melakukan tugas tersebut, kamu tetap akan melakukannya dalam waktu 10 menit kemudian. Setelah terlanjur melakukannya, kamu kemudian tidak akan tergoda untuk berhenti.

Rekomendasi Buku Terkait Mengatasi Rasa Malas

1. Berdamai dengan Rasa Malas

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Sebelum membaca buku ini, silakan ajukan pertanyaan kepada diri kamu sendiri: “Apakah aku malas? Apakah pekerjaanku banyak terbengkalai? Apakah aku sering melewati deadline? Apakah rumahku berantakan?” Jika jawaban keempatnya “YA”, selamat, kamu adalah orang yang malas!

Baca buku ini secara perlahan, kamu akan diperkenalkan kepada sebuah sifat yang identik dengan rasa enggan untuk melakukan aktivitas apa pun. Bisa dikatakan perasaan ini dekat dengan masalah mental depresi. Penderita depresi akan mendapati kekosongan dalam diri mereka sehingga mereka enggan melakukan aktivitas apa pun.

Lambat laun mereka mulai kehilangan minat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari menata kamar, merapikan ruang kerja atau meja belajar, mandi sore dan mandi pagi, tidur tepat waktu, bahkan juga bangun pagi. Dalam beberapa kasus, penderita depresi bahkan enggan untuk menjaga kebersihan rambut dan pakaian mereka!

Terdengar mengerikan? Sangat. Tapi ada cara untuk berdamai dengan sifat “MALAS” ini. Dan itu hanya akan kamu temukan dalam buku ini!

2. 6 Rahasia Menjadi Pribadi Produktif Tanpa Rasa Malas

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Di buku diuraikan penjelasan tentang apa itu malas, apa penyebabnya, dan apa risiko dari malas. Juga dibahas bagaimana membangun diri, baik pikiran maupun kepribadian, agar menjadi obat bagi rasa malas.

Pada intinya, buku ini berupaya membantu siapa saja untuk mengubah rasa malas menjadi produktivitas. Buku ini adalah bagaimana mengubah pribadi yang malas agar menjadi pribadi produktif. Banyak orang membuktikan keberhasilan rahasia ini, termasuk tokoh-tokoh sukses dunia.

3. Obat Malas Dosis Tinggi for Millenials Edition

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Cobalah berpikir lebih dalam maka kamu akan kenal dengan dirimu sendiri. Banyak pemuda yang mendapat siraman nikmat yang begitu banyak tapi sedikit pun tidak bersyukur. Bersyukurlah kepada Allah, berterima kasihlah kepada orang tuamu dengan cara rajin belajar, rajin ibadah, senantiasa aktif dalam kegiatan positif, inilah pemuda yang ideal.

Ada saatnya belajar, ada saatnya berjuang mencari rezeki, ada saatnya mengingat kematian. Aturlah itu semua secara harmoni sehingga kamu akan rajin ibadah, fokus akhirat dan terbebas dari sifat malas.

Obat Malas Dosis Tinggi for Millennials Edition bukan sekadar bacaan, tetapi sebagai rujukan yang sangat penting untuk membantu para generasi milenial menyusun roadmap kehidupan.

4. Cara Ampuh Menaklukkan Malas: Obat Mujarab Menyembuhkan Kebiasaan Buruk

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Kemalasan bagaikan musuh dalam selimut. Ia datang tanpa diundang, ia merasuk ke dalam sumsum tubuh tanpa kamu sadari dari mana datangnya. Dalam buku ini, penulis mengajak pembaca sekalian untuk menguasai kemalasan demi meraih keusksesan yang diridai oleh Allah.

Melalui pembahasan yang menarik dan bahasa yang mudah dipahami, buku ini menyajikan tips superjitu bagaimana ikhtiar mengatasi kemalasan yang selalu hinggap di diri kamu

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa malas yang patut Grameds coba agar kehidupannya bisa berjalan lebih baik dan nyaman. Buku-buku terkait mengatasi rasa malas dapat kamu dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebohDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

  1. Pengertian Prokrastinasi: Sebuah Kebiasaan Menunda-Nunda Pekerjaan
  2. 10 Cara Menghentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan
  3. Rekomendasi Buku Motivasi Terbaik (Terbaru Juni 2022)
  4. Apa Itu Demotivasi? Ciri, Penyebab & Cara Mengatasinya
  5. 3 Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar
  6. Cara Bangun Pagi & Keuntungan Bangun Pagi
  7. Tips Membangkitkan Semangat Kerja & Penyebab Semangat Kerja Menurun

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda